alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
All About Battery Handphone
4.74 stars - based on 35 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008259350/all-about-battery-handphone

All About Battery Handphone

All About Battery Handphone


Ada 4 jenis rechargeable battery yang beredar yaitu:

1.NiCD / NiCad

2.NiMH / Metal

3.Li-Ion / Lithium Ion

4.Li-Poly / Lithium Polymer




Perbedaan mendasar dari masing-masing battery tersebut, membuat proses charging juga berbeda-beda :



1. NiCD / NiCad

Battery NiCD adalah tipe rechargeable battery paling kuno yang ada di dunia. Karena kapasitasnya besar, battery ini dipilih untuk ponsel-ponsel lama yang menggunakan tenaga besar. Sekarang, battery jenis ini sudah jarang, tidak lain karena ukurannya cukup besar dan berat. Proses chargingnya cukup merepotkan.

Berikut ini adalah proses charging battery NiCD yang benar: Untuk battery baru, lakukanlah charge selama 12 jam non-stop, selanjutnya silakan di-charge pada saat bettery NiCD sudah benar-benar habis atau kalau perlu “discharge” di desktop charge dahulu sebelum kembali men-charge-nya, karena battery NiCD mempunyai efek memori permanen bila di-charge pada saat tidak benar-benar habis. Efeknya adalah kapasitas battery Anda semakin lama menurun dan akhirnya mati total.

All About Battery Handphone



2. NiMH / Metal

NiMH adalah generasi baru dari rechargeable battery. Keuntungannya dibanding battery NiCD adalah lebih ringan serta efek memori yang temporer (bagaimana pun, efek memori ini bisa menjadi permanen bila peng-charge-an dilakukan tidak benar). Selain ukuran dan berat NiMH yang lebih kecil, battery NiMH lebih ramah terhadap lingkungan, tetapi walau begitu battery NiMH tidak boleh dibuang di tempat sampah begitu saja, karena ada proses khusus untuk mendaur ulang battery jenis ini. Sampai saat ini battery NiMH masih sering kita temui di pasaran, terutama untuk ponsel-ponsel yang menengah ke bawah.

Cara perawatan battery NiMH yang benar adalah sebagai berikut: Untuk battery baru, usahakan charge pertama battery NiMH anda paling tidak 12 jam. Charge selanjutnya, sesuai dengan buku petunjuk plus tambahan sedikit (30 sampai 60 menit) untuk memberikan kesempatan bagi battery NiMH melakukan “trickle charge” Pengisian sebaiknya dilakukan pada saat battery sudah benar-benar habis. Saat anda merasa terburu-buru dan tidak sempat menghabiskan battery NiMH tersebut, anda dapat melakukan charging. Bila tidak habis, tidak perlu melakukan “discharge” di desktop charge untuk pengisian selanjutnya. Konsekuensinya adalah saat digunakan battery NiMH anda seolah-olah cepat habis, tapi hal ini hanya berlangsung sementara. Bila battery NiMH tersebut sudah benar-benar habis dan di-charging lagi, kinerja battery anda akan kembali seperti semula.

All About Battery Handphone



3. Li-Ion / Lithium Ion

Battery ini adalah battery generasi ke 3 dari rechargeable battery. Keuntungannya adalah ringan dan ukurannya yang kecil sehingga dapat membuat ponsel menjadi sangat kecil dan ringan. Kebanyakan ponsel yang keluar sekarang sudah menggunakan battery jenis ini. Lambat laun harga battery Li-Ion semakin murah saja. Keunggulan battery ini adalah tidak adanya memory effect pada charging sehingga tidak perlu menunggu battery habis untuk melakukan charge, namun demikian ada pula beberapa perawatan yang perlu dilakukan pada battery ini.

Untuk battery baru, silakan charge battery Li-Ion anda sesuai dengan petunjuk indikator ponsel/desktop charge sampai menunjukkan “battery full”. Setelah penuh, segera lepas charge battery anda; demikian pula selanjutnya. Jangan lakukan over charge untuk mendapatkan trickle charge seperti pada battery NiCD atau NiMH karena pada battery Lithium tidak ada istilah trickle charge. Bila Anda melakukannya, kemampuan battery Lithium Ion Anda dapat menurun. Walau pun tidak ada efek memori pada battery jenis ini, sebaiknya lakukan charging pada saat battery sudah habis atau indikator (ponsel) anda sudah menunjukkan “battery low”. Mengapa? Battery Lithium Ion memiliki “life cycle” (umur charging) yang lebih sedikit daripada battery jenis NiCD atau NiMH. Sekali anda melakukan charging dihitung sebagai 1 kali, tak peduli charging sampai penuh atau tidak. Pada ponsel baru, sistem pengisian battery-nya ada yang otomatis; begitu indikator charge menunjukkan “full”, ponsel akan menghentikan charging sendiri agar battery tidak rusak.

