CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
-1
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 508
Post ini telah dihapus oleh

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah

Part 1
Teori evolusi menyatakan bahwa makhluk hidup di muka bumi tercipta sebagai akibat dari peristiwa kebetulan dan muncul dengan sendirinya dari kondisi alamiah. Teori ini bukanlah hukum ilmiah maupun fakta yang sudah terbukti. Di balik topeng ilmiahnya, teori ini adalah pandangan hidup materialis yang dijejalkan ke dalam masyarakat oleh kaum Darwinis. Dasar-dasar teori ini - yang telah digugurkan oleh bukti-bukti ilmiah di segala bidang - adalah cara-cara mempengaruhi dan propaganda, yang terdiri atas tipuan, kepalsuan, kontradiksi, kecurangan, dan ilusi permainan sulap.[/quote]
Teori evolusi tidak bicara tentang asal penciptaan makhluk hidup, apalagi secara kebetulan. Teori yang membahas asal kehidupan adalah teori abiogenesis modern. Lucu sekali jika ingin membantah teori evolusi, tapi tak tahu beda teori evolusi (origin of species) dengan teori abiogenesis modern (origin of life). Teori evolusi juga bukan propaganda materialis. Jika karena tak membicarakan peran Tuhan di dalamnya lantas diklaim propaganda materialis, maka semua tori ilmiah juga harus dianggap propaganda materialis juga. Dan lagi, tidak ada 'bukti ilmiah' yang membantah teori evolusi. Sebaliknya, justru tulisan HY yang tidak ilmiah, merupakan propaganda dan penuh kebohongan serta rekayasa.

Teori evolusi diajukan sebagai hipotesa rekaan di tengah konteks pemahaman ilmiah abad kesembilan belas yang masih terbelakang, yang hingga hari ini belum pernah didukung oleh percobaan atau penemuan ilmiah apa pun. Sebaliknya, semua metode yang bertujuan membuktikan keabsahan teori ini justru berakhir dengan pembuktian ketidakabsahannya.[/quote]
Benar bahwa teori evolusi dicetuskan di abad ke-19, yang relatif kurang dibanding masa kini. Tapi sekian banyak teori dan penemuan ilmiah bahkan dihasilkan lebih tua lagi. Dan teori yang terbukti salah akan digugurkan, sementara teori yang terbukti akan bertahan, dan makin berkembang seiring kemajuan pengetahuan. Teori evolusi bisa bertahan dan makin berkembang seperti sekarang dengna melalui proses yang sama.

Terlebih, jika tidak ada pembuktian, maka teori bahkan tak bisa disebut teori, palingbanter hanya berupa hipotesa. Teori adalah hipotesa yang sudah teruji. Ini salah satu alasan mengapa kreasionisme bahkan bukan sebuah teori.

Quote:

Tepatnya, teori evolusi amat berbeda dengan yang dipropagandakan HY. Dan tidak ada bukti ilmiah yang menggagalkannya. Segala rekayasa yang diquote di atas justru adalah propaganda HY

Quote:

Teori evolusi bukan pandangan filosofis, tak ada kaitan dengan meterialisme atau sejenisnya. Apakah Tuhan ada atau tidak, itu bukan bahasan teori evolusi. Dan sekali lagi, tak ada bukti ilmiah yang membantah teori evolusi.

Quote:

Kemunculan makhluk hidup pertama bukan bahasan teori evolusi, melainkan teori abiogeneis. HY bahkan gagal dalam bantahan pertama, karena tidak tahu beda keduanya.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah

Part 2

Quote:

Bahkan makhluk hidup awal yang dibentuk abiogenesis pun tidak memiliki struktur yang sama seperti selpaling sederhana yang dikenal sekarang.

Quote:

Hipotesa RNA world bicara bahwa kemungkinan makhluk hidup awal tidak memiliki dna, melainkan rna yang bisa menggantikan dna menjalankansebagian fungsi. Dan sekali lagi, itu bahasan teori abiogenesis.

Quote:

Sama dengandi atas, asal kehidupan bukan bahasan teori evolusi. Dan 'keajaiban' bukan sesuatu yang diterima sains.

