alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009536502/troubleshooting-pc-game--harap-cek-page-1-dulu-sebelum-bertanya----part--3
Troubleshooting PC GAME -Harap cek Page 1 dulu sebelum bertanya- - Part 2
Gue bikin thread ini sebenernya karena gue ngeliat banyaknya thread yg dibikin di FG terkait dengan troubleshooting dalam PC GAME. Dan gue juga sering ngeliat ada beberapa pertanyaan yg sama yg diajukan. Namun, karena thread sebelumnya udah tenggelam, makanya banyak yg bikin Thread baru, padahal pertanyaan yg diajukan sama.

Makanya, kenapa nggak semua pertanyaan tentang masalah dalam PC Game, diajukan dalam satu thread aja?! Kenapa mesti repot mencari thread yg lama ataupun repot2 bikin thread baru buat nanya pertanyaan yg sebenernya dah pernah dijawab?! Dan itulah alasan gue bikin thread ini (disamping permintaan si Zuminten, sang moderator nan amit-amit kita)

NOTE:
1. Dimohon bantuannya kepada seluruh Kaskuser buat membantu dengan sungguh2 atas semua permasalahan yg ditanyakan. jangan Insulting!!
2. Buat yang berhasil ngasih jawaban yg memuaskan n memecahkan masalah yg ada berhadiah
GRP dari Zuminten (Tagih ke dia yah) emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Silakan kalian ajukan semua permasalahan dalam PC GAME kalian disini, baik masalah dalam instalasi, maupun masalah dalam memainkan gamenya (muncul pesan error, hang, gamenya tersendat-sendat)


RULES:
1. Dilarang Nge-junk!!!
2. Tanyakan hanya seputar PC GAME saja yah, untuk masalah Hardware bisa ditanyakan di Computer Stuff
3. Harap cek FAQ dihalaman 1 dulu sebelum mengajukan pertanyaan. jika permasalahan anda tidak ada di dalam FAQ baru tanyakan di thread ini.
4. Jangan marah-marah jika pertanyaan anda belum dijawab.
5. Patuhi General Rules FG!!!


Addendum:
1. Thread ini bersifat terbuka, siapapun BEBAS untuk bertanya maupun memberikan jawaban atas permasalahan yang ada.
2. Polling yang ada di thread ini dibuat oleh slave-nya Zuminten Dori Dori




regards;
--Night Walker--

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/5075332 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/882551 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Frequently Asked Questions

FAQ: (Updated October 25th, 2008)

emoticon-exclamationNOTE: This F.A.Q is Trully made by me, Night Walker and I NEVER post this F.A.Q outside this thread.

Berikut ini pertanyaan dasar tentang PC game yg sering diajukan:

Q: File game saya berupa .ISO, .nrg, .cue, .mds, .ccd, .de el el bagaimana menginstallnya?
A: Ekstensi file diatas adalah image disc. Gunakan program Pembaca Image seperti daemon-tools, alcohol 120%, atau yg lainnya. Mount file game tersebut pada program yg kamu gunakan.

Q: Bagaimana cara menggunakan daemon-tools?
A: Untuk versi lama: Setelah instalasai selesai, lihat di pojokan sebelah kanan, ada tanda petir merah. klik kanan pada tandatersebut lalu pilih-->Emulation-->All Option on. Perhatikan, tanda Petir MERAH berubah jadi HIJAU!!
Setelah itu, klik kanan sekali lagi pilih Option --> Centang opsi Secure Mode dan In Use Check.
Selanjutnya, pilih Virtual CD?DVD Rom n pilih Mount image, untuk men-mount image yg dikehendaki
Untuk versi baru: Ikuti petunjuk berikut ini:
Spoiler for :


Q: Saya sudah berhasil menginstalasi game, namun muncul pesan; "Please Insert original game". saya sudah memasukkan cd/dvd gamenya, namun pesan tersebut masih tetap muncul!
A: buka cd/dvd game anda dan cari folder bertuliskan "crack" disitu. Copy-Paste semua yg ada di folder itu ke directory instalasi game yg bersangkutan. Misalnya di C:\Program Files\..........

Q: HELP! tidak ada folder "crack" didalam cd/dvd game yg saya beli!
A: coba cek, apakah ada folder dengan tulisan seperti Reloaded, Vitality, Deviance didalam cd/dvd tsb? Jika ada itulah folder "crack", crack-an untuk game tsb ada didalam situ.

Q: Saya tidak menemukan adanya Serial Numbers didalam CD/DVD game saya.
A: Coba cek didalam folder "crack"-nya, apakah ada file dengan ekstensi .nfo didalamnya. jika ada buka file tsb dengan menggunakan text editor (Notepad, Wordpad, microsoft Word, dll) dan cari apakah ada Serial Numbers disitu. Atau, cari file yg berakhiran .exe, namun file tersebut bukanlah crack, biasanya file terbut berupa key generator untuk game yg bersangkutan.

Q: Saya mendownload/,membeli cd/dvd namun file didalamnya ada banyak dan berakhiran .001, .002, .003, dst bagaimana cara menginstalasinya?
A: Pertama, donlod dulu HJSplit, jalankan program tersebut dan pilih JOIN. Pilih dimana anda hentak meletakkan output dari hasil JOIN-an file2 tersebut. jika sudah selesai di gabung, barulah instalasikan game tsb.

Q: Saya mendownload/,membeli cd/dvd namun file didalamnya ada banyak dan berakhiran part1.rar, part2.rar, part3.rar dst bagaimana cara menginstalasinya?
A: Anda membutuhkan WinRAR untuk file seperti ini. Instalasikan WinRar setelah itu pilih file yg berakhiran part1.rar, kemudian klik kanan dan pilih dimana anda hendak meng-ekstract file tsb!

Q: Saya mendownload/,membeli cd/dvd namun file didalamnya ada banyak dan berakhiran .rar, .r00, .r01, .r02, dst bagaimana cara menginstalasinya?
A: Anda membutuhkan WinRAR untuk file seperti ini. Instalasikan WinRar setelah itu pilih file yg berakhiran .rar, kemudian klik kanan dan pilih dimana anda hendak meng-ekstract file tsb! --> [Thanx buat TrueMetalHead atas sarannya]

Q: Saya mendownload/,membeli cd/dvd namun file didalamnya ada banyak dan berakhiran .ace, .a00, .a01, .a02, dst bagaimana cara menginstalasinya?
A: Anda membutuhkan WinAce untuk file seperti ini. Instalasikan WinAce setelah itu pilih file yg berakhiran .ace, kemudian klik kanan dan pilih dimana anda hendak meng-ekstract file tsb!

Q: HELP!! Saya mendownload/membeli cd/dvd game, didalamnya terdiri dari beberapa file dengan ekstensi .001, .002, .003, dstnya. Menurut petunjuk diatas, saya harus menggabungkan file-file tersebut dengan HJSplit, namun setelah saya gabungkan, file tersebut tidak memiliki ekstensi, saya coba mount dengan Program Pembaca Image pun tidak dikenali. Saya juga sudah mencoba merename filenya dengan ekstensi: .ISO, .NRG, .BIN, .MDS, dsbnya teteap tidak dikenali oleh Program Pembaca image saya. Bagaimana caranya agar file tersebut dikenali dan bisa diinstalasikan?
(Contoh Kasus: Kasus 1, Kasus 2)
A: Anda membutuhkan sedikit trik untuk permasalahan seperti ini. Program yang anda butuhkan adalah WinRAR, bukannya HJSplit. Silakan ikuti trik berikut ini:
Spoiler for :

F.A.Q Continues....

Q: Kenapa saya tidak bisa menjalan kan suatu game? Tidak bisa masuk kedalam suatu game/hang ditengah permainan? Padahal instalasinya sudah benar dan sudah di crack
A: Mungkin ada masalah pada driver VGA kamu. coba cek ke situs VGA kamu apakah kamu sudah menggunakan driver yg terbaru. dan apakah VGA kamu sanggup untuk menjalankan game tsb.
-Untuk VGA nvidia cek disini
-Untuk VGA ATI cek disini
-Untuk VGA intel cek disini

Q: Kenapa saya sering sekali terlempar ke desktop ketika memainkan suatu game? Apa ada yang salah dengan sistem windows saya?
A: Ada beberapa kemungkinan penyebab untuk masalah seperti ini. Kemungkinan pertama adalah program yang berjalan di background, contohnya ada lah Yahoo! Messanger, Anti Virus, Download Manager, dll. Coba cek program apa saja yang berjalan di background dan matikan program tersebut sebelum anda memainkan game. Kemungkinan kedua adalah game nya itu sendiri yang memiliki bug. Tidak sedikit game yang memiliki bug yang dapat menyebabkan anda terlempar ke desktop ketika sedang memainkan game tersebut, seperti Viva Pinata contohnya. Untuk mengatasi ini segera cari patch dari game tersebut dan instalasikan.

Q: Saya menginstalasi game seperti Gears of War, universe At War, namun saya mengalami masalah dengan game2 tsb. padahal tidak ada masalah dengan sistem PC saya.
A: Game-game tsb menggunakan Windows LIVE. bagi yg menggunakan Windows XP, coba untuk menginstalasikan Windows LIVE versi terbaru, di;
Code:
http://www.microsoft.com/games/en-us/live/pages/livemarketplace.aspx


Q: Saya menginstalasi game dari cd/dvd, namun instalasinya tidak dapat diselesaikan?
A: Coba copy-paste isi cd/dvd ke HardDisk anda dan instalasikan dari hardDisk anda. jika dalam peng-copy-an anda menemukan pesan "CRC Read Error" berarti proses peng-copyan game tsb tidak sempurna. Solusi?! balikin ke yang jual minta tuker ma cd/dvd baru emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Q: Saya membeli/mendownload CD/DVD game, namun crack yang disertakan didalamnya terdeteksi sebagai virus oleh Anti Virus saya. Bagaimana mengatasinya?
A: Kemungkinan itu adalah false alarm yang dilakukan oleh Anti Virus anda. Untuk mengatasinya, ada dua solusi:
a.) Matikan dulu Anti Virus anda, barulah anda copy-paste crack-nya; atau
b.) Download crack baru! Coba cari group pembuat krack yang berbeda dari crack yang disediakan pada CD/DVD tsb. Misal: Jika krack yang dideteksi sebagai virus adalah keluaran Reloaded, maka download lah yang keluaran Vitality, Razor 1911, atau group lainnya.

Q: Dimana saya bisa mendownload crack-an untuk suatu game?!
A:Coba cari di situs-situs berikut ini:
Code:
www.gamecopyworld.com

www.gameburnworld.com


Q: Apakah ada program pembuat crack? Sehingga saya tidak perlu repot-repot mencari crack suatu game, jika game yang saya download/beli tidak disertakan cracknya?!
A: Program yang fungsinya mirip dengan itu sebenernya ada, namanya Game Jackal™ Pro. Sejauh yang telah saya coba, program ini dapat membuat supaya game-game yang tidak memiliki crack, dapat berjalan tanpa membutuhkan cd/dvd. Namun, hanya terbatas pada list game yang telah disupport oleh program ini saja. Game-game yang belum disupport oleh program ini masih belum bisa dijalankan tanpa cd/dvd. Cukup banyak game yang telah disupport oleh program ini, dan sebaiknya anda rutin mengunjungi situs pembuatnya untuk mendownload versi terbaru dari program ini.

Q: Saya mempunyai VGA yg men-support DirectX 10. Namun, kenapa saya tidak dapat meng-aktifkan feature DirectX 10 pada game yang saya mainkan? Saya menggunakan Windows XP.
A: Perlu diketahui Windows XP hanya mensupport DirectX hingga versi 9.0 saja. DirectX 9.0 yg terakhir adalah DirectX 9.0.c. Apabila anda hendak mengaktifkan featrure DirectX 10, harap gunakan Windows Vista.


Q: Apa saya bisa menginstal DirectX 10 pada Windows XP?
A: Tidak! Tapi saat ini memang banyak pihak-pihak yang membuat DirectX 10 yang dapat dijalankan pada lingkungan Windows XP (bukan proyek dari Microsoft). Jika anda menemukan DirectX 10 yg diklaim dapat berjalan pada Windows XP, sebaiknya anda tidak meng-instal-nya, karena dapat menyebabkan crash pada windows anda, selain performanya tidak akan dapat menyamai DirectX 10 pada Windows Vista.

Q: Apa saya perlu men-update DirectX saya dengan versi terbaru?
A: YA! Pada game2 keluaran terbaru, biasanya mensyaratkan anda meng-install DirectX keluaran terbaru (perhatikan bulan dan tahunnya). biasanya versi DirectX yg disyaratkan sudah tersedia didalam game yang bersangkutan. Jika tidak disediakan, harap kunjungi situs Microsoft untuk mendownload versi DiretX terbaru.

Q: Tolong!! DirectX saya mengalami masalah, setelah melakukan update DirectX, DirectX saya malah mengalami masalah. Apakah saya bisa meng-uninstall DirectX saya dan menginstalasikan yang baru?
A: Anda dapat men-uninstall DirectX anda dengan program DirectX Uninstaller seperti DirectX Happy Uninstall contohnya. DirectX Happy Uninstall sendiri telah men-support hingga DirectX 10.0. Jika anda menggunakan Windows XP dan ingin meng-unistall DirectX 9.0 anda, selain menggunakan DirectX Happy Uninstall, anda juga dapat menggunakan dx9uninstaller yang merupakan program kecil dan gratis.

Q: Apakah system saya sanggup untuk menjalankan game tertentu?
A: Harap cek minimum requirement untuk game tersebut. Atau, kunjungi situs-situs berikut ini untuk melihat apakah system anda mampu menjalankan game tersebut:
Code:
http://www.systemrequirementslab.com/referrer/srl

http://www.yougamers.com/



Sisanya ntar gue tambahin lagi klo ada masukan ato klo gue inget apa yg mesti ditambahin emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
ok, pertama:

driver vga versi berapa yg cocok buat 72 gs u/ maen batlefield 2?
^ emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:A: Mungkin ada masalah pada driver VGA kamu. coba cek ke situs VGA kamu apakah kamu sudah menggunakan driver yg terbaru. dan apakah VGA kamu sanggup untuk menjalankan game tsb.
Quote:Original Posted By geniuskidzz
ok, pertama:

driver vga versi berapa yg cocok buat 72 gs u/ maen batlefield 2?


emoticon-Nohope

Pake aja driver terbaru, tuh:

GeForce Release 175 WHQL
Version: 175.16
Release Date: May 16, 2008
Operating System: Windows XP, Windows XP Media Center Edition
Language: U.S. English
File Size: 37.9 MB

Linknya cek di nvidia.com
wuihh kerenn nih.... emoticon-Big Grin

tp wa lg demen maen game PS2 emoticon-Angkat Beer

emoticon-rose
bos,.tanya nih,.

Prtma spec pc ane :
1. proc : phenom x3 yg 2.3ghz
2. mobo : msi k9a2 platinum, support quad CF
3. VGA : saphire hd 3870 512 mb ddr4 (yg hrgnya 1,7) catalyst 8.5
4. ram : vgen 2gb pc 6400
5. monitor : view sonic CRT 17 inch
6. OS pke XP sp2, bajakan. lum update, ga pke inet pc yg ini,.wekekekeemoticon-Malu

masalah :
1. knpa pas men game gear of war, pc ane suka keluar yg ada send report apa dont send, tapi klo ga di close ntar bisa jalan normal lagi.
2. kok klo di over clock suka hang pc ane, di OC lewat catalistnya, ga dari bios.dan oc cuma ganti memory clok dikit doang.
3. masalh bru ditemuin sgtu aja,.mudah2an ga da yg aneh2 lagi,.

mohon sarannya bos,.
apa perlu ane update XP ane??
Quote:Original Posted By ryanuma2005
apa perlu ane update XP ane??


update catalyst coba

HELP...Ghost Recon 2..Advanced Warfighter!

Ane kan install GRAW2 gan..tp kok control di keyboardnya banyak yg gak jalan ya..misalnya ganti unit,gak bisa...perintah yg mau cuman move doank..yg attack,follow,cover dll..gak jalan! apa ada yg harus diinstall lg buat nyesuain control di keyboard biar sama kyk xbox (?)...mohon pencerahannya..nuhun!
ini pertanyaannya sama kayak yang ada di sebelumnya, cuma yang tadi belum dijawab udah di lock ama hansip, nih gan pertanyaan ane

gan ane kan mau nginstal company of heroes, nah pas 'preparing to install' ada tulisan kayak begini ga:

"the system cannot read from the specified device"

kalo ga salah kaya gitu gan, tolong dibantu ya gan
post na kok sama ya?post ke 6-10?emoticon-Bingung







A Clone Trooper Always Obey The Orders
Wah udah part 3 emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By kangdoel
Ane kan install GRAW2 gan..tp kok control di keyboardnya banyak yg gak jalan ya..misalnya ganti unit,gak bisa...perintah yg mau cuman move doank..yg attack,follow,cover dll..gak jalan! apa ada yg harus diinstall lg buat nyesuain control di keyboard biar sama kyk xbox (?)...mohon pencerahannya..nuhun!


Quote:Original Posted By ryanuma2005
bos,.tanya nih,.

Prtma spec pc ane :
1. proc : phenom x3 yg 2.3ghz
2. mobo : msi k9a2 platinum, support quad CF
3. VGA : saphire hd 3870 512 mb ddr4 (yg hrgnya 1,7) catalyst 8.5
4. ram : vgen 2gb pc 6400
5. monitor : view sonic CRT 17 inch
6. OS pke XP sp2, bajakan. lum update, ga pke inet pc yg ini,.wekekekeemoticon-Malu

masalah :
1. knpa pas men game gear of war, pc ane suka keluar yg ada send report apa dont send, tapi klo ga di close ntar bisa jalan normal lagi.
2. kok klo di over clock suka hang pc ane, di OC lewat catalistnya, ga dari bios.dan oc cuma ganti memory clok dikit doang.
3. masalh bru ditemuin sgtu aja,.mudah2an ga da yg aneh2 lagi,.

mohon sarannya bos,.

Coba install ulang Gamenya gan, ato pake Windows 7 aja
Quote:Original Posted By OhYeaah
ini pertanyaannya sama kayak yang ada di sebelumnya, cuma yang tadi belum dijawab udah di lock ama hansip, nih gan pertanyaan ane

gan ane kan mau nginstal company of heroes, nah pas 'preparing to install' ada tulisan kayak begini ga:

"the system cannot read from the specified device"

kalo ga salah kaya gitu gan, tolong dibantu ya gan


kalau install nya dari Drive DVD coba copy dulu aja ke HD

udah pake win 7 gan...

Quote:Original Posted By VRIK
Wah udah part 3 emoticon-Hammer2




Coba install ulang Gamenya gan, ato pake Windows 7 aja


kyknya ada yg pernah ngepost tmpt download emulator buat keyboard and mouse nya..tp lupa dimana tmptnya gan..mugkin agan tau..???emoticon-I Love Indonesia (S)
rumah baru nih ye emoticon-Big Grin
misi gan.. mau bagi2 ilmu

buat yg punya masalah Direct3d Devices pas maen game Lord of The rings (LOTR): Return of the Kings (ROTK) padahal DirectX, driver, dan speknya mencukupi, kayak gini:

Spoiler for LOTR:


agan harus Download 3d Analyzer gan.. cari aja di google.

Kalo udah punya 3d Analyzer, klik Select, pilih game LOTR nya (ROTK.exe) lalu atur jadi kayak gini:
Spoiler for setting:


lalu langsung klik Run, maen deh.
jadi kalo mau maen LOTR harus pake 3d Analyzer ini gan.
kalo ga bisa jg mungkin DirectX agan blm di update atau speknya beda.

jgn lupa sumbangan emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya ya gan emoticon-Big Grin

Fifa manager 2011

Troubleshooting PC GAME -Harap cek Page 1 dulu sebelum bertanya- - Part 3

pas mau install, abis klik next di page tiu, tiba tiba installernya langsung ke close abis itu gak mncul apa apa lagi... mohon bantuannya gan ! cendol siap diantar...