CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Ngerumpi Tentang Hukum/Ketentuan Ketenagakerjaan & Jamsostek disini nyok!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013993915/ngerumpi-tentang-hukum-ketentuan-ketenagakerjaan-amp-jamsostek-disini-nyok

Ngerumpi Tentang Hukum/Ketentuan Ketenagakerjaan & Jamsostek disini nyok!

Misi agan & sista, Trit ini merupakan "ReposT" dari trit ane di Lounge dengan tema yg sama & kurang mendapatkan respon di Ngerumpi Tentang Ketenagakerjaan & Jamsostek disini nyok!. Ane merupakan salah satu penyimak tentang masalah ketenagakerjaan di Indonesia yang selalu menarik untuk didiskusikan!
Bagi agan-agan atau sista-sista yang mo ngobrol, diskusi or sekedar curhat tentang ketenagakerjaan, jamsostek dan turunan-turunannya silahkan post dimari aja! Nanti kita diskusikan rame-rame, mudah-mudahan aja bisa ngebantu atau paling tidak kita cari solusi & jalan keluarnya bareng-bareng!
Bukannya ane sok tau tentang hukum ketenagakerjaan, cuman ane pengen belajar bareng agan & sista aja berdasarkan pengalaman agan & sista semua!

Tujuan ane bikin trit ini cuman sekedar berbagi pengalaman & pengetahuan ama agan & sista semua.
Kalo ane tau, ya ane share.
Kalo ane gak tau ya ane minta share dari agan/sista.


Pengalaman kerja ane pernah bekerja di salah satu perusahaan otomotif di Karawang selama kurang lebih 8 bulan. Setelah itu ane resign & sekarang nguli aja serabutan! emoticon-Hammer2

Berdasarkan pengalaman ane sendiri, kadang kita sebagai tenaga kerja tu suka dibohongi & dibodoh-bodohi ama oknum pengusaha. Kita bisa dibodoh-bodohi selain karena kita emang gak tau atau karena kebutuhan yang memaksa kita mau untuk dibuat bodoh! emoticon-Blue Guy Peace


Sok lah gabung dimari & mudah-mudahan bermanfaat!

Quote:


Quote:
Halaman 1 dari 36
Diubah oleh R.1
Yang pernah diomongin :
Quote:

Quote:
Gan, saya mau bertanya, apa yang bisa dilakukan pekerja jika pengusaha masih saja membayar upah dibawah UMK, melihat dalam UU Ketenagakerjaan, Pengusaha ini dapat dipidana, namun adakah cara yang lebih damai tanpa harus lewat jalur hukum?
Gan, saya mau bertanya, apa yang bisa dilakukan pekerja jika pengusaha masih saja membayar upah dibawah UMK, melihat dalam UU Ketenagakerjaan, Pengusaha ini dapat dipidana, namun adakah cara yang lebih damai tanpa harus lewat jalur hukum?
Gan, saya mau bertanya, apa yang bisa dilakukan pekerja jika pengusaha masih saja membayar upah dibawah UMK, melihat dalam UU Ketenagakerjaan, Pengusaha ini dapat dipidana, namun adakah cara yang lebih damai tanpa harus lewat jalur hukum?
Quote:


Membayar Upah minimal sebesar UMK untuk pekerja dg masa kerja dibawah 1 taun adalah kewajiban pengusaha & ada sanksi pidana bagi yg tidak melaksanakan! Tentu musti ada prosedur yg harus ditempuh untuk mempidanakan pengusaha/perusahan yang membayar upah pekerja dibawah UMK.
Kalo yg ditanya apa yg bisa dilakukan pekerja tanpa harus lewat jalur hukum ya berarti musti ada pendekatan dari pekerja kepada pengusaha secara kekeluargaan. Bisa dibicarakan secara internal & kalo tetep gak bisa ya laporin aja ke Disnaker setempat! emoticon-Blue Guy Peace
UMK adalah hak bagi pekerja dg masa kerja dibawah 1 taun dan kewajiban bagi pengusaha!
Quote:


Agan 4d1ty45,,,
Laporkan saja ke dinas tenaga kerja dan transmigrasi (disnakertrans)... Di dalam struktur keorganisasian Disnakertrans, ada pegawai yang berfungsi sebagai Pengawas Ketenagakerjaan...agan curhat saja, dengan pegawai pengawas tersebut
Quote:

Yup betul banget! Agan pengawas ketenagakerjaan ya? emoticon-Smilie
mau sedikit cerita,dulu saya pernah berkerja di suatu perusahaan yg bergerak di bidang Film layar lebar,kurang lebih 4th bekerja status karyawan kontrak dengan benefit jamsostek,Askes dan THR,terus saya mengajukan surat resign di th 2011,akhirnya saya keluar dgn baik2,tapi sampai sekarang saya blm mendapatkan kartu jamsosteknya,pernah coba hubungi pihak manager dan admin masih juga belum ada tanggapanemoticon-Bingung (S)
jadi bingung mau gimana lagi,lumayan juga klo bisa cair jamsostek bisa buat beli susu anakemoticon-Frown








engky is cozzy^^
Post ini telah dihapus oleh
Quote:

Biasanya kartu Jamsostek langsung diberikan ke karyawan setelah karyawan itu didaftarkan ke Jamsostek. Analisa ane, kalo gak agan diboongin ternyata agan gak didaftarin ke Jamsostek atau emang beneran ilang tuh kartunya. Buat cairin uang JHT, agan perlu kartu Jamsostek & paklaring (pengalaman kerja) di perusahaan agan sebelumnya.
Sorry ane gak bisa ngasih solusi, cuman ngasih analisa aja!
emang tanda bukti agan udah didaftarin ke Jamsostek waktu itu apa?

