alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013089964/mengenal-rhesus-negatif-golongan-darah-langka
Mengenal Rhesus Negatif, Golongan Darah Langka
Banyak dari kita mengetahui dan memahami penggolongan darah manusia
Selain penggolongan darah ABO ada juga penggolongan Rhesus (Rh)
Menurut penggolongan ABO, golongan darah ada 4 : A, B, AB dan O
Sedangkan menurut penggolongan Rhesus (Rh)/ faktor Rhesus, golongan darah terbagi menjadi 8 : A-, A+, B-, B+, AB-, AB+ dan O-, O+

Apa itu Rhesus?
Rhesus adalah penggolongan darah selain ABO.
Nama Rhesus diambil dari monyet jenis Rhesus yang diketahui memiliki faktor ini pada tahun 1940 oleh Karl Landsteiner.
Seseorang yang ketika di tes hasilnya positif, berarti memiliki golongan darah Rh- dengan kata lain memiliki faktor darah ini.
Sebaliknya, jika seseorang di tes hasilnya negatif, berarti memiliki golongan Rh+ atau tidak memiliki faktor darah ini.

Seseorang yang memiliki golongan darah Rh+, permukaan sel darah merahnya memiliki antigen dalam bentuk protein.
sedangkan seseorang bergolongan darah Rh-, permukaan sel darah merahnya tidak ada antigen proteinnya.

Apa pentingnya Rhesus?
Selama ini banyak dari kita (sebelumnya saya juga) hanya mengetahui golongan darah A, B, AB dan O.
sedangkan Rhesus (Rh) hanya tambahan di belakang golongan darah diatas.
Ternyata, pengetahuan Rhesus (Rh) pada darah kita merupakan suatu yang sangat penting.
Rhesus berhubungan dengan antigen yang artinya jika kita mempunyai Rhesus positif (Rh+) kemudian ditransfusikan ke dalam tubuh seseorang yang memiliki golongan darah Rhesus negatif (Rh-) maka sel darah yang ber-Rhesus negatif (Rh-) akan menganggap bahwa darah yang ditransfusikan itu adalah "musuh" sehingga mereka akan membangun sebuah pertahanan untuk melawan "musuh" tersebut.
Sel darah resipien (penerima) akan membentuk sebuah anti Rhesus sehingga darah yang ditransfusikan tidak akan berguna bagi si resipien.
Namun, hal tersebut tidak berlaku sebaliknya.

Lalu, apa istimewanya Rhesus negatif (Rh-)?
Menggunakan kata "istimewa" mungkin kuranglah tepat pada kasus Rhesus negatif (Rh-).
karena berdasarkan sedikit penjelasan diatas, pemilik golongan darah Rhesus negatif (A-, B-, AB- dan O-) tidak bisa menerima darah dari pendonor yang bergolongan darah Rhesus positif (Rh+).
dengan kata lain seseorang yang memiliki golongan darah Rhesus negatif harus dan hanya bisa menerima darah dari seseorang yang memiliki Rhesus negatif (Rh-) pula.

Untuk sedikit diketahui, golongan darah Rhesus negatif (Rh-) jumlahnya sangatlah sedikit.
hal tersebut yang menambah kesulitan para individu yang memiliki Rhesus negatif (Rh-) ketika membutuhkan darah.
hanya ada 1 individu ber-Rhesus negatif (Rh-) dari 67 individu, keberadaan orang dengan Rhesus negatif (Rh-) adalah sangat langka.
Di negara maju, kartu identitas seseorang, dicantumkan golongan darah ABO dan Rhesusnya (ex : A+/B-/AB+), sedangkan di Indonesia, hanya mencantumkan golongan darah ABO (ex : A/B/AB/O) saja pada KTP.

