KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
█│diskusi│█ peternakan babi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011664866/96089474diskusi94749608--peternakan-babi

█│diskusi│█ peternakan babi

Halo agan-agan sekalian..

Saya pengen berdiskusi dan mendapat info sedetail-detailnya tentang usaha peternakan babi.. Jadi siapa aja yang sedang dan ingin memulai usaha peternakan babi ayo gabung sama-sama berdiskusi disini..

Saya sendiri punya peternakan tapi sehari-harinya dikelola oleh ORTU...
So, seluk-beluknya belum tahu banget.. masih butuh info yang lebih banyak tentang peternakan babi..

Peternakan saya terdiri dari 5 Indukan (yang 3 uda beberapa kali melahirkan, yang 2 baru mau melahirkan pertama kali) dan sekarang sementara jalan ada 20 babi kecil yang menuju panen Masih sedikit..

Agan-agan mari silahkan bertanya dan share tentang usaha peternakan babinya masing-masing...

1. Modal yang dibutuhkan..?

2. Tempat dan perizinan.. ?

3. Pakan..?

4. Proses...?

5. Panen/hasil/Profit..?

6. Dll... ?


Ayo agan-agan sekalian share disini yach




Regards,
Vaugs
Halaman 1 dari 9
RESERVED untuk daftar isi nanti....
haram hoiiiii......
tapi enak juga kalo di jadiin sate emoticon-Big Grin
tapi sayangnya ane dah vegetarian emoticon-Cape d... (S)
Peternakan agan di daerah mana?
█│diskusi│█ peternakan babi
Quote:


Hehehe bagi yang gak haram aja bro... emoticon-Smilie

Wow pengen jadi vegetarian juga biar lebih sehat tapi susah ya... emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:


Saya posisi di Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, di salah satu Kelurahannya...

Agan beternak babi juga ya... ?

Share gan.. Tips2nya.. saya masih kalang kabut soal Pakan sama Vitamin dan sejenisnya selama proses pertumbuhannya..

Belum ada prosedur tetap yang harus digunakan.. apalagi soal obat-obatan, suplemen atau vitamin2 apa yang harus diberikan... emoticon-Smilie

Bagi ilmunya donk gan soal Vitamin2 itu... emoticon-Smilie
agak sulit bro. gw pernah baca katanya ada yg diprotes warga sekitar krn haram hehehe
Iya emang... emoticon-Smilie

Tapi solusinya kalo soal tempat.. Tinggal dicari aja yang emang bisa ngijininnya...

Kalo di daerah yang mengharamkan, bisa dicoba untuk cari lokasi di pelosok-pelosoknya.
Tentu saja berkoordinasi dengan warga yang setempat...

Atau

cari tempat yang nonmuslim...
emoticon-Ngakak: ngak sangka ada thread beginian...ortu gw peternak babi sekaligus penjual dan penadah ternak nya. ternak babi ini gampang2 susah.gara2 usaha ini gw kakak beradik bisa lulus sekolah bahkan adek gw nomer 2 sudah selesai kuliah jurusan hukum.jujur usaha ini untung besar kalo kita tau cara perawatan ternak dengan benar.cuman mungkin bukan rejeki saya makanya saya disuruh merantau ke bogor.skrg saya pegang sebuah pabrik produksi limbah konveksi. emoticon-Big Grin
Quote:


Wah mantap gan..

Iya gan usaha ternak babi emang gampang2 susah...

Paling susahnya di pakan yang harus tahu betul cara mix dan pemberiannya supaya bisa untung gede...

Salah-salah kasi pakannya malah bisa rugi.. emoticon-Cape d... (S)

Btw jadi bikin jadi semangat baca postnya agan untuk lebih mengembangkan peternakan babi saya.. hehehe emoticon-I Love Indonesia (S)
Menggali Potensi Laba dari Beternak Babi

JAKARTA. Daging babi makin langka di pasaran. Kalaupun ada, harga jualnya mahal. Hal itu terjadi karena lahan peternakan babi semakin terdesak oleh permukiman penduduk. Apalagi, sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim yang mengharamkan daging babi.

Menurut Marjuni, salah satu peternak genik (anak babi usia dua bulan) di Kulon Progo, Yogyakarta, ke depannya harga daging babi bakal semakin mahal karena tidak sembarang peternakan babi bisa berdiri. "Padahal, kebutuhan daging babi untuk warga non muslim juga semakin meningkat," ujar Marjuni.

Jakarta sendiri menurut Marjuni merupakan pangsa pasar daging babi terbesar. Baru kemudian diikuti Bandung dan Bali. "Di Bali, konsumsi babi lebih dikhususkan untuk turis asing," lanjut Marjuni.

Marjuni sudah menekuni usaha produksi genjik sejak delapan tahun silam. Setiap bulannya, Marjuni hanya bisa memenuhi permintaan genjik sebanyak 50 ekor saja. Padahal permintaan dari peternakan penggemukan babi mencapai 100 ekor per bulan untuk satu peternak saja. "Makanya saya tidak main di usaha penggemukan karena untuk genjiknya saja kurang," imbuhnya.

Kunci utama budidaya babi adalah kandangnya. Kandang harus sesuai tiga syarat utama, yaitu jauh dari permukiman penduduk, pasokan air melimpah, dan, lingkungan sekitar harus mendukung. Marjuni sendiri mempunyai lahan seluas 1,5 hektare di lahan peternakan resmi yang jauh dari permukiman penduduk.

Kandang babi yang baik harus memperhatikan analisa dampak lingkungan. Kandang yang baik punya saluran septik tank serta berada dekat dengan selokan. Dengan ketinggian atap tiga meter, bakal memperlancar aliran udara di kandang.

Untuk usaha penggemukan, ukuran kandang 3X5 m2 untuk 10 babi. Sementara untuk produksi genjik, ukuran kandang 3X3 m2 untuk satu induk dan anak-anaknya. Dalam menjaga kebersihan kandang, setiap pagi babi harus dimandikan dengan cara disemprot. Untuk itu, permukaan lantai dibuat miring antara 10 cm sampai 15 cm. Dengan demikian, kotoran tidak akan menggenang. "Lantai dan dinding kandang juga harus dicor semen. Agar tidak mudah jebol mengingat sifat babi yang suka menggigit apa saja," lanjut Marjuni.

Babi yang sudah menginjak usia 6 bulan sudah siap dikimpoikan. Setelah empat bulan, babi bisa beranak sampai 14 ekor. Tetapi yang bertahan hidup sampai usia dua bulan hanya sebanyak delapan ekor saja.

Untuk induk babi, boleh diberi makan secara semi modern. Yaitu campuran antara ampas tahu, bekatul dan sedikit konsentrat babi. Induk babi diberi pakan dua kali dalam sehari. Sekali makan, menghabiskan sekitar 20 kilo pakan basah. "Dalam sehari, biaya pakan induk babi mencapai Rp 5000," lanjut Marjuni.

Sementara untuk genjiknya, selain menyusu induknya, agar cepat besar ganjik diberi pakan konsentrat B51 yang mengandung protein tinggi. Setelah dua bulan, Marjuki siap menjualnya ke peternakan penggemukan babi.

Harga jual genjik usia dua bulan Rp 250.000 per ekor. Dari harga tersebut, Marjuni sudah mendapat margin ampai 50%. Di peternakan penggemukan babi, genjik tersebut bakal diberi makan bektul, jagung dan konsentrat. Empat bulan kemudian genjik sudah berusia enam bulan dan siap dipotong.

Berat babi usia enam bulan mencapai 90 kilo dengan harga jual Rp 15.000 per kilo. Dari harga tersebut, peternak penggemukan babi bisa mendapat keuntungan Rp 700.000. Rinciannya, untuk kebutuhan pakan Rp 400.000 per ekor. Untuk pembelian genjik Rp 250.000 per ekor. Sementara harga jual babi usia enam bulan rp 1,35 juta per ekor.

Untuk masalah penyakit babi, Marjuni menepis anggapan bahwa babi rentan cacing pita. "Babi yang sekarang banyak diternakkan itu bukan jenis lokal, tapi jenis Holland atau Australia. Lagi pula peternakannya tidak jorok," ujarnya.

Penyakit babi yang paling sering adalah kolera atau mencret. Cara pencegahannya hanya dengan menjaga kebersihan kandang. Serta obat mencret khusus babi.

sumber:
http://industri.kontan.co.id/v2/read...Beternak-Babi-
Duh...senangnya ada thread spt ini,jujur aja ai tadinya ingin membuatnya tapi takut dibata karena babi khan haram....hehheeh

Mhmmm...saat ini saya tengah fokus(setelah Resign) dipeternakan babi kampung yang udah saya jalanin hampir 1thn,kalau dihitung diatas kertas seh masih jauh menguntungkan bila dibandingkan dengan sapi,karena ada beberapa keuntungan dari beternak babi, baik itu keuntungan birokrasi maupun pasar alasannya :

