alexa-tracking

[ STICKY ] All About Hukum Perdata

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011334261/sticky--all-about-hukum-perdata
topik skripsi ane nieh buku 3 kuhper.. emoticon-Embarrassment

nunggu jadwal sidang sambil nyimak di sini deh.. emoticon-Malu
wuih lengkap juga tentang hukum perdata emoticon-Embarrassment

thread Index oms emoticon-shakehand
gan, nanya donk kurang mengerti nih, kayanya pernah denger hak kebendaan sama hak perorangan. bisa jelasin ga gan
permisi agan agan sekalian

ane mau nanya nie, jika ada masalah perdata, dan yang tergugat dinyatakan kalah, dan harus membayar sejumlah uang denda kepada pihak penggugat sedangkan pihak tergugat tidak mempunyai uang untuk membayar denda tersebut (wanprestasi) sedangkan tergugat tidak mempunyai harta benda yang dapat disita, apakah yang akan terjadi? dapatkah tergugat di penjara atas dasar wanprestasi?

mohon pencerahannya ya gan
thank you
Quote:



Hak erfracht uda dihapuskan dgn adanya UU no 5 tahun 1960 ttg UUPA gan, hehe
kalo salah dibenarkan yaa, sama2 belajar



Quote:



Hipotik jg ud dihapus, kecuali utk kapal dgn luas >20meter kubik persegi
kalo salah dibenarkan yaa, sama2 belajar


Quote:



hak kebendaan = hak atas suatu benda, ada macem2 hak gan
Hak perorangan = Hak2 individu seseorang sbg subjek hukum
kalo salah dibenarkan yaa, sama2 belajar
sejarahnya Hipotik itu adalah jaminan kredit dengan obyek tak bergerak (termasuk tanah)
jadi dahulu sebelum diundangkannya UU no.4/1996 ttg hak tanggungan
jaminan kredit tanah ada 2, hipotik=utk sertifikat berupa HM,HGB,HGU dan Creditverband=utk kepemilikan girik, letterC dsb.
karena telah dikeluarkannya UU hak tanggungan, Hipotik dalam KUHPerdata dihapus sbg jaminan kredit obyek tanah. Creditverband juga dihapus.
akhirnya Hipotik sebagai jaminan kredit berupa benda tetap yaitu kapal dgn bobot di atas 20m3 dan pesawat terbang, baik sayap tetap (fixed wing) maupun helikopter (rotary wing), baik bermesin jet maupun turboprop.
pendaftaran berupa kapal laut berbobot di atas 20m3 dilakukan oleh syahbandar pelabuhan. (ada permenhub ane lupa, tidak sembarang pelabuhan bisa didaftarkan hipotik). sedangkan pesawat terbang didaftarkan di direktorat jendral perhubungan udara.
bagaimana dgn kapal di bawah bobot 20m3, diikat jaminan fidusia.
karena kapal yg berbobot mati tsb dikategorikan sbg benda bergerak.
dopost.
ijin nyimak ya gan, ane masih abu2 kalo urusan perdata
nice trit emoticon-2 Jempol
gan,ane mau tanya...kenapa kita masih pake BW?
gan, BW itu apa sih?
Quote:

Bambang Widjojanto emoticon-shakehand
[ STICKY ] All About Hukum Perdata
Quote:


BW burgerlijk wetboek..atw byasa disbt ktb undng-undang hkm perdata..
atw ktb perdata materil..
sepi juga thread ane emoticon-Smilie
Quote:


cuma mau nambahin bedanya pidana sama perdata
kalo perdata itu hakim nya bersifat pasif jadi misalnya kalo agan ada permasalahan tentang keperdataan, agan yang harus ngelaporin ke pengadilan itu jadi hakim gak bakal bergerak kalo agan gak laporin masalah keperdataan itu gan, jadi itu dia kenapa dibilang ini hukum privat(orang ke orang)
sedang kalo pidana itu misalkan agan melakukan tindak pidana agan akan lsg di cari polisi langsung kan, dan tanpa agan mesti aduin ke pengadilan juga nanti bakalan di sidang sama hakim gitu..
CMIIW bersatu anak hukum emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:

