alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013832284/dunia-hewan-regional-kalimantan-timur
Dunia Hewan Regional Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
emoticon-rainbow DUNIA HEWANemoticon-rainbow
Thread ini bertujuan untuk menampung semua aspirasi dan info tentang Dunia Hewan khususnya untuk seluruh wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
Quote:Quote:Rules
emoticon-Cek PM (S)Wajib mendiskusikan semua tentang Dunia Hewan
emoticon-Cek PM (S)Tanya Jawab khusus Hewan
emoticon-Cek PM (S)Informasi hewan yang terancam punah
emoticon-Cek PM (S)Postingan yang berkaitan dengan hewan sangat mendapat apresiasi
emoticon-Cek PM (S)Bebas untuk mengekspresikan dirinya sendiri baik warga Kaltim maupun tamu
emoticon-Cek PM (S)Tamu lapor dulu ke RT atau daftar di sini --->Biodata Kaskuser RKT & Buku Tamu
emoticon-Cek PM (S)Maho dilarang masuk
emoticon-Cek PM (S)Silahkan posting dengan sopan dan menghormati yang lain
Jika ada pelanggaran langsung lapor ke HANSIP emoticon-NgacirQuote:
Hewan atau disebut juga dengan binatang adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa (atau satwa saja).
Hewan dalam pengertian sistematika modern mencakup hanya kelompok bersel banyak (multiselular) dan terorganisasi dalam fungsi-fungsi yang berbeda (jaringan), sehingga kelompok ini disebut jugajuga histozoa.
Semua binatang heterotrof, artinya tidak membuat energi sendiri, tetapi harus mengambil dari lingkungan sekitarnya.
Dalam dunia Hewan banyak sekali jenis hewan di Dunia.
Namun Dunia Hewan yang kita bahas di sini adalah:
  • Hewan Kesayangan (Pet Animal)
  • Hewan Ternak (Large Animal)
  • Hewan Liar (Wild Animal)

Hewan Kesayangan (Pet Animal)

Hewan Kesayangan (Pet Animal)


Dalam dunia Hewan kesayangan atau sering disebut Pet Animal atau Pet.

Pet Animal menurut persetujuan hanya dibagi menjadi Anjing dan Kucing


Quote:
Anjing
Quote:
Dunia Hewan Regional Kalimantan Timur
Quote:
Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu[3] atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.[4] Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama.[5][6][7]

Spoiler for Lanjutan:


Kenali jenis anjing anda
Spoiler for Jenis Anjing:



Hewan Kesayangan (Pet Animal)

Quote: Kucing
Dunia Hewan Regional Kalimantan Timur
Quote:
Quote:Kucing, Felis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan,[3] tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus.[4] Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.[5]
Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.[6] Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.


Hewan Ternak (Large Animal)

Hewan Ternak

Ternak adalah hewan yang dengan sengaja dipelihara sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri, atau sebagai pembantu pekerjaan manusia. Usaha pemeliharaan ternak disebut sebagai peternakan (atau perikanan, untuk kelompok hewan tertentu) dan merupakan bagian dari kegiatan pertanian secara umum.
Quote:
Ternak dapat berupa binatang apa pun (termasuk serangga dan vertebrata tingkat rendah seperti ikan dan katak). Namun demikian, dalam percakapan sehari-hari orang biasanya merujuk kepada unggas dan mamalia domestik, seperti ayam, angsa, kalkun, atau itik untuk unggas, serta babi, sapi, kambing, domba, kuda, atau keledai untuk mamalia. Sebagai tambahan, di beberapa daerah di dunia juga dikenal hewan ternak yang khas seperti unta, llama, bison, burung unta, dan tikus belanda mungkin sengaja dipelihara sebagai ternak. Jenis ternak bervariasi di seluruh dunia dan tergantung pada sejumlah faktor seperti iklim, permintaan konsumen, daerah asal, budaya lokal, dan topografi.
Kelompok hewan selain unggas dan mamalia yang dipelihara manusia juga disebut (hewan) ternak, khususnya apabila dipelihara di tempat khusus dan tidak dibiarkan berkelana di alam terbuka. Penyebutan "ternak" biasanya dianggap "tepat" apabila hewan yang dipelihara sedikit banyak telah mengalami domestikasi, tidak sekedar diambil dari alam liar kemudian dipelihara. Ke dalam kelompok ini termasuk ngengat sutera, berbagai jenis ikan air tawar (seperti ikan mas, gurami, mujair, nila, atau lele), beberapa jenis katak (terutama bullfrog), buaya, dan beberapa jenis ular. Usaha pemeliharaan ikan umumnya disebut sebagai perikanan atau, lebih spesifik, budidaya ikan.
Quote:
SAPI
Dunia Hewan Regional Kalimantan Timur
Sapi ternak adalah hewan ternak anggota familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai bahan pangan. Hasil sampingan, seperti kulit, jeroan, dan tanduknya juga kemudian dimanfaatkan. Di sejumlah tempat, sapi juga dipakai untuk membantu bercocok tanam, seperti menarik gerobak atau bajak.
Sapi ternak saat ini merupakan keturunan dari jenis liar yang dikenal sebagai Auerochse atau Urochse (bahasa Jerman berarti "sapi kuno", nama ilmiah: Bos primigenius[1]), yang sudah punah di Eropa sejak 1627. Sapi ternak meski banyak jenisnya tetapi umumnya digolongkan menjadi satu spesies saja.

