alexa-tracking

Tahukah Kamu Mengapa Kita Menguap?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013066228/tahukah-kamu-mengapa-kita-menguap
Tahukah Kamu Mengapa Kita Menguap?
Tahukah Kamu Mengapa Kita Menguap?

Menguap selalu identik dengan mengantuk, meskipun kajian akademis punya jawaban yang lebih ilmiah soal ini.

Tim peneliti Universitas Binghamton menyimpulkan bahwa menguap ada hubungannya dengan suhu di otak kita. Artinya, menguap berfungsi untuk “mendinginkan” otak kita.

Analoginya sebagai berikut: Otak kita bekerja seperti halnya komputer. Nah, komputer bisa beroperasi dengan efisien bila tetap dingin. Karena itulah dibutuhkan komponen seperti kipas, heatsink, agar komputer tidak cepat panas dan berhenti bekerja.

Demikian juga kerja otak, pemanasan yang terjadi lewat aktifitas berpikir dan bergerak membuat suhu di otak meningkat tajam. Menguap pun merupakan solusi untuk mengembalikan suhu yang stabil bagi aktifitas otak itu sendiri.

Menguap juga tampaknya menjadi bagian dari sebuah momen transisi dalam otak. Seperti misalnya pada periode sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Kondisi seperti multiple sclerosis (melibatkan disfungsi thermoregulatory), migrain dan kejang epilepsi ditengarai juga menjadi penyebab serangan menguap yang berlebihan.

Lantas, mengapa menguap begitu mudah menular?

Para peneliti tersebut meyakini, kita sering ikut menguap bila melihat orang lain lebih dulu menguap sebagai mekanisme otomatis dan terkait dengan sugesti. Studi menunjukkan bahwa menguap juga menular mungkin terkait dengan kecenderungan ke arah empati; mencoba memahami sebuah berhubungan dengan orang lain.

Diperkirakan, 55% orang akan menguap dalam waktu lima menit setelah melihat orang lain menguap.

Uniknya, sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa anak-anak dengan gangguan spektrum autisme tidak meningkatkan frekuensi menguap setelah melihat video orang lain menguap. Hal ini mendukung klaim bahwa penularan dalam menguap berhubungan dengan kapasitas empatik.

Menguap Pada Hewan

Pada hewan, menguap dapat berfungsi sebagai sinyal peringatan. Charles Darwin, dalam bukunya The Expression of the Emotions in Man and Animals menulis bahwa babon menguap untuk mengancam musuh-musuh mereka (mungkin dengan menampilkan gigi taring besar)



Sejenis babi di Guinea juga menguap karena berhubungan dengan kemarahan. Hal ini sering disertai dengan gigi gemeletuk serta suara mendengkur.


Lain lagi fungsi menguap pada penguin, hewan ini menguap sebagai bagian dari ritual pacaran mereka.

Sementara ular menguap untuk menyetel kembali rahang mereka setelah makan dan untuk alasan pernapasan.



Yang paling mendekati dengan kebiasaan manusia justru anjing. “Sahabat setia manusia” ini sering menguap setelah melihat manusia menguap.
Sumber: Apakabardunia
jadi menguap juga tersugesti...
pas lagi nguap, jangan lupa ditutup pake tangan
biar ga ada lalet/nyamuk masuk emoticon-Big Grin
steleah 5 menit ikut menguap, apalgi pas malam hari lomba nguap dah
Quote:
kalo otak cepet panas sebuah heatsink akan sedikit membantu
kalo nguap di depan orang , jadi ikutan tuh orang yah emoticon-Bingung (S)
Otak juga harus adem gan...
Quote:


setuju ama agan yang ini.. hihihi... emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
bener banget gan, kadang lingkungan sangat berpengaruh, kita bisa menguap apabila ada teman kita yang menguap juga even itu via telpon..emoticon-Ngakak
tambahan gan, menguap itu juga berfungsi untuk menambah oksigen kedalam tubuh kita. ketika tubuh kekurangan oksigen secara otomatis otak akan menyuruh kita untuk menguap guna menambah masukan oksigen kedalam tubuh.

lantas kenapa orang juga bisa ikut "tertular"? mudah aja karena mereka berada dalam ruang yang sama atau di tmpt yang berdekatan. ketika seseorang menguap itu berarti daerah trsbt kurang oksigen sehingga orang lain pun menguap berebut oksigen

edit:
ternyata ane di pekiwan emoticon-Malu (S)
karena waktunya mengantuk gan emoticon-Angkat Beer
wah.. menguap bisa menular kan gan?? emoticon-Big Grin
Quote:


kemungkinan besar bisa gan
owhh jadi intinya menguap bukan cuma tanda-tanda kalo kita ngantuk yaa gan ??

nice info dah gan emoticon-2 Jempol
yg pasti karena ngantuk
Quote:


oke gan thanks
bantuin emoticon-Rate 5 Star ye gan
baru tau ane kalo menguap bisa menular
emoticon-2 Jempol
ane cuma tau nya menguap itu bagian dari ngantuk gan... emoticon-Malu
wah bermanfaat banget cuy thread ente emoticon-thumbsup2
ijin bookmark cuy emoticon-Request