CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
[Share Info] Suzuki NEX kaskus★ Nexus ★
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013068514/share-info-suzuki-nex-kaskus-nexus

[Share Info] Suzuki NEX Kaskus ★ NEXUS ★



[Share Info] Suzuki NEX kaskus★ Nexus ★

Suzuki Matic NEX KASKUS "NEXUS"

Thread ini di dedikasikan untuk kaskuser yang menggunakan motor matic suzuki nex , agar bisa menjalin tali silaturahmi sesama pengguna NEX , dan semoga bisa berlanjut di aktivitas kehidupan nyata seperti kopdar, gath dan lain".


Quote:



Varian MATIC SUZUKI NEX 110
[Share Info] Suzuki NEX kaskus★ Nexus ★


Berikut Spesifikasi Motor Matic Suzuki Nex 110 :
DIMENSI
Panjang : 1.850 mm
Lebar : 665 mm
Tinggi : 1.035 mm
Jarak sumbu : 1.265 mm
Jarak pijak : 135 mm
Tinggi jok : 735 mm
Berat kosong : 87 Kg

MESIN
Jenis : 4-langkah, 1-siliinder, pendingin udara
Sistem katup : SOHC,2 valVe
Diameter Langkah : 51,0 mm x 55,2 mm
Isi silinder : 113 cm3
Ratio kompresi : 9.4
Tenaga maksimum : 9,4/8800 ps/rpm
Torsi Maksimum : 8,7/6.500 Nm/rpm
Sistem bahan bakar : Karburator(BS22)
Sistem pengapian : CDI
Sistem starter : Elektrik dan engkoI
Transmisi : CVT/V-belt
Kapasitas tangki : 3.5 L

RANGKA
Rangka : Scooter
Suspensi Depan : Teleskopik, per ulir, Peredam Oli
Suspensi Belakang : Tipe lengan ayun, per ulir, Peredam Oli
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Roda depan : 70/90 - 14 M/C 34 P
Roda belakang : 80/90 - 14 M/C 46 P
Velg : Casting Wheel

SISTEM LISTRIK
Aki : 12V (3,0 Ah) / 10 HR
Lampu depan : 12V 32W/32Wx1



emoticon-Angkat BeerSelamat datang para Nexus'er emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grg. dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bobi
Halaman 1 dari 101
Untuk NEXUS'er sekalian

sebelum posting dimohon untuk mengisi biodata disini

Nama : Bobby
ID kaskus : bobi
FB / YM : Boyzzz_yr@yahoo.com
Warna Motor : Merah
Style motor* : Modif/Standart pabrikan
Foto motor beserta empunya :
untuk foto mohon di spoiler emoticon-shakehand

Silahkan dilanjut emoticon-Angkat Beer



NRA Nexus(Suzuki Nex Kaskus)
Part 1 SNX#01 - SNX#20

Part 2 SNX#21 - SNX#31

Untuk mendapatkan NRA SNexus silahkan menghubungi saya via Telpon / SMS di 082145330050 atau 085795661256 Terimakasih.
Diubah oleh bobi
NEX in ACTION

[Share Info] Suzuki NEX kaskus★ Nexus ★



Spoiler for GreenNEX:


Spoiler for BlueNEX:



Spoiler for RedNEX:


[Share Info] Suzuki NEX kaskus★ Nexus ★

Spoiler for WhiteNEX:



[Share Info] Suzuki NEX kaskus★ Nexus ★

INFO Suzuki Matic NEX

Suzuki Nex dari sisi marketing

Dengan mesin dan teknologi sepenuhnya baru ini , skutik 113 cc Suzuki ini hadir dengan berbagai fitur unggulan seperti irit BBM, bodi ringan, ukuran kompak, tenaga besar, 6 pilihan warna dengan 2 jenis striping.
Mesin Nex diklaim sebagai yang paling irit di kelas motor matik 110 cc. Hal ini dibuktikan dengan telah diperolehnya Rekor MURI untuk kategori motor matik paling irit. Angka yang dicapai cukup fantastis, yaitu 79,6 km/liter. Rekor ini dipecahkan di Sirkuit Sentul pada 20 Oktober 2011 dengan metode pengetesan tangki bensin diisi penuh, kecepatan konstan 40 km/jam selama 30 menit. Dengan keunggulan irit BBM ini diharapkan Suzuki Nex mampu merebut pangsa pasar di kelas matik standar yang cukup besar. Keyakinan Suzuki ini diwujudkan dengan mengusung slogan Suzuki nex, IRIT – LINCAH - GAYA.

” PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menetapkan angka sedikitnya 200.000 unit di tahun pertama. Dengan target ini diharapkan Suzuki bisa meraih pangsa pasar sampai 10% di kelas skutik standar. Untuk mencapai target ini PT Suzuki Indomobil Sales mempertimbangkan harga jual yang kompetitif dan terjangkau. Harga On The Road nex dipatok pada angka Rp 12.350.000,- sudah termasuk velg casting wheel.” Ungkap Paulus Sugih Firmanto. Selaku Direktur Marketing & Sales Suzuki Indomobil Sales, membeberkan jumlah dealer Suzuki bertambah dari 38 menjadi 110. “Jumlah outlet Suzuki lebih dari seribu outlet.”

“Kami pun mendirikan beberapa regional office (kantor wilayah) sebagai jendela komunikasi antara dealer dengan Suzuki. Selain itu kami bertekad mengembangkan aktivitas pemasaran untuk menjangkau para konsumen,” tambahnya.

Rival terdekat dengan Nex adalah Yamaha Mio Sporty dan Honda BeAT yang memiliki rentang harga yang paling dekat dan fitur yang hampir sama. Keduanya sama-sama dibanderol 12.550.000 rupiah (OTR Jakarta). Kelas low level skuter matik 115 cc memang terhitung paling gurih dibandingkan dengan kelas lain. Pantas saja bila Suzuki ingin menjadikan Nex sebagai pembuka jalan kembalinya kejayaan Suzuki.

Di 2012 Suzuki akan mengambil pangsa pasar sekitar 8,3%. “Tahun depan pasar diprediksi mencapai 8,4 juta unit. Setidaknya Suzuki dapat menjual 700 ribuan sepeda motor. Suzuki Nex ditargetkan terjual 200 ribu unit per tahun,” ungkap Paulus.

Dia berjanji akan mendatangkan produk-produk baru yang menarik yang begitu dinanti publik seperti Suzuki GSR250 yang memiliki spesifikasi sport 4 tak, 2 silinder. Kita nantikan gebrakan dari Suzuki.

Source
Mesin Suzuki Nex benar-benar baru !

Sepintas bila kita mengamati spesifikasi teknis Nex akan langsung teringat akan Suzuki Titan. Akan tetapi hanya sebatas diameter dan langkah saja, yaitu bore berukuran 51 mm dan langkah 55,2 mm sedangkan pistonnya sendiri berbeda.

Faktor irit bahan bakar yang dicetak oleh Suzuki Nex dengan rekor MURI tentu ada faktor teknis yang mendukung. Benar saja rocker arm kini dilengkapi dengan roller sehingga minim gesekan. Ini pertama kali di Suzuki. Bodi kompak dan ringan.Lalu didukung pula oleh Throttle Positioning Sensor (TPS).

Seperti halnya skutik dengan pemasok bahan bakar karburator maka dilpilih versi vakum Mikuni BS 22 dengan pilot jet 12,5 main jet 115.

Yang unik adalah kapasitas olinya, bila dulu skutik Suzuki dikenal 'rakus' oli karena jika yang lain hanya membutuhkan 800 ml maka Suzuki bisa 1000 ml. Kini hanya 625 ml ! Ini berkat magnet kering yang tidak ikut terendam oli hanya bagian gear saja yang terendam oli.Filter olinya benar-benar baru, meski sepintas mirip dengan milik Titan 115 dan Axelo 125 akan tetapi memiliki ujung yang berbeda.

Meskipun demikian, pihak Suzuki menjamin layanan purna jual pada skuter matik berkapasitas 113 cc ini.

