alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011928636/radiografer-kalian-tau-gak-ni-profesi
Cool 
radiografer, kalian tau gak ni profesi??
ente2 tau gak radiografer itu apa??emoticon-I Love Indonesia
tau donk..tu kan profesi ane...
Quote:Original Posted By sutirama
tau donk..tu kan profesi ane...


kalo di Indonesia, profesi radiografer itu prospekanya gimana sih gan? denger2 kalo di jakarta skarang udah gak jaman lagi ya x-ray biasa, alias skarang jamannya ct dan mri... bener gak tuh?
tergantung kebutuhan kaya nya gan yah..
kalo sekedar fraktur atau mao liad paru yah prime nya sepertinya masi foto polos.. CMIIW


om music kan radiolog tuh.. mungkin bsa kasi pendapat =p
Quote:Original Posted By Veinth
tergantung kebutuhan kaya nya gan yah..
kalo sekedar fraktur atau mao liad paru yah prime nya sepertinya masi foto polos.. CMIIW


om music kan radiolog tuh.. mungkin bsa kasi pendapat =p


iya yah, mestinya kalo cuma sekedar fraktur/trauma gitu pake foto polos udah ok mestinya... kalo gejala neurologi kan biasa mri atau ct tuh, tumor juga...

eh, kalo di Indonesia, radiografer itu prospek incomenya di level berapa ya sekarang? apakah masih ada pemikiran bahwa radiografer itu 'bawahannya' dokter? maklum, gak seberapa denger mengenai dunia radiologi di Indonesia...
Quote:Original Posted By charlies280590
iya yah, mestinya kalo cuma sekedar fraktur/trauma gitu pake foto polos udah ok mestinya... kalo gejala neurologi kan biasa mri atau ct tuh, tumor juga...

eh, kalo di Indonesia, radiografer itu prospek incomenya di level berapa ya sekarang? apakah masih ada pemikiran bahwa radiografer itu 'bawahannya' dokter? maklum, gak seberapa denger mengenai dunia radiologi di Indonesia...


Dibilang bawahan gk lah gan..
Klo radiografer dia kan fokus untuk tekhnik memfoto baik itu photo polos,,phanoramic,,uretrogram,,dll..
Bahkan klo dilatih,,radiografer juga bisa menggunakan CT Scan..

Sedangkan dokter dia fokus membaca hasil dari foto2 tersebut,,USG dan Radioterapi..

Nah klo income sangat bergantung ente kerja dmna gan,,yg pasti kerjax di tempat yg ada fasilitas radiologix emoticon-Big Grin
Klo RS besar mungkin fasilitas Radiologix 24 jam ya pendapatan bisa lbh besar,,tp tergantung lokasi dan jumlah radiograferx..

-CMIIW-
Quote:Original Posted By dr_moviegoer
Dibilang bawahan gk lah gan..
Klo radiografer dia kan fokus untuk tekhnik memfoto baik itu photo polos,,phanoramic,,uretrogram,,dll..
Bahkan klo dilatih,,radiografer juga bisa menggunakan CT Scan..

Sedangkan dokter dia fokus membaca hasil dari foto2 tersebut,,USG dan Radioterapi..

Nah klo income sangat bergantung ente kerja dmna gan,,yg pasti kerjax di tempat yg ada fasilitas radiologix emoticon-Big Grin
Klo RS besar mungkin fasilitas Radiologix 24 jam ya pendapatan bisa lbh besar,,tp tergantung lokasi dan jumlah radiograferx..

-CMIIW-


Makasih buat infonya yah gan... oh gitu yah... kalo ngomongin angka nih, kira2 income radiografer di indonesia ada di angka berapa yah kira2? ada yang punya info mengenai hal ini?

Kalo misalkan belajar di luar negeri dan salah satu subjeknya adalah radiografi (ambil foto polos dan baca foto polos, tapi radiografi bukan subjek utama), kira2 kalo mau sambilan jadi radiografer di indonesia bisa gak yah? apa mesti belajar dari awal di indonesia ato ada jalan singkatnya yah?
Quote:Original Posted By charlies280590
Makasih buat infonya yah gan... oh gitu yah... kalo ngomongin angka nih, kira2 income radiografer di indonesia ada di angka berapa yah kira2? ada yang punya info mengenai hal ini?

Kalo misalkan belajar di luar negeri dan salah satu subjeknya adalah radiografi (ambil foto polos dan baca foto polos, tapi radiografi bukan subjek utama), kira2 kalo mau sambilan jadi radiografer di indonesia bisa gak yah? apa mesti belajar dari awal di indonesia ato ada jalan singkatnya yah?