1.Tidak tergantung import
2.kecil kemungkinan(hampir tidak akan terjadi )indonesia mengimport daging babi untuk memenuhi kebutuhan nasional berbeda dengan daging sapi
3.pakan babi jauh lebih murah dan bisa diracik sendiri bila semua sarana dan prasaranannya mendukung
4.dll...dlll

Sayangnya saya tidak berani bermain dibabi2 bule/solo(sebutan utk babi2 yang non kampung),karena melihat faktor AMDAL,tapi masih beruntung ditempat saya masih diperbolehkan melihara babi...heheheh

Oia,untuk perijinannya bisa diurus melalui rt/rw/lurah/camat dan dinas peternakan setempat itupun untuk skala yang udah besar min 300 ekr,tapi kalau baru dibawahnya seh masih dianggap sebagai usaha rumahan...

Semoga sedikit info dari ai dapat bermanfaat untuk rekan2 yang sedang atau akan mencoba usaha dipeternakan babi.

Salam,

contre ntsafra

Quote:


Salam,

Thanks buat sharenya gan...

btw ditambah donk detailnya gan..

ada berapa banyak sekarang ternak babinya..

Kalo bisa simulasi profit dalam satu siklus sampai panen kalo boleh di share juga gan biar yang lain bisa tahu... emoticon-I Love Indonesia (S)

Ditunggu share selanjutnya gan..
kalo ternak nya sudah terbiasa makan mentah lebih santai kerjanya.kalo ternak babi bokap dari dulu sudah di kasih makan yg sudah di masak.jadi bahan campuran nya nasi dari bekas rumah makan serta ampas tahu dari pabrik tahu sama cincangan pohon pisang di masak di dalam tong besar yg di buat khusus untuk masak pakan ternak.setiap hari ternak mesti di mandikan....supaya ternak bersih dan bebas dari penyakit.kalo ada ternak yg sakit cepet2 di pisahin..yg paling bahaya tuh penyakir cacar api.tidak sampai 24 jam ternak bisa mati.matinya juga beruntun sampe habis satu kandang.ini penyakit yg bikin gw bangkrut.dari 30 anakan babi tinggal 9 :-( kalo kepengen ternak cepet besar ternak mesti di mandikan dan kontinu di kasih makan.paling kentara /cepat keliatan pertumbuhan ternak itu kalo udara nya dingin.soalnya babi sering lapar kalo cuacanya dingin.kasih campuran pelet ayam pedaging biar dagingnya tebal... emoticon-Big Grin

keuntungan nya bisa sampe 90% kalo kita bisa dapetin semua bahan untuk pakan secara gratis.nih aku bagi rahasianya....kasih makan paling banyak itu setelah lepas jam 6 sore.sampe malam.pagi sampe jam 11 selebihnya babi dimandikan dan di kasih istirahat dulu. nanti jam 3 sore dimandikan lagi lalu kasih makan setelah itu biarin lapar 3 jam sampe jam 6 sore baru kasih makan lagi sampe malam. di jamin babi nya cepet besar.4-5 bulan sudah bisa panen...tergantung bibit ya..kalo yg kampung.....biasanya lambat pertumbuhan yg bagus itu bibit dari australia. emoticon-Big Grin
Quote:

Wah...mo share apa lagi,lha wong ai sendiri aja baru mencoba menekunin usaha ini...jadi belum bs memberikan banyak info...heheheh

Quote:

Mhmmm...indukan baru ada 10,dan bibit penggemukan ada 35ekr,total baru ada 45ekr....

Quote:

Nagh ini yang ai belum dapat gan....maklum panen perdana mungkin bulan des(Natal) atau jan(imlek)...heheheh

Salam,
Quote:


Wahhh...mantap gan sharing infonya....

Btw masih ada rahasianya lagi egk gan....sharing donk...

Salam,
Quote:

kalo ada yang sampe ngebata itu sih parah banget gan. Babi kan ga haram bagi semua orang. Kalo ga diperbolehkan ternak babi itu juga aneh n ga masuk akal, lah hak2 kita kan, lagian babi ga haram bagi semua kalangan. Mau buat tret asal positif kyk gini no problem gan, bikin aja. kalo ada yang bata itu sih orang sinting emoticon-Big Grin
mau tanya apa nih?

kalo targetnya jagal rumahan, cari pakan utk babi2nya yg murah seperti ampas tahu, ampas sorbitol, sisa makanan etc.. tp otomatis jg pertumbuhan jd lambat, lemak bertambah.. atau katul PK 2 halus, kulit jagung digiling halus (ampok) + probiotik bentuk bubuk biar makanan tercerna dgn baik.

