alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009158998/mengenal-asma-hindari-serangannya
Peringatan! 
::: Mengenal ASMA, Hindari Serangannya :::
Quote:WELCOME TO MY THREAD
Spoiler for bukti no repsol:

Quote:alhamdulillah udah di pilih jadi..
HOT THREAD #11
hatur nuhun buat mimin, momod, kaskus officer,
kaskuser semuanya..
emoticon-2 Jempol emoticon-thumbsup emoticon-2 Jempol

Spoiler for penampakan KASKUS 14 Juni 2011 ::: HOT THREAD ::::

::: Mengenal ASMA, Hindari Serangannya :::


Quote:Mengenal ASMA,
Hindari Serangannya


Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk, dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Quote:GEJALA dan TANDA

Secara umum gejala asma adalah sesak napas, batuk berdahak dan suara napas yang berbunyi ngik-ngik (mengi) dimana seringnya gejala ini timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh, hal ini karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi dan berbagai faktor lainnya.

Penderita asma akan mengeluhkan sesak nafas karena udara pada waktu bernafas tidak dapat mengalir dengan lancar pada saluran nafas yang sempit dan hal ini juga yang menyebabkan timbulnya bunyi ngik-ngik pada saat bernafas, dan batuk, khususnya pada malam atau dini hari. Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan yang terjadi dapat berupa pengerutan dan tertutupnya saluran oleh dahak yang dirpoduksi secara berlebihan dan menimbulkan batuk sebagai respon untuk mengeluarkan dahak tersebut.

Salah satu ciri asma adalah hilangnya keluhan di luar serangan. Artinya, pada saat serangan, penderita asma bisa kelihatan amat menderita (banyak batuk, sesak napas hebat dan bahkan sampai seperti tercekik), tetapi di luar serangan dia sehat-sehat saja.



::: Mengenal ASMA, Hindari Serangannya :::


Quote:PENYEBAB

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, alergen (zat yang menyebakan alergi), infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti , beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah;

* Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)

* Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)

* Asap rokok, dari perokok aktif dan pasif

* Refluks gastroesofagus (sering muntah)

* Udara dingin

* Emosi yang berlebihan, seperti marah atau ketakutan

* Beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

* Iritan (parfum, bau-bauan merangsang, household spray )

* Polusi udara dari luar dan dalam ruangan

* Infeksi saluran napas

* Exercise induced asthma, mereka yang kambuh asmanya ketika melakukan aktivitas fisik tertentu. Oahraga berlebihan, juga dapat mencetuskan serangan asma.

* Perubahan cuaca

* Makanan-makanan tertentu, Bahan pengawet, penyedap, pewarna makanan.

Quote:PENANGANAN

Perlu diberikan edukasi, antara lain mengenai asma, peranan terapi asma, jenis-jenis terapi yang tersedia, serta faktor pencetus yang perlu dihindari.

Pastikan pasien menggunakan alat untuk terapi inhalasi yang sesuai. Secara umum, terdapat dua jenis obat dalam penatalaksanaan asma, yaitu obat pengendali (controller) dan pereda (reliever). Obat pengendali merupakan profilaksis serangan yang diberikan tiap hari, ada atau tidak ada serangan/ gejala, sedangkan obat pereda adalah yang diberikan saat serangan.

Pengobatan asma secara cepat/jangka pendek yaitu dengan menggunakan obat pelega saluran pernafasan seperti inhaler dan nebulizer yang berfungsi menghentikan serangan asma.

Pengobatan jangka panjang yang berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan asma adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti steroid berfungsi untuk tetap membuat saluran pernafasan terbuka dan mengurangi pembengkakan.

::: Mengenal ASMA, Hindari Serangannya :::
Quote:semoga suatu saat kelak bisa bermanfaat emoticon-Smilie
Quote:
Spoiler for Perhatian:
Spoiler for yg udah ngasih ane cendol di trit ini:


::: Mengenal ASMA, Hindari Serangannya :::

Spoiler for Monggo di intip Markaz NTA:
Spoiler for komeng kaskuser, pilihan:

Spoiler for ada yg nanya nih, klo ada pendapat, pm TS-nya, ane angkut dimari, trims:
wiih serem jg ya gan emoticon-Takut (S)

Temen ane ada yg asma, kasian bgt pas kambuh


kunjungi trit ane yg lain
Quote:

Anda akan sukses meraih cita-cita, asal…

.:: Teori itu Mudah, So What?? ::.

TIDUR SIANG ternyata bisa mengatasi stress dan masalah

-= Logam-logam dalam tubuh kita yang mempengaruhi kesehatan =-

7 Tips Jitu Mengatasi Anak Manja

5 Tips Menahan Emosi Saat Memarahi Anak

Misteri pembuatan Candi Borobudur terkuak sudah

=================================================



Quote:
OR click here to see all my threads
waah.. ane bru tau neeh.. nice inpooo gan..
asma memang bisa menyerang kapan pun, sedia obat atau alat untuk mencegahnya emoticon-Kaskus Lovers

Spoiler for sekelumit cerita penderita asma:
Selalu menjaga kebersihan tubuh, ruangan dan lingkungan

emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

Quote:
Bagi yang Mau Belajar Kecerdasan Finansial, KUNJUNGI KLIK DISINI
sepupu gw asma gan,, kl kambuh seremm,, bikin paikkkemoticon-Bingung (S)
terima kasih infonya gan sangat berguna untuk ane yang punya masalah seperti ini..
ane dulu pernah asma gan tapi sekarang alhamdulilah udah agak mendingan emoticon-Big Grin
ncie inpo ya gan
wah,, kayanya ane ada gejala2 asma deh,, emoticon-Hammer2
ane kayanya kena asma deh, stiap malem kadang2 nafas susah.. trs batuk2 terus.. ane kaya ngap2an gtu gan.. emng menderita bgt kena asma gan.. jgn smpe kena ya gan.. jaga tubuh kita sndiri sperti mnjaga kdua orang tua kita.. ane gk bsa kasih apa2, cuma bisa rating doank gpp kan gan
boleh tuh bro infonyaemoticon-Selamat
teman ane ada yang terkena asma dan ternyata bener gejela nya seperti di sebutkan di atas emoticon-thumbsup

Quote:
10 Fakta Menarik Seputar Sakit Kepala
10 Tanda yang di Tunjukan oleh Tubuh dan Efeknya
11 Makanan Sehat Tapi Jarang Dikonsumsi
asma kalau sedang kambuh emang bikin deg2an broemoticon-Big Grin makasih nih tipsnya yah
mejeng dulu ah emoticon-Ngacir kebetulan nih sodara ada yang kena asma, ijin bukmark yah
ane kena asma sejak umur 3 gan .. parah .. tapi sekarang udah bisa ngendaliin ..



+ 1 lagi .. DILARANG emosi yang terlalu cth : terlalu bergembira terlalu sedih .. biar gak kambuh
dari lahir sampe skrg umur 26 asma ane msh suka kambuh,apalagi klo lagi dingin ma byk asap rokok emoticon-Nohope

sembuhnya lama trus susah obatnya emoticon-Hammer
haha udah di luar kepala semua tuh gan, soal nya gw asma.. emoticon-Big Grin

Inspiratif 
[update] ::: 18 Cara Cegah Asma Kambuh & Teknis PENANGANANNYA :::

Spoiler for 18 Cara Cegah Asma Kambuh:

Spoiler for Penanganan ASMA:
Quote:Original Posted By merrol69
asma itu penyebabnya karena alergi gan, jadi ada faktor keturunan di dalamnya,,,kalo keluarga ente gag ada yg kena asma, berarti kemungkinan ente terkena asma juga menurun..
tapi gag menutup kemungkinan org yang keluarganya gag punya asma juga bisa kena asma,,ibaratnya kayak cacar air, jadi kalo ada benda asing yang masuk ke pernapasan ente, terus di respon sama ntu sistem imun ato kekebalan, otomatis sistem imun kita memproduksi antibodi, persis dah kayak cacar air,, bedanya, klo aleri, sistem imun kita reaksinya terlalu berlebihan, akhirnya yang sebenarnya suhu dingin biasa, ato debu biasa gag perlu bikin pertahanan diri, tpi gara2 gangguan pada sistem imun, maka tubuh kita jadi berusaha nutup saluran pernapasan..jadi lah asma.......
Quote:Original Posted By punyenk
Ane pny asma dr kecil gan, dr balita mpe skrg umur 21 juga masih rajin kumat tuh asma,,
skrg aja ane ngepost sambil asma gan emoticon-Berduka (S)
oya sekedar share aja gan,, klo dr ane pribadi sih penyebab nya biasanya kalo kena debu juga gan,
tp ada juga satu lagi neh yg jarang dibahas, biasanya kalo makan yg banyak mengandung minyak jg kumat gan asmanya,,
jd kurangin makan yg berminyak buat penderita asma ya,,

klo obat sih biasanya yg pil minumnya aminophyllin, klo yg hisap mah ventolin inhaler, cuman kalo pake yg inhaler jgn sering2 soalnya jd ketergantungan gt ntar,,
sekian aja dr ane smg sdikit berguna bagi penderita2 asme yg laen ,,
semoga ane ga kena gan , thx infonya yah , lumayan buat cegah cegah emoticon-Smilie
×