alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012354980/anak-pinrang-quotbumi-lasinrangquot-tamaki039cappo
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Spoiler for Pinrang:


CE'DE Jolo' KU CERITAKANKI' TENTANG KAMPONGKU....


Sejarah Berdirinya Kabupaten Pinrang

Asal mula nama Pinrang

Ada beberapa versi mengenai asal muasal pemberian nama Pinrang yang berkembang di masyarakat Pinrang sendiri.

Versi yang pertama menyebut bahwa Pinrang berasal dari bahasa Bugis yaitu kata "benrang" yang berarti "air genangan" bisa juga berarti "rawa-rawa". Hal ini disebabkan oleh karena pada awal pembukaan daerah Pinrang yang tepatnya saat ini di pusat kota kabupaten Pinrang masih berupa daerah rendah yang sering tergenang dan berawa.

Versi kedua menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh karena suatu ketika Raja Sawitto yang bernama La Dorommeng La Paleteange, bebas dari pengasingan dari kerajaan Gowa berkat bantuan Baso Panca Arung Enrekang dan dibantu Para Pasukan Pemberaninya dari Kampung Kaluppini Enrekang. Kedatangan tersebut disambut gembira oleh rakyatnya, namun mereka terheran-heran karena wajah sang raja berubah dan mereka berkata "Pinra bawangngi tappana puatta pole Gowa", yang artinya berubah saja mukanya Tuan Kita dari Gowa. Maka setelah itu rakyat mulai menyebut daerah tersebut sebagai Pinra yang artinya berubah, dikemudian hari masyarakat setempat mengubah penyebutan tersebut menjadi Pinrang.

Sumber lain ini mengatakan pemukiman kota Pinrang yang dahulunya rawa-rawa yang selalu tergenang air membuat masyarakat senantiasa berpindah-pindah mencari wilayah pemukiman yang bebas genangan air, berpindah-pindah atau berubah-ubah pemukiman dalam bahasa Bugis disebut "PINRA-PINRA ONROANG". Setelah masyarakat menemukan tempat pemukiman yang baik, maka tempat tersebut diberi nama: PINRA-PINRA.

Dari kedua sejarah yang berbeda itu lahirlah istilah yang sama, yaitu "PINRA", kemudian kata itu dalam perkembangannya dipengaruhi oleh intonasi dan dialek bahasa Bugis sehingga menjadi Pinrang yang sekarang ini diabadikan menjadi nama dari Kabupaten Pinrang.

Masa penjajahan

Cikal bakal Kabupaten Pinrang berasal dari Onder Afdeling Pinrang yang berada di bawah afdeling Pare-Pare, yang merupakan gabungan empat kerajaan yang kemudian menjadi self bestuur atau swapraja, yaitu KASSA, BATULAPPA, SAWITTO dan SUPPA yang sebelumnya adalah anggota konfederasi kerajaan Massenrengpulu (Kassa dan Batulappa) dan Ajatappareng (Suppa dan Sawitto). Hal ini merupakan bagian dari adu domba kolonial untuk memecah persatuan di Sulawesi Selatan. Pemilihan nama Pinrang sebagai nama wilayah dikarenakan daerah Pinrang merupakan tempat berkumpulnya keempat raja tadi dan sekaligus tempat berdirinya kantoor onder afdelingeen (kantor residen). Selanjutnya Onder Afdeling Pinrang pada zaman pendudukan Jepang menjadi Bunken Kanrikan Pinrang dan pada zaman kemerdekaan akhirnya menjadi Kabupaten Pinrang.

Sebagaimana diketahui bahwa ketika Jepang masuk di pinrang sekitar tahun 1943, sistem pemerintahan warisan kolonial dengan struktur lengkap yang terdiri dari 4 (empat) swapraja, masing-masing Swapraja Sawitto, Swapraja Batu Lappa, Swapraja Kassa dan Swapraja Suppa. Ketika Pinrang menjadi Onder Afdeling di bawah afdeling Parepare, sementara afdeling Parepare adalah salah satu dari tujuh afdeling yang ada di provinsi Sulawesi.