Trus kenapa donk?
Ini pasti yang menjadi pertanyaan agan dan sista sedari membaca judul hingga baris ini.
Mengingat langkanya orang yang memiliki golongan darah Rhesus negatif (Rh-) tentu menjadi sebuah kesulitan bagi para pemilik darah Rh-, terutama di Indonesia.
sehingga harus di waspadai bagi semua golongan darah dengan Rhesus negatif (Rh-) terutama wanita.
Kenapa wanita? karena wanita akan sangat membutuhkan transfusi darah jika melahirkan, terutama jika terjadi pendarahan.

Oleh karena itu, dengan Thread ini saya mengajak, ayo, kita cek golongan darah kita. apakah Rh+ atau Rh- sejak dini.
dengan mengetahui sejak dini, tentu kita akan dapat mempersiapkan sejak awal.
Juga ayo, donorkan darah kita.
Ayo kita bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Setetes darah anda, dapat menolong yang lainnya.

Pesan khusus : bagi para pemilik golongan darah ber-Rhesus negatif (Rh-) ikutlah komunitas Rhesus negatif. Jika membutuhkan akan bisa dibantu, dan jika ada yang membutuhkan, andalah orang yang sangat di harapkan.
ada @RhesusNegatifID (Twitter) dan Rhesusnegatif.com (Webnya)

Thread ini di olah dari berbagai sumber, maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, juga jika ada kekurangan, semoga bisa menambah wawasan dan membantu yang lainnya

Cheersssssss
dulu ketika pertama kali ane donor darah, darah ane dicek oleh petugas yg bersangkutan. hasilna, golongan darah ane AB dengan rhesus negatif.

pertanyaan, seberapa tepat sih pengecekan golongan darah dan rhesus oleh petugas tersebut pada saat dilakukan donor darah? karena setau ane, untuk pengecekan rhesus itu agak sdikit rumit, benar kah?

pertanyaan lain, apa efek "negatif" bagi individu ber-rhesus negatif umumna dan AB (-) khususna. karena pernah dengar selentingan kabar, bahwa sebaiknya individu ber-rhesus negatif menikah dengan mereka yg ber-rhesus negatif pula. demi kelangsungan keturunan, benar kah?

cheers
kalo mau ngecek golongan darah yang rhesus dimana ya? ane kalo cek golongan darah cuma diberitahu apakah ane itu golongan darah A, B, O atau AB aja
Quote:Original Posted By 4ntipati
dulu ketika pertama kali ane donor darah, darah ane dicek oleh petugas yg bersangkutan. hasilna, golongan darah ane AB dengan rhesus negatif.

pertanyaan, seberapa tepat sih pengecekan golongan darah dan rhesus oleh petugas tersebut pada saat dilakukan donor darah? karena setau ane, untuk pengecekan rhesus itu agak sdikit rumit, benar kah?

pertanyaan lain, apa efek "negatif" bagi individu ber-rhesus negatif umumna dan AB (-) khususna. karena pernah dengar selentingan kabar, bahwa sebaiknya individu ber-rhesus negatif menikah dengan mereka yg ber-rhesus negatif pula. demi kelangsungan keturunan, benar kah?

cheers


pengecekan golongan darah di PMI sepertinya sudah sangat tepat.
karena PMI tidak akan memberikan darah yang kita donorkan secara sembarangan kepada resipien yang membutuhkan.
mereka akan mencocokkan darah dengan teliti sebelum di transfusikan kepada resipien.

tentang perkimpoian beda rhesus, sudah banyak artikel di internet.
saya bukan ahli dan juga tidak punya hak untuk menjawabnya, takut dijadikan panutan emoticon-Bata (S)
tapi sekarang sudah ada vaksin yang bisa meminimalisir hal2 yang tidak di inginkan ketika kehamilan.