Hewan Liar (Wild Animal)

Quote:Quote:
Diperkirakan sebanyak 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17% satwa di dunia terdapat di Indonesia, walaupun luas Indonesia hanya 1,3% dari luas daratan dunia. Indonesia nomer satu dalam hal kekayaan mamalia (515 jenis) dan menjadi habitat dari sekitar 1539 jenis burung. Sebanyak 45% ikan di dunia, hidup di Indonesia.
Meskipun kaya, namun Indonesia dikenal juga sebagai negara yang memiliki daftar panjang tentang satwa liar yang terancam punah. Saat ini jumlah jenis satwa liar Indonesia yang terancam punah adalah 147 jenis mamalia, 114 jenis burung, 28 jenis reptil, 91 jenis ikan dan 28 jenis invertebrata (IUCN, 2003). Satwa-satwa tersebut benar-benar akan punah dari alam jika tidak ada tindakan untuk menyelamatkanya.
Perdagangan satwa liar menjadi ancaman serius bagi kelestarian satwa liar Indonesia. Lebih dari 95% satwa yang dijual di pasar adalah hasil tangkapan dari alam, bukan hasil penangkaran. Lebih dari 20% satwa yang dijual di pasar mati akibat pengangkutan yang tidak layak. Berbagai jenis satwa dilindungi dan terancam punah masih diperdagangkan secara bebas di Indonesia. Semakin langka satwa tersebut semakin mahal pula harganya.
Kembali ke atas
Beberapa fakta lain:
Sebanyak 40% satwa liar yang diperdagangkan mati akibat proses penangkapan yang menyakitkan, pengangkutan yang tidak memadai, kandang sempit dan makanan yang kurang. Perdagangan satwa liar itu adalah kejam!
60% mamalia yang diperdagangkan di pasar burung adalah jenis yang langka dan dilindungi undang-undang. Perdagangan satwa liar itu adalah tindakan kejahatan!
70% primata dan kakatua yang dipelihara masyarakat menderita penyakit dan penyimpangan perilaku. Banyak dari penyakir yang diderita satwa itu bisa menular ke manusia.
Lebih dari 100.000 burung paruh bengkok setiap tahunnya ditangkap dari alam Papua dan Maluku. Penangkapan ini juga melibatkan oknum militer. Sebagian besar burung tersebut adalah ditangkap secara ilegal dari alam.
Burung paruh bengkok (nuri dan kakatua) ditangkap dari alam dengan cara-cara yang menyiksa dan menyakitkan satwa. Bulunya dicabuti agar tidak bisa terbang.
Setiap tahunnya ada sekitar 1000 ekor orangutan Kalimantan yang diselundupkan ke Jawa dan juga luar negeri. Sebagian besar orangutan yang diperdagangkan adalah masih bayi. Untuk menangkap seekora bayi orangutan, pemburu harus membunuh induk orangutan itu yang akan mempertahankan anaknya sampai mati.
Sekitar 3000 owa dan siamang setiap tahunnya diburu untuk diperdagangkan di dalam negeri dan diselundupkan ke luar negeri.