Yoshinari Ninomiya yang menjabat sebagai Assistant Manager Engine Design Group 4 Motorcycle Body / Electric Design Dept Motorcycle Engineering mengungkapkan “Nex pertama kali launching di Indonesia kedepannya kami akan launching pula untuk wilayah Asia Tenggara lainnya seperti di Thailand, Malaysia, dan yang lainnya”

Ketika ditanyakan mengenai isu injeksi Yoshinari – San menjawab diplomatis, ”Saat kami meriset Nex waktu itu masih mempergunakan karburator, akan tetapi bila beralih ke injeksi itu bukanlah hal yang sulit”.

Source
Bicara Desain Suzuki Nex

Garis desain Suzuki Nex sepintas mengingatkan akan Honda BeAT. Mulai dari peletakan headlamp di tebeng kemudian bentuk yang ramping lalu diikuti dengan tidak ditemukan footstep belakang akan tetapi tersedia space untuk pijakan kaki pembonceng.

Meskipun demikian Nex memiliki taste yang berbeda karena menawarkan bodi yang slim tapi lebih futuristis karena meruncing.

Daisuke Uchida, Assistant Manager Body Design Group 2 Motorcycle Body / Electric Design Dept. Motorcycle Engineering mengungkapkan desain bodi Nex berdasarkan karakteristik yang diinginkan yaitu lincah, irit, dan gaya.

Meski menurut MotMod sedikit ada aura moge GSX disini.

Peletakan lampu utama di tebeng bukan di setang memberikan keunggulan tersendiri, pertama, pendaran cahaya lebih menyebar dan terang, kedua dengan posisi tersebut jalan akan lebih terlihat, dan ketiga wiring relatif lebih aman dan awet karena tidak ada part yang bergerak.

Untuk desain lampu belakang mengikuti garis bodi sehingga tampak harmonisasi dari depan ke belakang.

Dengan desain yang benar-benar baru membuat posisi cakram tidak seperti layaknya skuter matik Suzuki sebelumnya, Spin, SkyDrive, SkyWave ataupun Hayate. Melainkan di sebelah kiri. "Ini untuk mengejar keseimbangan dengan desain bodi yang kompak dan ringan" tandas Uchida.

Beberapa bagian bodi jika memang dibutuhkan kekuatan maka dibuat tebal sedangkan untuk bagian yang sekiranya tidak membutuhkan kekuatan dibuat dengan material plastik yang tipis.

Uchida juga menambahkan "Nex hanya dirilis dalam versi casting wheel saja karena menurut hasil riset Suzuki lebih diminati dibandingkan versi velg jari-jari"

Velg casting wheel palang tiga memberikan kesan simpel namun berisi. Untuk striping tersedia dua desain yang stylish dan keren, yaitu grafis leaf flower pada warna Funky Green (hijau), Stylish White (putih), dan Cheerful Pink (pink). Ada juga grafis solid yang tersedia dalam warna Rockin Red (merah), Sporty Black (hitam) dan Indie Blue (biru).

Sayangnya pada Nex belum dilengkapi dengan pengaman magnet untuk kunci kontak. Untuk ini Daisuke-san menjawab fokus waktu itu pada desain mesin yang kompak.

Source
Quote:

