alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013662981/cara-mengatasi-dan-mencegah-gigitan-tomcat
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat


Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

Quote:
Quote:
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

Tomcat (Paederus fuscipes) menjadi spesies serangga paling menakutkan untuk warga Surabaya dan Yogyakarta sepanjang akhir Maret 2012. Serangga yang biasa hidup di wilayah mangrove ini 'menginvasi' pemukiman manusia hingga menimbulkan korban.
Tomcat adalah serangga yang cukup beracun. Serangga ini hidup di daerah yang lembab. Selama ada pepohonan, tambak dan semak-semak, tomcat bisa hidup di sana. Racun yang terdapat pada serangga ini bisa menimbulkan efek yang cukup menyakitkan di kulit meskipun tidak mematikan.


Quote:
Bahaya tomcat terletak pada racun paederin yang terletak pada cairan tubuhnya. Bila terkena kulit manusia, akan menimbulkan efek seperti mengalami luka bakar dan gatal. Jika memang Anda terkena cairan ini, pakar serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Sutrisno, mengatakan, "Jika kena serangga ini, maka kita harus cuci dengan air sabun agar menetralisir racun."

Ciri-ciri kulit yang terkena gigitan Tomcat:
  • 1. Timbul warna kemerah-merahan pada kulit
  • 2. Kulit akan terasa gatal
  • 3. Terjadi iritasi atau peradangan pada kulit
  • 4. Kulit akan tampak melepuh akibat adanya iritasi
  • 5. Apabila parah, maka akan timbul nanah pada kulit


Spoiler for Ciri kulit yang terkena gigitan Tomcat:



Quote:
Pengobatan tambahan bisa dilakukan. Pilihannya adalah dengan memakai salep Hydrocortisone satu persen, salep Betametasone, antibiotik Neomycin Sulfat tiga kali sehari, atau dengan salep Acyclovir lima persen. "Yang lebih berbahaya adalah jika sampai terjadi infeksi sekunder. Jadi jangan sampai terjadi luka karena kuman akan masuk,".

Penggunaan salep hydrocortisone tak bisa sembarangan. Meski digadang-gadang sebagai obat untuk mengobati serangan Tomcat, namun penggunaan salep ini harus melalu izin dokter ahli. Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Maura Linda Sitanggang menjelaskan, salep hydrocortisone merupakan salah satu jenis obat generik keras. Untuk itu, penggunaan salep tersebut tak bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter. "Harus diperiksa dulu oleh dokter, baru bisa beli obat itu dengan resep dokter,"
Karena hal tersebut, dihimbau pada korban untuk tidak menggaruk bagian yang memerah walaupun terasa gatal. Selain itu disampaikan pula cara mencegah gigitam tomcat. Yakni dengan menutup semua jendela dan pintu sebelum menyalakan lampu. Sebab, serangga ini tertarik dengan pendaran cahaya lampu.

Spoiler for Obat Medis:



Quote:
Selain Memakai salep Hydrocortisone satu persen, salep Betametasone, antibiotik Neomycin Sulfat tiga kali sehari, atau dengan salep Acyclovir lima persen untuk menangani gigitan tomcat secara medis, kita juga bisa mencegah serangan serangga ini , Dirjen P2PL Prof dr Tjandra Yoga Aditama dalam keterangan persnya Selasa (20/3/2012) menyebutkan, jumlah tersebut adalah yang tercatat dan berobat di 7 Puskesmas dan 1 layanan kesehatan swasta di Jawa Timur. "Sebagian pasien sudah sembuh, sebagian lain dengan keluhan di kulit yang tidak terlalu hebat," ungkap Tjandra, tips bagi masyarakat untuk menghadapai serangga Tomcat berikut ini :
  • 1. Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.

  • 2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.

  • 3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.

  • 4. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.

  • 5. Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.

  • 6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.

  • 7. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup ataumengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.

  • 8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.

  • 9. Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.

  • 10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.



