alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014610279/share-membangun-blog-yang-seo-friendly-part-1---riset-keyword
[Share] Membangun Blog yang SEO Friendly (Part 1) - Riset Keyword
Melanjutkan thread ane disini [Share] Min. 1300$/bln dari Google Adsense hanya menggunakan blog berbahasa Indonesia, kali ini ane akan coba share bagaimana cara ane membangun blog dari awal hingga mendatangkan ribuan pengunjung dari search engine khususnya google. Metode yang saya sampaikan disini adalah berdasarkan pengalaman ane, jadi belum tentu anda semua sepakat dengan metode yang ane gunakan. Dan jika anda ngerasa thread ini tidak cocok dengan anda, cukuplah metode ini jadi diversifikasi pengetahuan anda tentang blog building.

Oh iya metode yang ane sampaikan ini untuk pasar lokal indonesia ya, kalau untuk pasar luar silahkan disesuaikan aja.

Update materi tanggal 24/05/2012 Pukul 23:38

Nantinya materi ini akan saya bagi menjadi 5 bagian:

Part 1 yang sedang anda baca sekarang ini adalah materi tentang "Riset Keyword"
Part 2 akan membahas "Optimalisasi Setting Blog dan Plugin Wordpress"
Part 3 "Oprek Theme: Jadikan Theme Anda SEO Friendly"
Part 4 akan membahas "Cara Penulisan Content Yang Baik dan Benar"
Part 5 akan membahas "Metode SEO OFFPAGE (Link Building)"


Ok kita langsung mulai saja share bagian pertama.

1. Riset Keyword

Hal yang paling mendasar dan paling penting dalam menentukan sukses tidaknya blog anda adalah riset keyword. Keyword yang anda gunakan haruslah keyword yang memiliki banyak pencari di google (paling tidak minimal 1000 pencarian/bulan). Tool yang ane gunakan cukup Google Adwords tool. Buat ane tool ini sudah lebih dari cukup buat riset keyword.

Secara umum riset keyword ini ane bedakan menjadi 3 macam:
1. Riset keyword untuk keyword sepanjang masa.
Maksud keyword sepanjang masa ini adalah keyword2 yang selalu ada pencarinya sepanjang tahun. Contoh keyword sepanjang masa adalah: Resep Masakan, Download Software, Download Lagu, Tafsir Mimpi, Foto Artis, Download Blogger Template, Belajar Bahasa Inggris dll. Keyword2 di atas selalu ada pencarinya sepanjang tahun, tidak peduli sedang musim kemarau atau musim penghujan. emoticon-Big Grin

2. Riset Keyword untuk Keyword Musiman
Yang di maksud keyword musiman adalah keyword yang di cari orang hanya pada saat2 tertentu. Contohnya adalah keyword "hadiah valentine" atau "hadiah natal". Keyword2 di atas tidak akan ada pencarinya pada saat musim lebaran atau musim durian emoticon-Big Grin.

Yang termasuk keyword ini juga adalah keyword2 yang berhubungan dengan suatu produk, khususnya produk2 yang mempunyai masa edar tidak lama. Contohnya keyword "review samsung galaxy note" atau "harga BlackBerry gemini". Jumlah pencari keyword ini akan sangat tergantung pada kesuksesan dan berapa lama produk tersebut beredar di pasaran. Jika produk tersebut telah kadaluarsa atau hilang dari peredaran, tentunya pencarinya juga akan jauh berkurang. Contoh : sekarang pasti tidak ada satupun manusia di dunia ini yang mencari keyword "review nokia 3315" bukan? emoticon-Big Grin.

3. Riset keyword untuk Keyword Trend atau News
Yang termasuk keyword2 ini adalah keyword yang berhubungan dengan Trend atau Berita yang sedang berkembang saat ini. Contoh: "Misteri jatuhnya pesawat Sukhoi" atau "Anang-Ashanty menikah". emoticon-Kimpoi

============================

1. Oke kita langsung menuju pembahasan pertama tentang riset keyword sepanjang masa. Tool yang kita gunakan adalah Google Keyword Tool kepunyaan Google Adwords.

Silahkan ente login ke akun adwords ente, kalau misalkan belum punya silahkan daftar dulu, toh juga gratis. Kemudian masuk ke menu: Alat dan Analisis >> Alat Bantu Kata Kunci.

Perhatikan gambar dibawah (klik untuk memperbesar):

[Share] Membangun Blog yang SEO Friendly (Part 1) - Riset Keyword

Misal ane ngambil kata kunci utama: Jantung.

Masukan kata "jantung" dikolom "kata atau frasa" (angka 1)
Pilih "lokasi" "Bahasa" dan "perangkat". Karena target kita adalah pasar lokal, maka untuk bahasa dan perangkat pilih saja Indonesia. Sedangkan perangkat pilih saja "desktop dan laptop". (angka 2)

Kemudian beralih ke menu2 disebelah kiri, pada pilihan "jenis pencocokan" silahkan dipilih "[persis]". (angka 3) jangan memilih yang "melebar", karena hasil pencariannya tidak menunjukkan jumlah yang sebenarnya.

Kemudian Klik "telusuri"

Setelah itu akan muncul daftar kata kunci yang berhubungan dengan kata jantung.

Klik "ide kata kunci" (angka 4) untuk menampilkan kata kunci berdasarkan jumlah pencarian, bukan berdasarkan kategori.

kemudian klik "penelusuran bulanan lokal" (angka 5) untuk mengurutkan jumlah pencari kata kunci tersebut dari yang paling tinggi menuju ke yang lebih rendah.
Jika sudah diurtkan berdasarkan jumlah pencarian lokal, sekarang waktunya memilih kata kunci yang hendak dipakai.

Pada contoh kata kunci jantung diatas, hasil pencarian terbanyak setelah kata kunci jantung adalah "penyakit jantung". kata kunci seperti ini layak anda ambil karena jumlah pencarian lokalnya mencapai 8100 kali. Artinya jika anda menggarap kata kunci ini, kemudian blog anda bisa menempati posisi pertama hasil pencarian google, berarti paling tidak anda bisa mendapatkan pengunjung sekitar 60% x 8100 = 4860 pengunjung per bulan. Jika dihitung perhari anda bisa mendapatkan pengunjung sekitar 162 orang, itu hanya untuk satu kata kunci.

Namun sebelum memutuskan kata kunci mana yang hendak ente ambil, silahkan masuk ke google.co.id, dan masukan kata kunci "penyakit jantung". dan lihat jumlah saingan dari kata kunci tersebut. banyak master yang mengatakan bahwa salah satu cara mengukur tingkat kesulitan persaingan di halaman pertama adalah dengan cara melihat pagerank dari masing2 blog yang telah eksis di halaman pertama. Apabila nilai pagerank blog peringkat 1 - 10 dijumlahkan dan lalu dibagi sepuluh, didapatlah pagerank rata2. Jka hasilnya kurang dari 2 berarti tingkat persaingannya mudah. jika lebih dari itu berarti lebih susah. Ane sendiri tidak terlalu menganut metode itu, kalo ane hanya melihat title, description dan permalink dari masing2 blog yang muncul di halaman pertama. Jika kebanyakan hasil pencarian yang masuk halaman pertama adalah "halaman dalam" dari blog (misal www .kesehatan.com/cara-mengobati-penyakit-jantung) maka halaman2 seperti ini bisa lebih mudah dikalahkan daripada "halaman index" misal: www .penyakitjantung.com

Jika anda hendak mengambil kata kunci tersebut menjadi nama domain anda, anda bisa mengambil kata kunci yang saingannya dibawah 10 juta, atau dibawah 5 juta jika anda masih pemula. Atau jika anda rasa saingan anda banyak "halaman dalam" seperti contoh diatas, anda ambil aja kata kunci tersebut walaupun saingannya lebih dari 10 juta. segera cek domain keyword tersebut, apakah masih tersedia atau tidak. Jika sainganya diatas 10 juta usahakan mengambil domain ekstensi .com, .net atau .org. Kalau ambil .info akan membutuhkan usaha lebih untuk bisa nangkring dihalaman pertama.

