alexa-tracking

Seberapa Besar Bumi kita gan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013139972/seberapa-besar-bumi-kita-gan
Seberapa Besar Bumi kita gan?
ane awali thread ini dengan:
Assalamualaikum Wr.Wb.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Quote:


Seberapa Besar Bumi kita gan?

buminya besar sekali, bukan gan? dibandingkan sama planet-planet lain di gugus planet dalam ditambah pluto yang imut banget disitu..

Seberapa Besar Bumi kita gan?

wawww.. buminya.. mengecil gan emoticon-Big Grin kalo dibandingkan dengan planet-planet gas raksasa seperti jupiter, saturnut, uranus, dan neptunus..

Seberapa Besar Bumi kita gan?

Matahari kita nehh gan.. Bintang Terdekat sekaligus sumber energi terbesar bagi seluruh penghuni tata surya.. masih berani bilang bumi "gede"?

Seberapa Besar Bumi kita gan?

kalo disini, matahari aja udah segede kacang gan, apalagi bumi? hampir gak keliatan emoticon-Ngakak (S)

Seberapa Besar Bumi kita gan?

Bintang Merah Raksasa Actaurus yang tadinya gede amet jadi gak ada apa-apanya gan kalo dibandingin sama bintang-bintang disini.. ada Bintang Biru Raksasa Rigel, Bintang Merah Raksasa Betelguese dan yang terbesar Bintang Merah Raksasa Antares..

Tapi ternyata eh ternyata lagi-lagi Bintang Terbesar itu bukan Antares gan.. ada lagi bintang yang jauh lebih gede daripada Antares.. namanya Pistol Star.

Seberapa Besar Bumi kita gan?

Berkat teknologi astronomi yang terus berkembang, akhirnya Pistol Star lansir dari jabatannya sebagai Bintang Terbesar emoticon-Ngakak (S) digantikan oleh VY Canis Majoris, bintang terbesar saat ini. besarnya hampir 10.000 kali matahari. kalo dibandingin sama bumi, berapa kali besar bumi yah? 1 juta ada kali ya.. emoticon-Ngakak (S)

Seberapa Besar Bumi kita gan?

MIRISNYA LAGI GAN..
Bintang itu cuma setitik kecil pasir dalam galaksi, di setiap galaksi itu ada jutaan bintang, dan jumlah galaksi di alam semesta ini milyaran. bisa kebayang gak kita sekecil apa dibanding alam semesta? apalagi dibanding sang penciptanya.. emoticon-Big Grin
Quote:

Pertamax For Update

emoticon-Ngakak
wah gan ane jadi ngeri gan kalo ngomongin tata surya gan soalnya matahari aja bintang yang terkecil di bandingkan bintang-bintang yang lain yang sangat besar kita tuh kliatan di sini soalnya itu bintang yang kecil itu besar tapi sangat jauh sekali membutuhkan ratusan tahun cahaya gan kalo mau ke sono gan 1 tahun cahaya aja udah lama banget apalagi ratusan tahun cahaya bisa mati duluan kali

gan kalo bisa tambahin gan tambahin tentang lubang hitam gan biar lebih keren gan emoticon-thumbsup ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan
KASKUS Ads
Kalo dibandingin sama sang pencipta, emangnya pencipta ada ukuran fisiknya? hehehe. Tapi ukuran bumi kita sebesar apa ya? Ane sih masih nganggep bumi besar, area jelajah ane yang segitu-segitu aja belum beres di sweep, hehehe.
ngebayangin bumi kegiles jupiter emoticon-Big Grin
apalagi sama matahari, dan bintang lain yang lebih besar emoticon-Big Grin
Satu pertanyaan menggoda.

Apakah ukuran Bumi selalu tetap sejak awalnya?

Apakah Bumi bisa membesar atau mengecil?

Bagaimana menurut rekan-rekan forum sains? Mari kita bahas secara ilmiah ;]
Quote:


ane gatau gan emoticon-Ngakak (S) tapi kalo berdasarkan kasat mata bumi akan terus menyempit, menyempit dan menyempit.. karena ukuran bumi gak bakal bertambah tapi populasi terus bertambah
Quote:


Tunggu dulu, secara kasat mata bumi akan terus menyempit karena populasi terus bertambah??
Jawaban kamu bagus, metafora bumi yg konstan 'terasa' sempit karena bertambahnya populasi penghuninya. Tapi, itu tidak bisa menjawab pertanyaan "apakah bumi membesar/menyusut".
Bumi sempit karena populasi itu adalah perubahan kondisi, bukan perubahan fisik bumi.
Kalau dari saya sih, apakah bumi mengalami pembesaran atau penyusutan?
Sepertinya tidak, ukuran bumi stabil, yang berubah adalah geografi dari bumi itu alias wajah bumi yg berubah. Pergerakan lempeng bumi, naik turunnya permukaan laut dsb.
Apa ada yg lain mau ikut menjawab?
Quote:


nice komeng gan emoticon-2 Jempol kan ane bilang bumi gak akan membesar tapi populasi akan terus membesar..
Quote:


Waktu awal terjadinya, ukuran Bumi pasti membesar... karena awalnya Bumi terbentuk dari pemadatan materi antariksa. Debu antariksa berkumpul dan saling tarik sehingga menjadi bola batu yang mengedari Matahari.

Tapi... kira-kira Bumi masih akan membesar atau mengecil gak ya?

Kalau tambahan materi dari luar angkasa mungkin ada tapi sedikit, berupa jatuhan meteor ke Bumi. Dari dalam, mungkinkah Bumi membesar atau merenggang karena aktivitas intinya?

*menunggu kaskuser ahli geologi datang
Uwiiiiihh...ajip bener yah gan Tuhan itu. Bisa nyiptaain benda2 langit yg bervariasi kek gt. Haiiihh...

Untuk yg ksh info, thanks banget yoo emoticon-2 Jempol
Quote:


bervariasi apanya... bulet semua... emoticon-Peace yang bervariasi tuh makhluk di bumi.. banyak jenisnya..
bumi memang kecil dibanding dengan planet planet lain di sistem tata surya kita emoticon-Embarrassment







I'm robertobosingwa, problem emoticon-Stick Out Tongue
emoticon-Frown emoticon-Confused: emoticon-Amazed emoticon-Gila emoticon-Kiss (S) emoticon-Ngacir
love doesn't make the world go round
love is what makes the ride worthwhile
Quote:


pembahasan mulai jadi mantap emoticon-Peace

BUMI itu berasal dari serpihan supernova matahari gan, jadi pas matahari kita lahir, bumi juga lahir (jadi ulang tahunnya samaan gan) tapi waktu itu bumi masih berbentuk "permen coklat" panas yang kecil, karena alam semesta ini sifatnya dingin, akhirnya bumi makin dingin dan membesar... (tapi sekarang udah panas lagi gara-gara global warming emoticon-Hammer (S)) sampe jadilah bumi seperti sekarang ini..

masalah masih membesar/enggak ane gatau gan.. nanti ane cari tau deh.. emoticon-Peace
kita aja kecil, gimana lagi semut ya emoticon-Bingung
Quote:

Nah, koreksi sedikit.
Matahari itu adalah nama bintang, yang menjadi pusat tata surya kita.
Matahari belum pernah menghasilkan supernova, dan gak akan menghasilkan supernova.
Matahari tergolong bintang kecil, dan bintang seukuran matahari gak akan berakhir dalam proses supernova yang diikuti kematian bintang sebagai black hole, melainkan akan menjadi raksasa merah yang kemudian berlanjut sebagai si cebol putih.
Quote:


matahari sendiri terbentuk dari supernova masgan, awalnya "emaknya" si matahari meledak (supernova), lalu menjadi bintang Neutron/White Dwarf, sisa dari supernova itu terlepas jadi batu-batu kecil yang panas.. batu-batu itulah yang sekarang menjadi planet-planet dalam.

cebol putih itu hasil dari supernova gan, bintang mati hanya karena 2 hal, meledak karena hydrogen udah habis, atau dihisap oleh black hole.. jadi matahari pasti meledak, karena jaraknya sama black hole masih cukup jauh..
Kalo ngomongin Tata Surya yg begini ane udh geleng2 kepala gan.
Ane sering bgt baca ginian, ga bosen2 dan terus kebayang gan.
Ternyata kita sebagai manusia kayak gini dibanding dgn benda di angkasa luar sana...
kita aja kecil, gimana semut terus amoeba yah gan?
Quote:

Bahan pembentuk matahari memang dari supernova, tapi jelas beda dengan menyebutnya sebagai 'supernova matahari'. Dan bintang induk yang meledak gak menghamburkan 'batu' yang jadi planet dalam. Planet dalam terbentuk dari sisa pembentukan matahari, dalam teorinya sendiri dalam proses pembentukannya banyak terjadi kolisi antar proto planet ini.

Dan white dwarf gak berasal dari supenova!
Skenario kematian bintang ada dua:
1. Jadi bintang hantu aka black hole/lubang hitam, itu nasib bintang-bintang raksasa. Dalam skenario ini, bintang yang gak bisa melakukan reaksi fusi (gak terbatas hidrogen, karena masih bisa melakukan reaksi fusi dengan helium dst, sampai materinya sebagian besar terdiri dari besi - unsur terberat yang bisa dihasilkan reaksi fusi) akan mengembang, menghamburkan sebagian besar materinya dan kemudian runtuh oleh gravitasinya menjadi black hole
2. Jadi white dwarf aka si cebol putih, itu nasib bintang yang lebih kecil. Dimana bintang ini akan mengembang jadi raksasa merah, lalu kembali menyusut dan menjadi si cebol putih.

*Silakan car referensi ke berbagai sumber untuk mengujinya.