Quote:Quote:
Sumber




Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan TomcatCara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat Jangan Lupa di Rate Bintang 5 dan Cendolnya aus nih gan Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat


Kaktus KasKus by : User ID 2206929 Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat
ngeri juga gan kalo sempet ketemu sama tomcat plus gambarnya yang bikin ane mual. btw nice share
wah nais inpo gan....semoga tomcat gak bikin kisruh negara ini....emoticon-Hammer (S)
nice info emoticon-Smilie

ini makhluk udah merajalela ke daerah ane di sumatera selatan emoticon-Cape d...





emoticon-Belo

TS nya Boy Band emoticon-Matabelo





Quote:Rangkaian Peringatan Seabad Karamnya TITANIC...emoticon-thumbsup
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

separah ini kah efeknya??
serem bgt ni seranggaemoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By Toxz271O
nice info emoticon-Smilie

ini makhluk udah merajalela ke daerah ane di sumatera selatan emoticon-Cape d...


iya gan ane di wilayah jogja juga lagi menyebar gan , semuga wabah ini cepat berlalu ya gan Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat




Quote:Original Posted By letzs_88
Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

separah ini kah efeknya??


iya gan kalo di gigit terus di garuk2 , sama terlambatnya penangan medis bisa sampe seperti itu gan Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat


Emang mirip kaya luka bakar ,atau sama dengan cacar air gan, yang mengenai area kulit sebelahnya. Sehingga membentuk area Lesi yang Simetris. Mirip seperti “Bayangan pada Cermin” (Mirror) atau “bekas Lipstik yang menempel pada kulit” (Kissing)

Bentuknya gejala atau Lesi awal pada kulit memang mirip seperti agak Cacar Air, Herpes Zoster atau Herpex Simplex. Namun sama sekali bukan bisa menjadi Herpes.

Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/medi...pengobatannya/


by : KasKus KaKtus User ID 2206929 Cara Mengatasi dan Mencegah Gigitan Tomcat
hewan yg lagi booming sekarang2 ini gan emoticon-Takut (S)

serem juga efek gigitannya bisa bikin melepuh gitu emoticon-Takut (S)

good info gan buat obat2nya emoticon-thumbsup:






ijin nitip gan
Spoiler for cekidot:
Nice info gan,
ih, geli deh liat tangan yang kaya ada gelembung merahnya itu emoticon-Takut
waduh gan ko bisa ampe gitu ya
semoga gak tambah menyebar deh
buat yg terjangkit .semoga cepet sembuh
hurur gan, tapi kayaknya gegara sawah pada dijadiin ruma tuh makannya gitu tuh serangga
mudah2an serangga ini gk sampe ke daerah regional bandung. amin!
Quote:Original Posted By darkshamanboy
hurur gan, tapi kayaknya gegara sawah pada dijadiin ruma tuh makannya gitu tuh serangga


iya gan kyk e tomcat kehilangan tempat tinggal jd migrasi gitu kerumah penduduk emoticon-Ngakak
Super sekali gan infonya emoticon-2 Jempol
kebetulan ane tinggal di surabaya gan jadi agak was-was juga nih emoticon-Berduka (S)
Semoga Thread ini membatu dan bermanfaat ya gan , bagi yang sudah terkena ane doakan biar cepet sembuh

Thumbs up 

Kapan pemerintah mau bertindak.....??? malah sibuk korup dan cari perhatian lewat BLT ! parah .... emoticon-Bata (S) btw, nice share gan.... emoticon-thumbsup
Oh om alawido selamat ya HT emoticon-Selamat
thanks juga infonya membantu banget emoticon-thumbsup
nice info, thread yang bermanfaat emoticon-thumbsup

wadooow ngeri amat gan kulit ampe gelembung gt.. moga aja binatang ini ngga mengganggu kita lagi emoticon-army
wah bencana jadi berkah gan,
gara2 tomcat, trit ente jadi HT emoticon-army