alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011087838/share-bagaimana-cara-memotret-kembang-api-masuk-sini
Ngakak 
[SHARE] Bagaimana Cara Memotret Kembang Api? (MASUK SINI)
Quote:[SHARE] Bagaimana Cara Memotret Kembang Api? (MASUK SINI)

Quote:[SHARE] Bagaimana Cara Memotret Kembang Api? (MASUK SINI)

Quote:Bukti no repost
Spoiler for norepost:



Quote:Tips and Trick Memotret Kembang ApiQuote:Meskipun tahun baru masih lama sekitar 2 bulanan lagi tapi ga ada salahnya lah ane bikin thread ini, itung-itung persiapan buat nanti. Oke, Agan-agan dan Sist. pasti tau kan kembang api, yaitu atraksi yang selalu ada tiap tahun, berupa percikan api yang indah diiringi gema suara ledakan di angkasa. Dengan keindahannya pasti banyak yang ingin mengabadikannya dalam sebuah foto, tapi sayang foto yang keambil suka gelap, kan. Nah, ternyata dalam memotret kembang api itu ga sembarang jepret, terdapat teknik-tekniknya, diantaranya.
Quote:Buatlah perencanaan akan gambar yang akan diambil

Untuk gambar yang terbaik dibutuhkan suatu perencanaan. Idealnya, anda ingin mendapatkan sudut yang baik untuk mengambil foto kembang api - foto yang mengkombinasikan kembang api dengan landmark lokal atau sesuatu yang berarti bagi anda. Maka, anda harus datang lebih awal untuk mendapatkan lokasi yang bagus, lalu bersiap-siaplah untuk mengambil gambar kembang api yang pertama. Mengapa, karena asap kembang api akan menutupi sebagian landmark yang akan diambil, jadi ambilah foto saat kembang api yang pertama karena asap yang ada masih sedikit, sehingga anda dapat mendapatkan "efek tanah" dan "efek udara" secara sempurna. Jika, asap sudah membumbung banyak maka akan lebih baik untuk menggunakan lensa zoom dan penuhi frame dengan satu atau dua ledakan penuh, sehingga menimbulkan kesan abstrak.

Contoh Foto Landmark Fireworks yang Baik

Spoiler for fireworks:
Spoiler for fireworks:

Contoh Foto Landmark Fireworks yang Kurang Baik

Spoiler for fireworks:

TIPS
  • Jika anda menggunakan lensa zoom, cobalah untuk menemukan gambar abstrak atau rinci dalam tampilan kembang api. Waktu paparan umumnya jauh lebih pendek (sekitar 1 detik) dari tembakan sudut lebar biasa. Disinilah keuntungan dari fotografi digital - anda dapat mengambil banyak gambar yang berbeda dengan cepat. Banyak gambar yang akan gagal, tapi gambar yang berhasil diambil dengan baik akan sangat indah.
  • Perhatikan warna. Warna yang berbeda akan menghasilkan kembang api dengan berbagai tingkat kecerahan. Kembang api biru biasanya cukup redup. Jingga dan merah terang dan hijau umumnya sangat terang.


Quote:Kamera Digital/Film SLR

Untuk kamera SLR sepertinya tidak terlalu bermasalah soal memotret kembang api, apalagi kamera SLR yang mahal. Tapi, jika anda tidak terbiasa memotret malam hari atau tidak pernah memotret kembang api, tips-tips berikut mungkin dapat membantu anda.
  • Gunakan kecepatan shutter lambat.

Ini akan memastikan anda dapat melihat dengan jelas "jejak" dalam gambar kembang api anda sebagai partikel terbakar menyebar dan mulai jatuh ke tanah, cahaya yang terbakar ke dalam gambar.
  • Gunakan Tripod

Membiarkan shutter terbuka berarti anda perlu menstabilkan gambar untuk menghindari efek blur. Jika anda menahan kamera yang berat agar tetap stabil sambil menunggu kembang api muncul itu sangatlah mustahil. Maka ambillah tripod, monopod atau setidaknya permukaan datar dan stabil untuk menahan kamera anda tetap diam.
  • Gunakan Shutter Release Cable

Kabel ini fleksibel dan berongga dengan plunger pegas didalamnya - yang membuat anda menekan mekanisme shutter tanpa harus menyentuh kamera sama sekali, sehingga dapat mengurangi efek blur. (DSLRs modern / SLR cenderung memiliki shutter release cable khusus)
  • Atur ISO ke pengaturan terendah.

Dapat mengurangi graininessdan noise yang dapat terjadi karena pengaturan ISO yang tinggi.
  • Dialpada low f/stop.

Idealnya antara f/8 dan f/16.
  • Atur fokus ke infinity.

Juga, pastikan untuk mematikan pengaturan auto-fokus jika kamera anda memilikinya. Jika memungkinkan, fokus pada jarak 'hyperfocal' yaitu titik dimana infinityditepi kedalaman field anda, sehingga anda mendapatkan sebanyak mungkin dari latar depan dalam fokus.


TIPS
  • Cobalah memotret beberapa semburan kembang api dalam satu gambar. Meninggalkan shutter selama 30 sampai 40 detik pada suatu waktu untuk menangkap beberapa ledakan. Hanya pastikan untuk menutupi lensa antara ledakan untuk meminimalkan jumlah ambient yang muncul. Tutuplah lensa dengan tangan anda, t-shirt hitam atau apa pun yang gelap dan non-reflektif. Jangan menyentuh atau membentur kamera saat anda sedang menutupinya.
  • Untuk pendekatan yang berbeda, memotret dengan cara dipegang tangan tanpa tripod, menggunakan kecepatan shutter yang lebih cepat dan ISO yang lebih tinggi. Anda juga akan kembali menyesuaikan f/stop, jika tidak gambar anda akan terlalu gelap. Anda tidak akan mendapatkan "jalur" cahaya kembang api yang banyak, tetapi anda akan mendapatkan tingkat detail yang lebih tinggi dalam ledakan yang sebenarnya.
  • Pendekatan lain adalah menggunakan waktu paparan yang lama untuk membuat beberapa tembakan trippy dari kembang api, hanya biarkan kamera menunjuk ke arah yang benar ketika sedang mengambi foto.


Quote:Point and Shot Camera / Kamera Digital

  • Gunakan pengaturan efek kamera yang memiliki eksposur yang panjang

Beberapa kamera menyebutnya night mode atau modus malam, jika ada mode tersebut pilihlah jika tidak ada gunakan mode lainnya yang memiliki waktu eksposur yang panjang.
  • Gunakan ISO yang rendah.

Menggunakan ISO rendah dapat meminimalisir cahaya ambienttertangkap kamera dan dapat mengurangi noise yang berlebihan pada foto, namun jika terlalu gelap naikan sedikit tingkat ISO nya.
  • Atur Fokus

Aturlah fokus ke infinitybila kamera memiliki fiturnya, jika tidak pilih mode landscape, kecilkan kecepatan shutter dan ISO. Matikan auto focus.
  • Gunakan mode kembang api

Gunakan mode kembang api jika kamera anda memiliki fitur mode tersebut.
  • Stabilkan

Menggunakan shutter pada kamera membuat hasil tangkapan mudah blur, maka stabilkanlah kamera anda pada objek yang kokoh seperti tempat yang datar, atap mobil dan akan lebih baik lagi menggunakan tripod, dsb.
  • Gunakanlah Timer.

Gunakanlah timer dan aturlah waktu secukupnya. Timer disini berfungsi untuk mengatur tembakan, menstabilkan kamera anda sampai gambar berhasil tertangkap. Hal ini memastikan kamera anda tidak mengalami guncangan ketika anda menangkap gambar.
  • Matikan flash.

Tidak ada alasan sama sekali menggunakan flash untuk menangkap gambar kembang api. Matikanlah



Quote:CONTINUE TO POST #2
Quote:Tips and Trick Memotret Kembang ApiQuote:¤¤¤ CONTINUE FROM ABOVE ¤¤¤
Quote:Mobile phone camera
  • Mendekatlah pada sumber ledakan kembang api.

Dengan kekuatan lensa yang terbatas, lensa zoom yang sangat kurang, maka untuk mendapatkan hasil tangkapan foto yang terbaik berdirilah dekat dengan ledakan kembang api (di bawah kembang api lebih baik). Namun, jika lokasi ledakannya di atas danau, sungai atau area yang tidak mungkin dapat di injak, trik ini sangatlah mustahil untuk dilakukan.
  • Latihan dan latihan

Dengan keterbatasan fitur kamera pada ponsel, tidak banyak trik yang dapat dilakukan untuk memotret kembang api. Maka, untuk mendapatkan gambar kembang api yang baik anda harus mengembangkan skill memfoto anda, dengan cara latihan dan latihan.

  • Bereksperimen.

Lakukan gerakan-gerakan ketika anda memotret kembang api dengan ponsel anda seperti gerakan slide, twist, shakedan lainnya. Meskipun hasilnya cenderung blur, aneh dan sebagainya. Tapi akan terlihat artistik dan abstrak.


Quote:GALLERYQuote:¤¤¤ Gallery hasil pemotretan kembang api menggunakan tips dan trik diatas. ¤¤¤
Quote:SLR camera

Spoiler for firework:


Point and shot camera / digital camera

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:


Mobile phone camera

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:

Spoiler for firework:


Quote:This Thread Supported By :

[SHARE] Bagaimana Cara Memotret Kembang Api? (MASUK SINI)

Klik ! Untuk Berkunjung Ke Markas Good Thread Maker
[SHARE] Bagaimana Cara Memotret Kembang Api? (MASUK SINI)

Quote:Check out ! My other best threads, below.
Spoiler for My Thread:


Quote:Ditunggu emoticon-Rate 5 Star dan commentnya

Quote:Terima emoticon-Blue Guy Cendol (L) - Nolak emoticon-Blue Guy Bata (L)

Quote:Thanks buat yang udah ngasih ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Spoiler for Cendol:


Quote:Sumber
wah nice tips gan, tar ane pelajarin dulu trus ane praktekin dah, bukmark dulu yak,.
[quote=]
Monggo mampir ke trit bikinan ane gan, jgn lupa komeng n ratenya,.
Awas Pelecehan Sexual !!
Cara Mendeteksi Kematian
Susunan dan Fungsi Air Mata

[/quote]
Quote:Original Posted By ADEEKMOMON
wah nice tips gan, tar ane pelajarin dulu trus ane praktekin dah, bukmark dulu yak,.


ok gan, lagian taun barunya juga masih lama. emoticon-Rate 5 Star nya jgn lupa.
nice gan..emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
makasih info'a...buat bahan pembelajaran ane(maklum ane masih pemula gan emoticon-Malu (S)) makasih gan..ijin bookmarks yah emoticon-Big Grin

Quote:Quote:Mampir Ke Thread Ane gan
Quote: Sejarah Unik Tentang Republik Indonesia
avatar gratis (sedoooott) Free !!!
Interview dengan Tuhan
Aku tak selalu mendapatkan yang aku sukai
Asal Usul Accu (Accumulator)
Asal usul Nama "Rupiah"
Merenung 1 menit bisa menyelamatkanmu 1 hari (Keep It Simple Stupid)
[AMAZING]Menengok Eksotisnya Goa Lowo Di Trenggalek
Gimana perasaan agan-agan kalo kaya gini (miris)
Cara Test Keperawanan Cewek di Candi Porno
Jam 9 malam
Untuk Kakakku
Quote:Original Posted By meuren
nice gan..emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
makasih info'a...buat bahan pembelajaran ane(maklum ane masih pemula gan emoticon-Malu (S)) makasih gan..ijin bookmarks yah emoticon-Big Grin