Klo di Indonesia kan ada akademix dan setahu ane ada pendidikan lanjutan D4 di Universitas kyk Unair,,dll..
Sebenarx klo sdh terbiasa dgn foto polos,,radiografer bisa ja baca hasil rontgen tp di Indonesia yg berhak memberi expertise atas pmeriksaann radiologi ya dokter Sp.Rad..
Sedangkan radiografer fokus ke tekhnik fotox gmna agar foto yg diinginkan dokter dapat terambil dengan jelas..
Quote:Original Posted By dr_moviegoer
Klo di Indonesia kan ada akademix dan setahu ane ada pendidikan lanjutan D4 di Universitas kyk Unair,,dll..
Sebenarx klo sdh terbiasa dgn foto polos,,radiografer bisa ja baca hasil rontgen tp di Indonesia yg berhak memberi expertise atas pmeriksaann radiologi ya dokter Sp.Rad..
Sedangkan radiografer fokus ke tekhnik fotox gmna agar foto yg diinginkan dokter dapat terambil dengan jelas..


situ dokter yah? hehehhehe... nebak dari nama id kaskus doang sih...
Kalo sama foto polos sih, baik teknik pengambilan dan baca (analisis fraktur dan tumor) bisa2 aja gan. baca mri dan ct secara singkat juga bisa tapi ini cuma bagian dari modul aja alias bukan sebagai gelar utama. maksud ane, kalo bisa sambilan radiografer di indonesia lumayan juga... kalo misalkan mau kerja di indonesia, tapi gak pengen sekolah dari awal, kira2 gimana caranya yah? kalo lulusan luar negeri kerja di indonesia di bidang radiografer gampang gak yah?
ane saranin kalo mau jadi radiografer kuliah di Poltekkes Depkes Jakarta II aja gan..
ambil jurusan teknik radiodiagnostik dan Radioterapi... emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By romdanii
ane saranin kalo mau jadi radiografer kuliah di Poltekkes Depkes Jakarta II aja gan..
ambil jurusan teknik radiodiagnostik dan Radioterapi... emoticon-shakehand


kalo misalkan udah belajar radiografer di luar negeri, apa ada ujian penyamaannya gak yah di Indonesia? apa mesti ulang dari awal gitu?
Quote:Original Posted By charlies280590
kalo misalkan udah belajar radiografer di luar negeri, apa ada ujian penyamaannya gak yah di Indonesia? apa mesti ulang dari awal gitu?


kalo misalkan agan udah ambil D3 di luar negeri agan tinggal lanjutin D4nya aja gan..
D4 nya jurusannya MRI atau CT Scan,agan tinggal milih di antara kedua itu..
dan mulai tahun ini semua radiografer harus punya STR ( surat tanda registrasi ) jadi kalo misalkan belom punya STR belum diakui gitu gan..dan STR juga baru dibuat pada tahun 2012 ini gan..
Quote:Original Posted By romdanii
kalo misalkan agan udah ambil D3 di luar negeri agan tinggal lanjutin D4nya aja gan..
D4 nya jurusannya MRI atau CT Scan,agan tinggal milih di antara kedua itu..
dan mulai tahun ini semua radiografer harus punya STR ( surat tanda registrasi ) jadi kalo misalkan belom punya STR belum diakui gitu gan..dan STR juga baru dibuat pada tahun 2012 ini gan..


Lanjutin D4 berapa lama sih? dan emangnya kalo pake ijazah luar negeri bisa langsung gitu yah? pengennya sih malah gak usah ambil jurusan lagi di Indonesia, alias langsung terjun ke lapangan aja... hehehehe... dan pengennya juga cuma foto polos doang...

ada ide dan masukan?
Quote:Original Posted By charlies280590
kalo di Indonesia, profesi radiografer itu prospekanya gimana sih gan? denger2 kalo di jakarta skarang udah gak jaman lagi ya x-ray biasa, alias skarang jamannya ct dan mri... bener gak tuh?



gini, kata siapa ga jaman x-ray biasa?? ct scab dan mri kan ga banyak yang punya.. lagian setau ane radiographer juga belajar ct scan dan mri.
Quote:Original Posted By rocknrollstar
gini, kata siapa ga jaman x-ray biasa?? ct scab dan mri kan ga banyak yang punya.. lagian setau ane radiographer juga belajar ct scan dan mri.


begini gan, x ray,ct scan dan mri sama sama berfungsi buat diagnosa pada manusia,cuma dengan ptotongan tubuh yang berbeda beda..
kalo x ray cuma satu potongan doang,tapi kalo ct scan dan mri bisa sragital,koronal dan lain lain gan..terus biasanya x ray digunain buat mendiagnosa fraktur atau tulang yang patah..kalo mri untuk otot otot pada tubuh manusia,kalo ct scan lebih ke pembuluh darah gan..