Arti Nama Pinrang :

Bahwa pemberian suatu nama senantiasa mempunyai arti dan makna yang merupakan pencerminan dari nama itu sendiri. Demikian pula halnya nama pinrang yang berasal dari bahasa bugis yaitu , kata “ Pinra “ yang secara etimologi bahasa akan berarti “ Perubahan “. Akan tetapi jika dilihat dari latar belakanglahirnya istilah “ Pinra “ tersebut, maka ada beberapa makna yang terkandung didalamnya yaitu :

  • Bahwa nama Pinrang lahir dari suatu peristiwa heroic, dimana putra-putra terbaik Sawitto memperlihatkan sikap dan wataknya dalam membela negerinya.
  • Adanya usaha kemampuan Sawitto membebaskan rajanya tanpa menunggu belas kasihan dari kerajaan.
  • Adanya dinamika masyarakat Pinrang sejak dahulu, hal ini terbukti dengan usaha masyarakat mencari pemukiman yang baik dimasa lalu


Dengan demikian pengertian nama Pinrang yang berasal dri istila Pinra adalah adanya dinamika social dari masyarakat sepanjang sejarahnya, baik dari segi maupun tatanilainya.

Masa kemerdekaan

Dengan ditetapkannya PP Nomor 34/1952 tentang perubahan daerah Sulawesi Selatan, pembagian wilayahnya menjadi daerah swatantra. Pertimbangan diundangkannya PP tersebut adalah untuk memenuhi keinginan rakyat dan untuk memperbaiki susunan dan penyelenggaraan pemerintahan. Daerah swantantra yang dibentuk adalah sama dengan wilayah afdeling yang ditetapkan dalam keputusan Gubernur Timur besar (GROTE GOSTE) tanggal 24 juni 1940 nomor 21, kemudian diubah oleh Keputusan Gubernur Sulawesi nomor 618/1951. Perubahan adalah kata afdeling menjadi daerah swatantra dan Onder Afdeling menjadi kewedaan. Dengan perubahan tersebut maka Onder Afdeling Pinrang berubah menjadi kewedanaan Pinrang yang membawahi empat swapraja dan beberapa distrik. Dengan status demikian inilah pemerintahan senantiasa mengalami pasang surut di tengah-tengah pasang surutnya keadaan pemerintahan. Upaya memperbaiki struktur dan penyelenggaraan pemerintahan di satu sisi, di samping memenuhi kebahagiaan dan keinginan rakyat. Maka, pada tahun 1959 keluarlah undang-undang nomor 29/1959 yang berlaku pada tanggal 4 Juli 1959 tentang pembentukan daerah-daerah tingkat II di Sulawesi yang praktis, termasuk membentuk Daerah Tingkat II Pinrang. Pada tanggal 28 Januari 1960, keluar surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: UP-7/3/5-392 yang menunjuk H.A. MAKKOELAOE menjadi Kepala Daerah Tingkat II Pinrang, karena pada saat itu unsur atau organ sebagai perangkat daerah otonomi telah terpenuhi. Hal ini kemudian dikaji melalui suatu simposium yang dilakukan oleh kelompok pemuda, khususnya KPMP Kabupaten Pinrang dan diteruskan kepada DPRD untuk dituangkan ke dalam suatu PERDA tersendiri.

VISI

Visi Kabupaten Pinrang, yaitu ”Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Melalui Penataan Program Pembangunan Pro Rakyat menuju Terciptanya Kawasan Agropolitan yang didukung oleh Penerapan Prinsip-prinsip Tata Kelola Pemerintah” (Good Management).

Visi adalah cara pandang jauh kedepan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis antisipasi dan inovatif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi. Sedangkan visi Dinas Pertanian dan Peternakan adalah : ”Terwujudnya Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Agropolitan seca Optimal dan Efisien dengan Penggunaan Teknologi Tepat Guna”

MISI

Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai, pernyataan ini membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh organisasi sesuai visi yang ditetapkan, agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya dan bagaimana melakukannya.