Quote:

Yang penting kan ngerumpi yang baik-baik gan & mudah-mudahan bisa bermanfaat buat yg lain! Gak ngerumi model emak-emak! emoticon-Smilie
Nanya dong gan,

Saya pertama kali punya kartu Jamsostek ketika bekerja di PT A. Setelah 2 tahunan, saya pindah ke PT B. Ternyata, PT B membuatkan kartu Jamsostek baru untuk saya.

Apakah dana dalam dua kartu itu bisa digabungkan?
Quote:


Kalo digabungkan kayanya gak bisa deh gan!
Kecuali agan ngelanjutin Jamsostek agan di perusahaan yg baru dg menggunakan kartu & No Kepesertaan Jamsostek yg lama. Berarti tabungan JHT (Jaminan Hari Tua) agan akan dilanjut.
Tapi tenang aja gan, saldo JHT agan yg ada di Keanggotaan Jamsostek agan di Perusahaan lama tetep gak kan ilang kok! Agan bisa ambil dengan melengkapi syarat2nya atau agan biarin aja JHT agan, soalnya tiap taun akan selalu nambah & gak ada potongan! Nanti bisa agan ambil kalo bener-bener butuh asal kartu jamsostek & paklaring agan gak ilang! emoticon-Smilie
Saldo JHT bisa dicek kok, coba dateng aja ke kantor Jamsostek terdekat!
Quote:


Paklaring itu betuknya gimana gan? Apakah surat referensi yang menyatakan saya pernah kerja di PT A dari tanggal XX sampai tanggal YY itu udah cukup?
Quote:

di slip gaji no jamsostek tertlulis dan bisa di cek di web online jamsostek
Saya jg bingung knp paklaring blm juga tiba??emoticon-fuck


engky is cozzy^^
Quote:

Iya paklaring itu ya surat keterangan pengalaman kerja yang agan bilang diatas.

Quote:


Kalo memang beneran terdaftar di Jamsostek, ya teken aja gan perusahaannya biar bisa ngeluarin kartu jamsostek & paklaring agan! itu kan hak agan. Apalagi Jamsostek kan ada yg dipotong dari gaji agan juga!
Atau gini aja gan, coba aja agan bikin sendiri surat keterangan pengalaman kerja (paklaring) & kemudian coba agan minta tanda tangan ke personalia di perusahaan tersebut. trus sekalian juga bikin aja surat keterangan yg menyatakan bahwa perusahaan belum bisa mengeluarkan kartu jamsostek atas nama agan.
Mudah-mudahan bisa di acc.
ikutan nanya jg gan....

sy resign dr bulan oktober 2011 karena ada masalah pekerjaan, sy sdh berusaha meminta surat paklaring ke pihak perusahaan tetapi mereka menolak menerbitkan surat tsb krna sy bermasalah katanya, stlah sy meminta info dari beberapa pihak baik jamsostek dan kenalan sy di kantor pusat ternyata infonya bahwa hingga sekarang sy msh aktf sebagai karyawan & jg iuran jamsostek msh dibayar hingga kini makanya sy tidak bisa mencairkan dana jamsostek tsb, itu artinya gaji sy jg msh mengalir tetapi tdk tau kmn alirannya pdhal mulai bulan november 2011 sy sdh tidak menerima gaji & sy berpikir bahwa sy sdh resmi non aktif dr perusahaan.
mungkin ada masukan dari agan2 terhadap masalah ini, karena sy sdh berusaha mendatangi berbagai pihak yg mungkin bisa sy mintakan bantuan dalam pencairan dana jamsostek tsb, sy sdh 10 tahun bekerja di perusahaan tsb.
thks b4
Quote:


sempat terpikirkan utk melakukan itu,yg jadi masalah skrg ada perombakan karyawan besar2an di office,jadi pada baru staff nya,jadi klo saya nanya ada bahan "anda ini siapa? buktinya ada?" maaf saya masih baru,mkn bsk dkbri lagi emoticon-Big Grin


engky is cozzy^^
Quote:


waduh,kayaknya kemungkinan besar status anda di perusahaan yg lama di manipulasi datanya....ck...ck...ck
hukum harus ditegakkan klo begini...cb hub LBH setempat.emoticon-shakehand
Bro, PMnya penuh tuh...mau nanya2 via pm nih...
emoticon-Peace
Halaman 1 dari 36


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di