kalo targetnya jagal gede yg sehari bisa motong banyak (lebih dr 5 ekor) biasanya harganya jg lebih tinggi dan minta kualitas bagus.. dikasih makanan katul separator + ampok / jagungnya digiling lgs sekalian.. + konsentrat + probiotik...

utk vitamin pake pny sanbe sanmix B... ada asam amino nya biar cpt gede, murah tp oke drpd milik luar negeri punya mahal (walau kandungan lebih gede)

anakan waktu pertama lahir setelah 2 hari suntik zat besi sedikit.. setelah 5-6 hari suntik B12... abis 2 minggu suntik zat besi lg..
indukan pertama kali keluar anak lgs suntik oxytocin biar susu lancar, susu keluar ga lancar setelah 1 minggu afkir aja tuh indukan kalo udah sapih... anaknya bakal kurus dan mati.

jgn sedarah, waktu nyusu masih sehat2 ntar sapih lgs kurus.. atau lahir cacat.
Makanan yg terpenting wkt kecil yaitu konsentrat jadi cocok2an antara pabrik A atau B.. setiap kandang beda.. kecil menentukan cpt pertumbuhan klo sehat bakal cpt gede..
Selama ini makanan babi kecil yg paling susah... Dicampur sendiri model gimanapun tetap lebih bagus punya pabrik, setelah usia tanggung boleh dicampur sendiri...

mau anaknya lebih sehat bikin keranjang besi beranak.. bakal lebih gemuk2 drpd ditaruh di tanah dikasi lampu 40w kuning jg sebagai penghangat.. kalo di jawa / keranjang 2 - 2,25 jt.. tp resiko anak tertindih dan kurus jd minimal...
kalo ditaruh di semen lahir 10-12 bisa mati 4-5 ekor sendiri entah tertindih atau lantainya dingin sehingga jd kurus,, kalo pake keranjang besi mungkin hanya 1 maksimal 2..

jd tergantung segmen jual nya... utk bahan baku di P.Jawa kayaknya lebih mudah, walau harga di luar pulau terlihat tinggi tp bahan bakunya lebih mahal.. cuman utk masalah tempat di luar pulau lebih mudah.

Keuntungan? dengan harga sekarang di P.jawa.. kalo dikirim ke jagal besar antara 6000-6500/kg kalo babi nya sehat g ada masalah dgn pertumbuhan
Masih jauh lebih untung dr sapi... dikasi makan 3-3,5kg aja naiknya 1 kg.. kalo sapi makanan 10kg br jd 1 kg.. dan harga babi hidup di P.jawa saat ini lebih mahal dr harga sapi hidup (br terjadi dlm 1,5 tahun ini)
ane saran aja ya gan emoticon-Malu (S)

sehubungan dengan haramnya babi di kalangan muslim dan kebanyakan orang indonesia menganut islam ...
mending agan kalau mau ternak babi cari daerah yang komunitasnya non muslim...

dan kalaupun terpaksa ternak di daerah muslim/ campur2an SARA agan harus memperhatikan masalah limbahnya, jangan sampai tercecer sedikitpun itu limbah diluar kandang babi tersebut (sarkasnya gitu gan) ....

dan kalau bisa kalau emang punya lahan di daerah muslim, mending agan dapat izin dulu dari pemuka muslim setempat, kalau agan nggak dapat izin dan maksa2 nantinya bakal REPOT ...

hehehe piss emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Heheeh....mungkin ai nya aja yang parno yach gan...maklum gan egk didunia nyata/maya semenjak ai menekunin usaha per-babian....agak2 cemas seh,padahal utk lokasi ternak yang sekarang tuch udah dari jaman kakek ai pelihara babi,trus kebokap dan sekarang ke ai....heheheh

Any way thx gan,atas supportnya...

Salam,
Quote:


Wuiihhh mantaf dech akhirnya dapat juga rekan yang udah berpengalaman dibidang per-babian....

Walaupun yang ai pelihara adalah babi kampung tidak ada salahnya ai adopt beberapa obat dan vitamin yang agan berikan...thx yach gan...

Oia...berbicara masalah kandang,ai jadi inget ama kandang ai,kandang babi ai tidak disemen/plur melainkan pake conblok kira2 apa ada efek negatifnya egk yach bro...untuk saat ini seh ai liat belum ada efek apa2....egk tau dech kalau dalam jangka waktu yang lama...mohon advice nya yach gan...

Salam,
mantap nich bos.....

usahanya keren
Halaman 1 dari 9


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di