Sumber : www.profauna.org

DAFTAR Dokter Hewan (drh) Kaltim

Samarinda

Balikpapan

Tarakan

Bontang


KOLEKSII FOTO-FOTO HEWAN KASKUSER RKT

Spoiler for echoheri:


Spoiler for jund:

Spoiler for yogaridho:


Spoiler for dhedheppi:
Reserved

FAQ Dunia Hewan



Trit Tanya Jawab

Silahkan buat Kaskuser yang mau bertanya cek dulu di sini atau klik ctrl + f untuk mencari pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan

Quote:emoticon-Bingung (S) T : Trit apa ya ini kok gak jelas ? by ajikan.sayuri
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Quote:emoticon-Bingung (S) T : Apakah ada pengaruh mencat rambut kucing ? by Gresta
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Quote:emoticon-Bingung (S) T :Ane punya musang gan umur 2 bulanan, klo kasih susu buat anak2 gmn ? by [URL="http://livebeta.kaskus.co.id/profile/ 4128765"]Earth.Orbit[/URL]
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Quote:emoticon-Bingung (S) T :Gan mau nanya, gmn biar anak kucing tdk mati lemes by [URL="http://livebeta.kaskus.co.id/profile/ 2658446"]kancrutkuda[/URL]
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Quote:emoticon-Bingung (S) T: Dimana cari dokter hewan (drh) di Samarinda by [URL="http://livebeta.kaskus.co.id/profile/ 2658446"]kancrutkuda[/URL]
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Quote:emoticon-Bingung (S) T :Apakah tikus bisa memakan kura kura? by [URL="http://livebeta.kaskus.co.id/profile/ 2791762"]akoeakbar[/URL]
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Quote:emoticon-Bingung (S) T : kucing nya bersin² di kasih obat flu anak boleh gak ya ? by jund
emoticon-doctor: J:Klik di sini Jawabannya

Artikel dari Kaskuser Kaltim

emoticon-Kiss (S) Sharing merawat Hamster by --> SinyoRandolph
emoticon-Kiss (S) Need Betina Persia daerah Bontangby --> Mencarikan

emoticon-Kiss (S) Tips mencegah Toxoplasma
gans nubi mau numpang tanya dumbsemoticon-Cendol (S)

kurang lebih sama seperti mewarnai rambut manusia...
apakah efek samping kalo kita mewarnai bulu hewan?emoticon-Confused


Dunia Hewan Regional Kalimantan Timur

mirip pikachuemoticon-Peace
yah ga dapet pertamaxxxx emoticon-Frown
kalo da yg mo di del/ di banned, lapor aja emoticon-Angkat Beer
sedikit cerita tentang hamster ane nih emoticon-Big Grin
cara ternaknya paling mudah nih.

satukan betina sama jantan di 1 kandang.
makanannya cukup biji bunga matahari kuaci sama pelet.
tapi kalau mau hamster lebih sehat seminggu sekali atau 3 kali sehari kasih jagung manis yg sudah di rebus emoticon-Big Grin
jangan lupa minuman jangan sampe habis ya emoticon-Big Grin

ntar jangka waktu paling lama 2 bulan dah ada tuh anaknya.
kalau anaknya sudah ada,usahakan pisahkan hamster yg beda ras di jikalau ada hamster di dalam kandang yang beda ras.
soalnya ntar di makan emoticon-Embarrassment

oo iya kalau takut anakannya hamster di makan cowonya.
mama nya pindahkan ya ke kandang yg khusus emoticon-Big Grin sama anak anaknya tapi jangan lupa sediain juga makanan sama minuman sesuai yg di atas emoticon-Big Grin
sama serabut kayu biar membantu penghangatan anaknya.

