alexa-tracking

PERSIAPAN Mengikuti SNMPTN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007987678/persiapan-mengikuti-snmptn
PERSIAPAN Mengikuti SNMPTN
Abraham Lincoln, seorang Presiden USA yang terkenal
pernah berkata :

“Jika saya punya waktu 8 jam untuk menebang pohon, maka saya akan habiskan enam jam untuk mengasah kapak saya.”.
Tahap persiapan begitu penting. Tiada kesuksesan tanpa persiapan. Begitu juga untuk SNM PTN. Sebelum kita mempersiapkan hal-hal teknis mari kita siapkan mental dulu

Quote:>>>>>> Persiapan Mental

Tahukah teman-teman tentang kisah Napoleon Bonaparte? Napoleon sebenarnya bukan orang Perancis asli. Ia berasal dari Corsica yang merupakan daerah jajahan Perancis. Ketika masih kanak-kanak, Napoleon menghabiskan waku berjam-jam menaklukkan Eropa di dalam pikirannya. Yang terjadi adalah apa yang tercatat di dalam sejarah.
Yak benar Napoleon telah menaklukkan rasa pesimis dalam pikirannya sendiri. Dan Napoleon telah menciptakan kesuksesan terlebih dahulu, yaitu kesuksesan secara mental. Napoleon menang secara mental.
Tahukah Anda apa yang membuat Taufik Hidayat, atlet bulu tangkis terkenal Indonesia menang atas lawannya walaupun sempat tertinggal jauh?
Yak benar 100 untuk Anda. Taufik memiliki sesuatu yang bernama mental juara.
John C Maxwell, seorang motivator dari USA pernah berkata Kembali ke halaman
“Kita pasti bisa jika kita pikir kita bisa”.
pertama, tentu teman-teman sudah memiliki sebuah impian, yakni membahagiakan orang tua dengan jalan lulus SNM PTN 2009. Pegang impian dan cita-cita itu. Bagaimana caranya? Kita perlu memvisualisasikan impian agar kita tahu secara jelas apa yang kita perjuangkan. Setelah Anda menyelesaikan buku ini segera susun jadwal. Kunjungi PTN yang anda cita-citakan bersama teman-teman akrab/satu genk. Buatlah foto yang menggambarkan diri Anda seolah-olah sudah menjadi mahasiswa tepat di jurusan impian Anda. Bergaya dengan ceria, gokil, cute, atau apalah. Gak usah takut diciduk satpam tau dikira mahasiswa selundupan.
Mental juara apa yang perlu kita miliki untuk diri kita sebagai pejuang SNM PTN. Pertama adalah HINDARI sikap suka meremehkan, baik meremehkan orang lain maupun pelajaran. Tidak sedikit siswa yang meremehkan pelajaran bahasa di SNM PTN padahal dari situ kita bisa mendulang poin.
Waktu adalah uang, begitu juga cita-cita anda. Diri kita sangat mudah tergoda baik langsung maupun tidak langsung.
Jangan biarkan orang lain mencurinya
Hindari teman-teman yang kurang suportif, termasuk berpuasa kesenangan dari nonton tv, bermain HP, game online, baca-baca gak penting, dlsb
. Teman-teman sebagai WNI yang baik, sebagai manusia beragama tidak bisa hidup sendiri. Tuhanlah yang memberi kita hidup. Tuhan Yang Maha Menentukan.
Maka kita selaku hamba-Nya perlu mendekatkan diri dengan banyak beribadah, dengan banyak berdoa kepada-Nya.
Dengan melakukan seluruh strategi ini dengan maka kesuksesan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Saya ingin berbagi kisah dari teman saya konsisten yang bernama Christian. Pada waktu kelas 2, Christian menghabiskan waktu dan uang sakunya untuk game online. Ia rela menghabiskan uang sakunya ratusan ribu demi main yang namanya game online. Jangan tanya soal pelajaran padanya, istilah matematikan “Titik Puncak” saja nggak tahu buatnya. Tapi, saat naik kelas, dia bertobat dari game online untuk serius belajar karena merasa “tidak pernah sekolah waktu kelas 2”. Bermodal impian yang besar untuk berhasil, tepat pada saat pengumuman SPMB ia lulus dan diterima di Fakultas Kedokteran - Universitas Indonesia.

