alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011219423/wow-ketombe--definisi--gejala--penyebab--faktor-resiko--cara-mengatasi
Breaking News! 
icon-hot-thread
[WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi
[WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi

Sebelum Melanjutkan Jangan Lupa
emoticon-Rate 5 Star
Dulu Gan Biar Manteb
Sory Mayori Nih Kalo

emoticon-Repost (S) emoticon-Repost (S) emoticon-Repost (S)
[quote=]KETOMBE[/quote]

Quote:Ketombe adalah kondisi kronis dimana terjadi kerontokan pada kulit kepala, yang ditandai dengan gatal dan pengelupasan kulit kepala. Meskipun ketombe tidak menular dan jarang yang serius, tetapi hal ini bisa memalukan dan terkadang sulit untuk diobati. Berita baiknya, ketombe biasanya dapat dikontrol. Pada kasus yang ringan, hanya membutuhkan tidak lebih dari mencuci rambut setiap hari dengan pembersih yang lembut. Pada kasus yang lebih sulit, seringkali membutuhkan sampo medis.

Quote:
GEJALA | Pada banyak remaja dan orang dewasa, gejala ketombe mudah dilihat yaitu serbuk putih, serpihan kulit mati pada kepala yang berminyak berupa titik-titik pada rambut dan pundak dan terasa gatal.

Jenis ketombe yang disebut cradle cap dapat terkena pada bayi. Penyakit ini, yang menyebabkan kerontokan kulit kepala, adalah yang paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir, tetapi dapat terjadi setiap waktu sampai pada masa kanak-kanak. Meskipun menjadi peringatan bagi orang tua, cradle cap tidak berbahaya dan biasanya hilang seiring dengan waktu.



PENYEBAB | Ketombe dapat memiliki beberapa penyebab, yaitu :

  • Kulit kering. Kulit kering adalah banyak penyebab kegatalan dan kerontokan kulit kepala. Serpihan dari kulit kering secara umum lebih kecil dan sedikit berminyak daripada kasus lain dari ketombe.
  • Iritasi, kulit berminyak (seborrheic dermatitis). Kondisi ini sering menyebabkan ketombe. Ditandai dengan kemerahan, kulit berminyak yang tertutup serpihan putih atau sisik kuning. Seborrheic dermatitis berakibat tidak hanya pada kulit kepala tetapi juga area lain yang memiliki banyak kelenjar minyak, seperti alis mata, sisi hidung dan di belakang telinga, dada dan terkadang pada ketiak.
  • Sering tidak menggunakan sampo. Jika anda tidak membersihkan rambut secara teratur, minyak dan sel kulit pada kulit kepala dapat terbentuk, yang menyebabkan ketombe.
  • Psoriaris. Penyakit kulit ini menyebabkan akumulasi sel kulit yang mati membentuk sisik perak. Psoriaris biasanya terjadi pada lutut, siku, dan bagian badan lain, tetapi juga dapat terjadi pada kulit kepala.
  • Eksim. Jika anda memiliki eksim pada kulit kepala, kemungkinan anda akan terkena ketombe.
  • Sensitivitas terhadap produk perawatan rambut. Terkadang sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau cat rambut dapat menyebabkan kemerahan, gatal, dan kerontokan kulit kepala. Mencuci rambut dengan sampo terlalu sering atau menggunakan terlalu banyak produk untuk rambut juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, yang menyebabkan ketombe.
  • Ragi-seperti jamur (malassezia). Malassezia hidup di kulit kepala pada banyak orang dewasa tanpa menyebabkan masalah. Tapi terkadang jamur ini tumbuh diluar kendali dan memakan minyak yang keluar dari pori-pori kepala. Ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan banyak sel kulit tumbuh. Kelebihan sel kulit akan menyebabkan sebagian sel tersebut mati dan jatuh



FAKTOR RESIKO | Hampir semua orang memiliki ketombe, tetapi faktor tertentu dapat membuat anda lebih rentan:

  • Usia. Ketombe biasanya dimulai pada saat usia muda. Tapi bagaimanapun juga bukan berarti orang dengan usia lanjut tidak memiliki ketombe. Untuk beberapa orang masalah ini dapat berlanjut untuk waktu yang lama.
  • Laki-laki. Karena lebih banyak laki-laki memiliki ketombe, beberapa ilmuan berpikir hormon laki-laki memiliki peran dalam mengakibatkan ketombe. Laki-laki juga memiliki lebih banyak produksi minyak kulit dan rambut yang berkontribusi menyebabkan ketombe.
  • Rambut dan kulit kepala yang berminyak. Malassezia memakan minyak pada kulit kepala. Untuk alasan itu, memiliki minyak pada kulit dan rambut secara berlebih membuat anda lebih rentan berketombe.
  • Diet yang salah. Jika diet anda kekurangan makanan yang mengandung zat besi, vitamin B atau lemak jenis tertentu, anda lebih mudah untuk berketombe.



CARA MENGATASI | Beberapa cara mengatasi ketombe:

  • Hindari menggaruk-garuk kulit kepala agar tidak terjadi lecet pada kulit kepala yang akan memperparah ketombe.
  • Gunakan shampo anti ketombe yang mengandung bahan aktif Zinc Pyrithione (ZPT) secara teratur.
  • Lakukan pergantian terhadap shampo anti ketombe yang anda pakai untuk menghindari resistensi dari jamur penyebab ketombe.
  • Hindari stres.
  • Jangan gunakan gel, minyak rambut atau hair spray secara berlebihan.
  • Jagalah kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala, makan makanan yang mengandung vitamin B, misalnya, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran yang berwarna hijau tua.
  • Konsumsi juga bahan makanan yang mengandung zinc untuk memelihara aktifitas kelenjar minyak, misalnya ikan, kuning telur, daging, kedelai dan biji-bijian.
  • Apabila tetap membandel anda bisa mengunjungi dokter, untuk penanganan yang lebih lanjut terhadap ketombe anda.


[quote=]Sumber
http://health.kompas.com/direktori/yourbody/9/Ketombe#detail
[/quote]

Trit ini cuma punya
[WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi
[WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi
reserved fo TS update emoticon-Smilie
Gw ketombean gan,cuma gw karena genetik.
Ga cuma kulit kepala aja gan yg kering.Muka gw jg kering banget,suka ngelupas kulitnya emoticon-Frown.Jadi mesti pake pelembab,dan shampo yg dipake mesti ada pelembab jg,cuma yg anti ketombe.
Hati2 aja yg ketombean,kalo di lantai ga dibersihin,kecoak suka ngumpul,krn mereka doyanemoticon-Takut
dolo ane ketombean sekarang sudah berkurang sejak menggunakan sampo tidak ganti2
bantu emoticon-Sundul:
emoticon-Rate 5 Star
Temen ane pernah ketombean parah bgt..., trs dia dianjurin creambath ama temennya lg...
Trs stlh rajin creambath ketombe-nya hilang...
emoticon-Mewek gw juga ketombean juga , , tp klo ga keramas sehari aja , ,ketombenya dateng lagi emoticon-Hammer2

kadang bisa kek hujan salju , , lebih baek potong rambut deh pendekein biar bersih rambutnya emoticon-Hammer
alhamdulillah gan, skrg ane udh kaga ketombean
nice share infonya gan TSemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Karamiko
Gw ketombean gan,cuma gw karena genetik.
Ga cuma kulit kepala aja gan yg kering.Muka gw jg kering banget,suka ngelupas kulitnya emoticon-Frown.Jadi mesti pake pelembab,dan shampo yg dipake mesti ada pelembab jg,cuma yg anti ketombe.
Hati2 aja yg ketombean,kalo di lantai ga dibersihin,kecoak suka ngumpul,krn mereka doyanemoticon-Takut

makasih gan info nya
sahre nya mudah2an bisa bermanfaat untuk kaskuser yg laen
Quote:Original Posted By prophetlove
dolo ane ketombean sekarang sudah berkurang sejak menggunakan sampo tidak ganti2
bantu emoticon-Sundul:
emoticon-Rate 5 Star

iya gan emang itu salah satu penyebab nya
Quote:Original Posted By babeh9694
Temen ane pernah ketombean parah bgt..., trs dia dianjurin creambath ama temennya lg...
Trs stlh rajin creambath ketombe-nya hilang...

iya klo ada uang sih bisa rutin gan , palagi skr ckrimbat mahal banget
Quote:Original Posted By olerzemo
emoticon-Mewek gw juga ketombean juga , , tp klo ga keramas sehari aja , ,ketombenya dateng lagi emoticon-Hammer2

kadang bisa kek hujan salju , , lebih baek potong rambut deh pendekein biar bersih rambutnya emoticon-Hammer

itu pasti ada kelainan gan
mungkin sampo agan ganti2 kali
Quote:Original Posted By rintodes
alhamdulillah gan, skrg ane udh kaga ketombean
nice share infonya gan TSemoticon-Big Grin

sama sama gan makasih
pala ane sring gatal nih, apa akibat dr ketombe ya [WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi
waduh penting ni kebetulan ane terkadang ketombean kalo pas salah sampo
ane ketombean gan emoticon-Frown ternyata ketombe gara" jarang sampoan emoticon-Big Grin
hhi ane sakrang jadi ketombean waktu manginjak SMA..








[WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi
ngaskusgalek
Ketomber berarti kulitkepala kita tdk sehat ya om
kira2 sampo yg ampuh apa yh gan??
dah nyoba brpa sampo ttp ajh ketombe ada lagi emoticon-Frown
nice share emoticon-Angkat Beer
wah..untung ane gak ada ketombe emoticon-Big Grin
tapi infonya bagus gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By wonxmbelinx
pala ane sring gatal nih, apa akibat dr ketombe ya [WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi

iya gan ente ketombean tuh
Quote:Original Posted By AleRiqwan
waduh penting ni kebetulan ane terkadang ketombean kalo pas salah sampo

jgn ganti2 gan
Quote:Original Posted By Daffa.O.F
ane ketombean gan emoticon-Frown ternyata ketombe gara" jarang sampoan emoticon-Big Grin

iyalah gan
kan kepala kita kotor
Quote:Original Posted By ngaskusgalek
hhi ane sakrang jadi ketombean waktu manginjak SMA..








[WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi
ngaskusgalek

hrs di perhatikan tuh gan
Quote:Original Posted By antonius joje
Ketomber berarti kulitkepala kita tdk sehat ya om

iya gan , sesuai sumber yg ane dapet , dan jgn ganti2 sampo gan klo bisa
Quote:Original Posted By Caesarkonyol
kira2 sampo yg ampuh apa yh gan??
dah nyoba brpa sampo ttp ajh ketombe ada lagi emoticon-Frown
nice share emoticon-Angkat Beer

blm ada yg cocok tuh gan
lengkap amir om emoticon-Belo
penjelasannya
pasti HT nih emoticon-Angkat Beer
wahhh kebetulan nih,,, ane sering ketombean emoticon-Big Grin
nice thread gan emoticon-Toast
kalo menurut pengalaman sih, depresi bisa menyebabkan ketombean. bahkan sampe byk bgt ketombena. [WoW] KETOMBE : Definisi | Gejala | Penyebab | Faktor Resiko | Cara Mengatasi

ane masih blom ada ketombe emoticon-Embarrassment emoticon-Big Grin
emoticon-Rate 5 Star ahh