Quote:

Ilmuwan sudah berhasil meniru proses pembentukan asam amino dannukleutida. Dan proses yang terjadi di alam adalah simultan, bukan satu persatu. jadi nilai probabilitas yang diajukan adalah tidak relevan.

Quote:

Sama dengan di atas.

Quote:

Tidak semua makhluk hidup yang mati berubah jadi fosil. Itu salah satu kesulitan kita untuk mencari fosil transisi. Tapi fosil transisi dimaksud bukannya tak ada. Archaeopteryx dan microraptor, frogamander, tiktaalik, Odontochelys semitestacea, hanya sebagian diantaranya.

Quote:

Ini hanya omong kosong. Apa yang sempurna dari Odontochelys semitestacea, kura-kura dengan tempurung yang belum terbentuk sempurna?

Quote:

Ilmu pengetahuan modern membuktikan bahwa teori evolusi itu benar, karenanya teori evolusi terus berkembang sampai sekarang.

Dan terbukti HY bahkan tak tahu beda antara teori evolusi dan teori abiogenesis, sehingga dia terus membantah teori evolusi dengan materi propaganda yang mestinya masuk bahasan teori abiogenesis

2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan

Part 1

Quote:

Diulang lagi, teori evolusi tidak membahas asal kehidupan. Jadi di sini saja HY sudah gagal.
Kedua, antara abiogenesis dan kreasionisme adalah dua konteks berbeda. Abiogenesis adlah teori ilmiah, dengan penjelasan dan pembuktian ilmiah. Sementara kreasionisme bahkan bukan sebuah teori, melainkan opini yang berdasar pada iman. Keduanya tak bisa dibandingkan secara setara dalam konteks ilmiah, dan opini berdasar iman tak pernah bisa menggantikan teori ilmiah dalam pembahasan ilmiah.

Quote:

Catatan fosil justru menunjukkan kepada kita bahwa makhluk hidup berevolusi. Dan HY tak pernah membuktikan makhluk hidup tidak berevolusi. Dia hanya berusaha mengklaim makhluk dlaam fosil sama persis dengan yang ada sekarang, dan kemudian kemgnklaim itu bukti mereka diciptakan demikian sejak awal.

Quote:

Ini adalah propaganda omong kosong. Tiktaalik, archaeopteryx dan microraptor, frogamander dan sebagianya hanya sebagian kecil dair fosil transisi dimaksud.

Quote:

Karena tak semua makhluk hidup berubah jadi fosil. Namun fosil yang ada pun sudah memberi penjelasan akan sebagian dari proses transisi makhluk hidup.
Post ini telah dihapus oleh
hati2 yg bilang "monyet" disini ya emoticon-Embarrassment

nanti diklaim monyetis lho emoticon-Big Grin

bilangnya > kera

bukan monyet emoticon-Big Grin
Pi-One paling semangat kalo bahas teori evolusi emoticon-Big Grin

kalo masalah biologi gw cuma bisa duduk anteng nyimak deh emoticon-linux2
Bener bener Harun Yahya memiliki tingkat ignorance luar biasa emoticon-Amazed

Membedakan abiogenesis dengan evolusi aja ga bisa

Udah jelas jelas ada bukti fosil malah bilang ga ada emoticon-Gila

Apalagi ditambah False dichotomy
Menganggap abiogenesis dan evolusi adalah kebetulan
Kalo ga abiogenesis dan evolusi (yang kata dia kebetulan), berarti ya penciptaan langsung oleh Tuhan
Padahal abiogenesis dan evolusi kan bisa aja terjadi dengan campur tangan Tuhan

Ga nyadar apa penciptaan Adam dari tanah juga adalah proses abiogenesis (lebih tepatnya generatio spontanea)
Tapi malah menentang abiogenesis (tapi disini abiogenesis disebut sebagai evolusi)

Bener bener tukang obat emoticon-Marah
Post ini telah dihapus oleh
Post ini telah dihapus oleh
Post ini telah dihapus oleh
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Kayaknya emang tuh blog punyanya si pi-one deh.
Quote:

Nope, bukan copasan.
Ini diketik ulang dari awal sama sekali.
Yang copasan cuma quote tulisan HY
Quote:

Ia, tau.. udah lama bacanya emoticon-Big Grin

Quote:

emoticon-Recommended Seller

2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan

Part 2
Quote:

Karena kelewat panjang, quote dipersingkat saja, dan dibahas point-pointnya

1. Saat ledakan kambrium, beragam jenis makhluk hidup kompleks seakan-akan muncul serempak, namun realitanya mereka bukan muncul di saat yang sama. Masa Kambrium dimulai sekitar 543 juta tahun silam, dan ledakan kambrium dimulai sekitar 530 juta tahun silam. Namun berdasar temuan fosil seperti dari formasi Doushantuo di China menunjukkan makhluk multisel sudah muncul sekitar 590-560 juta tahun silam.

2. Stromatolite menunjukkan bahwa kehidupan sudah dimulai sekitar 3,4 milyar tahun silam. Ada jangka waktu amat panjang sejak kehidupan mulai muncul hingga berkembang menjadi organisme multisel

3. Usia lapisan dalam fosil ledakan kambrium bukan pada usia yang sama, melainkan ada beda sekurangnya 5 juta tahun. Dan 5 juta tahun tidaklah cukup singkat untuk disebut 'serempak'.

4. Bahkan pada ledakan kambrium sendiri bisa kita temukan fosil transisi, seperti lobopod (cacing berkaki) yang merupakan transisi antara artropoda dan cacing

5. Tidak semua filum muncul di masa kambrium. Tanaman baru muncul setelah era kambrium. Sekurangnya 6 firum binatang muncul di era prekambrium.
Terlebih, filum hanya tingkatan tertinggi dalam pembagian makhluk hidup. Jika dilihat dari kelompok yang lebih kecil, kelompok seperti mamalia, burung, reptil, serangga, laba-laba dan banyak lagi, tidka muncul di era tersebut.

Terlebih, tidak satupun makhluk hidup dalam ledakan kambrium yang sama dengan makhluk hidup di masa kini.

6. Alasan mengapa catatan fosil jarang ditemukan sebelum era kambrium adalah diantaranya karena mereka tidak memiliki tulang atau kulit keras/cangkang yang memudahkan fosil mereka terbentuk. Alasan lain, ukuran mereka yang amat kecil/mikroskopik, yang menyulitkan untuk ditemukan.

7. Dan klaim 'tidak ada catatan fosil sebelum era kambrium' adalah klaim kosong dari pihak yang tidak mengikuti perkembangan pengetahuan. Temuan fosil seperti dari formasi Doushantuo dan sebagainya membuktikan hal tersebut. Bahkan trilobit pun bisa dilacak ke temuan fosil prekambrium, seperti Spriggina floundersi, atau artropoda awal Bomakellia kelleri, atau Parvancorina minchami.

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

*Untuk informasi lebih lanjut tentang fosil dan evolusi trilobit, cek ke sini:
Code:
http://www.trilobites.info/


Jadi, jika ada klaim bahwa semua kehidupan muncul serempak di era kambrium dan tidak ada catatan fosil sebelumnya, maka itu hanya omong kosong.

Usia Umat Manusia di Bumi

Part 1

Saatnya kita lihat kelihaian HY dalam memanipulasi informasi, bagaimana dia merekayasa informasi untuk mendukung propaganda dia 'temuan fosil meruntuhkan teori evolusi'

Quote:


Quote:


Russel Tuttle tidak pernah mengatkaan jejak Laetoli dibuat homo sapiens. Dia bahkan menyangkal jejak tersebut dibuat genus homo. Tuttle hanya meragukan jika jejak itu dibuat oleh afarensis (spesies Lucy), ia menduga jejak itu dibuat oleh spesies yang lebih muda dari itu.

Ini tulisan Tuttle dan rekan-rekannya dalam Human Evolution
Quote:


Quote:

Para ilmuwan memang memperdebatkan siapa yang membuat jejak kaki tersebut, namun tak satupun dari mereka yang mengklaim jejak itu dibuat oleh manusia modern, atau anak-anak manusia modern. Mereka hanya memastikan jejak kaki itu dibuat oleh bipedal, bukan quadrupedal (karena tidak adanya bekas tumpuan kepalan tangan yang menjadi ciri quadrupedal)

Quote:

Apa yang disebut reruntuhan pondok batu oleh HY, tak lebih dari gundukan tanah liat, yang oleh Louis Leakey disebut slaughter-house. Ini karena tempat itu dijadikan tempat untuk menjebak dan menyembelih hewan buruan. Kemungkinan dibuat oleh Homo ergaster (erectus afrika).