All About Battery Handphone

All About Battery Handphone



4. Li-Poly / Lithium Polymer

Ini adalah generasi terbaru dari rechargeable battery. Keunggulannya adalah ramah terhadap lingkungan; kemampuan lainnya sama persis dengan battery Lihium Ion.

Penanganan battery Li-Poly harus hati-hati, bentuk battery akan berubah akibat tekanan karena terbuat dari polymer.

All About Battery Handphone


sumber



Tips Menghemat Penggunaan Battery


1. Matikan ponsel. Sebaiknya matikan ponsel jika Anda berada di sebuah tempat yang kemungkinan untuk mendapatkan sinyalnya sulit. Kalau ponsel terus diaktifkan, sementara ponsel terus menerus mencari sinyal, hal ini akan membuat energi baterai Anda terkuras.

2. Gunakan repeater.Saat berada di tempat yang sangat terpencil, gunakan repeater ponsel untuk memperkuat penangkapan sinyal.

3. Matikan fitur suara yang tidak penting, jangan biarkan aktif sepanjang hari.

4. Jangan aktifkan ringtone dan fitur getar sekaligus karena cukup menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Saat berada di bioskop ada baiknya aktifkan fitur getarnya saja, namun saat berada di tempat publik seperti mall, stasiun dan bandara, mengaktifkan ringtone bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

5. Kurangi brightness layar ponsel Anda hingga 50 persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat.

6. Charge jangan overload. Cabut charger ketika battery sudah penuh... jangan di biarkan terlalu lama di charge ketika batere HP sudah full, bikin nge drop dengan ciri2 batere kembung

7. Jangan biasakan NgeCharge sambil di HP gunakan (nlp,sms,dengerin lagu,browsing)

8. Matikan 3G nya, untuk android ada programnya, pake APN on/off (di androidmarket)

[URL=http://www.erafonesurabaya*Forbidden*/2010/12/buat-yang-mw-hemat-batraii.html]sumber[/URL]


Mohon Maaf Kaloemoticon-Purple Repost
Kalo Berkenanemoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Spoiler for Thread Jualan:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Prinsip Baterai


Baterai menyimpan energi listrik kimiawi dan bahan aktif yang digunakan bermacam-macam. Ada Pb, Carbon, Ni-Cd, Ni-MH, Li-Ion, dan lain sebagainya. Kendati memiliki nama yang berbeda, namun cara kerjanya sama, yaitu melakukan konversi energi.

Pada pelajaran kimia yang kita dapat waktu sekolah dulu, pak guru kimia sering menjelaskan bahwa perubahan materi akan menyerap atau melepaskan energi. Bahan aktif dalam sel baterai akan berubah wujud menjadi bahan lain dan melepaskan energi listrik untuk digunakan.

* Saat Charging yang terjadi adalah mengubah energi listrik menjadi energi kimiawi.
* Saat bekerja di ponsel, energi listrik yang telah dirubah menjadi energi kimia tersebut. diubah kembali menjadi energi listrik.
* Saat Charging yang terjadi adalah mengubah energi listrik menjadi energi kimiawi.
* Saat bekerja di ponsel, energi listrik yang telah dirubah menjadi energi kimia tersebut diubah kembali menjadi energi listrik.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, bisa ditebak bahwa unsur kimiawi ponsel lama. kelamaan menjadi terkikis dan berubah wujud. Pada baterai-baterai isi ulang, wujud kedua dari bahan aktif memiliki sifat dapat dibalik (reversible). Apabila sebuah baterai diberi tegangan yang lebih besar dari tegangan yang dihasilkannya, maka akan ada arus listrik yang mengalir masuk ke dalam baterai. Nah, saat dialiri arus listrik, wujud kedua dari bahan aktif akan kembali ke wujud pertamanya yang menyimpan energi listrik.

