Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013651219/bangga-indonesia-indonesia-nenek-moyang-penduduk-madagaskar
(Bangga Indonesia), Indonesia Nenek Moyang Penduduk Madagaskar?
SELANDIA BARU, KOMPAS.com — Studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B, Rabu (21/3/2012), mengungkapkan bahwa orang Indonesia adalah nenek moyang penduduk Madagaskar. Kesimpulan tersebut didapatkan setelah ilmuwan asal Massey University di Selandia Baru, Murray Cox, melakukan analisis DNA orang Indonesia dan Madagaskar (disebut Malagasi).

Dalam riset, Cox mengambil sampel DNA dari 2.745 orang Indonesia yang berasal dari 12 kepulauan serta 266 etnis Malagasi, terdiri dari Mikea, Vezo, dan Andriana Merina. Penelitian memfokuskan pada DNA Mitokondria, jenis DNA yang terdapat di organel sel yang berfungsi menghasilkan energi. DNA ini diturunkan lewat ibu.

Riset menunjukkan bahwa 22 persen sampel punya pola DNA Polinesia, ciri suku Polinesia tetapi jarang ditemukan di Indonesia barat. Pada salah satu suku Malagasi, karakter ini ditemukan pada 1 dari 2 orang.

"Kami berpendapat kolonisasi awal (Madagaskar) oleh sekelompok kecil perempuan Indonesia, kurang lebih 30 orang," ungkap Cox seperti dikutip situs Discovery, Rabu hari ini.

Perempuan yang mengolonisasi Madagaskar masih produktif dan memiliki 93 persen gen yang terkait dengan Indonesia. Penemuan ini mungkin mengejutkan, tetapi beberapa bukti arkeologis dan linguistik mendukung. Secara linguistik, dialek Madagaskar mirip dengan Indonesia.

Bukti lain, banyak leksikon Madagaskar berasal dari bahasa Ma'anyan yang dipakai di lembah Sungai Barito, Kalimantan. Sementara itu, terdapat beberapa kata yang mirip bahasa Jawa, Melayu, dan Sansekerta.

Secara arkeologis, kolonisasi oleh Indonesia dibuktikan dengan temuan perahu, alat besi, alat musik seperti xylophone, alat makan, serta budidaya tanaman ubi jalar, pisang, dan talas.

Adakah laki-laki Indonesia yang berperan dalam kolonisasi Madagaskar? "Kami tahu laki-laki dan perempuan Madagaskar berasal dari Indonesia, cuma kami tak tahu berapa jumlah laki-laki. Bukti yang kami miliki menunjukkan bahwa jumlahnya sangat kecil," tambah Cox seperti dikutip Livescience, hari ini.

Teori kolonisasi Madagaskar sebelumnya menyebutkan bahwa kolonisasi sangat terencana. Sebab, pulau tersebut cocok untuk pelabuhan dalam perdagangan jalur Afrika ke Eurasia.

Dengan penemuan ini, Cox mengatakan, "Kita perlu berpikir kembali banyak hal tentang bagaimana Madagaskar dikolonisasi."

Cox mengungkapkan bahwa kolonisasi Madagaskar bisa jadi terjadi secara tak sengaja. Hal ini didukung oleh simulasi arus laut dan pola cuaca monsun.

Pada masa Perang Dunia II, misalnya, bangkai kapal yang dibom di dekat Sumatera dan Jawa bisa terbawa hingga ke Madagaskar. Hal yang sama juga bisa terjadi pada pelaut masa lalu.

Menanggapi hasil penelitian ini, Matthew Hurles, peneliti dari Wellcome Trust Sanger Institute, mengakui adanya keterkaitan antara Indonesia dan Madagaskar.

Ia berpendapat, "Orang Malagasi adalah 50:50 perpaduan dari dua grup nenek moyang, Indonesia dan Afrika Timur."

http://sains.kompas.com/read/2012/03...duk.Madagaskar


Terlepas benar dan tidak, Negeri Ini adalah Negeri yang besar di masa lalu. Sudah saatnya negeri ini bangkit dari tidur panjang, dan bayang-bayang penjajah yang 'memodifikasi' caranya untuk menguasai Indonesia.
pertamax ya

yg boneng ente gan . . .

kalo bener mayan
Kayanya juga di Suriname ada
bangsa ini sudah besar, tetapi pemimpinnya yg membuat bangsa yg besar ini berangsur jadi kecil,,,,
Quote:Original Posted By aryasoka
Kayanya juga di Suriname ada


suriname mah orang indonesia yg di bawa sama penjajah belanda buat di jadiin pekerja disana gan
Quote:Original Posted By Jormoengand
bangsa ini sudah besar, tetapi pemimpinnya yg membuat bangsa yg besar ini berangsur jadi kecil,,,,


Please ah jangan bawa-bawa politik di berita satu ini....
penduduk madagaskar
king julien kah maksudnya
wawwwww
klo atlantis gimana??? indonesia kah???
bukti baru, patut di apresiasi...
tinggal pembuktian apakah kolonisasi yg terencana atau accidental..
Quote:Original Posted By les_noir
penduduk madagaskar
king julien kah maksudnya


seperthinya begithu... liat aja presiden kita mirip morris..

operasi komando... saatnya.......
tapi nenek moyangnya koq begini yah (multitafsir)
Quote:Original Posted By balitung
bukti baru, patut di apresiasi...
tinggal pembuktian apakah kolonisasi yg terencana atau accidental..


Betul, Gan! Itu juga harus diteliti. Awal sampai akhir. Biar kita tahu siapa sodare kita yang mangkal di Madagaskar pertama kali?
Presiden Madagaskar juga mirip tetangga sebelah
(Bangga Indonesia), Indonesia Nenek Moyang Penduduk Madagaskar?
(Bangga Indonesia), Indonesia Nenek Moyang Penduduk Madagaskar?
Quote:Original Posted By palermo15
Presiden Madagaskar juga mirip tetangga sebelah
(Bangga Indonesia), Indonesia Nenek Moyang Penduduk Madagaskar?


muda amat presidennya gan?

kalo di sini pada tuwir2 bru bisa naik ke puncak

Madagaskar negara yak..?
ane kirain Padang pasir

kemarin ada trit katanya Indonesia moyangnya bangsa kroya sekarang Madagaskar, semoga besok kaga ada berita orang Indonesia moyangnya Alien

berarti samaan dunk dg suriname yg jg bnyak ketrunan dari jawanya? wah itu dah diamini ma akademisi disini blm y penelitiannya?
berarti satu rumpun gan sama madagaskar
Quote:Original Posted By aryasoka
Kayanya juga di Suriname ada


iya gan, di Suriname memang ada Jawanya. dari namanya aja kelihatan. banyak FB orang jawa suriname tapi anak mudanya pada kagak bahasa jawa, malu kali. pada bahasa ingg ama bahasa Londho.

nyang boneng gan, perlu penelitian lebih kayaknya
Pinguin mungkin...

Coba orang Indonesia nenek moyang orang Inggris yah, Kalo Madagaskar sih...mhhhh, ya, negri miskin juga



_______________________________________________________
Spoiler for Jualan: