alexa-tracking

Mengenal The Venus Project

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011671302/mengenal-the-venus-project
Inspiratif 
Mengenal The Venus Project


The Venus Project (TVP) menyajikan dengan jelas, arah baru untuk kemanusiaan yang menuntun tidak kurang dari mendesain ulang budaya kita secara total. Ada banyak orang hari ini yang peduli dengan masalah-masalah serius yang dihadapi oleh oleh masyarakat modern kita: pengangguran, tindakan kriminal, penggantian manusia dengan teknologi, over populasi, dan rusaknya ekosistem bumi.

Seperti yang anda lihat, The Venus Project didedikasikan untuk menghadapi semua masalah ini dengan secara aktif terlibat dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan solusi yang terbaik. Melalui penggunaan pendekatan inovatif untuk kesadaran sosial, insentif pendidikan, dan aplikasi yang konsisten dari yang terbaik dimana ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berikan langsung ke sistem sosial, The Venus Project menawarkan rencana komprehensif untuk reklamasi sosial di mana manusia, teknologi, dan alam akan dapat hidup berdampingan dalam keadaan jangka panjang, berkelanjutan keseimbangan dinamis.

Tentang The Venus Project
~Sebuah Kemunculan Budaya Baru~

Mengenal The Venus Project


Venus Project adalah sebuah organisasi yang menawarkan rencana pada tindakan yang mungkin untuk membawa perubahan sosial, sesuatu yang bekerja menuju peradaban dunia yang penuh kedamaian dan berkelanjutan. Proyek ini menggambarkan sebuah alternatif untuk berjuang menuju masa depan dimana hak asasi manusia bukan lagi menjadi sekedar proklamasi namun lebih merupakan cara hidup.

Kami beroperasi di sebuah Pusat Penelitian seluas 21.5 hektar yang berlokasi di Venus, Florida.

Ketika seseorang mempertimbangkan betapa besarnya tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini, secara aman kita dapat menyimpulkan bahwa waktu telah sangat terlambat bagi kita untuk menguji kembali nilai kita, dan untuk merefleksikan serta mengevaluasi beberapa isu dan asumsi yang kita temui di masyarakat. Analisis mandiri ini mengarah pada pertanyaan mendasar akan apakah artinya menjadi manusia, apa artinya menjadi bagian dari “peradaban”, dan pilihan apa saja yang dapat kita buat saat ini untuk menjamin sebuah masa depan sejahtera untuk semua orang di dunia.

Saat ini kita hanya disediakan sangat sedikit alternatif pilihan. Jawaban=jawaban dari masa lalu sudah tidak relevan lagi. Antara kita melanjutkan sebagaimana yang telah kita lalui selama ini dengan kebiasaan cara berpikir dan kebiasaan masyarakat yang telah ketinggalan jaman, dimana masa depan kita akan terancam, atau kita dapat menerapkan sebuah sistem nilai yang lebih tepat, yang relevan terhadap keberadaan masyarakat.

Pengalaman mengatakan bahwa tingkah laku manusia dapat diubah, menuju aktivitas yang membangun atau menghancurkan. Inilah segalanya tentang Proyek Venus – mengarahkan teknologi serta sumberdaya yang kita miliki menuju ke arah positif, untuk keuntungan maksimal banyak orang dan planet serta mencari cara-cara baru dalam berpikir dan hidup yang menekankan serta merayakan potensi yang sangat luas dari semangat kemanusiaan. Kita memiliki alat serta tangan untuk mendesain – dan membangun – sebuah masa depan yang bernilai bagi potensi manusia. Proyek Venus menghadirkan sebuah arah baru yang jelas untuk kemanusiaan yang memerlukan desain ulang secara keseluruhan dari budaya kita. Apa yang kemudian dilakukan proyek ini bukanlah hal-hal yang diprediksi akan dapat kita lakukan, tetapi lebih kepada hal-hal yang memang sebenarnya telah dapat kita lakukan. Tanggung jawab masa depan kita ada ditangan kita, dan tergantung dari keputusan yang kita ambil hari ini. Sumberdaya yang paling hebat yang tersedia saat ini adalah kecerdasan kita sebagai manusia.

Ketika para aktivis sosial dengan strategi mereka yang hanya menyentuh hal-hal yang dangkal, tanpa menyentuh akar masalah yang sesungguhnya, Proyek Venus melakukan pendekatan terhadap masalah-masalah kita secara berbeda. Kami merasa kita tidak dapat menghilangkan masalah-masalah tersebut di dalam bingkai kemapanan politik dan moneter saat ini. Itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai perubahan yang signifikan. Kebanyakan mereka akan terbenam pada suatu tingkat dimana perubahan sudah tidak dapat dibedakan lagi.

Proyek Venus mengadvokasi sebuah visi alternatif untuk sebuah peradaban dunia baru yang berkelanjutan, tidak seperti sistem sosial apapun yang telah ada sebelumnya. Meskipun penjelasan ini terkesan ringkas, ini berdasarkan studi bertahun-tahun serta eksperimen-eksperimen dan riset yang telah dilakukan oleh banyak orang dari banyak disiplin ilmu pengetahuan.

Proyek Venus menawarkan sebuah pendekatan baru – sesuatu yang didedikasikan untuk kepentingan manusia dan lingkungan. Ini adalah sebuah visi yang dapat diraih, untuk sebuah masa depan yang cerah dan lebih baik, sesuatu yang cocok diterapkan di rentang waktu kita hidup saat ini, serta dapat diterapkan dan layak untuk masa depan yang positif bagi semua orang.

Proyek Venus menghadirkan pendekatan tanpa basa-basi untuk mendesain ulang budaya kita, dimana ketidakadilan yang telah ketinggalan jaman yang dihasilkan dari perang, kemiskinan, kelaparan, hutang, degradasi lingkungan, serta penderitaan-penderitaan manusia yang sebenarnya tidak perlu terjadi, kami tidak hanya memandang bahwa itu sebenarnya dapat dihindari, tapi kami menganggap itu semua tidak dapat diterima.

Salah satu dasar premis dari Proyek Venus adalah bahwa kita bekerja berdasarkan pemahaman bahwa semua sumberdaya alam yang ada di bumi ini merupakan warisan bersama bagi semua orang di dunia. Apapun di luar itu hanya akan menghasilkan keberlanjutan daftar masalah yang tidak dapat dipisahkan dari sistem yang kita pakai saat ini.

Sepanjang sejarah, perubahan telah berjalan lamban. Sekelompok orang yang terdiri dari para pemimpin yang tidak kompeten selalu menggantikan pendahulu mereka. Tapi dasar dari masalah sosial dan ekonomi tetap berlangsung karena sistem dasarnya tetap tidak tergantikan. Masalah-masalah yang kita hadapi saat ini tidak dapat diselesaikan secara politik atau keuangan. Mungkin tidak tersedia cukup uang untuk mendanai perubahan yang dibutuhkan, tapi kita memiliki sumberdaya alam dan manusia lebih dari cukup untuk melakukannya. Inilah mengapa Proyek Venus mengadvokasi transisi dari masyarakat yang berbasis moneter menuju pada ekonomi global yang berbasis sumberdaya.

Kami menyadari bahwa untuk melakukan transisi dari budaya kita saat ini, yang secara politik tidak kompeten, berorientasi pada kelangkaan dan kekunoan, menuju sebuah masyarakat baru, yang lebih humanis membutuhkan lompatan kuantum baik dari segi pemikiran maupun tindakan.

Berbagai Artikel dan Essay (direply dibawah) mengenai Venus Project
~ Sebuah Sistem Moneter yang Kuno
~ Ekonomi Berbasis Sumberdaya
~ Pilihan Ada di Tangan Kita

Tentang Jacque Presco, Direktur The Venus Project bisa dibaca di
http://en.wikipedia.org/wiki/Jacque_Fresco, nanti kalau sempat saya translasi Gan.
Pada tahun 1975 Jacque Fresco pernah diwawancara oleh Larry King, menjawab hampir sebagian besar pertanyaan-pertanyaan penting mengenai Ekonomi Berbasis Sumberdaya dan sistem moneter saat ini.
Sebelum menjudge tentang Venus Project disarankan untuk nonton video berikut, bisa didownload videonya di youtube lalu menggunakan subtitle bahasa Indonesia.



Terima kasih Agan/Aganwati udah mampir, tulisannya panjang-panjang karena untuk menjelaskan sebuah project raksasa ngga bakal bisa sekali tembak langsung dimengerti. Tapi mudah-mudahan ngga keburu bosen dan bisa memberi manfaat buat Agan

Jangan lupa dirate ya emoticon-Rate 5 Star

Kesel 
Jadwal Seminar dan Event

Seminar dengan TVP, Jacque Fresco dan Roxxane Meadow Gan!!!
http://www.facebook.com/events/209501249124773/

seminar yang akan datang
Minggu 4 Desember jam 22.00


Biasanya setiap 2 Minggu sekali Jacque Fresco mengadakan seminar/diskusi, untuk waktunya kadang tidak tentu.

Spoiler for Cara Ikut Seminar:


Cool 

Today's Quote


“Before I flew I was already aware of how small and vulnerable our planet is, but only when I saw it from space, in all its ineffable beauty and fragility, did I realise that humankind’s most urgent task is to cherish and preserve it for future generations.”

“Sebelum saya terbang saya sudah menyadari betapa kecil dan rentan planet kita, tapi hanya ketika saya melihatnya dari angkasa, dalam semua kecantikan yang tak terlukiskan dan kerapuhan, saya menyadari bahwa tugas manusia yang paling mendesak adalah untuk menghargai dan melestarikannya untuk generasi masa depan. “

Antariksawan Jerman Sigmund Jahn setelah misinya di akhir 1970-an.


Lihat Quote Lainnya
tujuannya bagus gan, masalahnya banyak teori yg bagus diatas kertas ternyata kenyataannya jauh dari yg diharapkan, seperti komunisme......emoticon-Embarrassment
Benar Gan, saat ini emang semua orang pandangannya terpaku ke profit/keuntungan, semua motivator sayangnya masih memusatkan pada hal-hal dangkal seperti profit, kesejahteraan, menghadapi masalah, "sukses", dan sebagainya. sehingga solusi yang kita hasilkan tetap sama dari dulu. Dan masalah yang sama pasti datang lagi.

Beda dengan teknologi yang selalu diupdate untuk diperbaiki, sistem kehidupan sosial kita masih kuno bahkan sudah usang. Sistem ini akan ancur dengan sendirinya seperti delman yang diganti oleh mobil. Sistem sosial seharusnya diupgrade sesuai dengan tingkat kecerdasan kita saat ini.

Beberapa project kedepan :
1. Venus Project Movie, untuk menjelaskan model dan cara transisi dari ekonomi moneter ke ekonomi berbasis sumberdaya.
2. Penerapan prototype kota Venus.

Venus Project saat ini sedang mengumpulkan volunteer, para ahli dan peneliti, seperti programmer, biologist, dan lain-lain untuk persiapan penerapan dari blueprint venus project.
http://www.thevenusproject.com/techdb/members.php
udah ada 1300an orang ahli dan peneliti yang mau membantu transisi Gan emoticon-Blue Guy Peace

Emang Gan saat ini kita mentok pada dua pilihan, antara demokrasi (semu) dan yang lain langsung dicap komunis, tanpa ada keinginan untuk dipahami dan dibaca. Coba deh Gan ditonton Jacque Fresco dan Larry King Interview Full Subtitle Bahasa Indonesia.
mantapp gan infonya emoticon-2 Jempol


KADO TerUnik Sangat Murah Meriah emoticon-Smilie
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11671812


Hadiah COCOK untuk siapapun yang anda sayangemoticon-Smilie
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11582156
ini yg pernah dibahas di zeitgeist movie itu kan emoticon-Bingung (S)
hoax banget menurut ane gan .
teori teori yg mereka kemukakan keknya segampang membalikkan telapak tangan emoticon-Amazed
sayangnya Gan kita dibesarkan pada budaya yang memiliki jawaban atas segala pertanyaan/pemikiran kritis dan radikal, Pertanyaan seperti ini banyak dihadapi oleh orang-orang bijak dan kreatif Gan.

Contoh pertanyaannya Gan
Ilmuan : Kita akan mendarat dibulan srtidaknya 100 tahun lagi!
Jawaban kebanyakan Orang2x : Ahh... ngga mungkin, paling seribu tahun lagi!
100 tahun kemudian ngga cuma sampe di bulan, tapi udah sampe di planet Mars, ngga perlu mempertaruhkan nyawa manusia pula, cukup robot cerdas yang dikirim.

Btw Zeitgeist itu mempromosikan Ekonomi Berbasis Sumberdaya (RBE) Gan, bukan Venus Project... Status Jacque Fresco dsn sebagai narasumber aja, bukan pembuat film tersebut. RBE sendiri dicetuskan oleh Jacque Fresco, udah puluhan tahun dia nyiapin blueprint masa depan. Kalo agan nonton film yang ane kasih diatas pasti lebih jelas deh.

Sebuah Sistem moneter yang Kuno

Sebuah Sistem moneter yang Kuno


Sistem berbasis uang muncul berabad-abad yang lalu. Semua sistem ekonomi dunia – sosialisme, komunisme, fasisme, dan bahkan yang saat ini kita bangga-banggakan, sistem enterprise bebas – hanya menghasilkan stratifikasi sosial, elitisme, nasionalisme, dan rasisme, yang pada dasarnya diakibatkan oleh perbedaan ekonomi. Selama sebuah sistem sosial menggunakan uang atau barter, orang-orang dan bangsa akan berusaha menjaga kemampuan berkompetisi secara ekonomi, atau, jika mereka tidak melakukannya melalui alat komersial, mereka akan melakukan intervensi secara militer. Kita saat ini masih menggunakan metode-metode kuno yang ketinggalan jaman tersebut.

Sistem moneter kita saat ini tidak mampu menyediakan standar kehidupan yang tinggi bagi semua orang. Sistem tersebut juga tidak dapat menjamin perlindungan terhadap lingkungan karena motivasi utamanya adalah KEUNTUNGAN/PROFIT. Strategi-strategi seperti pembuangan limbah meningkatkan marjin profit. Seiring dengan datangnya otomatisasi, cybernation, kecerdasan buatan, serta out sourcing, akan ada peningkatan penggantian tenaga manusia oleh mesin. Hasilnya, lebih sedikit orang yang mampu membeli barang dan jasa meskipun kemampuan kita untuk menghasilkan keberlimpahan akan terus berlanjut.

Pada masa sekarang, sistem politik dan ekonomi yang kuno tidak mampu menerapkan keunggulan sesungguhnya dari teknologi-teknologi yang inovatif untuk mencapai kebaikan yang tinggi bagi semua orang, dan untuk mengatasi ketidakadilan yang terjadi pada kebanyakan orang di dunia. Teknologi kita sedang melaju pesat namun desain sosial kita masih relatif statis. Dengan kata lain perubahan budaya tidak mengimbangi perubahan teknologi. Kita saat ini memiliki alat untuk memproduksi barang dan jasa secara berkelimpahan bagi semua orang.

Sayangnya, ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah dialihkan kegunaannya, dari yang seharusnya untuk mencapai kebaikan bagi semua orang, menjadi hanya untuk alasan keuntungan diri sendiri demi peningkatan keuangan (monetary gain) melalui produk-produk yang (dengan sengaja diciptakan) ketinggalan zaman, yang menggambarkan inefisiensi yang dilakukan secara sadar. Contohnya, Departemen Pertanian USA, yang seharusnya fungsinya menjalankan riset untuk menghasilkan panen yang lebih banyak, kenyataannya membayar para petani agar tidak berproduksi pada kapasitas penuh mereka. Sistem moneter cenderung menahan penerapan-penerapan metode yang kita tahu akan melayani secara baik demi kepentingan seluruh manusia dan lingkungan.

Dalam sistem moneter, kemampuan untuk membeli tidak ada hubungannya dengan kapasitas kita untuk memproduksi barang dan jasa. Contohnya, selama masa depresi, ada banyak komputer dan DVD di toko-toko, ada banyak mobil di show room, tapi kebanyakan orang tidak memiliki kemampuan untuk membelinya. Bumi ini masih tempat yang sama; hanya saja aturan-aturan permainannya yang kuno dan menyebabkan perang, kekurangan, serta berbagai penderitaan lainnya yang seharusnya tidak terjadi.

Inspiratif 
Ekonomi Berbasis Sumberdaya

Ekonomi Berbasis Sumberdaya


Semua sistem sosial, tidak peduli filosofi politiknya, keyakinan agamanya, atau kebiasaan masyarakatnya, pada akhirnya sangat bergantung pada sumberdaya alam, misalnya udara dan air bersih, lahan yang luas, dan teknologi yang berguna serta personilnya untuk menjaga standar kehidupan yang tinggi.