Tidak semua baterai dapat diisi ulang. Hal ini bergantung pada bahan aktif yang digunakan. Pada baterai-baterai isi ulang, wujud kedua dari bahan aktif memiliki sifat dapat dibalik(reversible). Apabila sebuah baterai diberi tegangan yang lebih besar daripada tegangan yang dihasilkannya, maka akan ada arus listrik yang mengalir masuk ke dalam baterai. Nah, saat dialiri arus listrik, wujud kedua dari bahan aktif akan kembali ke wujud pertamanya yang menyimpan energi listrik.

OVERCHARGE!
Guess what? apa yang terjadi pada bahan aktif yang berada pada kondisi terisi (fully-charged) namun terus dilakukan pengisian? Yang pasti unsur kimiawi tersebut akan mengubah menjadi energi kalori ( panas). Celakanya, beberapa bahan aktif jutru mengubahnya menjadi gas berbahaya yang mudah meledak. Akibatnya, kapasitas baterai akan menurun.

Para reseller selalu mengingatkan kita waktu membeli ponsel baru. Dengan mengatakan pengisian pertama 8 jam, selanjutnya jangan dicharge lebih dari 6 jam, Kalimat ini bukan main-main, para SPG itu sudah teredukasi bahwa hal demikian akan memperpanjang umur baterai kita. Kalo kita mau ribet sedikit, overcharge tersebut bisa disiasati dengan penggunaan ‘Charge Controller’. Sebuah komponen kecil, oleh pabrik biasa dipasang dalam baterai kemasan (battery-pack). Komponen ini akan menghentikan proses pengisian apabila baterai dianggap telah penuh.

Take Care!

Fakta yang sering diabaikan!!!


Menggunakan Ponsel saat baterai diisi
Jika kita melakukan pengisian baterai, sebaiknya pesawat dalam keadaan tidak menyala. Jika pesawat menyala akan terjadi arus masuk dan keluar secara bergantian, yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga mengakibatkan terjadinya memory effect pada baterai. Apalagi saat kita men-charge, ponsel kita gunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.

Terlalu lama mengisi
Jika baterai sudah full dan terlalu lama didiamkan, hal ini akan merusak kompnen di dalamnya. Ada charger yang otomatis, sehingga ketika baterai sudah full dia mati sendiri. Ini tentu memudahkan kita dalam pengisian baterai. Tetapi jika kita menggunakan charger yang tidak otomatis, mungkin harus benar-benar diperhatikan lamanya pengisian. Misalkan kapasitas baterainya 1500 mAH, sementara arus charge nya 100 mAH, maka baterai diisi selama 15 jam lebih sedikit.

Terlalu sering charging di mobil.

Saat mengisi baterai di kendaraan, kita menggunakan pemantik api sebagai sambungan. Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, yang dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus masuk ke dalam baterai. Apabila hal ini sering kita lakukan, maka akan terjadi kerusakan pada komponen baterai. Sebetulnya logika ini juga bisa kita jelaskan apabila voltase pada arus listrik di rumah atau di kantor tidak stabil. Makanya, kalau mau sedikit repot, waktu charging baterai gunakan stabilizer.


Home » Tips trik » Tips dan Cara Menghemat Baterai Handphone (Ponsel)
21.2.11
Tips dan Cara Menghemat Baterai Handphone (Ponsel)

Cara Menghemat Baterai Handphone (HP) | Saat ini Ponsel (HP) merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan, ponsel tidak hanya menjadi media komunikasi, tapi juga sebagai media hiburan dan browsing. Apalagi dengan hadirnya banyak smartphone dengan berbagai macam merk dan pilihan. Salah satu kendala jika kita sering melakukan memakai handphone adalah cepat habisnya baterai. Bagaimana cara mengatasi supaya baterai handphone tetap hemat.Berikut cara dan tips menghemat baterai handphone atau ponsel anda.

(Baca juga Harga dan spesifikasi Samsung Android galaxy mini bundling telkomsel, Yamaha Lexam harga dan spesifikasi, 13 mobil paling ramah lingkungan, AHA Vibe modem EVDO harga dan spesifikasi )

Tips dan Cara Menghemat Baterai Handphone (Ponsel)


Bagi yang memiliki kebiasaan berjam-jam dengan ponsel, tentu yang menjadi musuh utama tak lain adalah habis baterai alias ngedrop.

Kalau sudah ngedrop, apa boleh buat. Pastinya, mesti menunggu berjam-jam lagi untuk mengisi ulang. Relakan kenikmatan dan kenyamanan Anda terpotong untuk beberapa jam. Terlebih lagi jika daya baterai habis di saat penting atau di dalam perjalanan, kesal hati dibuatnya.

