alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011573936/the-amazon-rainforest-part-i-rainforest
The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Quote:WELCOME TO MY THREAD
The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Sebelumnya jangan lupa ya

Quote:BUKTI NO REPOST
Spoiler for NO REPOST in ENGLISH LANGUAGE:

- The Amazon Rainforest -
Part I
Code:
[CENTER][IMG]http://www.naturesafaris.com/img/rainforest.jpg[/IMG][/CENTER]


INDEX

  1. Preface
  2. Characteristics
    • Buttress
    • Still Roots
    • Drip Tips
    • Mutualistic relationships

  3. Climates
  4. Structure
    • Emergent Trees
    • Canopy
    • Understory

  5. South American Rainforests
  6. Encyclopedia
  7. Documentary
  8. Referential


1. Preface
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Rainforest(1) adalah sebuah 'Zamrud Dunia' yang menghiasi bumi dengan keindahan dan keajaiban alamnya yang 'nyata'. 'Tropical Rainforest'(2) merupakan hasil dari kondisi iklim yang unik, terletak diantara Tropics of 'Cancer' and 'Capricorn'(3), di utara dan selatan khatulistiwa. Di sini, panas dan kelembaban yang konstan memungkinkan pohon dan tanaman tumbuh sepanjang tahun 'without seasonal time-outs'(4). Besarnya lajur udara panas yang naik, mengembun (awan) lalu turun sebagai hujan menjadikan wilayah ini sebagai tempat yang memiliki curah hujan tertinggi yang berkisar antara 80 sampai dengan 400 inci pertahun: suhu tahunannya rata-rata lebih dari 80 derajat dalam satuan Fahrenheit sehingga tak aneh apabila dihiasi dengan pohon, tanaman, hewan dan serangga unik yang mampu beradaptasi pada kondisi tersebut.



2. Characteristics
o Buttress(5)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Karakteristik tanah dari hutan hujan terutama yang berdataran rendah yaitu dangkal. Di sebagian besar wilayah Amazon, hanya ada beberapa inci tanah saja diatas tanah merah (dalam artian, sedikit tanah dengan tekstur keras/padat). Ini yang menyebabkan banyak dari akar tanaman yang menjulur keluar di atas permukaan ketimbang menjalar di bawah tanah. Akar ini bersifat 'menyangga' atau 'menopang' (Sama halnya dengan tiang-tiang Katedral-katedral besar di Eropa), didukung oleh 'flensa'(6) organik yang tumbuh keluar dari dasar ke seluruh bagian batang sebagai penyeimbangnya. Beberapa ahli biologi berpendapat bahwa bentuk dari akar ini memungkinkan pohon untuk mengumpulkan lebih banyak nutrisi dengan memanfaatkan luas permukaan tanah karena banyaknya akar-akar kecil yang menjulur ke bawah dari batang itu sendiri.


o Still Roots(7)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Sebagian menyebutnya 'prop' atau 'stilt' yaitu akar ini muncul dengan posisi miring dari batang utama 1 sampai 2 meter di atas tanah. Akar dari jenis tertentu ini sering ditemukan pada 'Hutan Mangrove'(8), dimana akar ini juga melindungi pohon terhadap gelombang dan arus.


o Drip Tips(9)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Dedaunan hutan hujan juga memiliki ciri yang khas. Yaitu daunnya berbentuk meruncing yang membantu mengalirkan air dari daun dan mengurangi kerentanan terhadap jamur dan predasi(10). Para peneliti sering ber-argumen tentang bagaimana tanaman yang berbeda mencoba untuk mencegah terjadinya 'Herbivory'(11) dan meminimalkan kelembaban dengan 'drip-tips'-nya yang menjadi salah satu dari strategi tersebut. Ketika strategi itu gagal, daun seketika akan berongga dan berserat (memperlambat proses fotosintesis namun tidak akan membunuh tanaman).