Quote:Original Posted By Raediaufar31
kalo mau ngecek golongan darah yang rhesus dimana ya? ane kalo cek golongan darah cuma diberitahu apakah ane itu golongan darah A, B, O atau AB aja


agan cek di laborat, tapi ada biaya yang harus dikeluarkan
klo mau gratis dan dapet bingkisan, donor darah aja di PMI emoticon-I Love Indonesia (S)
Wah, Info yang bermanfaat Gan.
Kebetulan saya juga ada thread tentang golongan darah.
Saya copas tulisan Agan ya biar saling melengkapi.
emoticon-Shakehand2

mau cendol Gan atau bata gan?
VM gue ya gan. Pasti letnan kasih.
sebenernya bukan langka gan, kalo orang asia emang banyakan rhesus positif tapi kalo orang bule sono ya banyaknya rhesus negatif
ane waktu tes gol darah sekalian sama rhesusnya emoticon-Embarrassment
A+ emoticon-Embarrassment

Smile 

A- Is here
Quote:Original Posted By marvelz
sebenernya bukan langka gan, kalo orang asia emang banyakan rhesus positif tapi kalo orang bule sono ya banyaknya rhesus negatif


setujuuuuuuuuuuuu

Smile 

A-hadir gan
ane golongan darah B tapi belum tau rhesusnya gan emoticon-Frown
Quote:Original Posted By letnankimi
Wah, Info yang bermanfaat Gan.
Kebetulan saya juga ada thread tentang golongan darah.
Saya copas tulisan Agan ya biar saling melengkapi.
emoticon-Shakehand2

mau cendol Gan atau bata gan?
VM gue ya gan. Pasti letnan kasih.


cendol donk gan
VM dikirim gan emoticon-Blue Guy Peace terima kasih banyak

Quote:Original Posted By marvelz
sebenernya bukan langka gan, kalo orang asia emang banyakan rhesus positif tapi kalo orang bule sono ya banyaknya rhesus negatif


begini gan,
kelangkaan golongan darah rhesus negatif bukan seperti langkanya badak jawa di dunia
kurang tingginya (nggak nyebut rendah lho) kesadaran dan animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya yang mengkategorikan golongan darah rhesus negatif itu langka
orangnya jarang, dan jarang pula yang sadar dan sukarela mendonorkan darahnya (berprasangka baik aja, mungkin sibuk)
ada banyak kisah tentang orang yang membutuhkan darah rh- mengalami kesulitan dalam memperolehnya, jika pun ada, dibutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit.
tentu waktu dan dana yang tidak sedikit itu akan berpengaruh pada psikis dan keselamatan resipien (kalo kondisi benar2 RED ALERT, demikian menurut rhesusnegatif.com)
memang di eropa - amerika banyak orang ber rhesus negatif, tapi untuk mendatangkan darah dari sono butuh berapa menit? berapa receh? (tendensius) emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By sella91
ane waktu tes gol darah sekalian sama rhesusnya emoticon-Embarrassment
A+ emoticon-Embarrassment


donor darah juga donk sist emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Quote:Original Posted By Glueck
A- Is here


udah join rhesusnegatif.com gan?
klo lulus syarat donor darah, donorin gan
banyak yang membutuhkan emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By semuil
A-hadir gan


sama kyk yang di atas
jaga kesehatan ya gan emoticon-Blue Guy Smile (S)


Quote:Original Posted By adisakti
ane golongan darah B tapi belum tau rhesusnya gan emoticon-Frown


makanya, ayo donor darah, biar tahu rhesus dan penyakit yang sedang diderita emoticon-Blue Guy Cendol (S)
klo ada duit berlebih, bisa cek di laborat
sepi nih trit
golongan darah ane A- nih om. wkwkwkwk3x emang itu darah manusia aneh yah emoticon-Big Grin
wokwokw ane B+
lahh bukan ny bule2 kebanyakan Rh - gitu ya emoticon-Confused:

di komik kindaichi kalo gak salah pernah denger darah bombay tuh maksud ny kapie ya?? wkwkwk katanya golongan darah paling langka emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By Momogu
wokwokw ane B+
lahh bukan ny bule2 kebanyakan Rh - gitu ya emoticon-Confused:

di komik kindaichi kalo gak salah pernah denger darah bombay tuh maksud ny kapie ya?? wkwkwk katanya golongan darah paling langka emoticon-Hammer


