Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014327373/biadab-hiu-hiu-raja-ampat-dibantai
Sedih Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai
Spoiler for HT:


This HT is dedicated to

Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai

[URL=http://travel.detik..com/read/2012/05/06/200913/1910447/1025/biadab-hiu-hiu-raja-ampat-dibantai?vt22011024][SIZE="1"]Minggu, 06/05/2012 20:09:13 WIB[/SIZE][/URL]


Quote:Kabar menyayat hati datang dari kawasan laut paling indah di Indonesia, Raja Ampat. Ketika para traveler berusaha mengagumi keindahan bawah lautnya, ada sekelompok orang yang malah membantai hiu dan aneka ikan lain.

Tak ada yang menyangkal keindahan Raja Ampat nun di Papua Barat sana. Tapi sayang, ekosistem Raja Ampat terancam gara-gara nelayan ilegal mengincar hiu. Maklum, harga sirip hiu di pasaran sungguh menggiurkan.

Nelayan tersebut sempat ditahan oleh patroli gabungan masyarakat adat kampung Salyo dan Selpele serta Pos TNI AL Waisai pada hari Senin (30/4) di perairan Raja Ampat. Mereka menyita barang bukti sirip hiu, bangkai ikan hiu, pari, manta, dan teripang yang diperkirakan bernilai Rp 1,5 miliar. Mengerikan!

Semua hasil tangkapan nelayan dan dokumen kapal disita dan nelayan diperintahkan untuk mengikuti kapal patroli ke pelabuhan Waisai. Sayangnya, mereka melarikan diri dan kini masih dalam pengejaran. Direktur Eksekutif Conservation International Indonesia, Ketut Sarjana Putra menyatakan keprihatinannya.

"Penangkapan ikan secara ilegal di kawasan konservasi hiu Raja Ampat merupakan kejadian yang sangat kami sesalkan. Tindakan itu dapat merusak proses peremajaan hiu di kawasan konservasi perairan Raja Ampat. Hal ini jelas merugikan masyarakat lokal karena mengurangi ketersediaan ikan hiu yang bernilai ekonomi tinggi bagi mereka," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima detikTravel, Minggu (6/5/2012).

Atas kejadian tersebut, pemerintah telah mengirimkan bantuan patroli serta menempatkan polisi perairan dan pos Angkatan Laut di sekitar Pulau Sayang, Kabupaten Raja Ampat. Pemerintah juga menempatkan polisi perairan di Pulau Wayag sejak tanggal 4 Mei 2012.

Penangkapan ikan ilegal terjadi di sekitar Pulau Sayang dan Pulau Piai di Kawasan Konservasi Perairan Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Berdasarkan adat, kawasan ini dimiliki secara turun temurun oleh Suku Kawe. Mereka sejak 4 tahun lalu, menyatakan area seluas 155.000 hektar di Wayag dan Sayang tertutup untuk penangkapan ikan, demi konservasi ikan yang merupakan sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Kawasan tertutup ini dipantau rutin selama 24 jam secara bergantian oleh anggota masyarakat adat Kawe.

Sekretaris Daerah Raja Ampat Ferdinand Dimara turut menyatakan keprihatinannya. Menurutnya, aktivitas nelayan ilegal di Pulau Sayang melanggar peraturan kawasan konservasi. Sementara, tokoh adat dan masyarakat Raja Ampat Hengky Gaman mengecam kejadian tersebut dan meminta pemerintah bertindak tegas.

"Pemerintah harus memberikan hukuman berat kepada nelayan ilegal karena mereka telah melakukan pencurian di wilayah yang selama ini kami lindungi. Nelayan ilegal tersebut harus membayar denda adat kepada orang Kawe sebagai pemilik hak adat atas wilayah pulau Sayang," serunya.

Australian Institute of Marine Science memiliki data, seekor hiu karang bernilai ekonomis tahunan Rp 1,6 miliar, tapi jika dibiarkan hidup ikan ini bisa membantu Rp 17,5 miliar untuk industri pariwisata. Kawasan Raja Ampat memiliki potensi pariwisata hiu sebesar Rp 165 miliar per tahun dan menyumbang pendapatan daerah sebesar Rp 2,5 miliar per tahun dari sektor pariwisata.

Indonesia memiliki jumlah hiu terbesar di dunia, namun ironisnya populasi hiu terus menurun. Di tahun 1990-an, perburuan sirip hiu lazim dilakukan di Raja Ampat, terutama oleh nelayan yang berasal dari luar Raja Ampat.

