alexa-tracking

[ STICKY ] All About Hukum Perdata

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011334261/sticky--all-about-hukum-perdata
gak tahu ini bener apa kaga ane nanya di sini.

tapi ane pengen nanya ttg pelelangan tanah gan.

Klo misal kita pinjam uang di bank dengan agunan tanah kita, dan di perjalanan setoran kita ke bank macet, dan akhirnya sampai pada waktunya di mana si bank menyerahkan masalah ini ke balai lelang untuk di lelang aset2 tanah kita.

Nah pertanyaan ane, ada yang bisa jelasin ga gmn prosesnya dari bank serahin ke balai lelang ampe terjadi eksekusi di aset tanah kita, dan jika nilai lelang lebih kecil dari hutang kita, apakah kita masi terikat hutang dengan bank tersebut?

Trims.
Quote:Original Posted By Cuba gooding
Sepi banget nih thread perdata emoticon-Nohope

ada yang tau gak, kapan lahirnya perjanjian? misalnya jual beli ban bekas, lahirnya perjanjian ketika tanda tangan, atau pembayaran, atau kapan?


lahirnya perjanjian adalah ketika terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak gan emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By Night Stalker


saya pak guru! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

waktu terjadi kesepakatan! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


emoticon-Hammer


yup adalah benar gan... kita lihat sejarah nya pada jaman dulu orang2 bertransaksi dengan cara barter.. dimana letaknya perjanjian?ketika syarat sah perjanjian telah di lakukan gan. mereka sepakat untuk menukarkan barang yg mereka punya dengan barang yg mereka butuhkan.

kata dosen ane dulu sih emoticon-Malu

Quote:Original Posted By mukenafathiya
gan, tolongin ane emoticon-Sorry
to the point gan, ada orang pinjem duit sama ane 2.5jt kita buat kesepakatan hitam di atas putih bermaterai 6rb ..di surat perjanjian ntu tertera tanggal 1 februari sekarang udah ampir sebulan ntu duit masih belum di balikin gan...klo di laporin bisa gak gan ya? ane mohon bantuan agan - agan semua please emoticon-Sorry emoticon-Sorry


di laporin menurut ane bisa aja gan. tapi ente pikir lagi deh. kalo laporan sudah masuk ke kepolisian dengan materi penipuan dalam hal ini ada unsur kesengajaan dari pelaku. berapa biaya yg akan ente keluarkan?? sebanding gak gan ama nominal piutang agan??apalagi kalo tetep di proses masuk ke pengadilan emoticon-Cape d...

kalo kata guru besar ane sih gan "tidak ada keadilan dalam pengadilan"

ane juga sarjana hukum gan. ane belajar sedikit dulu masalah perdata. karena ane ambil minat hukum bisnis gan emoticon-Cool

yuuk kita diskusi sambil membangkitkan memory ane gan emoticon-Request

subjek hukum

numpang tanya gan, tentang subjek hukum khususnya badan hukum.
di dalam KUH Perdata pasal 1653 dijelaskan ada 4 jenis badan hukum :
1. badan hukum yang diadakan/didirikan pemerintah
2. badan hukum yang diakui pemerintah
3. badan hukum yang diizinkan pemerintah
4. badan hukum yang didirikan swasta

yang ane tanya pengertian dan bedannya keempat badan hukum tersebut apa gan? mohon pencerahannya!!
emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By adamuluu
numpang tanya gan, tentang subjek hukum khususnya badan hukum.
di dalam KUH Perdata pasal 1653 dijelaskan ada 4 jenis badan hukum :
1. badan hukum yang diadakan/didirikan pemerintah
2. badan hukum yang diakui pemerintah
3. badan hukum yang diizinkan pemerintah
4. badan hukum yang didirikan swasta

yang ane tanya pengertian dan bedannya keempat badan hukum tersebut apa gan? mohon pencerahannya!!
emoticon-Kiss


baca buku!! males banget jadi orangemoticon-Mad:
trit yg bermutu nih...izin gabung ya pak hakim dan pak jaksa..semoga sy cepat di sidang ..xixixix..salim kenal ya aganemoticon-thumbsup
Hukum perdata tentang perkimpoian itu maksudnya apa ya gan?
Quote:Original Posted By tino1990
gak tahu ini bener apa kaga ane nanya di sini.

tapi ane pengen nanya ttg pelelangan tanah gan.

Klo misal kita pinjam uang di bank dengan agunan tanah kita, dan di perjalanan setoran kita ke bank macet, dan akhirnya sampai pada waktunya di mana si bank menyerahkan masalah ini ke balai lelang untuk di lelang aset2 tanah kita.

Nah pertanyaan ane, ada yang bisa jelasin ga gmn prosesnya dari bank serahin ke balai lelang ampe terjadi eksekusi di aset tanah kita, dan jika nilai lelang lebih kecil dari hutang kita, apakah kita masi terikat hutang dengan bank tersebut?

Trims.


coba ane jawab y gan...
kalo proses dari bank sampe diserahin ke balai lelang ane g tau gan...
nah kalo soal
Code:
jika nilai lelang lebih kecil dari hutang kita, apakah kita masi terikat hutang dengan bank tersebut?

kaya nya hal kaya gini g bakal kejadian deh gan..
soalnya bank g bakal berani ngasih pinjaman lebih dari proyeksi harga jaminannya...
kalo pun ini terjadi,ane rasa agan uda g punya utang lagi deh gan...
tapi coba baca deh surat perjanjian pinjaman sama banknya gan,pasti isi pasal2nya nerangin semua tentang perjanjiannya,resiko perjanjiannya,dll...
Quote:Original Posted By mukenafathiya
gan, tolongin ane emoticon-Sorry
to the point gan, ada orang pinjem duit sama ane 2.5jt kita buat kesepakatan hitam di atas putih bermaterai 6rb ..di surat perjanjian ntu tertera tanggal 1 februari sekarang udah ampir sebulan ntu duit masih belum di balikin gan...klo di laporin bisa gak gan ya? ane mohon bantuan agan - agan semua please emoticon-Sorry emoticon-Sorry


g usah terlalu di angkat jadi formal bgt gan masalahnya...
ambil jalan "rakyat" aja...
dengan cara ajakin polisi yang agan kenal,mau sodara,mau tetangga,mau siapa ke,yang penting kenal...terus tagih tuh utangnya bareng ma polisi itu...beres gan...

kalo di angkat jadi formal banget, y agan bakal banyak ngeluarin duit gan...
masi mending kalo cuman laporan formal ke kepolisian langsung beres,nah kalo g gmn?
kalo mesti masuk ke pengadilan gmn gan?lebih ribet dan lebih mahal tentunya,selain menyita waktu yang cukup banyak juga...
permisi semua...
mo tny2 mslh hukum dimari,,,karna ane ga ngerti hukum....emoticon-Smilie
moga2 ga salah kamar...

jadi gini,,,kalu orang tua punya utang piutang di bank,,trus orang tuanya meninggal dunia & meninggalkan utang,,,kira2 anak2nya bisa kena kewajiban buat balikin hutang bokapnya ga?padahal si anak ga tau apa2....
secara hukum gmn gan??
thx anyway....
emoticon-Angkat Beer
ternyata ada thread khusus perdata ya di sini.. kalo ane udah tanya d forum sticky d "pertanyaan yg blm ada thread nya blh tny di sini", tanya lagi di sini boleh ga ya?? hehe kalo ga boleh bakal ane edit.. cm pgn tanya aja ke orang2 yg ngerti hukum d kaskus ini..

kalo gadai, itu kn orang yg menggadaikan harus pemilik asli (dg bukti sertifikat misalnya).. dasar hukumnya apa ya (yg berkaitan dg gadai secara umum) ??

nah kalo misal untuk hukum adat / tanah yang kepemilikan nya hanya berdasarkan kesepakatan bersama,, itu peraturan yg menjadi dasar bahwa gadai itu harus dilakukan oleh pemilik tanah yg asli ada dmn ya? misal peraturan agraria ato peraturan yg laen??

thx bantuannya terutama yg ahli masalah gadai ni hehe cz d bbrp thread hanya membahas tata cara pelaksanaan gadai,, sementara ga ada yg membahas dasar dari obyek yg digadaikan itu harus merupakan tanah yg dimiliki oleh pihak penggadai..
Quote:Original Posted By .syntax.error.
permisi semua...
mo tny2 mslh hukum dimari,,,karna ane ga ngerti hukum....emoticon-Smilie
moga2 ga salah kamar...

