alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014469489/makhluk-pertama-berbadan-setengah-flora-setengah-fauna
icon-hot-thread
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna
Quote:Original Posted By First don't forget to say
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna

Mohon maaf kalau terjadi emoticon-Blue Repost
Tampaknya siput laut ini makhluk pertama yang tubuhnya setengah flora setengah fauna. Pasalnya siput yang baru ditemukan ini bisa menghasilkan pigmen klorofil seperti layaknya tumbuh-tumbuhan. Para ilmuwan memperkirakan siput cerdik ini mencuri gen dari alga yang mereka makan sehingga bisa menghasilkan klorofil. Dengan gen curian itu mereka bisa berfotosintesis, yaitu proses tumbuhan untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi.



"Hewan ini bisa membuat molekul berisi energi tanpa makan apa-apa," kata Sydney Pierce, pakar biologi dari Universitas South Florida di Tampa. Pierce telah mempelajari mahluk unik ini, yang telah resmi dinamakan Elysia chlorotica, selama 20 tahun.

Ia mengajukan temuan terbarunya pada tanggal 7 Januari 2010, pada pertemuan tahunan Komunitas Integratif dan Perbandingan Biologi di Seattle. Temuan ini dilaporkan pertama kali oleh jurnal Science. "Ini pertamakalinya hewan multiselular bisa menghasilkan klorofil," tutur Pierce.

Siput laut ini tinggal di rawa-rawa air asin di New England, Kanada. Selain mencuri gen untuk menghasilkan pigmen hijau klorofil, hewan ini juga mencuri bagian-bagian kecil sel yang disebut kloroplas, yang dipakai untuk melakukan fotosintesis. Kloroplas menggunakan klorofil untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi, seperti tanaman, sehingga hewan ini tak perlu makan untuk mendapatkan energi.

"Kami mengumpulkan sejumlah hewan ini dan menyimpannya di akuarium selama berbulan-bulan," kata Pierce, "Asalkan diberi cahaya selama 12 jam sehari, mereka bisa bertahan (tanpa makan)."

Para peneliti memakai pelacak radioaktif untuk memastikan bahwa siput-siput ini benar-benar menghasilkan klorofil, dan bukan mencurinya dari pigmen yang sudah pada alga. Nyatanya, siput-siput ini mengintegrasikan materi genetika dengan begitu sempurna sehingga bisa diturunkan pada generasi selanjutnya.

Anak-anak dari siput yang sudah mencuri gen juga bisa menghasilkan klorofil sendiri, walaupun mereka tak bisa berfotosintesis sebelum mereka makan cukup alga hingga bisa mencuri cukup kloroplas. Sejauh ini kloroplasnya belum bisa mereka produksi sendiri. Keberhasilan siput-siput ini mengagumkan, dan para ilmuwan juga masih belum pasti bagaimana caranya hewan ini bisa memilih gen yang mereka butuhkan.

"Mungkin saja DNA dari satu spesies bisa masuk ke spesies yang lain, seperti yang telah dibuktikan oleh siput jenis ini. Tapi mekanismenya masih belum diketahui," ungkap Pierce.

Sumber
wah baru liat gan
subhanallah maha besar allah dengan semua kebesarannya... hmmm menabjukan bener neh...
Masa sih gan? spesies baru ya gan?



Posted with kaskusBetaQR
Quote:Original Posted By Elzars
Masa sih gan? spesies baru ya gan?



Posted with kaskusBetaQR


Wah Nggak tau juga Gan emoticon-Big Grin
koq bisa ya,, ini lah salah satu kuasa sang pencipta,,
Quote:Original Posted By dyanbara
subhanallah maha besar allah dengan semua kebesarannya... hmmm menabjukan bener neh...


sip gan setuju banget
Allah Maha Besar atas segala ciptaannya
wah bisa fotosintesis tuh gan klo punya klorofil.
gag perlu susah2 berburu makanan lg,..


[quote=]
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna
Makhluk pertama berbadan setengah flora setengah fauna

[/quote]
waduh makhluk labil ya gan, setengah2 gitu emoticon-Ngakak
makhluk laut emang byk gan macem nya
bearti selama ada air dan sinar matahari di bisa bertahan dunk, wah coba manusia mekanismenya kayak gtu juga ya pasti lebih mikir ke lingkungan....
lebih miriiiip sipuuut gan.... emoticon-Hammer (S)
aneh bener emoticon-Matabelo



emoticon-Bingung
wih keren banget gan bisa buat makanan sendiri itu siput.. emoticon-thumbsup:


Keren banget gaan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Ijin copast ke blog gue ya gan? emoticon-Peace
wow mantap emoticon-Matabelo emang banyak rahasia yg tersimpan pda alam ini yg blum terkuak smua
serem gan ah
pernah lihat nih di NG
nih hewan unik banget gan, makin kesini makin banyak penemuan aneh gan

kalo sempet dengerin lagu ane gan, bisa dicek disini
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14348420 emoticon-Big Grin
wow kereeennn, seperti makhluk purba ya itu gan.. emoticon-Matabelo