alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013682427/kampung-adat-ciptagelar-sang-penjaga-kearipan-nenek-moyang
Kampung Adat Ciptagelar-Sang Penjaga Kearipan Nenek Moyang
Kampung Adat Ciptagelar-Sang Penjaga Kearipan Nenek Moyang[quote=]Kalo berkenan tolong dibantu emoticon-Rate 5 Star ya Juragan.[/quote]
[quote=]Kasepuhan Cipta Gelar[quote=]Kasepuhan Ciptagelar (Banten Kidul) berlokasi di atas pegunungan halimun di kawasan Taman Nasional Halimun Salak,yang berada ditiga wilayah kabupaten yaitu Lebak, Bogor dan Sukabumi provinsi Jawa Barat dan Banten. Kasepuhan berada di ketinggian 1200dpl dengan temperature rata-rata 18derajat dan selalu ditutupi kabut atau (halimun bhs. Sunda) yang juga sebagai nama pegunungan.
Spoiler for Alam:

Kasepuhan ini dalam sejarahnya sudah eksis sejak 1368, menjalankan sistem pemerintahan adat dari leluhur hingga harus menjalani berpindah tempat untuk menjaga titipan tidak terbawa arus jaman, bermula dari Bogor kemudian berpindah ketika wangsit datang dan sampai saat ini Kasepuhan bernama Ciptagelar dengan pusat kasepuhan adat nya di kampung Ciptagelar, desa Sirnaresmi, kec. cisolok, Kab. Sukabumi, dengan pupolasi masyarakat sekitar 30.000 orang yang tersebar di 568 kampung.

Nilai yang diyakini masyarakat kasepuhan adalah bahwa manusia harus hidup dengan dan bersama alamnya dan untuk tetap menjaga dan melestarikan hutan, masyarakat memiliki kearifan lokal dalam pengelolaan hutan, yang kemudian diwujudkan dalam pembagian pengelolaan dalam 3 kriteria, yaitu:

1. Hutan Tutupan, yaitu kawasan hutan yang harus tetap dijaga dan tidak disentuh untuk kebutuhan apapun, supaya siklus alaminya tetap utuh.

2.Hutan Titipan, merupakan kawasan hutan yang dititipkan oleh leluhur dan harus dijaga bilamana suatu saat diperlukan, sumber daya didalamnya bisa dimanfaatkan olah masyarakat adat.

3. Hutan Garapan, adalah kawasan yang menjadi bagian dari keberlangsungan kehidupan masyarakat, dimana hutan ini dimanfaatkan dan dijaga dengan ditanami kembali untuk kebutuhan sehari-hari.
Spoiler for Kebudayaan:

Masyarakat kasepuhan adalah masyarakat agraris yang sehari-harinya bekerja sebagai petani mengolah lahan kering dan persawahanA dengan tetap mentaati aturan adat istiadat titipan leluhur yang mengijinkan penanaman padi hanya satu kali dalam satu tahun, sedangkan lahan lainnya biasanya digarap sebagai kebun sayuran dengan system tanam tumpang sari dan sebagian lainnya untuk perikanan. Dalam tata aturan adat masyarakat tetap melestarikan kebiasaan menyimpan padi didalam lumbung disamping itu hasil pertanian yang berupa padi dan terutama beras tidak diperbolehkan untuk diperjual belikan. Hal ini menyebabkan masyarakat tidak pernah kekurangan makanan sedangkan untuk memenuhi kebutuhan lain disamping makanan pokok, masyarakat menanam tanaman lain seperti kapulaga, jahe, singkong, jagung sayuran dan lain-lain untuk dijual. Disamping itu sebagian masyarakat juga memiliki keahlian lain di bidang jasa dan keterampilan membuat barang kerajinan, interior, dan bangunan yang dapat dilakukan setelah masa tanam untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Spoiler for Agraris:
[/quote][/quote]
wah harus terus dilestarikan tuh gan budaya adat istiadat warisan turun temurun dr nenek moyang,..

[quote=]
Belajar Mencintai Lingkungan dengan Animasi

13 Alasan Anak Butuh Orang Tua,.

Coba Tebak dari Film2 Apa Adegan Ini Diambil??.......

Mau tau cara mayat bisa membusuk,...

[HOT] Coklat + Kondom Buat Valentine (PARAH ABIISS!!!)
[/quote]
Kampung adat ya gan emoticon-Matabelo
Semoga tetap lestari gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By masmomon
wah harus terus dilestarikan tuh gan budaya adat istiadat warisan turun temurun dr nenek moyang,..



Betul gan. Bagi cendol dong Gan<Abis uplot Photo neh Haaauuus emoticon-Big Grin

emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
masih asri banget gan emoticon-Angkat Beer
bagus banget tempatnya emoticon-Angkat Beer

semoga jadi HT emoticon-Angkat Beer





Best Regards,
WSSChanger

masih alami gan emoticon-Matabelo
salut ane Kearipan Nenek Moyang mmang hrus d jga...
Nice thread Gan, Ane bantu rate yaa emoticon-Rate 5 Star
gan, nanya dunk.. klo mau ke kasepuhan ciptagelar yang disukabumi itu lebih enak lewat mana ya gan klo dr posisi ane di jakarta. kondisi jalannya gimana ya gan? klo pake mobil biasa bisa ga tu or emang semua jalur ke sana hrs 4x4 gan?
tengkiyu berat gan sebelumnya..
Libur natal kemaren baru dari sana, manteb gan, walaupun di tengah hutan kawasan Taman Nasional Halimun Salak, tapi di sana udah canggih banget, mereka punya stasiun TV dan radio sendiri, WIFI(BAYANGIN GAN,,,WIFI....!!!!) malah mereka punya beberapa pembangkit listrik bertenaga mikro hidro dgn turbin gan,,keren kan? tp tetep memegang teguh adat istiadat juga.
Kapan2 ane pengen ke sana lg gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By pemoeda.thofiq
gan, nanya dunk.. klo mau ke kasepuhan ciptagelar yang disukabumi itu lebih enak lewat mana ya gan klo dr posisi ane di jakarta. kondisi jalannya gimana ya gan? klo pake mobil biasa bisa ga tu or emang semua jalur ke sana hrs 4x4 gan?
tengkiyu berat gan sebelumnya..

Kalo dari jakarta, agan ke pelabuan ratu dulu, nanti patokannya ngelewatin SAMUDRA BEACH HOTEL, nah pas di ujung SBH itu ada simpangan ke kanan(sukawayana), dari situ agan tinggal masuk aj terus,makin lama jalanan tambah jelek,kemaren ane titip motor di desa cipangguyangan(di rumah mertua Abah Anom) kasian motor angsa ane kalo dipaksain, jalan batu, mobil biasa ga ada yg lewat gan, mobil Abah aj cheeroke gan B) dari situ jalan kaki ke ciptarasa +- 1 jam, lanjut ke ciptagelar +- 4 jam.
mantep gan
masih natural tuh ya emoticon-Matabelo
calon HT emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Spoiler for Penampakan ane:
Wah, kemaren tggl 5 Des 2013 ane baru dari ciptagelar gan. Prjalanan kesana lumayan berat gan, klo mobil bukan double gardan jgn coba2 gan dari pada mobilnya ancur dijalan..
ane ketemu Abah Anom, Abah udah bisa bikin mesin cetak dari laser.. Salut buat Sesepuh adat di ciptagelar, walaupun tmpt terpencil tp maju dlm hal pemanfaatan teknologi.
keren banget gan.. Calon HT ga nih?