Misi Kabupaten Pinrang sebagai berikut :

  • Meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah yang profesional
  • Mengoptimalkan pemanfaatan dan pelestarian SDA yang berwawasan lingkungan dan memperkuat agribinis dan agroindustri
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memperkuat kemandirian lokal
  • Meningkatkan kualitas pelayanan dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan
  • Meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana serta infrastruktur terutama pada sektor pertanian.
  • Meningkatkan pengamalan dan nilai-nilai keagamaan, Pancasila dan budaya lokal
  • Meningkatkan keamanan dan ketertiban umum
Keadaan Umum Wilayah

Kabupaten Pinrang salah satu wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, terletak 185 km dari ibukota Provinsi (Makassar) arah utara yang berbatasan dengan Kabupaten Polawali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, luas wilayah 1.961,77 km2 atau 196.177 Ha yang terbagi ke dalam 12 Kecamatan, meliputi 68 desa dan 36 kelurahan yang terdiri dai 86 lingkungan dan 189 dusun.

Penggunaan lahan Kabupaten Pinrang terdiri atas lahan sawah yang terdiri :

A. Lahan dan Potensi

1. Luas Sawah : 48.709 Ha

Pengairan teknis : 37.632 Ha
Pengairan ½ teknis : 2. 877 Ha
Tadah Hujan : 4.722 Ha
Irigasi Desa/Non PU : 3.478 Ha

2. Panjang saluranh, saluran induk 45,826 km,skunder 402,863 km,tersier 474,686 km,kwarter 1.263,690 km

3. Lahan Bukan Sawah : 79.661 Ha

Pekarangan : 5.495 Ha
Tegalan/Kebun : 21.059 Ha
Ladang/Huma : 5.062 Ha
Tambak/Kolam : 15.000 Ha
Lain-Lain : 48. 045 Ha

4. Lahan Bukan Pertanian : 67.807 Ha

5. Keadaan luas tanaman padi dan palawija tahun 2009.:

Padi : 86.757 ha
Jagung : 18.351Ha
Ubi Kayu : 372Ha
Ubi Jalar : 70Ha
Kacang Hijau : 109 Ha
Kedelai : 632 Ha
Kacang Tanah : 198 Ha

Pertanaman hortikultura terdiri dari beberapa jenis perincian dapat dilihat pada lampiran

6. Peternakan Tahun 2009

Lahan Pangonan/Pemupukan Ternak 6.199,6 Ha
Populasi Ternak, yaitu :

Sapi Potong : 40.376 ekor
Sapi Perah : 13 ekor
Kerbau : 4.800 ekor
Kuda : 2.902 ekor
Babi : 3.783 ekor
Kambing/Domba : 16.517 ekor
Ayam Ras Petelur : 516.188 ekor
Ayam Buras/Kampung :1.473.703 ekor
Ayam Potong (Broiler) : 100.200 ekor
Itik/Manila : 582.50 ekor

Jumlah Penduduk

Jumlah Penduduk di Kabupaten Pinrang Tahun 2009 adalah 348.174 Jiwa tediri dari laki-laki 168.201 Jiwa (48,31%) dan Perempuan 179.973 Jiwa (51,69%), dengan kepadatan penduduk rata-rata 166,95 Jiwa/km2 sedang penduduk produktif 196.132 jiwa (59,88%), tidak produktif 131.384 jiwa (20,12%).

Mata pencaharian penduduk Kabupaten Pinrang terdiri dari atas sektor Pertanian yaitu :

Petani : 62.198 Kk (68,61%)
Petani Nelayan : 9.450 Kk (10,42%)
Petani Peternak : 4.745 Kk (5,23%)
Pedagang/Pengusaha : 11.576 Kk (12,76%)
Jasa : 1.664 Kk (1,83%)
Dan lainnya : 1.019 Kk (1,12%)

Letak Geografis Dan Topografi

Kabupaten Pinrang adalah salah satu daerah dari 23 Kabupaten/Kota di Sulawesi selatan yang letaknya berada di bagian Barat Wilayah Propinsi Sulawesi Selatan tang jaraknya sekitar 182 km arah utara dari Kota Makassar ibukota Propinsi Sulawesi selatan berada pada posisi letak geografis yaitu LS 4010’30” - 30019’13” BT 119026’30” – 119047’20”.