emoticon-Bingung (S)
Quote:


makasih koresksiannya gan sama2 belajar gan saya cuma anak baru kuliah semester 3 gan saya lupa yang agan bilang "pasif bisa berarti tidak menentukan luas-sempitnya pokok perkara"
brb baca buku lg emoticon-No Hope
Sepi banget nih thread perdata emoticon-Nohope

ada yang tau gak, kapan lahirnya perjanjian? misalnya jual beli ban bekas, lahirnya perjanjian ketika tanda tangan, atau pembayaran, atau kapan?
Gan, langsung saja...
Ane mau tanya tentang hukum pembatalan Nikah dari pihak keluarga laki2. tanpa pemberitahuan dan permintaan maaf kepada pihak perempuan secara langsung maupun tidak langsung, tanpa alasan yang jelas...
sedangkan pihak perempuan sudah mempersiapkan proses resepsi pernikahan berupa restoran, bridal, dan undangan yang menyebabkan kerugian materi berupa DP gedung, bridal, cetak undangan dan tiket pesawat pulang-pergi keluarga2 dekat.

sedangkan kerugian inmateri dari pihak perempuan adalah rasa malu dan kehormatan keluarga yang diinjak dan terhadap keluarga besar serta kerabat2 dekat yang turut diundang dalam acara pernikahan yang direncanakan akan diadakan pada 4 maret 2012.


pertanyaan saya,
1. proses hukum apa yang harus keluarga saya(keluarga perempuan) ambil, sebagai pihak yang sangat dirugikan dari segi materi dan inmateri dari pembatalan nikah tanpa pemberitahuan dari pihak keluarga laki2?

2. apa saja yang bisa keluarga saya tuntut dari pihak keluarga laki2 atas perbuatan yang sangat tidak menyenangkan ini?

3. apakah kasus ini bisa dikembangkan menjadi pasal penipuan?

Fyi:
*) pihak yang dituakan dari pihak perempuan sudah berusaha melakukan panggilan telepon berkali-kali, tapi tidak diangkat oleh pihak yang dituakan dari pihak laki2.

*) pihak yang dituakan oleh pihak perempuan sudah menelpon kepada mantan mempelai laki2 untuk menyampaikan kepada yang dituakan di pihak laki2, bahwa pihak peremuan akan menempuh jalur hukum, apabila tidak diselesaikan secara baik2...
tetapi malah TANTANGAN yang keluar dari mulut yang dituakan dari pihak laki2 kepada pihak keluarga perempuan.

*) Pihak perempuan tidak mendapatkan alasan apapun dari pihak laki-laki mengenai pembatalan nikah ini.

Barang bukti ditangan kami (pihak perempuan) berupa:
1. Foto Pranikah yang diadakan pada tanggal 12 Feb 2012
2. Undangan nikah yang akan dirayakan pada tangga 04 Maret 2012
3. Kwitansi DP gedung dan Bridal
4. Tiket pesawat PP untuk beberapa anggota keluarga untuk menghadiri pernikahan

Terimakasih,
Jimmi
Quote:


saya pak guru! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

waktu terjadi kesepakatan! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


emoticon-Hammer

utang piutang

gan, tolongin ane emoticon-Sorry
to the point gan, ada orang pinjem duit sama ane 2.5jt kita buat kesepakatan hitam di atas putih bermaterai 6rb ..di surat perjanjian ntu tertera tanggal 1 februari sekarang udah ampir sebulan ntu duit masih belum di balikin gan...klo di laporin bisa gak gan ya? ane mohon bantuan agan - agan semua please emoticon-Sorry emoticon-Sorry
Quote: