alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014635405/cara-kerja-lift-elevator
Poll: Bermanfaatkah Thread Ini
Bermanfaat 81.82% (27 votes)
Biasa Aja 15.15% (5 votes)
Tidak Bermanfaat 3.03% (1 votes)
Breaking News! 
cara kerja lift/elevator
Quote:
Quote:cara kerja lift/elevator


Quote:emoticon-Rate 5 Star Bantu Rate Dulu Gan emoticon-Rate 5 Star

Quote:emoticon-I Love KaskusKaskuser Yg Baik Meninggalkan Komenemoticon-I Love Kaskus


Quote:
Spoiler for No Repost:


Quote:
Sejarah Singkat Elevator

Quote:Elevator penumpang pertama dipasang oleh Otis di New York pada tahun 1857. Setelah meninggalnya Otis pada tahun 1861, anaknya, Charles dan Norton mengembangkan warisan yang ditinggalkan oleh Otis dengan membentuk Otis Brothers & Co., pada tahun 1867.

Pada tahun 1873 lebih dari 2000 elevator Otis telah dipergunakan di gedung-gedung perkantoran, hotel, dan department store di seluruh Amerika, dan lima tahun kemudian dipasanglah elevator penumpang hidrolik Otis yang pertama.

Pada tahun 1889 Otis mengeluarkan mesin elevator listrik direct-connected geared pertama yang sangat sukses.

Pada tahun 1903, Otis memperkenalkan desain yang akan menjadi “tulang punggung” industri elevator,yaitu : elevator listrik gearless traction yang dirancang dan terbukti mengalahkan usia bangunan itu sendiri. Hal ini membawa pada berkembangnya jaman struktur-struktur tinggi, termasuk yang paling menonjol adalah Empire State building dan World Trade Center di New York, John Hancock Center di Chicago dan CN Tower di Toronto.

Selama bertahun-tahun ini, beberapa dari inovasi yang dibuat oleh Otis dalam bidang pengendalian otomatis adalah Sistem Pengendalian Sinyal, Peak Period Control, Sistem Autotronik Otis dan Multiple Zoning. Otis adalah yang terdepan di dunia dalam pengembangan teknologi komputer dan perusahaan tersebut telah membuat revolusi dalam pengendalian elevator sehingga tercipta peningkatan yang dramatis dalam hal waktu reaksi elevator dan mutu berkendara dalam elevator.
.



Quote:cara kerja lift/elevator


Quote:
Cara Kerja Elevator


Quote:cara kerja lift/elevator


Quote:
Kereta elevator tergantung di ruang luncur oleh beberapa steel hoist ropes, biasanya dua puli katrol, dan sebuah bobot pengimbang (counterweight). Bobot kereta dan counterweight menghasilkan traksi yang memadai antara puli katrol dan hoist ropes sehingga puli katrol dapat menggegam hoist ropes dan bergerak serta menahan kereta tanpa selip berlebihan. Kereta dan counterweight bergerak sepanjang rel yang vertikal agar mereka tidak berayun-ayun.

Mesin untuk menggerakkan elevator terletak di ruang mesin yang biasanya tepat di atas ruang luncur kereta. Untuk memasok listrik ke kereta dan menerima sinyal listrik dari kereta ini, dipergunakan sebuah kabel listrik multi-wire untuk menghubungkan ruang mesin dengan kereta. Ujung kabel yang terikat pada kereta turut bergerak dengan kereta sehingga disebut sebagai “kabel bergerak (traveling cable)”.

Mesin geared memiliki motor dengan kecepatan lebih tinggi dan drive sheave dihubungkan dengan poros motor melalui gigi-gigi di kotak gigi, yang dapat mengurangi kecepatan rotasi poros motor menjadi kecepatan drive-sheave rendah. Mesin gearless memiliki motor kecepatan rendah dan puli katrol penggerak dihubungkan langsung ke poros motor.


Quote:
youtube-thumbnail



Quote:
[youtube]tG2JQ_ftrig&feature=related[/youtube]


Quote:UPDATE DI POST #5 GAN
Wah,,
Lift pertama..
ane bantu rate aja ya gan..
mana tw jd HT..
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
bener banget gan, seperti itulah cara kerja elevator,,
kebetulan ane teknisi elevator emoticon-Malu (S)
Akhirnya nemu Thread Bermutu . . .
Itu mah ibarat pemikiran kitanya yah Gan . . . emoticon-Ngakak

Spoiler for :

Peringatan! 
UPDATE NIH GAN

Quote:
Quote:
Keamanan-keamanan pada elevator(Elevator Safety)

Quote:Hal pertama saat merancang lift adalah Safety. Lift merupakan salah satu alat transportasi yang sangat aman. Banyak orang mendengar berbagai macam “cerita” mengenai kecelakaan yang terjadi pada lift.

Di Amerika sendiri tercatat sangat sedikit kecelakaan yang melibatkan lift. Kebanyakan kecelakaan merupakan kesalahan prosedur dan human error, seperti kecelakaan kerja. Bahkan mereka mempunyai asosiasi sendiri untuk memeriksa keamanan dari elevator.

Jika kita bicarakan mengenai “resiko” paling tinggi pada lift adalah jatuh. Jadi mari kita fokuskan pembahasan kali ini bagaimana desain lift saat ini membuatnya sulit untuk jatuh.

Faktor faktor tersebut adalah:



Quote:

- Overload protection = sebuah lift dirancang agar tidak akan beroprasi diatas beban yang diijinkan. Mungkin anda sering memaksakan masuk kedalam lift yang sudah penuh dan akan berbunyi. Itulah over load protection.

- Desain Roping / tali = Sebuah lift digerakkan oleh minimal 4 tali / roping dimana tiap roping didesain untuk mampu menahan beban lift + 25% kapasitasnya (tergantung manufacture). Jadi bisa dibayangkan apabila 3 dari 4 talinya putus, maka lift itu masih “aman”
cara kerja lift/elevator

- Electro motor brake = Rem pada motor traksi mempunyai default aktif. Jadi apabila tidak ada listrik / ada masalah maka rem motor akan selalu mengerem / aktif. Rem hanya akan lepas apabila ada perintah / daya listrik yang mengalir.
cara kerja lift/elevator

- Overspeed governor = Governor adalah alat untuk menditeksi kecepatan lift secara mekanis. Dimana kecepatan governor disetting sedikit diatas kecepatan yang diinginkan. Sehingga apabila kecepatan lift dideteksi lebih cepat dari seharusnya, maka governor akan memerintahkan rem secara mekanik.

- Limit switch = switch yang diletakkan pada bagian teratas dan terbawah dari lift berguna untuk membatasi gerak lift, apabila lift bergerak dari area yang diijinkan, maka secara otomatis supply dari motor lift akan dihentikan. Motor akan berhenti dan rem akan aktif.

- Overhead dan Pit = keduanya merupakan area aman pada hoistway agar lift dapat melakukan pengereman apabila keluar dari jalurnya.

- Buffer = Berguna sebagai penahan liift apabila melewati pit.



Quote:Sumber I nih gan
Sumber II nih gan


Quote:emoticon-I Love Indonesia semoga bermanfaat gan emoticon-I Love Indonesia

Quote: emoticon-Toast Kalau udah ISO boleh dong emoticon-Toast
Waaaahh...ada teknisinya nya juga nihh... emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By hendriyawan
bener banget gan, seperti itulah cara kerja elevator,,
kebetulan ane teknisi elevator emoticon-Malu (S)


wah nice info gan nermanfaat n nambah wawasan ane gan thx...
lumayan bisa nambah pengetahuan ane...
ini baru thread bermutu
emoticon-Toast
nice thread ts emoticon-Kaskus Banget
numpang gelar tiker disini yak... emoticon-I Love Kaskus (S)
wow dapet aja info bermutu gan emoticon-Smilie
ane naik lift kaga pernah mikirin cara kerjanya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hendriyawan
bener banget gan, seperti itulah cara kerja elevator,,
kebetulan ane teknisi elevator emoticon-Malu (S)


wahh.. kalo ada yang talinya putus ngebenerinnya gimana gan??emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By gumilard


wahh.. kalo ada yang talinya putus ngebenerinnya gimana gan??emoticon-Matabelo


di tunggu update nya gan,,di update ini ntar ane buat proses lift agar kagak putus talinya (elevator safety).. emoticon-Big Grin
nice share gan

baru tau ane sekarang
informasinya menambah pengetahuan ane emoticon-2 Jempol
nice info gan
nice inpoh gan tambah pengetahuan aneemoticon-Matabelo
gak berani naek lift ane gan
nais share gan tp saran kalo boleh font nya jgn warna merah emoticon-Big Grin
lnfo bagus gan
Thanks info nya yak emoticon-2 Jempol