alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011314531/knowledge-sejarah-dan-struktur-alam-semesta
[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta
NO emoticon-Repost
BUKTI


Quote:Quote:Sejarah dan Struktur Alam Semesta

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Perjalanan menuju pemahaman terhadap alam semesta telah dimulai ribuan tahun yang lalu. Sekitar 2.300 tahun yang lalu, observer Mediterania menyimpulkan bahwa bumi bulat dan mengelilingi matahari. Namun, mereka tidak tahan terhadap gagasan yang menyatakan bahwa bumi adalah pusat dari segala sesuatu, sedangkan kosmos berfungsi untuk mendukung kehidupan manusia dan takdir.

Quote:
Bumi itu bulat

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Sekitar 2.500 tahun yang lalu, wisatawan Yunani melaporkan bahwa rasi yang berbeda terlihat di langit ketika seseorang pergi jauh ke utara atau selatan. Pengamat juga menyadari bahwa selama gerhana bulan, bayangan bumi memiliki tepian bundar. Beberapa abad kemudian, Eratosthenes memperkirakan ukuran bumi dengan mencatat perbedaan antara panjang bayangan yang dilemparkan oleh matahari di lokasi yang terpisah beberapa ratus mil.
Dengan asumsi bahwa matahari sangat jauh yang sorot sinarnya paralel, Eratosthenes menggunakan geometri sederhana untuk menghitung keliling bumi. Tidak diketahui seberapa akurat pengukurannya.

Quote:
Bumi adalah sebuah planet

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Ide awal tentang pergerakan matahari, bumi dan planet-planet berasal dari gagasan teologis, astrologi dan filosofi tentang bagaimana Tuhan memerintah dunia.
Astronom Polandia, Nicolaus Copernicus, menyebabkan kegemparan di pertengahan tahun 1500-an dengan menyatakan bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari. Bukan seperti yang diajarkan pemimpin agama Kristen di mana matahari mengelilingi bumi.
Selama berabad-abad planet dianggap bergerak karena mereka tertanam dalam sarang "bola kristal" yang berputar di sekitar titik pusat. Namun, catatan abad ke-16 menunjukkan bahwa komet bergerak sedemikian rupa sehingga akan menabrak planet melalui bola kristal.
Sementara itu, gerakan planet satu sama lain saling mempengaruhi di mana satu lingkaran bertumpang pada lingkaran lainnya. Akhirnya, pada tahun 1609, matematikawan Jerman, Johannes Kepler, menerbitkan teori tentang gerak planet. Teori ini menetapkan bahwa benda-benda di tata surya bergerak dalam orbit yang berbentuk oval, bukan lingkaran.

Quote:
Planet adalah dunia

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Dari era awal manusia prasejarah, seluruh alam semesta dianggap hanya mencakup unsur-unsur yang terlihat dengan mata telanjang: bumi, bulan, matahari dan lima titik cahaya yang bergerak [planet] serta bola di mana bintang-bintang dan kumpulan cahaya Bima Sakti tertanam.
Teori-teori astrologi dan astronomi yang dirancang untuk menjelaskan gerakan benda-benda langit sebenarnya hanya bisa menebak. Ketika pada tahun 1609 Galileo mencoba teleskopnya, ia menemukan bahwa planet merupakan dunia lain. Beberapa dari dunia lain yang ditemukannya memiliki bulan sendiri.
Dengan bantuan teleskop, planet yang sebelumnya tidak diketahui akhirnya ditemukan di tata surya kita: Uranus pada tahun 1781 dan Neptunus pada tahun 1846. Dengan teleskop, ada kemungkinan untuk mempelajari benda-benda [langit] yang lebih kecil, seperti komet, asteroid, bintang-bintang dan nebula.

Quote:
Bintang adalah matahari


[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Pada abad 17, penemuan teleskop oleh Galileo dan penemuan hukum gerak oleh Kepler merealisasikan bahwa bintang seperti matahari yang semuanya mematuhi hukum fisika yang sama. Pada abad ke-19, spektroskopi [studi mengenai panjang gelombang cahaya yang dipancarkan oleh objek] memungkinkan untuk menyelidiki gas yang dibuat bintang.
Pada abad ke-19 para ilmuwan juga menemukan cara mengukur jarak bintang. Ketika sebuah objek dilihat dari titik pandang yang berbeda, objek bergeser secara relatif ke latar yang lebih jauh. Pergeseran ini disebut "parallax."
Ahli matematika dan astronomi Jerman, Friedrich Bessel, adalah orang pertama yang berhasil mengukur parallax bintang 61 Cygni dan memperkirakan jarak bintang itu dari bumi. Jaraknya 10,4 tahun cahaya. Estimasi jarak ini kemudian disesuaikan menjadi 11,4 tahun cahaya.

Quote:
Sebuah galaksi mengikuti materi gelap

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Sebuah pusat inti berbentuk balok terdiri dari bintang dan menyembunyikan sebuah lubang hitam sangat besar dikelilingi oleh lengan spiral yang terbentuk dari bintang, gas dan debu. Konfigurasi yang tepat dari lengan spiral masih diperdebatkan oleh para astronom, tetapi sebuah survei terbaru menemukan bahwa galaksi Bima Sakti kita memiliki dua lengan utama yang bercabang menjadi empat lengan yang mengarah ke bagian luar.
Lengan spiral galaksi kita diperkirakan menjadi semacam gelombang padat yang bergerak di sekitar cakram datar. Material-material berdekatan dan bintang-bintang terbentuk di sepanjang lengan. Segala sesuatu di orbit galaksi mengelilingi pusatnya, sedangkan lengan-lengannya bukanlah struktur padat. Sistem tata surya keluar masuk dari lengan spiral seperti mengorbit.
Sementara mempe;ajari rotasi galaksi, mereka tidak berputar berdasarkan tarikan gravitasi materi. Astronom Swiss, Fritz Zwicky, pada tahun 1934 menyarankan bahwa harus ada sejumlah besar yang tak terlihat atau kehadiran materi gelap untuk membuat spiral galaksi lebih besar dari kemunculan mereka.
Sejak saat itu astrofisikawan mencari materi gelap yang sering dispekulasikan sesuatu yang mungkin terdiri dari partikel-partikel eksotis seperti yang kita ketahui di bumi. Estimasi saat ini menunjukkan bahwa alam semesta kita sebagian besar terdiri dari bentuk-bentuk materi gelap dan energi gelap yang tidak diketahui, dengan atom yang hanya merupakan pecahan kecil.


Quote:Galaksi terbuat dari bintang-bintang

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Bima Sakti, pita cahaya samar yang mencakup langit, telah dikenal sepanjang sejarah. Sifat sejatinya tidak ditemukan sampai abad ke-17 ketika Galileo Galilei mempelajari Bima Sakti dengan teleskop dan menetapkan bahwa pita itu terdiri dari banyak bintang. Potongan-potongan kecil cahaya yang samar-samar terlihat di langit ini disebut nebula.
Pada abad ke-18 muncul spekulasi bahwa Bima Sakti adalah sebuah sistem bintang besar yang terikat bersama-sama oleh gravitasi, tetapi sifat nebula tetap tidak diketahui. Mereka bisa saja awan gas dalam Bima Sakti atau mungkin mereka berada di luar galaksi kita. Tidak dapat dibuktikan apakah Bima Sakti menguasai seluruh alam semesta atau tidak.
Menggunakan teleskop 100-inci yang baru dibangun di Mount Wilson Observatory, California, astronom Amerika, Edwin Hubble, mengamati bintang yang disebut Cepheids. Cerah dan redup bintang ini memiliki pola yang terkait dengan kecerahan intrinsiknya sehingga cocok untuk digunakan sebagai ukuran dalam memperkirakan jarak kosmik. Dalam sebuah makalah tahun 1925, Hubble menyimpulkan bahwa beberapa nebula itu berada di luar Bima Sakti dan berada di dalam galaksi raksasa yang jauh lebih besar dari Bima Sakti.


Quote:Organisasi besar

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Ini pertama kali terlihat pada paruh kedua abad ke-19: terdapat sekelompok besar nebula di rasi Virgo. Kemudian, ditemukan bahwa nebula tersebut merupakan galaksi yang terpisah di luar Bima Sakti.
Seratus tahun kemudian, astronom berspekulasi bahwa keselarasan nyata dari galaksi-galaksi mungkin menunjukkan tingkat struktur kosmik yang lebih tinggi dengan berbagai julukan, seperti "metagalaxy" atau "superkluster." Pada tahun 1982, astronom R. Brent Tully menerbitkan sebuah analisis tentang jarak anggota galaksi superkluster yang menunjukkan bahwa mereka memang bagian dari suatu organisasi yang lebih besar. Jarak ditentukan dengan mencatat redshift spektrum cahaya dari galaksi.


Bersambung
emoticon-Request
Quote:Quote: [QUOTE]Struktur terbesar di ruang angkasa

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Struktur terbesar yang kita tahu adalah filamen galaksi atau kompleks superkluster yang mengelilingi rongga besar di ruang angkasa. Galaksi-galaksi dalam filamen terikat bersama oleh gravitasi. Ketika struktur ini pertama kali ditemukan oleh Margaret Geller dan Yohanes Huchra pada tahun 1989, itu dijuluki “Great Wall.” Namun, masih ada suatu struktur yang jauh lebih besar, “Sloan Great Wall,” yang ditemukan pada tahun 2003 oleh J. Richard Gott III dan Mario Jurić.
Saat ini, penelitian terhadap struktur berskala besar alam semesta menggunakan data yang dikumpulkan oleh survei redshift, seperti Sloan Digital Sky Survey. Upaya ini menggunakan sensor kamera digital untuk memotret kawasan langit, menangkap jutaan obyek yang jauh dan data yang diperlukan untuk memetakan mereka dalam ruang 3-D.

Quote:
Big Bang: 13.750.000.000 tahun silam

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Pada awal abad 20, astronom dan imam Katolik Belgia, Georges Lemaitre, menghitung perkembangan alam semesta. Secara matematis, alam semesta menjalankan ekspansi mundur. Lemaitre berteori bahwa segala sesuatu di alam semesta pada satu waktu merapat [menyatu] menjadi sesuatu yang kecil dan padat. Sesuatu itu ia sebut “atom purba.”
Atom tersebut meledak, sebuah peristiwa yang disebut oleh astronom Fred Hoyle sebagai “Big Bang.” Perluasan alam semesta menjelaskan mengapa cahaya obyek jauh bergeser ke arah ujung merah spektrum, sebuah fenomena yang disebut “redshift.”
Sama seperti efek Doppler di amna suara kendaraan yang bergerak berubah nada, redshift menyebabkan cahaya bintang-bintang yang bergerak berubah warna sebagaimana panjang gelombangnya akan membentang dikarenakan oleh perluasan ruang. Semakin jauh sebuah objek dari bumi, intervensi ruang akan semakin berkembang dan makin banyak cahaya objek yang akan bergeser ke arah merah.
Astronom Amerika, Edwin Hubble, kemudian membuktikan dengan pengamatan di mana redshift memang terkait dengan jarak. Korelasi tersebut sekarang dikenal sebagai hukum Hubble.

Quote:
Fraksi paling awal dalam 1 detik

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Para astronom pada tahun 1970-an punya masalah dalam memahami alam semesta awal. Ketika mereka memeriksa ruang angkasa dengan teleskop radio, mereka menemukan radiasi gelombang mikro dengan latar cahaya samar.
Variasi kepadatan sinyal gelombang mikro diinterpretasikan sebagai variasi kepadatan materi di alam semesta awal. Anehnya, latar cahaya radiasi seragam ke segala arah. Ini tampaknya tidak masuk akal; ilmuwan berharap untuk menemukan daerah dengan kepadatan ruang dan suhu yang berbeda karena daerah ini tampak terlalu jauh untuk berevolusi bersama.
Fisikawan Amerika, Alan Guth, mengusulkan penjelasannya pada tahun 1980. Ia berteori bahwa dalam fraksi kecil dalam waktu hanya mengikuti Big Bang. Alam semesta pun mengalami ekspansi dengan sangat cepat. Dalam sekejap, volumenya meningkat dengan faktor 10ˆ78 (angka 10 diikuti dengan 78 nol) dan peristiwa yang disebut “inflasi” berakhir.
Model inflasi menjelaskan mengapa alam semesta muncul seragam di semua arah: segala sesuatu di dalamnya berkembang bersama-sama sebelum inflasi. Ini memiliki implikasi mengejutkan lainnya, yaitu bagian ruang yang dapat kita lihat hanya merupakan sepetak kecil dalam apa yang seharusnya menjadi alam semesta yang luas dan tidak dapat dideteksi secara langsung.

Quote:0,001 detik hingga 3 menit setelah Big Bang

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Setelah inflasi, terjadi pendinginan meski masih tak terbayangkan betapa panas alam semesta saat mengalami transisi fase. Partikel dasar diciptakan dari bentuk materi yang disebut quark-gluon plasma.
Seperseribu detik setelah Big Bang, sejumlah besar materi dan antimateri saling memusnahkan (meninggalkan materi yang ada di alam semesta saat ini). Dalam waktu tiga menit suhu alam semesta turun menjadi sekitar satu miliar derajat dan atom mulai terbentuk yang dimulai dari unsur sederhana: hidrogen dan helium.
Plasma quark-gluon alam semesta awal masih bersifat teoritis dan dianggap menjadi kemungkinan karena sebuah teori yang disebut Quantum Chromodynamics. Pertama kali, teori ini dirumuskan fisikawan Amerika, Murray Gell-Mann.
Partikel-partikel nuklir dasar, proton dan neutron, yang diperkirakan terbuat dari partikel yang lebih fundamental yang disebut “quark.” Quark tidak pernah ditemukan bepergian sendirian kecuali di bawah suhu yang sangat tinggi, seperti saat setelah Big Bang. Fisikawan mencoba untuk menciptakan kembali plasma yang diperkirakan telah membentuk alam semesta awal di bumi itu. Mereka menggunakan akselerator partikel untuk menghancurkan partikel-partikel subatomik.

Quote:
3 menit hingga 379.000 tahun setelah Big Bang

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Selama periode ini, kondisi alam semesta awal panas dan buram. Dimulai pada sekitar 379.000 tahun setelah Big Bang, alam semesta cukup dingin sehingga cahaya bisa memisahkan diri dari materi dan bepergian dengan bebas. Singkatnya, alam semesta menjadi transparan. Foto ini menunjukkan galaksi UDFy-38135539, salah satu galaksi tertua dan paling awal yang pernah ditemukan. Galaksi ini muncul tepat setelah Dark Age, sekitar 480 juta tahun setelah Big Bang.

Quote:150 juta sampai 1 milyar tahun setelah Big Bang

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Selama periode ini, alam semesta awal masih panas dan buram. Dimulai pada sekitar 379.000 tahun setelah Big Bang, alam semesta cukup dingin. Pada tahun 1960, astronom Belanda, Maarten Schmidt, mengidentifikasi benda dalam ruang angkasa yang aneh: sangat terang pada panjang gelombang radio. Ia menyebutnya sebagai “quasi-stellar radio sources.”
Sementara astrofisikawan AS, Hong-Yee Chiu, menamai fenomena itu “quasar.” Quasar tertangkap pada tahun 1950 oleh teleskop radio. Ketika Schmidt mengukur jarak quasar dengan mempelajari redshift dari spektrum mereka, apa yang ia temukan sungguh menakjubkan. Benda-benda itu miliaran tahun cahaya jauhnya sehingga sangat terang untuk dapat dideteksi di bumi.
Kemudian studi menunjukkan bahwa quasar merupakan galaksi aktif yang telah terbentuk sangat awal dalam sejarah alam semesta. Keruntuhan gravitasi menyebabkan materi menyatu dan akhirnya membentuk lubang hitam raksasa dengan massa miliaran matahari.
Sebuah lubang hitam berposisi di tengah-tengah sebuah quasar, mengumpulkan materi dan memanaskannya untuk menjadikannya sebagai plasma bersuhu tinggi yang dapat melakukan perjalanan mendekati kecepatan cahaya. Cahaya itu terpisah dari materi dan bepergian dengan bebas. Singkatnya, alam semesta menjadi transparan.
Foto ini menunjukkan galaksi UDFy-38135539, salah satu galaksi tertua dan paling awal yang pernah ditemukan, yang muncul tepat setelah Dark Age sekitar 480 juta tahun setelah Big Bang.

Quote:
9 Miliar Tahun Setelah Big Bang


[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Bintang-bintang paling awal terbentuk ketika alam semesta berusia 300 juta tahun. Mereka berusia pendek dan supermasif. Sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium serta tidak mengandung logam.
Bintang-bintang tersebut meledak menjadi supernova pertama dan generasi berikutnya tercipta dari sisa-sisa matahari awal. Analisis spektrum cahaya matahari menunjukkan bahwa sisa-sisa matahari awal kaya akan logam.
Sumber daya matahari adalah misteri sampai kemudian fisikawan Jerman, Albert Einstein, pada tahun 1905 menyatakan bahwa materi dapat dikonversi menjadi energi dengan persamaan E=mcˆ2. Pada tahun 1920, astrofisikawan Inggris, Sir Arthur Eddington menyarankan bahwa matahari mungkin mendukung sebuah reaktor fusi nuklir yang menghasilkan panas dan energi cahaya dengan mengubah hidrogen menjadi helium.
Studi spektrum cahaya matahari dan bintang lainnya menumbuhkan konfirmasi bahwa proses fusi nuklir menciptakan unsur-unsur atom.

Quote:
Alam semesta sekarang

[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

Para ilmuwan telah mengumpulkan gambaran yang mengesankan dari sejarah, asal usul dan sifat alam semesta kita. Namun, kita tidak tahu segala sesuatu yang perlu diketahui. Masih banyak pertanyaan dalam bidang fisika dan kosmologi.
Sebagai contoh:
Apakah materi gelap dan apakah hal itu benar-benar ada?

Mengapa ekspansi alam semesta tampak cepat?

Bagaimana bentuk aktual dan ukuran alam semesta dan berapa banyak dimensi yang dimilikinya?

Bagaimana nasib akhir alam semesta?


Sumber

Dunia Koma

sekiaan trit ane gan
semoga bermanfaat bagi agan semuanya emoticon-Malu (S)
bagi yang berkenan,timpukin ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya dong dooong dooong emoticon-Blue Guy Peace
jangan lupa Comment +emoticon-Rate 5 Star juga yaa emoticon-shakehand
ilmu pengetahuan yang berguna gan!!
makasih
-maaf-
dopost
Quote:Original Posted By enggaengga
sfasfasf


sakau pertamax ya gan?!
subhanallah
alam semesta tuh seru banget buat dibahas.. emoticon-Matabelo
subhanallah emoticon-Belo








nitip yak emoticon-Big Grin



[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

joget dulu yuk bang emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for joget:


Quote:
maicih lagi turun harga lhoo :genit: klik!
[CENTER][Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta[/CENTER]
mau jadi reseller/dropshipper maicih? boleh kok :)


[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta
add my blackberry pin :22EEBE30
[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta
anjir lengkap banget infonya...
nice share gan!emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By harkrevenge
ilmu pengetahuan yang berguna gan!!
makasih


sama-sama gan emoticon-Big Grin
semoga bermanfaat emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By harkrevenge
sakau pertamax ya gan?!


bukan gan, soalnya ada lanjutan tadi
takut aja ada yang ngambil buat post lanjutannya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By enjangdarmawan
subhanallah


Quote:Original Posted By sikurap3
alam semesta tuh seru banget buat dibahas.. emoticon-Matabelo
subhanallah emoticon-Belo








nitip yak emoticon-Big Grin



[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta

joget dulu yuk bang emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for "joget":



[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semestaadd my blackberry pin :22EEBE30
[Knowledge] Sejarah dan Struktur Alam Semesta


emang gan, masih banyak misteri diluar sana emoticon-Belo

Quote:Original Posted By ang.inUe
anjir lengkap banget infonya...
nice share gan!emoticon-2 Jempol


semoga bermanfaat yaa gan emoticon-Big Grin

jangan lupa emoticon-Rate 5 Star
subhanallaaaaahh... itu semua berkat kekuasaan tuhan gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Mang.Kodeng
subhanallaaaaahh... itu semua berkat kekuasaan tuhan gan emoticon-Malu (S)


yaaak, setujuu bangeet om !! emoticon-Smilie
no comment ane gan... yang jelas luar biasa deh !

tooop emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By Gahwe.Heb
no comment ane gan... yang jelas luar biasa deh !

tooop emoticon-thumbsup


semoga bermanfaat yaa gan emoticon-Big Grin

jangan lupa emoticon-Rate 5 Star
nambah wawasan lg gan... nice inpo emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By reunion2727
nambah wawasan lg gan... nice inpo emoticon-thumbsup


maksi gan emoticon-Big Grin
subhanalloh ane baru tau gan..
super duper nice info gan..
sayang ane blum ISO gan,di bantu rate aja..
Quote:Original Posted By unrebel
subhanalloh ane baru tau gan..
super duper nice info gan..
sayang ane blum ISO gan,di bantu rate aja..


makasi banget gan, kali aja bisa jadi HT

biar trit ane bermanfaat juga bagi yang lain emoticon-Smilie
ane sih masih bingung gan ada yang bilang bumi itu bunda (kayak id momod emoticon-Hammer) tapi ada yang bilang bumi itu datar dan oval emoticon-Bingung (S)




emoticon-Selamat selamat ya gan dapet +1 emoticon-Cendol (S) dari ane emoticon-Shakehand2


yang mau dapet cendol emoticon-Cendol (S) atau bata emoticon-Bata (S) masuk aja >>> DISINI
wuih..keren n lengkap banget! nais trit gan! emoticon-thumbsup

selamat datang di ind*mar*t - lumayan buat yang ngejar ISO:
Jantung juga bisa Rematik?? (masup gan!!)
Penampakan Lebaran di P*M jam 12:04
[ASK]Posting di atas 500, masih jadi nubie????
[ASK] Kenapa terminator kalau landing gak pake baju?
Iblis ditemukan dalam detail Giotto fresco di Italia Assisi
[KUIS] Hayoooo... Para Aganwati, Wajib Masup!!!