Golongan darah bombay ya goldar yg ga punya ekspresi antigen sistem ABO. Kalo dites ya emg spt goldar O alias ga ada penggumpalan tp ga bisa terima goldar O. Soalnya goldar bombay memiliki substansi h bukan H (yg ada pada goldar O)
Quote:Original Posted By wow173


begini gan,
kelangkaan golongan darah rhesus negatif bukan seperti langkanya badak jawa di dunia
kurang tingginya (nggak nyebut rendah lho) kesadaran dan animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya yang mengkategorikan golongan darah rhesus negatif itu langka
orangnya jarang, dan jarang pula yang sadar dan sukarela mendonorkan darahnya (berprasangka baik aja, mungkin sibuk)
ada banyak kisah tentang orang yang membutuhkan darah rh- mengalami kesulitan dalam memperolehnya, jika pun ada, dibutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit.
tentu waktu dan dana yang tidak sedikit itu akan berpengaruh pada psikis dan keselamatan resipien (kalo kondisi benar2 RED ALERT, demikian menurut rhesusnegatif.com)
memang di eropa - amerika banyak orang ber rhesus negatif, tapi untuk mendatangkan darah dari sono butuh berapa menit? berapa receh? (tendensius) emoticon-Blue Guy Peace


Oh ane sih kasih tau sesuai judul thread agan yg bilang itu langka. Langka kan artinya jarang ditemukan, jarang didapat. Jadi ya sebenernya ga bisa disebut langka cuma proporsinya aja yg beda gan di sini, khususnya di indo dengan negara barat sono.

Kalo masalah mendatangkan darah dr luar negri sih ane ga bahas gan n ane juga ga kritisi beli darah sampe keluar negri.

Untuk di indo sendiri ya memang cukup sulit untuk cari bag darah dengan rhesus negatif. Sering banget pas lagi dibutuhkan malah kosong. Lain negara lain masalah juga gan. Negara barat juga memiliki masalah ttg persediaan darah rhesus + tp krn mereka memiliki sistem kesehatan yg lebih baik so masalah kekurangan bag darah dapat mereka kelola dengan lebih baik.

Pada pasien yg membutuhkan transfusi darah bisa saja dlm kondisi cito yg barang tentu harus segera dilaksanakan n ga bisa menunggu terlalu lama. Solusinya spt apa? Ya yg paling mungkin memanggil kerabat atau familinya yg memiliki goldar yg cocok utk dilakukan transfusi (dlm hal ini yg memiliki rhesus -). Kalo yg O rh + sih banyak di indo hehehehe.emoticon-Ngakak

Solusi kedua ya itu orang yg udah tau goldarnya repot kalo dicari ya tau diri juga utk secara rutin simpen darahnya ke bank darah hehehehe. Just in case dibutuhkan ya bisa dipakai. Aplg dr darah sendiri kan lebih bagus, compatible sama tubuh dy sendiri. CMIIW

Semoga tulisan ane bisa melengkapi thread agan.
Rh- di Indonesia emang langka gan
tapi bwt d eropa / suku asli amerika
itu malah banyak bgt

di asia
Rh+, hmpir 100%, sekitar 99%
Rh-, malah cuma 1%

di eropa
Rh-, sampe 88%
Rh+, cuma 12%

orang suku amerika asli
Rh+, 1%
Rh-, 99%

berarti, kalo ngomong langka
tergantung tempat
wah pada ngumpul semua Rhesus (-)

absen

gol.darah AB Rhesus (-)

emoticon-Cendol (S)
akhirnya ane jadi tau artinya rhesus gan skrgn




Quote:-O.O-?????? ????original post 100%by.m0derator??????????-.O-