nah bedanya mri dengan alat radiologi lainya kalo mri tidak mengeluarkan radiasi karena dya prinsipnya mengunakan magnet..jadi tidak berbahaya bagi manusia gan..
emoticon-shakehand emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By charlies280590
Lanjutin D4 berapa lama sih? dan emangnya kalo pake ijazah luar negeri bisa langsung gitu yah? pengennya sih malah gak usah ambil jurusan lagi di Indonesia, alias langsung terjun ke lapangan aja... hehehehe... dan pengennya juga cuma foto polos doang...

ada ide dan masukan?


kalo mau ngelanjutin byasanya setahun gan..
kalo ane boleh tau emang ente lulusan mana gan??
gini gan kalo eang ente lulusan luar negeri bisa ko langsung kerja di rumah sakit gitu gan,kalo misalnya belum punya STR ente bisa bikin tahun depan gan..

saran ane gan.sayang kalo ente cuma pengen belajar foto x ray doan gan,soalnya dalam ilmu radiologi luas banget gan..ada mri,ct scan,angiografi,PET..nah dari setiap alat radiologi juga punya kelebihan masing masing gan...udah gitu seiring kemajuan teknologi alat radiologi juga makin mudah digunain oleh usernya gan..
emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By romdanii
kalo mau ngelanjutin byasanya setahun gan..
kalo ane boleh tau emang ente lulusan mana gan??
gini gan kalo eang ente lulusan luar negeri bisa ko langsung kerja di rumah sakit gitu gan,kalo misalnya belum punya STR ente bisa bikin tahun depan gan..

saran ane gan.sayang kalo ente cuma pengen belajar foto x ray doan gan,soalnya dalam ilmu radiologi luas banget gan..ada mri,ct scan,angiografi,PET..nah dari setiap alat radiologi juga punya kelebihan masing masing gan...udah gitu seiring kemajuan teknologi alat radiologi juga makin mudah digunain oleh usernya gan..
emoticon-shakehand


Gan, ane lanjutin di PM yah... makasih sebelumnya...
Quote:Original Posted By charlies280590
Gan, ane lanjutin di PM yah... makasih sebelumnya...


PM in ane YM ente gan..
Quote:Original Posted By romdanii
begini gan, x ray,ct scan dan mri sama sama berfungsi buat diagnosa pada manusia,cuma dengan ptotongan tubuh yang berbeda beda..
kalo x ray cuma satu potongan doang,tapi kalo ct scan dan mri bisa sragital,koronal dan lain lain gan..terus biasanya x ray digunain buat mendiagnosa fraktur atau tulang yang patah..kalo mri untuk otot otot pada tubuh manusia,kalo ct scan lebih ke pembuluh darah gan..

nah bedanya mri dengan alat radiologi lainya kalo mri tidak mengeluarkan radiasi karena dya prinsipnya mengunakan magnet..jadi tidak berbahaya bagi manusia gan..
emoticon-shakehand emoticon-shakehand


ane ngerti yang situ ngomongin. tapi ga berarti xray ga jaman kan? pasien datang ke saya, batuk2, ada ronkhi di kedua basal paru emang lebih baik di CTscan? kan biaya mahal ct scan bisa 1 jt sedang xray di bawah 100rb? lagian terlalu berlebihan, di Xray jg bisa.. kalau semua pasien datang di CTscan, bisa kaya tiba2 tuh dokter..

intinya kalau melakukan pemeriksaan penunjang kepada pasien, harus legal artis, sesuai keperluan, diperhitungkan benar risk and benefitnya..
Quote:Original Posted By rocknrollstar
ane ngerti yang situ ngomongin. tapi ga berarti xray ga jaman kan? pasien datang ke saya, batuk2, ada ronkhi di kedua basal paru emang lebih baik di CTscan? kan biaya mahal ct scan bisa 1 jt sedang xray di bawah 100rb? lagian terlalu berlebihan, di Xray jg bisa.. kalau semua pasien datang di CTscan, bisa kaya tiba2 tuh dokter..

intinya kalau melakukan pemeriksaan penunjang kepada pasien, harus legal artis, sesuai keperluan, diperhitungkan benar risk and benefitnya..


ya ga bakal ketinggalan jaman lah gan..
setiap alat radiologi kan punya kelebihan dan kekurangan masing masing..
tergantung mau pemeriksaan apa dulu yang mau di diagnosa..
ga mesti harus pake x ray atau ct scan atau mri terus gan...

intinya semuanya bermanfaat buat diagnosa sesuai dengan kebutuhan diagnosanya gan..

emoticon-shakehand
×