alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010407049/inilah-9-penyakit-yang-diwariskan-keluarga
Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga
Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga

Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga

Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga

Alhamdulillah Doubel HT, Bersyukur pada Allah SWT
Terimakasih MIMIN, CO-MIN, MOMOD, KASKUSER SEMUA

Spoiler for HT Ke-39 & Ke-40:
Quote:Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga

Sejarah keluarga memegang peranan penting dalam kondisi kesehatan seseorang. Misalnya jika dalam keluarga ada riwayat penyakit kanker, itu berarti kita atau anak-anak kita memiliki kemungkinan untuk mewarisi gen yang sama. Dengan kata lain risikonya untuk terkena kanker jauh lebih tinggi daripada risiko individu yang tidak memiliki gen tersebut.
Quote:Sejauh ini para ilmuwan telah mengidentifikasi gen-gen yang dapat meningkatkan sekitar 400 kondisi penyakit paling menonjol, seperti misalnya parkinson dan cystic fibrosis atau kondisi fatal yang disebabkan oleh mutasi genetik. Cystic fribrosis menyebabkan terbentuknya lendir lengket dan tebal di dalam paru-paru dan berbagai bagian lain.Quote:Kendati demikian beberapa penyakit tidak hanya disebabkan oleh gen tunggal melainkan akibat kombinasi beberapa faktor seperti pola makan dan gaya hidup. Sebut saja misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau skizofrenia.

Berikut ini beberapa penyakit beserta persentase tingkat risiko yang mengkin bisa diturunkan terkait riwayat yang dimiliki oleh anggota keluarga :
Quote:1. Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal atau kronis (dalam waktu yang lama). Hipertensi sering tidak disadari karena tidak bergejala. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pengukuran tekanan darah. Jika tidak segera diobati, dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

Risiko diturunkan: Menurut para ahli, jika salah satu orang tua Anda memiliki tekanan darah tinggi, risiko Anda mendapatkan penyakit ini sebesar 15 persen atau bahkan lebih tinggi.
Quote:2. Kolesterol tinggi

Dalam keluarga yang sama, kadang para anggotanya memiliki tingkat kadar kolesterol tinggi. keadaaan ini dalam ilmu kedokteran disebut Familial Hypercholesterolaemia (FH). FH disebabkan oleh perubahan gen dimana lemak tidak dimetabolisme dengan baik dalam darah dan menumpuk di arteri. FH merupakan satu contoh dari sifat genetik yang dominan, yang berarti bahwa seseorang memerlukan hanya satu gen abnormal untuk memiliki kondisi tersebut.

Risiko diturunkan: Dr Nigel Capps, dari Inggris mengatakan, jika salah satu orang tua Anda memiliki hiperkolesterolemia familial, maka Anda memiliki risiko 50 persen mendapatkan penyakit tersebut.
Quote:3. Hipotiroid

Hipotiroid terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroksin. Gejala yang muncul biasanya sering merasa kelelahan dan penurunan berat badan. Penyakit ini tujuh kali lebih mungkin terjadi pada perempuan.

Risiko diturunkan: Dr Mark Cohen, konsultan endokrinologi dari Spire Bushey Hospital, Hertfordshire mengungkapkan, memiliki saudara atau ibu dengan tiroid (kurang aktif), maka Anda memiliki risiko 20 kali lebih mungkin untuk mendapatkannya.
Quote:4. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar (juga dikenal gangguan manik depresi) adalah suatu kondisi yang menyebabkan periode depresi dan mania, biasanya dipicu oleh stres. Diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia di otak, dan pengaruh faktor genetik.

Risiko diturunkan: Jika ada orang tua yang memiliki penyakit ini, maka risiko untuk setiap anak-anak mereka mengalami hal sama adalah sebesar 10-15 persen.
Quote:5. Diabetes tipe 2

Umumnya gejala awal diabetes tipe 2 tidak dapat dideteksi. Risiko mengidap diabetes cukup tinggi jika keluarga, orang tua atau saudara Anda juga memiliki riwayat penyakit ini.

Risiko diturunkan: Jika ada salah satu orang tua dengan diabetes tipe 2, risiko penyakit itu diturunkan sebesar 15 persen. Tetapi jika kedua orang tua memiliki kondisi tersebut, risiko penyakit itu diturunkan kepada anak mereka sebesar 75 persen. Namun, faktor lain seperti kegemukan, malas olahraga dan makan yang tidak sehat dapat meningkatkan resiko.
Quote:6. Arthritis (radang sendi)

Osteoarthritis adalah jenis penyakit sendi yang disebabkan oleh keausan sendi dan merupakan salah satu dari keluarga besar penyakit arthritis yang paling sering terjadi. Penyakit ini mempengaruhi sekitar 80 persen orang pada suatu waktu dalam kehidupan mereka.

Risiko diturunkan: Banyak masyarakat yang menganggap kalau osteoartritis adalah penyakit yang diturunkan. Tetapi Dr. Sanggar mengatakan, kondisi seperti ini sebetulnya sangat jarang diwariskan. "Ini biasanya terjadi karena keausan pada sendi," katanya.
Quote:7. Motor Neuron Disease (MND)

MND adalah suatu penyakit mematikan yang sudah dikenal sejak abad ke-19. Karena relatif jarang ditemukan sering seorang dokter luput mendeteksi gejala-gejala penyakit ini bahkan banyak yang mendiagnosanya sebagai stroke.

Penyakit umumnya merusak sistem saraf sehingga menyebabkan otot lemah. Penyakit ini cenderung mempengaruhi orang berusia lebih dari 40 tahun dan lebih sering menimpa laki-laki. Penyebab pastinya belum jelas, tetapi penyakit ini bisa diturunkan.

Risiko diturunkan: Peneliti mengatakan, sekitar 10 persen penyakit ini dapat diturunkan jika Anda memiliki kerabat dekat dengan kondisi seperti tersebut.
Quote:8. Kanker payudara dan ovarium

Kanker payudara adalah kanker paling umum yang diderita kaum perempuan. Di Indonesia, kanker payudara merupakan salah satu penyakit penyebab terbesar kematian pada wanita. Sedangkan kanker ovarium, biasa dikenal dengan "silent killer", menduduki peringkat ke-lima sebagai penyebab kematian pada wanita akibat kanker.

Risiko diturunkan: Menurut penelitian sementara 90 persen kasus tidak diwariskan. Hanya 5-10 persen kanker payudara disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan dari satu ibu atau ayah. Mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 adalah yang paling sering. Perempuan dengan mutasi ini memiliki risiko terkena kanker payudara sampai 80 persen. Meningkatnya risiko kanker ovarium juga dikaitan dengan mutasi gen ini.
Quote:9. Parkinson

Penyakit parkinson dimulai secara samar-samar dan berkembang secara perlahan. Pada banyak penderita, pada mulanya parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. Penyakit ini cenderung diturunkan, walau terkadang faktor genetik tidak memegang peran utama. "Sekali lagi, ini adalah kondisi multi-faktorial," kata Dr Walker.

Risiko diturunkan: Menurut Walker, mereka yang mempunyai orangtua, saudara atau kerabat dekat dengan gangguan parkinson, maka dua kali lipat lebih mungkin untuk mengalami hal serupa.
Quote:SumberQuote:Hargai TS Dengan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) +emoticon-Rate 5 Star
Quote:Library Thread by: a.k.a.rintodes
emoticon-Selamat emoticon-Ultah
Selamat Ulang Tahun Kota Yogyakarta Ke-255

[Renungan] Mari Selamatkan Hari Tua Anda

[Renungan] Hidup Ini Jalani Saja

Berbuat yang Terbaik untuk Hari ini

Keajaiban Akar Tumbuhan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Keindahan Pulau Salando, Terluar Indonesia

Milford Sound, Tujuan Wisata Paling Terkenal di Selandia Baru

Lima Makanan Sehat dari Negeri Seberang yg Mungkin Blm Anda Ketahui!

[Amazing] Berkunjung ke Museum Sains, London

Kiat Gaya Hidup Hijau di Rumah Kita

Manfaat Minum Air Putih Saat bangun Tidur

Budaya-budaya Aneh Yang Jarang Kita Temui

9 Trik Kurangi Cedera Saat Olahraga

Mari Berkunjung Ke Istana Gyeongbokgung, Korea

<<<Selengkapnya>>>

This Thread Supported By
Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga
emoticon-army:Click Banner For Visit Markas ANTIKemoticon-army:
Reservedemoticon-Rate 5 Star
semoga bermanfaatQuote:Original Posted By fathan.17
intinya pola hidup sehat sm olah raga teratur aja gan
walau ada sejarah dari keluarga, setidaknya bs meminimalisir
Quote:Original Posted By arfish
makasih infonya gan.... Ane ada warisan dari leluhur ane Hipertensi.. hadoh warisan kok penyakit klw harta melimpah sie happy.... emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By ivory_glories
menurut ane gan.. penyakit turunan spt diabetes, darah tinggi dsb itu bkn turunan gan.. itu terlebih krn pola makan dan gaya hidup dr satu keluarga shg anak2nya pun mendapatkan penyakit yang sama spt orang tuanya..

contoh : kebiasaan org tuanya suka makanan gula dan garam, otomatis anak2nya pun ikut makan bersama mereka dalam satu meja.
Perlu diketahui kebiasaan makanan gula berakibat diabetes dan kebanyakan makan garam meja berakibat hipertensi/darah tinggi.

Akhirnya banyak orang mengatakan ini adalah penyakit menurun dr orang tua atau penyakit turunan.. pdhl jika kedua orang tua atau dlm satu keluarga menerapkan pola hidup sehat dan menjaga pola makan insya Alloh tidak ada penyakit yg menurun. Karna pd dasarnya tidak ada penyakit menular (itu menurut Rosul).

Kita makan itu kan bersama masakan dari keluarga/orang tua kita gan.. nah kl pola makan mrk ga sehat otomatis kita pun mau ga mau ikut pula mengikuti pola makan yg tidk sehat. namanya jg anak atau dalam satu keluarga..

Mgkn kurang lbh spt itu gan.. CMIIW


Quote:Original Posted By dickdenz
ane kena tekanan darah tinggi gan, kata ibu ane sih tu penyakit turunan dari nenek ane, stelah baca trit ini ane jadi percaya kalau tuh penyakit dari keturunan...
nice inpoh gan...
thx...emoticon-2 Jempol
emoticon-I Love Kaskus
Quote:Original Posted By jefrii
Nice inpoh,gan...

Semuanya bisa dicegah,gan..
Agar olahraga teratur, makan yg teratur dan sehat..
Hidup dengan gaya hidup sehat itu penting juga,gan.


Quote:Original Posted By gokilforce
tambahan gan dari ane, ane mengalami sendiri (keluarga) bukan ane gan ehehe, ini kanker bakal kena pada saat turunan ke 4 dari keluarga yang mengidap kanker sebelumnya

Kanker Nasofaring adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Penyebab kanker nasofaring belum diketahui dengan pasti. Kanker nasofaring juga dikaitkan dengan adanya virus epstein bar.

Kanker nasofaring banyak dijumpai pada orang-orang ras mongoloid, yaitu penduduk Cina bagian selatan, Hong Kong, Thailand, Malaysia dan Indonesia juga di daerah India. Ras kulit putih jarang ditemui terkena kanker jenis ini. Selain itu kanker nasofaring juga merupakan jenis kanker yang diturunkan secara genetik.

Sampai saat ini belum jelas bagaimana mulai tumbuhnya kanker nasofaring. Namun penyebaran kanker ini dapat berkembang ke bagian mata, telinga, kelenjar leher, dan otak. Sebaiknya yang beresiko tinggi terkena kanker nasofaring rajin memeriksakan diri ke dokter, terutama dokter THT. Risiko tinggi ini biasanya dimiliki oleh laki-laki atau adanya keluarga yang menderita kanker ini.

Quote:Original Posted By nico_robin
diabetes sama tekanan darah tinggi yg bikin takut gan

ortu ane kena dua penyakit itu emoticon-Takut (S) emoticon-Berduka (S)


Yang sabar ya ganemoticon-Berduka (S)
semoga ente tdk diwarisinyaemoticon-Frown
wah bapak ane punya penyakit 1,9 tuh..
berarti ane punya juga dong ya emoticon-Mewek

btw nice thread gan emoticon-Big Grin
Nais inpoh gan
Wahh ane udah kena yang no 5 gan emoticon-Frown
buta warna juga bisa termasuk gan, CMIIW (Cendol Me If I Wronge) emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By penjual_keli2ng
buta warna juga bisa termasuk gan, CMIIW (Cendol Me If I Wronge) emoticon-Big Grin


Setubuh gan. Saudara ane juga ada yang kena emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
emoticon-Recommended Seller
mantap gan nambah ilmu
emoticon-thumbsup
tambah satu gan, Asam Urat juga turunan gan.. emoticon-Angkat Beer
wah ane pny kturunan gula neh... emoticon-Berduka (S)emoticon-Cape d... (S)

Thumbs up 

nice info gannnemoticon-Cendol (S)
keluarga ane g ad yg kena pnyakit itu..moga j ane g kna...
asma gak ada ya?
nice share gan emoticon-thumbsup harus hati-hati nih
NAIS INPHO GAN!!

BTW nih koq Ha I Pe Aid,Asma g ada di daftar ea?
waw...
bru tw klo kanker payudara juga bisa gr" kturunan...
Nice Inpoh Gan
penyakit jantung koq tidak dalam masuk urutan ya...
Bokap gue darah tinggi, emang pasti ada warisan dr orang tua emoticon-Big Grin Inilah 9 Penyakit yang Diwariskan Keluarga