o Mutualistic relationships(12)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Usaha demi mendapatkan cahaya dan air yang cukup, nutrisi dan energi, spesies hutan hujan banyak bergantung terhadap satu sama lainnya dan mengembangkan hubungan timbal balik yang khusus. Beberapa tanaman, misalnya, menyediakan 'Rumah Semut', rumah untuk suatu spesies semut tertentu dimana semut prajuritnya mempertahankan daun dimana mereka tinggal terhadap 'bakal' serangga pemangsa. Tanaman lain menyediakan daun dengan 'tiny feeding troughs'(13), 'pools sugar-solution'(14) yang menimbulkan ketertarikan pada semut dengan imbalan yang 'manis'. Selain itu, bagaimanapun, untuk mengetahui dan menyadari persfektif-persfektif tersendiri pada hutan hujan, kita juga harus mencoba untuk memahami berbagai hubungan dan interaksi yang dapat ditemukan didalamnya.


3. Climates(15)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Hutan hujan 'seperti yang dapat anda bayangkan' ditentukan oleh besarnya curah hujan, dan pada kenyataannya hutan ini benar-benar diciptakan oleh itu (curah hujan). Hutan ini tercipta di mana hujan melebihi 80 inci per tahun, dan juga pada wilayah beriklim sedang maupun pada 'Zona Tropis', asalkan curah hujan cukup banyak.

Hutan hujan tropis memiliki curah hujan 160-400 inci per tahun. Walaupun demikian, hutan ini bukan merupakan tempat terbasah atau bahkan tempat terpanas di bumi (tempat terbasah adalah Gunung Waialeale, di Hawaii, Amerika Serikat, dan terpanas adalah Libya di Afrika Utara.). Tetapi sama pentingnya dengan jumlah hujan dalam membentuk karakter unik dari hutan hujan ini adalah kelembaban konstan dan suhu rata-rata yang tinggi. Di lembah Amazon setidaknya 130 hari hujan dalam setahun dan di banyak tempat lainnya hingga 250 hari. Kelembabannya relatif tidak pernah turun dibawah 80%, dan suhunya bervariasi. Rata-rata 31 derajat Celcius (88 Fahrenheit) pada siang hari dan 22 derajat C (72 Fahrenheit) pada malam hari.

Kadang-kadang kekonstanan suhu dan kelembaban ini membuat orang berpendapat bahwa hutan hujan tidak memiliki musim, tetapi pada daerah tropis, hanya sebagian yang benar-benar memiliki musim. Mungkin tidak ada musim dingin dan musim panas disini, tetapi hanya musim KEMARAU dan HUJAN. Tanaman dan pohon berbunga pada saat-saat yang berbeda sepanjang tahun, ini sangat mempengaruhi kehidupan makhluk di dalamnya. Dan pemahaman modern kita tentang hutan hujan dengan cepat menghapus kesalahpahaman bahwa INI adalah gambaran surga, di mana hal-hal tak berujung mengenai karunia alam selalu sama. Bahkan adanya persaingan untuk mendapatkan cahaya, air dan nutrisi, menjadi sebuah 'seleksi alam' yang mempunyai pengaruh kuat dalam menciptakan sejumlah besar spesies hutan hujan tropis yang membuat tempat bagi keanekaragaman hayati terkaya di Bumi.


[COLOR="SeaGreen"][CENTER]
Code:
[COLOR="SeaGreen"][SIZE="7"][CENTER]Lanjutan di bawah[/CENTER][/CENTER][/COLOR][/SIZE][/COLOR]
Code:
[COLOR="SeaGreen"][SIZE="7"][CENTER]Lanjutan[/CENTER][/CENTER][/COLOR][/SIZE][/COLOR]




4. Structure

o Emergent Tree(16)

Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Hutan hujan memiliki struktur khas. Di atas lautan hijau, yang disebut 'Upper Canopy'(17), menjulang tinggi 'emergent trees' per hektar setinggi 40 meter (lebih dari 130 kaki.). Di dalam hutan hanya bagian ini saja yang menikmati akses tak terbatas ke matahari dan langit. Cara-cara di mana pohon ini menyebar benih mereka melalui bantuan angin, hewan-hewan yang menghuni pohon tersebut, burung seperti elang harpi, burung toucan (sama halnya Tokhtor di Kalimantan), sangat berbeda dari yang ditemukan di bawahnya.


o Canopy(18)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Kebanyakan fotosintesis terjadi disini, karpet besar hijau yang oleh Alexander von Humboldt disebut dengan 'forest above a forest'(19), menyerap sebanyak 98% sinar matahari, menghalangi sinar matahari ke daerah yang lebih rendah darinya. Di sini, 20-30 meter keatas (65-100 kaki) terdapat habitat kupu-kupu, dan mamalia seperti 'three-toed sloth'(20) bergerak perlahan namun efisien dalam mencari vegetasi dan turun hanya sekali dalam seminggu ke dasar tanah untuk 'pup'. Suhu disini mencapai 32 derajat C (96 Fahrenheit) tetapi kelembabannya hanya 60% (dibandingkan dengan 98% di bawah.) Karena disinilah fotosintesis terjadi dan pertumbuhan terbesar. Setiap tahun hutan hujan tropis menghasilkan sekitar 25-30 ton per hektar pertumbuhan baru (10-12 ton), dua kali lebih banyak dari hutan ek.


o Understory(21)
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Di hutan hujan alami, 'Understory' bukanlah 'hutan' dari tanaman merambat yang sering terlihat di film-film lama, atau diamati dari perahu satu dari ribuan sungai dan anak sungai juga tersuburi oleh hujan deras. Hutan hujan yang tak tersentuh jelas diakibatkan oleh vegetasi dekat dengan sebagian tanah karena filter cahaya yang sedikit turun melalui 'Canopy', kadang hanya 1 sampai 2% dari intensitas matahari. Ini merupakan tempat yang berat untuk berkompetisi, serangga, jamur dan akar semua berkompetisi untuk mendapatkan akses yang cukup demi mempertahankan keberadaan mereka. Disini suhu lebih dingin, rata-rata sekitar 28 derajat C (82 Fahrenheit) tetapi kelembabannya lebih tinggi sekitar 98%.


5. South American Rainforests
Quote:The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Selain Brasil, Peru, Kolombia dan Venezuela memiliki daerah hutan hujan yang besar. Hampir sepertiga dari Kolombia adalah hutan, sama halnya Venezuela bagian selatan. Luas hutan Guyana sebagian besar tak tersentuh, karena penduduknya hidup jauh dari tempat tersebut terutama di pantai, dan di Suriname banyak kawasannya yang bertaman sekaligus melestarikannya.


6. Encyclopedia
Spoiler for Encyclopedia:


7. Documentary

Quote:
youtube-thumbnail


youtube-thumbnail


youtube-thumbnail


8. Referential


Quote:[CENTER]The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]


Quote:[COLOR="SeaGreen"]“...trees of a thousand kinds and tall, so that they seem to touch the sky. I am told they never lose their foliage, and this I can believe for I saw them as green and lovely as they are in Spain in May...”

- Christopher Columbus


Quote:MAAF APABILA ADA KESALAHAN DALAM PENERJEMAHAN
The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Makasih udah mau mampir & tunggu thread kelanjutan nya


The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
Semoga hutan Amazon tidak digunduli... Biar tetep menjadi paru-paru dunia
seger banget klo liat air terjun ditengah hutan.


parcel natal - hadiah natal - kado natal
yah gan, jelasin binatang2 yg idup disitu dong gan..
seru kan bacanya.
>.<

ini kok sistem penjelasannya mirip2 om wiki yak??
emoticon-Belo
Ah tulisan ente silau gan..bikin males bacanya




- originally posted by destach -
emoticon-Cool setiap copy paste tanpa izin dijamin bikin mandul emoticon-Cool The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]
wah ane kepengen kesana jadinya emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By emhas
Semoga hutan Amazon tidak digunduli... Biar tetep menjadi paru-paru dunia

yup, apalagi sekarang pembabatan poon di hutan bukan cuma di hutan tropis aja gan, banyak juga aktivis-aktivis yang nyinggung masalah ntu supaya proses 'illegal logging' khusus nya di hutan amazon diberentiin, dampak nya pasti WAH tuh klo terus-terusan digundulin emoticon-Big Grin
Thrit nya manetp Gan....


Keep Post



Nitip Gan....
http://radioku-radioku.blogspot.com/
Radio Online Bikinan Ane
Quote:Original Posted By supersinsides
seger banget klo liat air terjun ditengah hutan.


parcel natal - hadiah natal - kado natal

lebih seger lagi klo kita penemu nya gan emoticon-Big Grin
bisa dijadiin thread disini emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By sickest
yah gan, jelasin binatang2 yg idup disitu dong gan..
seru kan bacanya.
>.<

ini kok sistem penjelasannya mirip2 om wiki yak??
emoticon-Belo

yup, makan nya ditulis Part I juga soal nya ini lebih jelasin apa itu 'hutan hujan' emoticon-Big Grin

artikel/thread kan emang kayak gini gan biar keliatan rapih emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By destach
Ah tulisan ente silau gan..bikin males bacanya




- originally posted by destach -
emoticon-Cool setiap copy paste tanpa izin dijamin bikin mandul emoticon-Cool The Amazon Rainforest Part I [Rainforest]

efek dari ngaskus dari wap ya gan emoticon-Frown
Quote:Original Posted By rokokcendet
wah ane kepengen kesana jadinya emoticon-Mewek


asal jangan ngikut gundulin ntu poon ya gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By ghoenx
Thrit nya manetp Gan....


Keep Post



Nitip Gan....
http://radioku-radioku.blogspot.com/
Radio Online Bikinan Ane


jangan lupa rate ganemoticon-Add Friend (S)
thx gan... kebetulan Tugas di sekolah ane banyak ngebahas kaya gini... maklum gan anak IPA emoticon-Malu..

klo di sekolah ane ngebosenin gurunya,,, tp disini ngga ngebosenin,,,,

T O P gan... moga2 H T gan... emoticon-Sundul:
Quote:Original Posted By AntoniRatuliu
thx gan... kebetulan Tugas di sekolah ane banyak ngebahas kaya gini... maklum gan anak IPA emoticon-Malu..

klo di sekolah ane ngebosenin gurunya,,, tp disini ngga ngebosenin,,,,

T O P gan... moga2 H T gan... emoticon-Sundul:


lebay banget komeng na gan emoticon-Ngakak (S)

ngbosenin gmn gan maksud nya? udah tua ya jadi ngga enak diliat emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By c0nToLaToZz
lebay banget komeng na gan emoticon-Ngakak (S)

ngbosenin gmn gan maksud nya? udah tua ya jadi ngga enak diliat emoticon-Ngakak (S)


bukan udah tua gan,,, tapi guru di sekolah ane malesan orangnya...

Disuruh kuliah ngga mau,,, di suruh pacaran ngga mau.... aduhhhhh... maunya di palangggg aja..... emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By AntoniRatuliu
bukan udah tua gan,,, tapi guru di sekolah ane malesan orangnya...

Disuruh kuliah ngga mau,,, di suruh pacaran ngga mau.... aduhhhhh... maunya di palangggg aja..... emoticon-Cape d...


makin geje aja gan, sumfah ane ga pafam emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer

gpp deh yang penting mau di rate emoticon-Malu (S)
up ahemoticon-Stick Out Tongue
bantu emoticon-Rate 5 Star aja gan..


gak ngerti ane gan, di kmpus gak ada kul tntang hutan hujan emoticon-Hammer (S)

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
keren2 ya gan emoticon-Smilie

betapa besar kekuasaan tuhan