tenang gan ane juga masih nubi kok emoticon-Malu (S), emoticon-Rate 5 Star nya jgn lupa.
wow teknik poto kembang api.. emoticon-Matabelo ane ga punya DSLR emoticon-No Hope btw lagi TA image processing malah share nih... emoticon-Peace
Quote:Original Posted By beruang89
wow teknik poto kembang api.. emoticon-Matabelo ane ga punya DSLR emoticon-No Hope btw lagi TA image processing malah share nih... emoticon-Peace


ane bikinnya dah lama gan, trus baru ada waktu sekarang buat nge share trit ini
jah, taun barunya juga masih lama mau praktek nya juga susah, kecepetan nih trit nya keluar.
nais share gan. emoticon-thumbsup
ane kiraiin tingal jepret doank klo moto kembang api, pantes hasil yang ane dapet gelap mulu. ternyata ada triknya toh.
Quote:Original Posted By kabayanboy
jah, taun barunya juga masih lama mau praktek nya juga susah, kecepetan nih trit nya keluar.


beli aja gan kembang api yang 50-rebuan trus ente latihan dulu pake itu.

Quote:Original Posted By anaztea
nais share gan. emoticon-thumbsup
ane kiraiin tingal jepret doank klo moto kembang api, pantes hasil yang ane dapet gelap mulu. ternyata ada triknya toh.


yoi, semua hal ada tips dan trik nya.
Ane emoticon-Bingung (S) gan, ISO itu apa ya? ISO 2000 (bisa cendol donk).
keren gan hasilnya emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By sayabukanartis
Ane emoticon-Bingung (S) gan, ISO itu apa ya? ISO 2000 (bisa cendol donk).


ISO adalah fitur didalam kamera yang mengindikasikan seberapa sensitif sensor kamera anda terhadap cahaya. semakin tinggi level ISO nya semakin sensitif terhadap cahaya.

nih ane sertain level dan penggunaan ISO nya dimana
[SHARE] Bagaimana Cara Memotret Kembang Api? (MASUK SINI)
malam hari pake ISO rendah, open shutter pula, trus flash dimatiin. ini maksudnya apa gan emoticon-Bingung (S), emg ga gelap gitu hasilnya malem hari kan ga ada cahaya. (tapi hasilnya oke-oke ya?)
Quote:Original Posted By buf2on
keren gan hasilnya emoticon-thumbsup:


tankyu gan, tapi itu bukan ane yang jepret. emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By dekirudake
malam hari pake ISO rendah, open shutter pula, trus flash dimatiin. ini maksudnya apa gan emoticon-Bingung (S), emg ga gelap gitu hasilnya malem hari kan ga ada cahaya. (tapi hasilnya oke-oke ya?)


cahayanya kan didapet dari pijaran ledakan api kembang api, pas kembang apinya baru meledak harus langsung di tangkap gambarnya. klo pake ISO tinggi bakal ada noise yang banyak, trus klo ga open shutter ntar bakalan sedikit pijaran kembang api yang ketangkap, pake flash juga bisa nimbulin noise.
pake kamera hempon juga bisa gan?? emoticon-Belo
Quote:Original Posted By hamriomusic4
cahayanya kan didapet dari pijaran ledakan api kembang api, pas kembang apinya baru meledak harus langsung di tangkap gambarnya. klo pake ISO tinggi bakal ada noise yang banyak, trus klo ga open shutter ntar bakalan sedikit pijaran kembang api yang ketangkap, pake flash juga bisa nimbulin noise.


wow, berarti ngambilnya pas banget ketika kembang api meledak. haduh pegel mata dong nungguinnya. emoticon-Frown
Quote:Original Posted By clubband30
pake kamera hempon juga bisa gan?? emoticon-Belo


bisa gan itu kan ada diatas tips nya pake kamera ponsel, cuma gitu karena fiturnya terbatas ya seadanya aja.

Quote:Original Posted By dekirudake
wow, berarti ngambilnya pas banget ketika kembang api meledak. haduh pegel mata dong nungguinnya. emoticon-Frown


wkwkwk, betul. selain siapkan kamera siapkan juga mata ente gan.
wah nice share.. sayang gak punya kamera gan.

pengen punya kamera dslr belum keturutan emoticon-Mewek