Sejak 5 tahun terakhir, dibentuklah Kawasan Konservasi Hiu di Raja Ampat. Raja Ampat pun naik daun menjadi kawasan wisata bahari. Keindahannya membuat Raja Ampat berjuluk 'karya agung Tuhan'. Namun para pembantai hiu ini pasti tidak menghargai keagungan ciptaan Tuhan di Raja Ampat.

Nurul Hidayati - detikNews


Quote:
Spoiler for PIC:

Spoiler for PIC:

Spoiler for PIC:



Ane masih ingat dulu kangguru dibantai di Taman Nasional Wasur, Papua. Sekarang hiu dibantai di Raja Ampat, tak pedulikah para pembantai dg kelestarian mereka? Tak sedikitkah ada fikiran menyisakan mereka untuk anak-cucu??




Spoiler for sedikit komeng:

Spoiler for reputation:


Spoiler for update berita:
emang bang sat tuh nelayan ilegal.. gw doain matinya menderita.. aaamiin...







------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
We'll never die, we'll never die
We'll never die, we'll never die
We'll keep the die flying high
Cos Man United will never die...
Quote:Original Posted By King.of.Red
emang bang sat tuh nelayan ilegal.. gw doain matinya menderita.. aaamiin...







------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
We'll never die, we'll never die
We'll never die, we'll never die
We'll keep the die flying high
Cos Man United will never die...


Tul gan, tp ya jangan menderita2 amat lah...
Keknya tangan ato kakinya patah gara2 diemut hiu aja udah cukup :

Kasian hiunya

Yg posting sup hiu, moga2 keracunan sirip hiu

*** Update Berita ***

[URL=http://travel.detik..com/read/2012/05/07/164507/1911278/1025/membunuh-hiu-berarti-membunuh-raja-ampat?d992201287]Membunuh Hiu, Berarti Membunuh Raja Ampat![/URL]

Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai

Senin, 07/05/2012 16:45:07 WIB


Quote:Salah satu alasan para diver di seluruh dunia datang ke Raja Ampat, Papua Barat, karena wilayah itu jadi tempat konservasi hiu. Memburu hiu di Raja Ampat dianggap sama dengan membunuh potensi wisata di kawasan tersebut.

Direktur Eksekutif Conservation International (CI) Indonesia, Ketut Sarjana Putra dalam perbincangan dengan detikTravel, Senin (7/5/2012) mengungkapkan, masalah perburuan hiu ini bukan soal hiunya hewan langka atau bukan. Pada hakikatnya, Raja Ampat adalah daerah pemulihan biota laut.

"Raja Ampat itu dalam proses recovery, sebagai tempat pemulihan jumlah populasi hiu. Kalau di Indonesia, semua spesies hiu dilindungi karena mereka lambat recovery-nya," kata Ketut.

Karena menjadi habitat hiu, Raja Ampat pun tersohor di mata para diver di seluruh dunia. Memburu hiu di Raja Ampat adalah tindakan bunuh diri terhadap pariwisata bahari di sana.

"Mereka kan datang demi attractive diving, lihat ikan besar macam hiu, tuna, manta. Kalau hiu-nya dibunuh, mau bagaimana. Hiu kalau dibiarkan hidup, potensinya sangat besar untuk membantu pariwisata Raja Ampat," jelas Ketut.

Yang menyedihkan, dalam perburuan hiu yang terungkap baru-baru ini, diketahui kalau para nelayan ilegal itu berburu hiu di tempat ikan pemburu itu kimpoi. Artinya, potensi kelangsungan hidup generasi hiu selanjutnya terancam!

Yang juga mengagetkan, daerah perburuan hiu adalah tempat yang selama ini menjadi tempat penyelaman wisatawan di kawasan Pulau Wayag dan Pulau Piai. Oleh karena itu, tindakan perburuan hiu dianggap bisa merusak reputasi Raja Ampat sebagai tempat wisata diving.

"Itu diving spot-nya. Pulau Piai dari beberapa dive spot untuk shark, itu dive spot favorit. Di ujung barat Pulau Wayag ada tempat penyu kimpoi, ada shark dan manta (ikan pari) point," ungkap Ketut.

Ketut mengungkapkan, masyarakat adat Papua di Raja Ampat sangat sedih dengan perburuan hiu itu. Mereka mencoba mencari ikan dengan hati-hati, tapi aksi tak bertanggung jawab dari nelayan luar daerah dan luar negeri, membuyarkan rencana mereka menjaga kelestarian Raja Ampat.

"Masyarakat lokal Papua itu malah sangat peduli. Mereka punya cara tradisional untuk konservasi laut di Raja Ampat," tutupnya.


Ini alasan penting kenapa hiu di Raja Ampat hrs dilestarikan gan
Spoiler for tambahan kaskuser:

pemerintahnya sibuk gan , ga sempet bikin kawasan lindung buat hiu gan sempetnya tanda tangan pembebasan lahan buat sawit atau ngebor minyak/batu2an
Mungkin rakyatnya bingung mau nyari makan dmn, daerahnya kurang sumber daya alam *mungkin
Soalnya lahan yg biasa udah di 'bebasin' sm tanda tangan setan *mungkin
simple aja pangkal permasalahan ini, masalah perut, ga ada lagi yang bisa di makan. pemerintah apa ada perhatiannya ke warga papua?
Quote:Original Posted By bassboi
pemerintahnya sibuk gan , ga sempet bikin kawasan lindung buat hiu gan sempetnya tanda tangan pembebasan lahan buat sawit atau ngebor minyak/batu2an
Mungkin rakyatnya bingung mau nyari makan dmn, daerahnya kurang sumber daya alam *mungkin
Soalnya lahan yg biasa udah di 'bebasin' sm tanda tangan setan *mungkin


Quote:Original Posted By lonefucker
simple aja pangkal permasalahan ini, masalah perut, ga ada lagi yang bisa di makan. pemerintah apa ada perhatiannya ke warga papua?


Papua kurang kaya apa gan, ane kurang percaya klo emang sdh bener2 kehabisan lahan

Pasti msh banyak cara mencari nafkah yg lbh halal
Quote:Original Posted By lonefucker
simple aja pangkal permasalahan ini, masalah perut, ga ada lagi yang bisa di makan. pemerintah apa ada perhatiannya ke warga papua?


Dengan menggunakan logika ente, kalo masalah perut nyolong dan korupsi boleh dong
Sirip hiu harganya mahal gan jadi orang2 itu tertarik berburu. Ane dari dulu ga setuju tuh makanan, ya karena yang begini ini sebabnya. Dan yang dicari itu yang masih muda gimana populasinya ga menurun?



Posted with kaskusBetaQR
busyet hiu dibantai sementara tikus koruptor dipelihara.
Padahal sirip ikan hiu juga rasanya tidak istimewa kenapa masih banyak yg mau beli ya
weleh,, gilak amat nih si pembantai, emang hiu ganas, tapi gak seharusnya dibantai kyak gitu, klo dibantai habis-habisan ntar ekosistem sekitar pastinya juga terganggu.
Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Enak banget tuh kalo Siripnya dibikin Soup... ::

Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat DibantaiBiadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai

Enak si gan cuma gak gitu juga kali caranya masa demi sebuah kepuasan akan makanan kita harus rela mengorbankan populasi hiu yg ada nanti kalo hiu punah rantai makanan yg ada dilaut jadi berantakan
Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Sayang banget kalo nggak di coba soup nya... ntar hiu makin langka soupnya makin mahal loh...


agan salah tuh, sirip ikan hiu yang dibikin soup itu rasanya tidak istimewa.
Bahkan siripnya sendiri tawar tdk ada rasanya, yg bikin sedap itu adalah bumbu campuran yg dipakai.
Kalau aku sendiri berani bilang, dgn bumbu yg sama itu dan sirip ikan hiunya diganti dengan irisan jamur, aku jamin rasanya juga ga kalah sama yg pake sirip beneran.
Dan yg pasti lebih ramah lingkungan juga
Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Sayang banget kalo nggak di coba soup nya... ntar hiu makin langka soupnya makin mahal loh...


Udah gan cukup, ini trit lg prihatin tp ente malah promosiin sup hiu, ada tenggang rasa dikit kek

Setiap makhluk hidup berhak hidup demi kelangsungan hidup mereka, dimanfaatkan utk kehidupan manusia tak masalah, tp jg hrs diperhatikan kelestariannya, demi terjaganya kekayaan plasma nutfah
kok bisa bisanya tahananya lepas di tengah jalan ? ironis jadinya. Yang menikmati sirip hiu kan kebanyakan warga asing, sementara lingkungan sini yang rusak
gan emang sirip hiu itu mahalnya sampe milyaran ya? ane baru tau
Hanya untuk sirip , mereka membunuh habitat per - Hiu - an.
smoga aja patroli di perairan disana semakin ditingkatkan biar ga ada pencuri lagi gan
Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Sayang banget kalo nggak di coba soup nya... ntar hiu makin langka soupnya makin mahal loh... Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai

Ga kepengen gan, ane dah cocok sup iwak peyek..



Posted with kaskusBetaQR
d film' hiu bantai orang , sekarang malah hiu d bantai balik hahaha
kalo mau jual sirip hiu, bikin peternakan dong jangan mau main bantai aja...
×