jadi gini,,,kalu orang tua punya utang piutang di bank,,trus orang tuanya meninggal dunia & meninggalkan utang,,,kira2 anak2nya bisa kena kewajiban buat balikin hutang bokapnya ga?padahal si anak ga tau apa2....
secara hukum gmn gan??
thx anyway....
emoticon-Angkat Beer

udah sering nih trit ginian coba baca2 lagi halaman belakang porum ini..
Quote:Original Posted By sigmaboy
ternyata ada thread khusus perdata ya di sini.. kalo ane udah tanya d forum sticky d "pertanyaan yg blm ada thread nya blh tny di sini", tanya lagi di sini boleh ga ya?? hehe kalo ga boleh bakal ane edit.. cm pgn tanya aja ke orang2 yg ngerti hukum d kaskus ini..

kalo gadai, itu kn orang yg menggadaikan harus pemilik asli (dg bukti sertifikat misalnya).. dasar hukumnya apa ya (yg berkaitan dg gadai secara umum) ??

nah kalo misal untuk hukum adat / tanah yang kepemilikan nya hanya berdasarkan kesepakatan bersama,, itu peraturan yg menjadi dasar bahwa gadai itu harus dilakukan oleh pemilik tanah yg asli ada dmn ya? misal peraturan agraria ato peraturan yg laen??

thx bantuannya terutama yg ahli masalah gadai ni hehe cz d bbrp thread hanya membahas tata cara pelaksanaan gadai,, sementara ga ada yg membahas dasar dari obyek yg digadaikan itu harus merupakan tanah yg dimiliki oleh pihak penggadai..


udah gw jawab noh disono emoticon-Cape d... (S)
baru tau ada SF melek hukum emoticon-Stick Out Tongue

yang masalah putusan MK terkait Machicha Mochtar udah pernah dibahas belum ya di sini? terutama dari segi hukum perdatanya seperti apa?

kalo belum dibahas dong.. emoticon-Smilie

Saya ada beberapa pertanyaan sih, dari hasil dikusi di BP.. cmn ya di sana kan memang ga bisa dapet jawaban dari segi hukum emoticon-Embarrassment

Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan nih terkait putusan MK itu.
1. Karena putusan ini banyak menimbulkan pro kontra dalam hal warisan ada pertanyaan mengenai pemberian waris. Masih pemberian waris dulu ya, belum terkait masalah putusan MK ini. Sejauh yang saya tahu dari hasil googling, untuk masalah warisan bisa diberikan lewat 2 cara, absentatio atau testamentair. Nah yang ingin saya tanyakan, hukum di Indonesia ini mengharuskan hanya salah satu jenis pewarisan yang dipakai atau boleh keduanya atau memang harus kedua-dua nya? sebagai contoh seperti di bawah ini.
Quote:
Saya punya anak A dan B. Saya kemudian memutuskan untuk membuat surat waris yang menyatakan bahwa semua harta saya akan saya wariskan ke A (dalam hal ini berarti testamentair ya?). Setelah saya meninggal, apakah si B masih berhak menuntut hak warisannya?


2. Mengenai adanya kalimat "Ayah memiliki hubungan perdata dengan anak" ini aplikasi nya dari pihak Ayah sejauh apa ya? Apakah hubungan perdata ini (mengacu pada UU No. 1 Tahun 1974) tetap perlakuannya sama baik untuk kasus-kasus berikut :
a. 2 orang Nikah Siri
b. 2 orang yang punya anak tapi tetap tidak menikah (keduanya lajang)
c. Suami-istri yang cerai kemudian istri menikah lagi
d. Suami yang sudah punya istri sah kemudian berbuat zinah dengan orang lain
e. dan lain sebagainya