Secara sederhana, daripada menggunakan uang, sebuah ekonomi berbasis sumberdaya menyediakan sebuah metode yang adil dalam pendistribusian sumberaya alam ini dengan cara yang paling efisien untuk keseluruhan populasi bumi. Ini adalah sistem dimana semua barang dan jasa dapat tersedia tanpa menggunakan uang, kredit, barter, atau bentuk hutang dan perbudakan apapun.

Bumi ini berkelimpahan akan sumberdaya; saat ini praktek kita dalam merasiokan sumberdaya melalui metode moneter tidak relevan dan kontra produktif terhadap keberlangsungan kita (survival). Masyarakat modern telah mengakses teknologi tinggi dan dapat menyediakan makanan, pakaian, perumahan, layanan kesehatan, sebuah sistem pendidikan yang relevan, serta mengembangkan suplai tidak terbatas akan energi terbarui dan tidak mengontaminasi seperti energi panas bumi, matahari, angin, serta ombak, dll. Sekarang itu semua memungkinkan setiap orang menikmati standar kehidupan yang tinggi dengan semua kenyamanan yang dapat disediakan oleh peradaban yang sejahtera. Hal ini dapat dicapai melalui penerapan yang cerdas dan humanis dari ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk memahami lebih baik pengertian dari ekonomi berbasis sumberdaya, perhatikan hal ini : jika semua uang di dunia ini dimusnahkan, sepanjang tanah subur, pabrik-pabrik, dan sumberdaya lainnya dibiarkan utuh, kita dapat membangun apapun yang kita inginkan dan memenuhi apapun kebutuhan manusia. Bukan uang yang orang-orang butuhkan: melainkan, akses bebas terhadap hal-hal penting dalam kehidupan. Dalam ekonomi berbasis sumber daya, uang tidak lagi relevan. Yang dibutuhkan adalah sumberdaya, pabrikasi, serta distribusi produk.

Ketika pendidikan dan sumberdaya dibuat tersedia bagi semua orang tanpa label harga, maka potensi manusia tidak terbatas. Meskipun sulit untuk membayangkan ini semua, orang terkaya sekalipun kehidupannya akan jauh lebih baik dalam masyarakat berbasis sumberdaya sebagaimana yang diusulkan oleh Proyek Venus. Orang-orang kelas menengah saat ini dapat hidup lebih baik daripada raja-raja dimasa lalu. Dalam ekonomi berbasis sumberdaya semua orang dapat hidup jauh lebih baik dibandingkan kehidupan orang paling kaya di masa sekarang.

Dalam masyarakat yang demikian, pengukuran kesukesan akan didasarkan pada pemenuhan kontribusi individu terhadap masyarakat, bukan hal-hal kuno seperti akuisisi terhadap kekayaan, properti, dan kekuasaan, yang sudah tidak relevan.

Jacque Fresco Tentang Kompetisi

Jacque Fresco tu seneng banget ngejawab pertanyaan Agan, tanggal 4 Desember ada seminar lagi!

Agar ngga OOT dan agar Agan ngga menanyakan pertanyaan yang udah pernah ditanya di seminar sebelumnya diharapkan baca post ketiga Gan.

Jacque Fresco tentang Kompetisi


Larry King :
Quote:


Jacque Fresco :
Quote:

Kekayaan yang Sebenarnya

Larry King:
Quote:


Jacqu Fresco:
Quote:

update seminar

update seminar, 1 Jam lagi emoticon-Smilie

http://www.facebook.com/events/209501249124773/

Inspiratif 
Update Seminar

Quote:


Quote:



Update Seminar Minggu 18 Desember


Sunday online seminar with Jacque & Roxanne (3pm GMT/UTC)
Minggu Seminar Online dengan Jacque dan Roxxane (jam 22.00 WIB)
nice info gan emoticon-Big Grin jadi pengen coba neh

INDIGO NETWORK READY

Banyak dari ide2 yang muncul di kepala saya sejalan dengan venus project. Seolah-olah ini sudah pernah terjadi dan akan terjadi lagi. Terlalu kebetulan untuk sebuah kebetulan. Tidak mungkin mengajak manusia terinfeksi untuk menggarap project ini. Hanya campur tangan TUHAN pada kelahiran anak2 zaman baru yang bisa mewujudkan cita2 ini. Anak2 steril telah memulainya secara personal dan secara kelompok kecil. Bagaikan digerakkan oleh kehendak Yang Maha Kuasa. Bagi saya tahap awalnya adalah memperkenalkan kembali keajaiban KATA HATI.

http://www.instituttarotindonesia.com