Diubah oleh bobi

MOTOR MATIC: Enam Keunggulan Suzuki Nex

Sebagai motor matic besutan Suzuki, Nex rupanya tak sekadar turut berebut pasar matic yang tengah booming di Nusantara. Motor yang dirilis akhir 2011 lalu, rupanya juga menghadirkan keunggulan yang tak dimiliki matic-matic lainnya.
Pertama, Nex unggul dalam penghematan bahan bakar. Dibanding matic sekelasnya—Beat dan Mio misalnya—Nex masih jauh lebih irit karena mampu menempuh jarak 79,6 km hanya dengan seliter BBM. Beat sendiri hanya punya daya tempuh 45 km/liter dan Mio 40 km/liter. “Inilah keunggulan pertama kami. Sebab, pembeli di Indonesia masih menempatkan hemat BBM sebagai pilihan utama,” kata Sudarmaji, General Manager PT Indosolo Motor Gemilang beberapa waktu lalu.
Kedua, Nex unggul dari sisi harga. Jika dibandingkan matic sekelasnya, Nex selalu menempati urutan paling terjangkau untuk masyarakat Indonesia lantaran hanya dibanderol kisaran Rp12,4 juta/ unit. “Perpaduan antara irit BBM dengan harga murah inilah yang sangat melegakan kami. Bahkan kami optimistis, Nex bakal merebut pangsa pasar,” lanjut Sudarmaji.
Ketiga, Nex unggul dari sisi kemudahan saat dikendarai. Dengan bodi yang ramping dan ringan, Nex membuktikan diri sebagai motor paling mudah dikendarai oleh semua kalangan. Dari segi bobot, Nex lebih ringan dari kedua pesaing utamanya. Nex memiliki berat 87 kg, sedangkan Mio dan Beat, 89 dan 92 kg.
Keempat, Nex unggul dari sisi kekuatan tenaganya. Dengan mengusung mesin 1-silinder berkapasitas 110 cc, Nex rupanya mampu menghasilkan lontaran tenaga 9,3 hp pada 9.000 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.500 rpm. Bandingan dengan Mio dan Beat, yang masing-masing hanya 8,3 hp dan 8,2 hp.
Kelima, Nex unggul dari sisi desain yang futuristik serta pilihan warnanya yang menawan. Ada 6 pilihan warna yang keren disediakan untuk gaya yang berbeda, yaitu hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru. Selain itu, juga disediakan 2 jenis striping keren. Velg Nex yang casting wheel juga menjadi daya tarik tersendiri. Velg Nex mempunyai rongga di tengahnya untuk mengurangi bobotnya dan memudahkannya saat bermanuver.
Keenam, Nex unggul dari mesinnya. Sebab, Nex telah memakai bantuan sistem Computer Aided Engineering (CAE) yang berfungsi untuk mengurangi hambatan mekanis dan gesekan secara keseluruhan. JIBI/SOLOPOS/ Aries Susanto
dengan ini thread NEXUS resmi dibuka emoticon-Angkat Beer

selamat bergabung all emoticon-Shakehand2
penampakan mesin nex 115, pake rocker roller arm, bentuk jeroan cvt berubah dibanding matik suzuki 125cc, posisi filter oli pun berubah emoticon-Big Grin

Spoiler for NEX:


karbu w/ TPS, autochoke mikuni BS22 emoticon-Big Grin

Spoiler for :

penampakan mesin baru matik suzuki, tidak sekedar bore-down emoticon-Big Grin

hayo apa bedanya dibanding yang 125cc

clue-nya jelas tuh emoticon-Stick Out Tongue

Spoiler for :
Quote:


diperawanin momod emoticon-Genit:

oke thanks ya emoticon-Shakehand2
Quote:


ko mirip ya emoticon-Frown

edit dulu deh emoticon-Ngacir
Quote:


review fr + pict ts nyusul ya emoticon-Malu

motor nya nex juga gan ?? emoticon-Genit:
Congratz atas meluncurnya thread Nexusemoticon-Selamat
Quote:


emoticon-Selamat

bantu promoin juga ya gan ke rekan" yg pake nex emoticon-Angkat Beer
Selamat ya atas trit baru nya
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Gak dapet peki di Suzutikus.. Tp dapet disini..
emoticon-Malu (S)
Quote:


thx bro emoticon-Shakehand2

bantu ramein ya emoticon-Embarrassment
Quote:


Lapan anam mas gan emoticon-Toast
Selamat atas kemunculan thread NEXUS bwt para rider Suzuki Nex d kaskus. emoticon-Smilie

Kalo udah ada gambar2 + info ttg kelistrikannya (spul, magnet, kiprok, dll dsb) tolong disharing yak. emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Buat om momod dan mbah darso..
Jadi yg pake Nex boleh maen ke Suzutikus am kemari jg ya?
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 101


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di