Mohon maaf kalo bahasanya kurang pas.. maklum bukan anak hukum nih emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By unyubunch
masa membedakan sifat hakim pasif-aktif kayak gitu sih gan
lihat aja dalam proses pencarian kebenaran, seperti pemeriksaan saksi dan alat bukti. atau penentuan diperlukannya keterangan ahli. secara umum, pasif bisa berarti tidak menentukan luas-sempitnya pokok perkara.
sebenarnya sifat hakim dalam persidangan harus aktif lho, baik perdata, pidana, TUN, Militer, P.Agama dan pengadilan lainnya. yaitu aktif dalam memimpin dan melancarkan proses sidang serta membantu mencari kebenaran-keadilan, kenapa?karena hakim terikat dengan para pihak (Secundum Allegata Iusdicare). berarti hakim perkara pidana aktifnya double donkemoticon-Genit


mau nambahain dikit gan sebatas pengetahuan ane yang terbatas :
sifat hakim perdata yang pasif antara lain,
Hakim Perdata tidak bisa memberikan putusan diluar gugatan yang diajukan oleh Penggugat.
Hakim Perdata tidak bisa mempersoalkan suatu hal yang tidak ada dalam isi gugatan.

mohon pencerahannya jika ada kekeliruan saya dalam penyampainnya

tanya kasus saya, bisa sy tuntut gak yah???

permisi agan skalian, mhn bantuan sarannya yah...

sy sudah bercerai dengan istri selama 3 tahun. tapi yg jadi permasalahan sekarang selama 3 tahun sy selalu dipersulit bertemu dengan anak saya. kadang saya ke rumahnya alasan anaknya tidurlah, sakitlah, lg mandilah..... pernah juga sampe berkelahi dgn keluarganya gara2 mau gendong anak saya.

dari pihak keluarga mantan istri juga menolak nafkah yg saya berikan buat anak saya.

mereka juga sudah merubah akte lahir anak saya.. (hanya merubah nama)

anak saya sekarang berumur 3 tahun, wkt kami cerai masih umur 3 bulan. alasan cerai waktu itu masalah ekonomi.

pertanyaan saya
1.bisakah sy mengajukan tuntutan scr hukum??
2.kemana / bagaimana prosesnya??


sebelumnya sy ucapkan terima kasih


Quote:Original Posted By SiFreakitiwtiy


coba ane jawab y gan...
kalo proses dari bank sampe diserahin ke balai lelang ane g tau gan...
nah kalo soal
Code:
jika nilai lelang lebih kecil dari hutang kita, apakah kita masi terikat hutang dengan bank tersebut?

kaya nya hal kaya gini g bakal kejadian deh gan..
soalnya bank g bakal berani ngasih pinjaman lebih dari proyeksi harga jaminannya...
kalo pun ini terjadi,ane rasa agan uda g punya utang lagi deh gan...
tapi coba baca deh surat perjanjian pinjaman sama banknya gan,pasti isi pasal2nya nerangin semua tentang perjanjiannya,resiko perjanjiannya,dll...


kata siapa? secara teoritis yang namanya kredit macet, bunganya bisa lebih besar dari pokok kredit.

belum lagi pada prakteknya appraisal suka dideketin ama borrower untuk meng-upgrade nilai jaminan.

selama nilai utang belum lunas baik pokok, bunga maupun biaya-biaya, ya masih tetep ngutanglah..emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin itu udah resiko bisnis bank, kalo hasil eksekusi ga nutup.

nah utang yang sisanya sifatnya seperti apa, separatis, preferen atau konkuren kita bicara lain lagiemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mbah.djoker
baru tau ada SF melek hukum emoticon-Stick Out Tongue

yang masalah putusan MK terkait Machicha Mochtar udah pernah dibahas belum ya di sini? terutama dari segi hukum perdatanya seperti apa?

kalo belum dibahas dong.. emoticon-Smilie

Saya ada beberapa pertanyaan sih, dari hasil dikusi di BP.. cmn ya di sana kan memang ga bisa dapet jawaban dari segi hukum emoticon-Embarrassment

Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan nih terkait putusan MK itu.
1. Karena putusan ini banyak menimbulkan pro kontra dalam hal warisan ada pertanyaan mengenai pemberian waris. Masih pemberian waris dulu ya, belum terkait masalah putusan MK ini. Sejauh yang saya tahu dari hasil googling, untuk masalah warisan bisa diberikan lewat 2 cara, absentatio atau testamentair. Nah yang ingin saya tanyakan, hukum di Indonesia ini mengharuskan hanya salah satu jenis pewarisan yang dipakai atau boleh keduanya atau memang harus kedua-dua nya? sebagai contoh seperti di bawah ini.