catatan : jangan sekali sekali pisahkan anak dari ibunya.soalnya jangka waktu 1 hari bisa mati.soalnya dia menyusu emoticon-Big Grin
pitc nyusul kalau di perlukan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Gresta
gans nubi mau numpang tanya dumbsemoticon-Cendol (S)

kurang lebih sama seperti mewarnai rambut manusia...
apakah efek samping kalo kita mewarnai bulu hewan?emoticon-Confused




mirip pikachuemoticon-Peace


Gambarnya gak kelihatan gan emoticon-Big Grin

Sy jawab ya : Kalo pewarna itu sangat berpengaruh terhadap rambut dan kulit hewan. Karena cat itu sangat berpengaruh terhadap kelembaban kulit dan kondisi rambut kucing. Nanti bisa rontok kalo cat yang digunakan sembarangan. Selain itu bau yang menyengat akan mengganggu kucing sehingga menyebabkan stress

Jadi memang ada cat khusus yang disediakan untuk Pet
Jadi kalo teman2 mau cat usahakan konsultasi dengan drh (dokter hewan) terdekat jenis cat apa yang digunakan emoticon-Big Grin

Semoga membantu emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By SinyoRandolph
sedikit cerita tentang hamster ane nih emoticon-Big Grin
cara ternaknya paling mudah nih.

satukan betina sama jantan di 1 kandang.
makanannya cukup biji bunga matahari kuaci sama pelet.
tapi kalau mau hamster lebih sehat seminggu sekali atau 3 kali sehari kasih jagung manis yg sudah di rebus emoticon-Big Grin
jangan lupa minuman jangan sampe habis ya emoticon-Big Grin

ntar jangka waktu paling lama 2 bulan dah ada tuh anaknya.
kalau anaknya sudah ada,usahakan pisahkan hamster yg beda ras di jikalau ada hamster di dalam kandang yang beda ras.
soalnya ntar di makan emoticon-Embarrassment

oo iya kalau takut anakannya hamster di makan cowonya.
mama nya pindahkan ya ke kandang yg khusus emoticon-Big Grin sama anak anaknya tapi jangan lupa sediain juga makanan sama minuman sesuai yg di atas emoticon-Big Grin
sama serabut kayu biar membantu penghangatan anaknya.

catatan : jangan sekali sekali pisahkan anak dari ibunya.soalnya jangka waktu 1 hari bisa mati.soalnya dia menyusu emoticon-Big Grin
pitc nyusul kalau di perlukan emoticon-Big Grin


Trims sharenya gan emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By SinyoRandolph
yah ga dapet pertamaxxxx emoticon-Frown

Kasian banget emoticon-Frown
Quote:Original Posted By yogaridho
kalo da yg mo di del/ di banned, lapor aja emoticon-Angkat Beer


Adalah siap Om emoticon-armyemoticon-Kiss (S)
Quote:Original Posted By NRASS


Gambarnya gak kelihatan gan emoticon-Big Grin

Sy jawab ya : Kalo pewarna itu sangat berpengaruh terhadap rambut dan kulit hewan. Karena cat itu sangat berpengaruh terhadap kelembaban kulit dan kondisi rambut kucing. Nanti bisa rontok kalo cat yang digunakan sembarangan. Selain itu bau yang menyengat akan mengganggu kucing sehingga menyebabkan stress

Jadi memang ada cat khusus yang disediakan untuk Pet
Jadi kalo teman2 mau cat usahakan konsultasi dengan drh (dokter hewan) terdekat jenis cat apa yang digunakan emoticon-Big Grin

Semoga membantu emoticon-Kiss


wah dengan kata lain kalo make pewarna yang tidak seharusnya atau asal2an bisa rontok ya bulu si kucingemoticon-kucingemoticon-Berduka (S)
semoga kucing warna kuning itu mendapat warna yang bener aja dehemoticon-Frown

makasih pak dokter nanti kalo ada apa2 saya tanya lagi yaemoticon-Add Friend (S)
cek koloremoticon-Cek PM (S)
pernah ternak hamster, tapi punah di hambur kucing satu kandang yang isinya hampir 20 ekor..

pernah pelihara bunglon tapi 2 kali mati...

pelihara kumbang juga mati..

masih bingung mau melihara apa lagi..
rencana mau kucing persia, tapi takut ga keurus..
emoticon-Mewek
selamat atas dibikinnya thread hewan emoticon-Big Grin