Kabupaten Pinrang memiliki luas wilayah 196.177 Ha atau dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara Berbatasan dengan Kab. Toraja
  • Sebelah Timur Berbatasan dengan Kab.Enrekang dan Sidrap
  • Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kota Pare-Pare
  • Sebelah Barat Berbatasan dengan kabupaten Polewali Mandar dan Selat Makassar


a. Wilayah Administrasi

Kabupaten Pinrang terdiri dari 12 Kecamatan meliputi 64 Desa dan 39 kelurahan.

Kabupaten Pinrang memiliki garis pantai sepanjang 93 Km sehingga terdapat areal pertambakan sepanjang pantai, pada dataran rendah didominasi oleh areal persawahan, bahkan sampai perbukitan dan pegunungan.

Kondisi ini mendukung Kabupaten Pinrang sebagai daerah Potensial untuk sektor pertanian dan memungkinkan berbagai komoditi pertanian (Tanaman Pangan, perikanan, perkebuanan dan Peternakan) untuk dikembangkan. Ketinggian wilayah 0 – 500 m diatas permukaan laut ( 60, 41%), ketinggian 500 – 1000 m diatas permukaan laut ( 19,69% ) dan ketinggian 1000 m diatas permukaaan (9,90%)

b. Keadaan Iklim

Kabupaten Pinrang dipengaruhi oleh 2 musim pada satu periode yang sama, untuk wilayah kecamatan Suppa dan Lembang di pengaruhi oleh musim Sektor barat dan lebih dikenal dengan sektor peralihan dan 10 kecamatan lainnya termasuk sektor timur. Dimana puncak hujan jatuh pada Bulan April dan Oktober. Berdasarkan data curah hujan termasuk tipe iklim A dan B (Daerah basah) suhu rata-rata normal 270C dengan kelembaban uadara kurang lebih 80% sampai 85%.

c. Jenis Tanah

Kabupaten Pinrang mempunyai berbagai jenis tanah,diantaranya tanah aluvial gromosol, regesal brown forest dan podsolik. Jenis tanah yang menempati ruang terbesar di Kabupaten Pinrang menyusul tanah Regosol dan tanah Gromosol

Arti Lambang Pinrang

Logo Kabupaten Pinrang

Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!

Lambang/Logo Kabupaten Pinrang terdiri dari delapan bagian yang menggambarkan unsur-unsur historis, sosiologis, ekonomis. Patriotik dan kultural yang keseluruhannya merupakan bagian mutlak yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

1. Bintang Segi Lima : melambangkan Pancasila dan juga cita-cita luhur rakyat Kabupaten Pinrang untuk mencapai kebahagiaan hidup berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Buah Padi berjumlah 19 butir dan buah jagung berjumlah 7 buah, yang letaknya melingkar, melambangkan hasil utama Kabupaten Pinrang sekaligus melambangkan keadilan sosial. Angka 19 dan 7, juga mengingatkan bahwa kerika Kabupaten Pinrang terbentuk lewat UU No. 29 Tahun 1959, terdiri dari 19 distrik yang kemudian dilebur menjadi 7 Kecamatan Administratif. Angka 19 juga menunjukkan hari lahir Kabupaten Pinrang yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 19 Februari.

3. Bendungan beserta tiang-tiang listriknya, melukiskan Kabupaten Pinrang yang memiliki Bendungan Saddang dan pembangkit tenaga listrik tenaga air (PLTA). Dahulu tenaga listrik hanya Pusat Tenaga Listrik Teppo namun sekarang bertambah dengan beroperasinya PLTA Bakaru.

4. Rantai Permata empat, selain menggambarkan persatuan juga melukiskan bahwa Kabupaten Pinrang sebelum menjadi daerah otonom, terdiri dari empat Swapraja, Swapraja sawitto, Swapraja Batulappa, Swapraja Kassa dan Swapraja Suppa.
Di Kabupaten Pinrang terdapat beberapa Tempat wisata yang terkenal antara lain :

1. Permandian Air Panas Sulilie
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Permandian ini terletak di Desa Solilie barat kecamatan Patampanua (Jaraknya ± km arah timur kota Pinrang), Waktu perjalanan ± 10 menit melewati jalan darat yang beraspal mulus. Fasilitas yang dimiliki tempat ini adalah pemondokan (tempat peristirahatan) serta kolam mandi. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, selain untuk berekreasi juga untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan reumatik.