Quote:

Tak ada ilmuwan yang bilang rahang itu milik manusia modern. Mereka hanya menyimpulkan rahang itu milik genus homo, dan mengindikasikan genus homo muncul lebih awal dari dugaan semula.

Quote:

Pertama, usia 11-12 tahun ini adalah perkiraan berdasar pertumbuhan tulang. Mengingat genus homo saat itu tumbuh dewasa lebih cepat dari manusia modern, bisa jadi usianya lebih muda dari itu. Turkana boy memiliki tulang pinggul yang lebih sempit dari manusia modern, mengindikasikan dia sebagai sosok pelari dan pemburu. Tangannya lebih panjang dari manusia sekarang. Dan jika dilihat dari tengkoraknya, ia memiliki ciri manusia purba yang berbeda dair manusia modern, seperti tulang dahi yang rendah, tulang pelipis yang menonjol, dan tak punya dagu.

Ilmuwan mengidentifikasikannya sebagai Homo ergaster, bukan sapiens.

Quote:

Apa yang modern dari fosil yang disebut Homo antecessor pada dasarnya hanya bagian tengah wajahnya, sementara bagian lain seperti gigi, dahi atau pelipis lebih primitif. Terlebih, Juan Luis Arsuaga Ferreras sebenarnya bermaksud mengatakan bahwa fosil temuannya punya fitur wajah yang lebih modern ketimbang heidelbergensis, dan lebih mirip manusia modern.
Cek pranala berikut:
Code:
http://discovermagazine.com/1996/dec/thefaceofanances1285


Quote:

Sebaliknya. Perbandingan antara apa yang diungkapkan ilmuwan dengan tulisan HY menunjukkan bahwa Hy telah merekayasa informasi mengenai fosil-fosil tersebut, mengklaim tiap temuan fosil sebagai 'milik manusia modern'.
Quote:

fosil makhluk ber sel satu aja ada kok emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Embarrassment

ya karena nggak ditemukan jawaban, ya gitu deh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Quote:

bukan tidak ada catatan fosil, tapi kok penjelasannya tidak memuaskan, seolah-olah "diluar" dari "prediksi" teori evolusi. emoticon-Big Grin
Quote:


menentang bisa juga dalam hal berlainan
yg berarti tanpa campur tangan tuhan
tapi tergantung, soalnya saya krg tahu dgn kloning
-----------------------------------------------------------------------------------------

btw om pi-one, bagaimana sihh teori evolusi menjelaskan the missing link??

saya bukan pecinta harun yahya, bukan jg pendukung darwin, tapi jelas bagi saya, walau keduanya berlawanan, mereka bukan ilmuwan omong kosong

sama seperti teori atom dalton yg dipatahkan oleh schrodinger, sampe kapanpun orang jenius dan intelek tidak akan pernah mencela dalton emoticon-Smilie
Quote:


Maaf, sayangnya Harun Yahya bukan ilmuwan
Apakah orang yang ga bisa membedakan belut dengan ular laut pantas disebut ilmuwan? emoticon-Smilie
Quote:


sebenarnya itu tergantung anda mengamatinya,,
artikel2 yg menyatakan hoax harun yahya udah banyak bersebaran, namun tentunya, seorang ilmuwan juga bisa gagal emoticon-Big Grin

diluar hoax2 mengenai belut, evolusi dll, lumayan banyak kog artikel2 lainnya yg lumayan menambah wawasan dari harun yahya, dan saya g memunafikkan hal tsb

pantas tidaknya disebut ilmuwan kembali ke masing2 pribadi saja...
karya2 harun yahya berbeda dgn tafsir hadis, dimana jika ada satu hadist yg diragukan atau terbukti palsu, maka seluruh hadist dari riwayat ybs jg diragukan dan dianggap palsu emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 508
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di