Dan tahukah Anda, ternyata seringkali baterai habis bukan lantaran kerap dipake menelepon. Melainkan, ada beberapa fitur dan layanan di ponsel yang turut serta memakan daya baterai ponsel Anda.

Nah¸untuk menghindari ihwal membosankan seperti itu, berikut ini ada sejumlah cara untuk menhindari dan mengurangi penggunaaan baterai di ponsel Anda. Berikut uraiannya:

Redupkan lampu layar
Ada baiknya redupkan lampu layar ponsel jika berada dalam ruangan yang gelap ataupun redup. Cara ini akan cukup membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut. Lagipula, keberadaan lampu layar di ruangan minim cahaya tidak terlalu krusial. Pasalnya, lampu utama dalam ponsel cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.

Kurangi volume
Lagi tanggung mendengarkan musik dari radio, mp3 ataupun video, supaya tak boros baterai pelankan volumenya. Tentunya, baterai akan lebih hemat lagi jika multimedia tadi dimatikan.

Cek Email Manual
Di kebanyakan ponsel pintar user dimanjakan dengan layanan push email. Tapi tahukah Anda, jika layanan tersebut ternyata menyedot energi. Nah, pilih mana ponsel pintar Anda jadi ‘mayat’ lantaran habis baterai, atau ponsel Anda tetap prima, meskipun Anda harus cek email secara manual.

Ups, jangan lupa matikan jaringan nirkabel
Cek ponsel Anda, apakah jaringan nirkabel aktif atau tidak. Jika memang aktif, segera matikan. Seringkali kita lupa menon-aktifkan Bluetooth ataupun Wi-Fi. Pengkatifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.

Cek Baterai
Bagi para pengguna ponsel pintar, cara ini bisa dilakukan dengan memasang aplikasi indikator energi baterai. Terdapat beberapa aplikasi yang menginformasikan kondisi daya baterai ponsel Anda.

Misalnya saja, pengguna iPhone bisa memakai aplikasi Battery Go and myBatteryLife. Kedua aplikasi ini menginformasikan berapa energi baterai yang tersisa dan memprediksikan berapa menitkah ponsel Anda mampu disedot untuk telephon, memutar musik, videoa atapun online.

Pun demikian dengan penggemar BlackBerry. Aplikasi NB BattStat bisa dipasang agar bisa membantu Anda mengetahui berapa lama baterai mampu bertahan dan sejauh mana temperatur panasnya. Semoga bermanfaat.(tabloidpulsa.co.id)
berarti hape ane make Li-Poly / Lithium Polymer
wew emoticon-I Love Kaskus
Sudah pernah baca Gan but nice info.... emoticon-thumbsup:
Lanjukan bikin thread yg bermutu... emoticon-Angkat Beer
batere ane tahan lama kalo ngga dipake online... bisa 3 hari dah..
tapi kalo dah dipakai opera mini, langsung dropshot jadi cuma setengah hari emoticon-Cape d... (S)
thanks gan for share

jadi ngerti nih sekarang istilah-istilah nya
baterry BB kebanyakan dah Lithium Ion
thanks gan infonya
ternyata bnyk bgt jenis batery
info bermanfaat nih gan
..
thanks share nya..
emoticon-2 Jempol + emoticon-Rate 5 Star
ane udah tau gan
but nice trit nih siapa tau belum ada yang ngerti
ane bantu emoticon-Rate 5 Star dah.
Terima kasih buat yang sudah bantu emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Shakehand2
nice info gan emoticon-thumbsup:
kalo ane sih gak terlalu boros batt gan emoticon-Embarrassment
wah hp ane make battery lipoly brarti neh gan!
tips hemat nya mayan neh emoticon-2 Jempol
makasih gan infonya emoticon-thumbsup:
All About Battery Handphone
ane pake apa ya emoticon-Big Grin cek dlu ah
thanks ya gan,bermanfaat bgt infonya...emoticon-thumbsup:
All About Battery Handphone
Semoga thread ini berguna dan bermanfaat ya emoticon-Big Grin
wah trit berguna banget nih gan,
ane sering overcharge nih, ternyata bisa menurunkan efisiensi baterai sendiri.
gak2 lagi deh ane overcharge
emoticon-thumbsup:
emoticon-Sundul: biar lebih bnyk yg nambah pengetahuannya tentang battery handphone

morning emoticon-Smilie
i like monday emoticon-I Love Kaskus
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di