2. Pantai Ujung Tape
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Salah satu obyk wisata bahari yang terletak di desa Langga kecamatan Mattiro Sompe ± 25 km arah barat kota Pinrang, Untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu perjalanan ± 20 menit melalui jalan darat dan beraspal. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri, pada sore hari kita dapat menikmati angin pantai yang sejuk. Pantai Ujung Tape ramai dikunjungi masyarakat utamanya pada hari libur dan hari raya.

3. Permandian Air Panas “Lemo Susu”
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Permandian Air Panas “Lemo Susu” adalah salah satu obyek wisata yang terletak di kecamatan Lembang ± 45 Km arah utara kota Pinrang. Berada di atas lahan seluas 20 hektar dengan fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang, bangunan-bangunan peristirahatan, pondok karaoke dan lain-lain.
Berada ditempat ini pengunjung dapat menikmati sejuknya udara pegunungan sembari memandangi keindahan alam yang diapit oleh dua buah pegunungan. Jalur darat menuju ke tempat ini beraspal mulus. Sementara harga tiket masuknya tergolong murah, dewasa hanya Rp.5.000, dan anak-anak Rp.3.000. Obyek wisata ini murni dikelola oleh pihak swasta. Pemiliknya bernama Bapak Rahmat.

4. Pulau Kamarrang
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di kecamatan Suppa (± 30 Km arah selatan kota Pinrang). Kawasan ini diapit oleh laut sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau Kamarrang adalah wilayah Kabupaten Pinrang yang berhadapan dengan kota Parepare, sehingga bila kita mau menyeberang ke pulau ini lebih dekat bila anda lewat Pelabuhan Parepare naik perahu tradisional dan hanya memerlukan waktu ± 15 menit.

5. Permandian Air Terjun Karawa
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Di kecamatan Lembang terdapat beberapa tempat wisata, salah satunya adalah Air Terjun arah Utara Kota Pinrang, dalam menempuh perjalanan sampai ke tempat ini memerlukan waktu ± 1.7 Jam, jalan menuju ke tempat ini sebagian beraspal dan sebagian pula jalanan pengerasan. Air Terjun Karawa, salah satu obyek wisata alam yang banyak di kunjungi masyarakat, terutama pada hari raya atau hari libur, sebab Permandian Air Terjun ini mempunyai Pesona alam.

6. Rumah Makan Terapung
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Rumah Makan Terapung yang terletak di MALIMPUNG kecamatan Patampanua ± 20 Km arah timur kota Pinrang. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, terutama pada siang hari untuk bersantai sambil memancing ikan di danau.

7. Benteng Paremba

Dengan hamparan pohon buah-buahan berbagai jenis yang sedang tumbuh, mempunyai prospek yang cukup menjanjikan sebagai obyek wisata agro. Letaknya ± 40 Km arah utara kota Pinrang, yaitu tepatnya diperbatasan Kabupaten Polmas, luas kawasan ini mencapai ratusan hektar.

8. Bendungan Benteng
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Bendungan Benteng adalah salah satu peninggalan Kolonial Belanda. Pada tahun 1939 bendungan ini dibangun, di mana pada awalnya hanya sebuah survey pada induk bendungan Benteng oleh IR. FRAMA tahun 1927. Bendungan ini mulai dikerjakan pada tahun 1936 dibawah Pimpinan IR.H.M VERWAY. Bendungan Benteng terletak di kecamatan Patampanua, ± 20 km arah utara kota Pinrang. Memerlukan perjalanan ± 20 menit melalui jalan darat.

9. Monumen Lasinrang
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
LASINRANG, adalah seorang pahlawan legendaris dalam masyarakat Sawitto, di masa penjajahan, Lasinrang dikenal seorang pemberani melawan penjajah. Figur lelaki ini mulai dikenal, ia melawan kekuasaan Belanda dengan taktik Perang Gerilya. Ini terjadi pada tahun 1903. Suatu ketika utusan Belanda mendaangi Addatuang (Raja) yang bermaksud mengadakan kerjasama. Tetapi hal ini ditolak mentah-mentah oleh Raja, sehingga membuat berang serdadu Belanda.