Setelah keyword utamanya dijadikan nama domain, keyword2 lain hasil research di google adwords yang berada dibawah2 nya bisa anda gunakan sebagai keyword didalam postingan anda.

jadi misalkan anda mengambil kata kunci utama "penyakit jantung", jadikan keyword tersebut sebagai nama domain anda, misal: Penyakitjantung.com, Penyakitjantung.net atau Penyakitjantung.org (kebetulan domain pada contoh kali ini, domainnya udah diambil orang semua emoticon-Big Grin ). kemudian keyword2 lainnya yang pencariannya lebih sedikit (gejala penyakit jantung, jantung koroner, penyakit jantung koroner, gagal jantung, kesehatan jantung dll) jadikan sebagai keyword didalam postingan. Satu postingan satu keyword.

2. Riset Keyword Musiman

Langkah riset keyword ini sama dengan langkah riset untuk keyword sepanjang masa. Namun ada langkah selanjutnya yang harus anda kerjakan. misalkan dari langkah pertama di atas anda memilih kata kunci "review samsung galaxy" silahkan anda menuju ke Google Insights, kemudian masukan kata kunci tersebut kedalam form yang di sediakan.

Lihat gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar)
[Share] Membangun Blog yang SEO Friendly (Part 1) - Riset Keyword
[Share] Membangun Blog yang SEO Friendly (Part 1) - Riset Keyword

Silahkan lakukan pengaturan seperti pada gambar pertama. Grafik yang muncul seperti pada gambar menunjukan trend pencarian keyword tersebut (panah warna merah). Jika grafiknya semakin naik berarti trend pencariannya juga semakin banyak dan begitu juga sebaliknya.

Melalui langkah ini anda juga bisa mendapatkan tambahan keyword baru dari hasil pencarian Google Insights seperti yang terlihat pada gambar 2, pada bagian Top searches dan Rising searches.

Karakternya udah ga cukup nih, lanjut ke bawah ya.
Credit buat om Brog11 yang udah berkenan meminjamkan tempatnya. Ane minta tolong beliau update kan threadnya, eeh malah dikasih user n password akun nya sama ane, ga tanggung2. Luar biasa! makasih banyak gan supportnya. Semoga agan mendapat balasan yang berlipat2. Aminn..

[Share] Min. 1300$/bln dari Google Adsense hanya menggunakan blog berbahasa Indonesia

1300$/bln dari Google Adsense >>> Dapatkan themenya disini

Membangun Blog Yang SEO Friendly (Part-2) - Optimalisasi Setting Blog dan Plugin WP
Lanjutan thread Riset Keyword diatas.

3. Riset Keyword untuk keyword Trends atau Berita

Riset keyword ini paling mudah di banding riset keyword sebelumnya. Jika anda mencari keyword news bahasa inggris anda tinggal menuju ke Google Trends Di sana sudah terpampang keyword yang sedang booming saat ini, tapi keyword tersebut untuk pasar US. Sedangkan untuk Indonesia belum di fasilitasi. Sebagai alternatifnya biasa saya menggunakan Yahoo News Indonesia Di sana terdapat keyword yang sedang populer pada hari itu yang bisa anda garap. Sayangnya hasil keyword dari yahoo ini tidak seatraktif Google Trends yang menampilkan keyword terbaru tiap satu jam sekali. Namun hasil dari Yahoo News juga cukup akurat kok.

Lihat gambar di bawah (klik untuk memperbesar)
[Share] Membangun Blog yang SEO Friendly (Part 1) - Riset Keyword

Untuk mendapatkan keyword yang lebih variatif anda bisa menggabungkan ketiga teknik diatas. Silahkan maksimalkan kreatifitas anda masing2. emoticon-Blue Guy Peace

Dah ane rasa cukup untuk research keywordnya. Tar kalau ada inspirasi baru akan ane update di thread. Maaf kalau ada penyampaian yang mungkin kurang bisa ditangkap dengan baik. Kalau ada yang belum jelas silahkan ditanyakan di thread, biar yang lain bisa ikut baca.

Jika anda merasa terbantu dengan tulisan ini, silahkan di rate, dibagi cendolnya, subscribe di mailing list ane, atau apa aja deh yang penting ikhlas.

Thanks.emoticon-Rate 5 Star

Baca thread ane lainnya:

[Share] Min. 1300$/bln dari Google Adsense hanya menggunakan blog berbahasa Indonesia

1300$/bln dari Google Adsense >>> Dapatkan themenya disini
Quote:Original Posted By Brog11
geler tiker ahhh


Mangga gan...
wuih.. seneng ane kalau ada yang mau berbagi...
Quote:Original Posted By mrrplr
wuih.. seneng ane kalau ada yang mau berbagi...


Doakan aja gan semoga bisa makin banyak sharenya..ammiinn...
newbie.... ikutan menyimak yah mastah.... emoticon-Big Grin
wah dapet ilmu riset nih
slama ini ane kesulitan dalam ngeriset kw >.<
tapi yang bikin menarik ini blog indo jadi gak ribet
ditunggu share2 berikut nya gan
Quote:Original Posted By kaskusnewbie10
newbie.... ikutan menyimak yah mastah.... emoticon-Big Grin


Dengan senang hati mas bro emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By lempok
wah dapet ilmu riset nih
slama ini ane kesulitan dalam ngeriset kw >.<
tapi yang bikin menarik ini blog indo jadi gak ribet
ditunggu share2 berikut nya gan


Siap gan, kalau agan ada teknik lain boleh juga dishare dimari, jadi kita sama2 belajar.
Quote:Original Posted By kaskusnewbie10
newbie.... ikutan menyimak yah mastah.... emoticon-Big Grin


Dengan senang hati mas bro emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By lempok
wah dapet ilmu riset nih
slama ini ane kesulitan dalam ngeriset kw >.<
tapi yang bikin menarik ini blog indo jadi gak ribet
ditunggu share2 berikut nya gan


Siap gan, kalau agan ada teknik lain boleh juga dishare dimari, jadi kita sama2 belajar.
ini yg dicari2 para nubitol kaya ane emoticon-Baby Boy

langsung seruput & praktek dah emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By ShinobiZ
ini yg dicari2 para nubitol kaya ane emoticon-Baby Boy

langsung seruput & praktek dah emoticon-Ngacir


Silahkan gan, semoga berhasil ya emoticon-Smilie
wah mantab ya gan ane juga lagi belajar setelah sekian lama meninggalkan adsense sekarang ada cara baru lagi :)
Quote:Original Posted By RezaVgen
wah mantab ya gan ane juga lagi belajar setelah sekian lama meninggalkan adsense sekarang ada cara baru lagi :)


Ini masih cara lama ko gan, dari dulu juga gini2 aja. Yang selalu berkembang mungkin algoritma SEO mbah google gan emoticon-Smilie
ikut belajar gan. Blog ane visitornya jauh dari harapan emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By opicktaopik
ikut belajar gan. Blog ane visitornya jauh dari harapan emoticon-Berduka (S)


Dengan senang hati gan. Masih banyak bahasan selanjutnya, pantengin aja gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
mastah... newbie boleh ngintip blog punya mastah yang lagi di bahas ini....???? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kaskusnewbie10
mastah... newbie boleh ngintip blog punya mastah yang lagi di bahas ini....???? emoticon-Big Grin


Wah mohon maaf mastah, ga bisa ngasih url blognya, bukan apa2, buat jaga2 aja, maklumlah orang Indonesia banyak yang suka iseng, bisa2 malah kenapa2 tar akun ane. Mohon dimaklumi ya emoticon-Smilie
mateng banget keyword research yang di jelaskan si agan mah.. untuk urusan contentnya gimana gan. ane agak susah nih buat bikin artikel yang bagus
Quote:Original Posted By nt45
mateng banget keyword research yang di jelaskan si agan mah.. untuk urusan contentnya gimana gan. ane agak susah nih buat bikin artikel yang bagus


Kalau urusan cara penulisan content yang SEO friendly tenang aja gan, ane udah agendakan ko. Abis ini materi yang InsyaAllah akan ane sampaikan adalah Setting blog wordpress yang optimal, terus oprek theme biar jadi SEO friendly, baru kemudian lanjut ke cara penulisan content yang benar.
setia menunggu,...

but action is de bes,... emoticon-Blue Guy Peace