2. Mengenai adanya kalimat "Ayah memiliki hubungan perdata dengan anak" ini aplikasi nya dari pihak Ayah sejauh apa ya? Apakah hubungan perdata ini (mengacu pada UU No. 1 Tahun 1974) tetap perlakuannya sama baik untuk kasus-kasus berikut :
a. 2 orang Nikah Siri
b. 2 orang yang punya anak tapi tetap tidak menikah (keduanya lajang)
c. Suami-istri yang cerai kemudian istri menikah lagi
d. Suami yang sudah punya istri sah kemudian berbuat zinah dengan orang lain
e. dan lain sebagainya

Mohon maaf kalo bahasanya kurang pas.. maklum bukan anak hukum nih emoticon-Hammer


sori, tujuan nanya buat apa? emang sedang ada masalah serupa, atau cuman nanya-nanya iseng-iseng aja?
Quote:Original Posted By rullyeza
permisi agan skalian, mhn bantuan sarannya yah...

sy sudah bercerai dengan istri selama 3 tahun. tapi yg jadi permasalahan sekarang selama 3 tahun sy selalu dipersulit bertemu dengan anak saya. kadang saya ke rumahnya alasan anaknya tidurlah, sakitlah, lg mandilah..... pernah juga sampe berkelahi dgn keluarganya gara2 mau gendong anak saya.

dari pihak keluarga mantan istri juga menolak nafkah yg saya berikan buat anak saya.

mereka juga sudah merubah akte lahir anak saya.. (hanya merubah nama)

anak saya sekarang berumur 3 tahun, wkt kami cerai masih umur 3 bulan. alasan cerai waktu itu masalah ekonomi.

pertanyaan saya
1.bisakah sy mengajukan tuntutan scr hukum??
2.kemana / bagaimana prosesnya??


sebelumnya sy ucapkan terima kasih




1. bisa;
2. tergantung banyak hal. ga akan ada yang bisa kasih jawaban konkrit disini karena ga ada yang liat fakta hukum termasuk baca isi putusan cerai.

saran: get a lawyer. kalo ga mampu, lbh. inget, ada harga ada rupa. bayar minimalis, hasil minimalis.
halo rekan2 di sini,

saya mewakili tmn saya (cewe) mau tny disini, mohon bantuan nya emoticon-Smilie

dia ingin tau jika maaf, cerai, harta itu hitungan nya gmn :
1. rmh (a/n suami)
2. mobil (a/n) istri
3. anak2 nya

apakah setengah2, atau gmn ya?

trs untuk pengurusan nya sendiri secara resmi, kan harus secara hukum, itu kisaran biaya nya sampe brp ya?

semoga bener di sini tanya nya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By fl30n
halo rekan2 di sini,

saya mewakili tmn saya (cewe) mau tny disini, mohon bantuan nya emoticon-Smilie

dia ingin tau jika maaf, cerai, harta itu hitungan nya gmn :
1. rmh (a/n suami)
2. mobil (a/n) istri
3. anak2 nya

apakah setengah2, atau gmn ya?

trs untuk pengurusan nya sendiri secara resmi, kan harus secara hukum, itu kisaran biaya nya sampe brp ya?

semoga bener di sini tanya nya emoticon-Smilie


elu penyebab temen elu itu cere ya? dasar penggangu rumah tangga orang!emoticon-fuck2
Quote:Original Posted By fl30n
halo rekan2 di sini,

saya mewakili tmn saya (cewe) mau tny disini, mohon bantuan nya emoticon-Smilie

dia ingin tau jika maaf, cerai, harta itu hitungan nya gmn :
1. rmh (a/n suami)
2. mobil (a/n) istri
3. anak2 nya

apakah setengah2, atau gmn ya?

trs untuk pengurusan nya sendiri secara resmi, kan harus secara hukum, itu kisaran biaya nya sampe brp ya?

semoga bener di sini tanya nya emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By clone.bacara


elu penyebab temen elu itu cere ya? dasar penggangu rumah tangga orang!emoticon-fuck2


wkwkwkwkwkwkwkwkw.......

ngakak gw .........