CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
AKIBAT KEMARUKNYA HARGA JUAL DAN SEWA RUKO
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013924355/akibat-kemaruknya-harga-jual-dan-sewa-ruko

AKIBAT KEMARUKNYA HARGA JUAL DAN SEWA RUKO

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 22
kampung ane lahir dulu,,,yg dulunya sawah,,,sekarang dah penuh sama perumahan dan gila nya di pingir-pingir jalan dah semua rukoooooooooooooooo emoticon-Big Grin tapi d daerah ane,,tuh ruko masih wajar harganya,,,,yg ngk wajar harga tanahnya selangit.,,atau kalo kita mau beli itu RUKO,,, hargany bikin pucet aja emoticon-Takut (S)

jadi pemilik tanah buat ruko itu tujuan nya d sewakan,,,kebanyakanny

nah kita sebagai penyewa,,,degan omset yg udah pasti d posisi ruko itu,,,suatu saat d naikan atau d usir,,,beuh kebakaran jengot entr. emoticon-Hammer (S)

kita ngk akan nyaman walau sudah d sewa 3th ++ juga... dn d hati kecil pengen juga punya ruko sendiri. tp apa daya harga beli ruko nya ngk nahan,,, aw aw aw

kata babeh ane,,,tanah d pingir jalan apalagi strategis buat d pakai untuk usaha merupakan HARTA Karun ,,,,emoticon-Peace
Emang ngaco banget harga ruko sekarang tuh, kalo nggak salah denger2 harga Ruko 6.5M di daerah PIK, sama 30M di daerah Kelapa Gading.

Mo bisnis apaan itu biar bsia balik Modal kalopun ada brp lama? 10 tahun? 20 tahun? bingung da? Herannya ada lagi yang beli....
Kadang heran, emang orang kaya di Indonesia terlalu kaya ya emoticon-Hammer2
emang jaman udah gila gan, mau dagang apaan coba kalo sewa aja harganya udah ngecekek bgitu emoticon-Nohope

bukannya untung malahan buntung itu mah gan emoticon-Nohope

Quote:


ada gan, abang ane baru dapet 12jt/tahun minimal sewa 2 tahun, ukuran kira2 5x8 an lah ( ane lupa pastinya ). tapi di BALI gan emoticon-Big Grin arah ke pantai dreamland. ada 4 ruko, yang tiga udah terisi, tinggal 1 lagi, kayanya udah pengen keisi tp kurang pasti juga sih..

Quote:


ya orang kaya di Indonesia skrg rata2 pada invest gan. dibeli bukan untuk dipakai, tp untuk invest ( siapa tau beberapa taun mendatang anjlok emoticon-Ngakak (S) )
mending buat toko di depan rumah sendiri
jadi deh ruko
ga rumah ga ruko gila2an n ga wajar harganya..bakal terjadi buble properti kaya di amrik kayanya nih...siap2 aja banyak kredit macet gan....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


wabah berbahaya gan
mau cari tempat usaha susahnya..
anehnya kok pada betah ruko berbulan2 ga ada yg sewa emoticon-Cape d... (S)
yg pada beli ruko dan dianggurin juga pada pake pertimbangan kok 'gan.

banyak yg bilang pada dipake buat cuci-uang, masuk akal juga sih hehehe
setuju gan, terjadi buble yg luar biasa di sektor property terutama ruko2 itu, di daerah ane jg ada Ruko mewah n megah yg ngangkrak ga guna karena ga laku

kita jg sbg pengusaha kecil susah tuk menjangkau harga yg selangit itu
dari semua info rekan bisnis saya juga mengatakan hal yang sama gan,rata2 ruko di daerah jawa udah berkisar 800-1,5 milyar emoticon-Gila
ane setuju nichh
TS kaya ane orang depok..
ane juga lagi nyari nyari sewa kios atau ruka yang 10 jutaan emm susah bener dah,, ada tapi lokasinya sepi, kalo di jalan utama di atas 20 juta setahun....
nah gmana ukm mau maju yaa??
menarik utk disimak nih gan
d kota ane jg gtu,
bnyk ruko2 baru,, tp kosong mlompong bhkn ad yg rusak dgn sdnririnya.
akibat hrga sewa mahal gila.. sdh tau bgtu lbh baik kn diringankan sewanya tp jd rame rukonya. gtu kn sharusnya

alhasil pd numpuk smua di online gan. harus ada praturan dr pmrntah .sayangnya pmrnth kita tdk ramah kpd UKM gan
Quote:


dah tau ane biang keroknya :

adalah pemerintah daerah setempat yang memberikan izin pembangunan ruko2, padahal ruko yang lain mubazir.tidak terpakai., kalo memberikan izin pasti lah dana masuk..., benahi UUD pembangunan RUKO, parah memang indonesia...
Betul sekali.
sebagai pebisnis laundry, ane cukup dipusingkan dengan harga kios yang semakin mahal. terutama di bbrp tempat yang rame.
padahal kita butuh banyak outlet untuk meningkatkan omset.
menurut ane, harga sewa ruko satu lantai yang masuk akal untuk satu outlet laundry skitar 15-25 jt. lebih dari itu, perlu kerja keras lebih dlm mencari pelanggan.

sebagian pemilik ruko yg menetapkan harga selangit, terutama yg berlantai 2 ke atas , kepinginnya penyewanya adalah bank. alasannya, kalo disewa bank akan lebih bonafit, kebersihan terjaga dan sewanya biasanya sampe 5 tahun minimum.

entahlah. mungkin bagi para developer, mahalnya harga properti adalah opportunity bagi mereka..emoticon-Big Grin
Quote:


memng bner gan kadang mereka mendingan kosong dripada nurunin harga emoticon-Cape d... (S)
namanya jg ruko mewah gan ditambah lokasinya strategis

logika ane :
ane beli tanah n bangun ruko abis 700jt
paling lama ane pengen BEP 10 tahun, lebih dari 10 tahun keburu tua/mati emoticon-Ngakak
jadi mau tidak mau ya ane sewain minimal 70jt / tahun atau ane jual lg aja 1M (untung 300jt)

pasar untuk ruko mewah emang bukan untuk kelas UKM :FYI:

dan untuk pertimbangan dikosongin karna untuk mengurangi biaya renovasi
Quote:


Kalau beli ruko, sebaiknya jalannya ada 2 gan. Pertama, rukonya dijaminkan kebank buat usaha. Atau kedua, rukonya ditempati usaha. Kalau sewa berat gan. Contohlah begini: Ambil aja harga ruko 1 M. Itu kalau disewa 60 juta setahun, 10 tahun baru 600 jeti. Sebulan juga sewa cuman 5 juta, kalau setahunnya 60 juta. Lah, mau ambil darimana kiat sisanya. Kalau agan memang mau beli ruko, mendingan beli yang lokasinya bagus. Kenapa? Karena agan bisa tempatin sendiri.

Ruko sekarang juga harus hati hati. Ingat gan, kita diajarin bahwa harga itu adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran. Tapi, ingat juga bahwa ilmu ekonomi konvensional tidak mengajarkan bahwa sebaiknya harga adalah pertemuan antara penawaran yang jujur dan permintaan yang ikhlas. Pengembang kan ada juga yang serakah. Dia juga kan hutang sama bank. Saya pikir, mungkin 1-2 deh kalau ada pengembang yang bikin properti murni dari duit dia sendiri.

Ironisnya juga kebutuhan hunian kan bukan ruko tapi t4 tinggal yang bentuknya rumah atau apartemen. Ironisnya lagi, yang butuh malah menengah kebawah. Yang atas malah yang banyak dibikinin.

Jadi, tren pasar sebenarnya sudah berbohong. Makanya, ane himbau kepada kaskuser sekalian supaya berhati hati dalam investasi properti. Walau properti bisa untung, tapi banyak faktor juga yang membuat investasinya bisa untung maupun buntung.

Quote:


Gak gan, ini maksudnya TS nya pasti beli ruko. Masa nyewa semilyar setahun. Udah gila itu namanya.


Salam Kaskus
bantu....
Quote:

pembahasan menarik soalnya.....


didaerah ane sekarang lagi rame,ruko2 yg ga laku,sama pemiliknya di jadikan sarang burung walet gan..emoticon-Cape d... (S)

malah ada ruko tengah kota yg di bangun emang tujuannya buat itu...
huufftt !!

ya ini lah wataknya orang jawa
pengen untung yang banyak tapi tidak melihat untuk kedepannya, bisa kontinyu apa gak .
coba kalo niru pemikiran orang cina, untung sedikit tapi bisa kontinyu.

toh meskipun balik modal pelan, kn bisa dijadikan warisan unntuk anak.

memang rata2 developer membangun property dari hasil utang bank.
jadi kalkulasi mereka ( setoran ke bank + untung gede = harga sewa *selangiiit* )
Quote:


Kalau saya developer sekarang, saya bikin ruko yang ramah saya iklan. Harusnya, bangunan ruko dalamnya harus berpilar. Jadi pilarnya dibikin sampai atap ruko. Nanti pilarnya tinggal dimasukin billboard atau elektron board. Kemudian, ruko sekarang terlalu general. Desainnya beda beda tapi cuman dluarnya doang. Sebaiknya kan pengembang bikin saja satu ruko, tapi desain luar dalamnya beda. Contohnya, ruko sekarang bentuk kotak, coba deh bikin satu ruko yang ukurannya 2 - 2.5 ruko sekarang tapi bulat terus tingkat 2. memang hanya bikin satu, tapi kan bisa terjual atau tersewakan. Jadi pengembang dengan desain pilar bisa pasang billboard. Terus sewanya bisa buat showroom motor atau mobil. Jadi sebulan bisa lah dapat pemasukan. Lagipula, kalau bisa bikin ruko satu dulu tapi cash daripada 10 tapi ngutang.

Ini karena harga penjualannya sdh termasuk macam macam termasuk keserakahan. Jadi harga jadi selangit. Pasarpun jadi semakin tidak rasiona. Ujung2nya jadi sepi.

Halaman ruko juga harus jadi etalase iklan. Inilah yang pengembang ruko tidak pikirkan. Kalaupun tidak bisa, pengembang ruko bisa bikin t4 jualan kaki lima yang sewanya perbulan. Bisa juga kan nambah nambah pundi pengembang.

Salam Kaskus
Halaman 5 dari 22


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di