10. Lefa-Lefa Race
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Lefa-lefa Race adalah kegiatan perlombaan perahu tradisional yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Pinrang setiap tahunnya dan diikuti oleh puluhan peserta, dan pesertanya adalah masyarakat Pinrang dan sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung di pantai Ujung Labuang kecamatan Suppa Kabupaten Pirang kurang lebih 25 km arah selatan kota Pinrang, Para peserta saling memacu perahu mereka masing-masing, sehingga menarik untuk ditonton. Di pantai Ujung Labuang ini memang cocok untuk lomba, baik perahu tradisional maupun untuk olah raga berenang. Sebab air laut di tempat ini sangat jernih dan ombaknya tidak terlalu besar.

11. Permandian Balaloang Permai
Air Terjun Balaloang Permai terletak di Desa Pakeng kwc. Lembang ± 30 km arah utara kota Pinrang ± 3 km dari jalan poros polmas Sulawesi Barat Permandian Balaloang Permai memiliki keunikan tersendiri dimana di tempat ini kita bisa menikmati dinginya air yang mengalir dari pegunungan serta kita dapat menikmati indahnya panorama alam yang indah. Lama perjalanan dari kota Pinrang ke tempat hanya menempuh waktu ± 45 menit melalui jalan darat.

12. Air Terjun Kalijodoh
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
[Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Air Terjun Kalijodoh adalah salah satu obyek wisaa yang trletak di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang ± 25 km arah utara kota Pinrang, bila kita mengadakan perjalanan ke tempat ini hanya memerlukan waktu 40 menit lewat jalan darat. Air terjun Kalijodoh mempunyai cerita tersendiri. Dan menurut ceritanya, dinamakan Kalijodo karena pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab, memohon do’a kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.

13.Waduk PLTA Bakaru
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Pembangkit Listrik Tenaga Air Bakaru dibangun dengan membendungan Sungai Mamasa yang merupakan hulu Sungai dari Sungai Sadang sehingga terbentuklah sebuah waduk yang luas dan memiliki panorama yang cukup eksotis dan masih sangat asri.
Diresmikan pada tahun 1991, PLTA Bakaru yang berlokasi di Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang ini merupakan jenis PLTA run off river yang terdiri atas 2 (dua) unit Turbin air tipe Francis dan memanfaatkan aliran Sungai Mamasa dengan elevasi 615,50 m dpl.
PLTA Bakaru adalah salah satu pembangkit besar di Sistem Kelistrikan Sulawesi Selatan. Dengan daya mampu 126 MW, PLTA Bakaru mampu memasok 30% kebutuhan listrik di Sulawesi Selatan.

MAP KOTA PINRANG

Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!

Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!

Kode pos di PINRANG

Code:
http://www.nusaland.com/travel/sulawesi_selatan/102546/kab-pinrang.php


Pemerintahan

BUPATI

H.A. ASLAM PATONANGI, SH, M.Si

WAKIL BUPATI

Drs. H.A. KAHARUDDIN. M

SEKDA

Drs. H. SYARIFUDDIN SIDE, M.Si. MH

KETUA PENGADILAN NEGERI

ELI SUPRAPTO, SH

KAJARI

H.A. RUMPANG, SH, MH

DANDIM 1404

LETKOL. KAV ABDUL BASID

KAPOLRES

AKBP. AKHMAD JAMAL YULIARTO

sumber
Code:
pinrangkab.go.id/

Code:
wikipedia.com

Code:
google.com
BUAT TEMAN - TEMAN SI KAMPONG MASUKKI'....
sharing2ki' seputar kampotta'...dah lama2 neeh ga ke kampung....

to cappakala' ka ia cappo'..........!!!

jgn tongki' jg kodong pake bhasa bugis nda tlalu lancarK bla
gayakuji emoticon-Berduka (S) emoticon-Cape d... (S)

emoticon-Smilie

nb : ini threat telah di ijinin oleh sang RL yg tersayang emoticon-Genits (halah kata2ku...)
reserved
reserved
reserved
reserved
ijin melinGtas emoticon-Ngacir
wah om achiel buat trit emoticon-Belo

Quote:Original Posted By suicidaldream
ijin melinGtas emoticon-Ngacir


ikut melintas kk emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Mr.Light
wah om achiel buat trit emoticon-Belo



ikut melintas kk emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By suicidaldream
ijin melinGtas emoticon-Ngacir


sanging maling tas iniee.....emoticon-Cape d... (S)
ampunga' kodong....

sa liat tdk adapi trit ttg kampungku' jadi bikinga' jg...emoticon-Cendol (S)

emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By achielsmiley
sanging maling tas iniee.....emoticon-Cape d... (S)
ampunga' kodong....

sa liat tdk adapi trit ttg kampungku' jadi bikinga' jg...emoticon-Cendol (S)

emoticon-Smilie


daripada maling jemuran emoticon-Stick Out Tongue
kok sepi trit nya?? emoticon-Bingung (S)
selama ini baruka dua kali ke pinrang emoticon-Malu (S)
msh pekiwan ternyata emoticon-Belo
turut meramaikan om TS emoticon-shakehand
sy tungguq dgn teman ta di bulkum nah om emoticon-Genit: emoticon-Wowcantik emoticon-Malu
Quote:Original Posted By suicidaldream
daripada maling jemuran emoticon-Stick Out Tongue
kok sepi trit nya?? emoticon-Bingung (S)
selama ini baruka dua kali ke pinrang emoticon-Malu (S)


mngkin blumpi na liat ank2 pinrang...
nanti sa promosikan kaskus d pinrang

Quote:Original Posted By AwalAmir
msh pekiwan ternyata emoticon-Belo
turut meramaikan om TS emoticon-shakehand
sy tungguq dgn teman ta di bulkum nah om emoticon-Genit: emoticon-Wowcantik emoticon-Malu


ok deh oms Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
moga2 nda ada halangan...
assalamu alaikum sappo'..
aga karebata'...!!

emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By achielsmiley
sanging maling tas iniee.....emoticon-Cape d... (S)
ampunga' kodong....

sa liat tdk adapi trit ttg kampungku' jadi bikinga' jg...emoticon-Cendol (S)

emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By suicidaldream
daripada maling jemuran emoticon-Stick Out Tongue
kok sepi trit nya?? emoticon-Bingung (S)
selama ini baruka dua kali ke pinrang emoticon-Malu (S)


dimana itu pinrang? nda pernah k kesana emoticon-Frown
Quote:Original Posted By Mr.Light
dimana itu pinrang? nda pernah k kesana emoticon-Frown


itue petana di atas emoticon-Cape d... (S)....
mwQ jalan2kah ke sna...klo ke kotanya pare2Q tggl 10km mami smpe kotanya pinrang dekat skaliji...emoticon-Big Grin
kpan di' ke pinrang mw singgah ke pantaina pare2 bnyk awewe emoticon-Genit:

emoticon-Smilie
ada tetanggaku orang pinrang

suka bagi2 ikan bolu kalo habis pulkam ki

emoticon-Big Grin




Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Quote:Original Posted By achielsmiley
itue petana di atas emoticon-Cape d... (S)....
mwQ jalan2kah ke sna...klo ke kotanya pare2Q tggl 10km mami smpe kotanya pinrang dekat skaliji...emoticon-Big Grin
kpan di' ke pinrang mw singgah ke pantaina pare2 bnyk awewe emoticon-Genit:

emoticon-Smilie


sa kira jauh skali itu pinrang

ternyata dekatji, kalo dari pare2 dih

emoticon-Recommended Seller

Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!
Quote:Original Posted By satrialiar69

sa kira jauh skali itu pinrang

ternyata dekatji, kalo dari pare2 dih

emoticon-Recommended Seller
Anak pinrang "bumi lasinrang" tamaki'...cappo..!!


dekatna ji itue...
naik pete2ji biasa klo mw ke pinrang..
sa klo pulkam biasa jalan2 ke pare2 bli cakar..
skalian jln2 d pantai cari awewe emoticon-Genit:

emoticon-Smilie
×