>>>>>> Persiapan Teknis

Cara Belajar

Ø Belajar sendiri vs Ikut Bimbel

Yang menentukan diri kita lulus ataut tidak adalah diri kita sendiri bukan orang lain, bukan bimbel. Faktanya banyak anak tidak ikut bimbel, tapi lulus SNM PTN. Baik belajar sendiri atau bimbel, mewajibkan 1 kata yaitu rutin/rajin. Rajin bertanya, rajin mengulang materi bukan hanya rajin mencatat.
Ø Belajar kelompok
Ada sebuah ungkapan jika berkumpul dengan pedagang minyak wangi maka akan terkena wanginya. Dan jika berkumpul dengan dengan seorang pandai besi maka akan terkena debunya. Dekati teman-teman yang pintar matematika, Fisika, geografi, dlsb.Ajak mereka untuk belajar bersama. Otak 5 orang justru lebih baik daripada otak 1 orang yang jenius. Dengan belajar bersama kita bisa saling bertukar informasi, saling menyemangati, saling mengajari.
Ø Fokus
Materi SNM PTN sangat banyak mulai dari kelas 1-3, malahan bagi yang mengambil IPC perlu belajar IPS juga. Bagi anak-anak yang berkhianat dari IPA mengambil jurusan IPS perlu mempersiapkan IPS lebih awal, pelajaran sama beratnya dengan IPA setidak-tidaknya awal naik kelas 3. Dan bagi anak IPS tentu harus belajar lebih keras juga supaya jatahnya tidak diambil anak IPA.
Untuk menyiasati materi ujian, kita perlu fokus pada materi yang . Sebagai contoh untuk Fisika, dengan belajar sering keluar dan mudah dipelajari saja bab listrik,magnet,mekanika kita sudah berpeluang menjawab 7-9 soal benar. Kasus yang terjadi banyak siswa terpaku dengan mempelajari bab integral selama berbulan-bulan padahal rata-rata hanya keluar 1 soal saja.
Ø Rumus Cepat vs Konsep
Rumus cepat dalam segala macam istiliah dan merk memang memikat siswa tertutama yang ikut bimbel. Tidak sedikit bimbel-bimbel yang berpromosi dengan memberikan rumus cepat dan trik-triknya. Rumus cepat memang memudahkan dalam mengerjakan soal, tapi sejatinya rumus cepat sangatlah banyak dan memiliki syarat-syarat tertentu dan hanya bisa digunakan pada soal-soal tertentu juga.
Namun, rumus cepat baru benar-benar akan terasa keampuhannya jika kita sudah memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Bagaimanapun akan lebih baik mempelajari konsep di sini tidak menyalahkan bimbel manapun alangkah baiknya dalam memilih bimbingan adalah yang mengutamakan konsep atau dasar pemikiran dahulu dan rumus cepat adalah salah satu penerapan dari pemikiran dasar yang telah dikuasai. Jika dengan rumus cepat mengharuskan kita menghapal banyak rumus dan segala macam syaratnya, sedangkan konsep berlaku umum. Dengan satu konsep, kita dapat menurunkan 1 rumus menjadi rumus-rumus lain. Keuntungan tambahan mempelajari konsep yang matang adalah akan terus dapat digunakan hingga kuliah nanti apalagi saat kalian melewati tahun pertama kuliah.
Practise makes perfect. Dengan berlatih sebanyak-banyak soal konsep dan pemahaman kita akan semakin terasa. Ada dua jenis buku kumpulan soal yang pertama adalah arsip soal-soal SPMB tahun-tahun sebelumnya dan jenis kedua adalah kumpulan soal yang sudah dipilah- pilah per bab. Saya sangat menyarakan buku soal jenis arsip yang memuat soal SNM PTN 10 tahun terakhir dari semua regional/rayon/wilayah karena akan membuat Anda terbiasa dengan pergantian topik soal dan dapat dijadikan TO mandiri di rumah.

Berikut beberapa buku yang disarankan
- Kumpulan SPMB per mata pelajaran dari semua regional yang diterbitkan Ganesha Operation, Kumpulan SPMB 10 tahun terakhir terbitan Widya Gama (bermanfaat untuk mempelajari materi IPA/IPS Terpadu)
Ada 3 jenis soal
1. Soal persis
2. Soal mirip
3. Soal baru

Dengan mengerjakan soal-soal SPMB tahun-tahun sebelumnya maka Anda sudah memiliki modal soal persis dan soal mirip. Untuk soal baru biasanya relatif sulit sehingga untuk menyiasatinya Anda perlu ikut sebanyak mungkin TO dan bertukar soal antarteman, antarbimbel.
Hari ke-1 adalah Kemampuan Dasar. Kumpulkan nilai sebanyak-banyak di hari ke-1 ini, terutama dari Matematika. Untuk soal bahasa jangan diremehkan meskipun dalam pembahasannya terdapat banyak kunci jawaban. Tidak sedikit yang mendapat nilai 300 di hari ke-1. Jadi hari ke-1 adalah tambang nilai.

Try Out (TO)
Memiliki kumpulan soal saja tidak cukup, teman-teman perlu ikut TO baik TO Umum maupun TO internal bimbel. Berikut adalah keuntungan nyata dari TO
1. Untuk mengukur kemampuan dan evaluasi
Catat setiap detail nilai TO dan awasi perkembangannya. Pelajaran mana yang perlu diasah, bab apa yang perlu dipertajam. Jangan ragu untuk minta kunci jawaban dan rajin bertanya jika menemui kesulitan. Dari sekian nilai TO yang kamu peroleh dapat dijadikan pertimbangan untuk pemilihan jurusan.
2. Untuk melihat peta persaingan
Dari TO, kamu dapat melihat jumlah dan kondisi pesaing-pesaingmu. Apakah mereka jauh lebih siap, lebih pintar, lebih cerdik dari Anda.
3. Membiasakan diri dengan suasana ujian
Anggaplah TO adalah ujian yang sebenarnya. Dengan begitu sikap gugup/nervous bisa dikurangi. Waktu ujian sangat terbatas kita hanya diberi waktu 90 detik tiap soal. Ikut TO juga mengasah speed bekerja dan berpikir.
4. Untuk menguji kualitas arsiran pensil 2B
Dalam setiap TO yang anda ikut, kerjakanlah semuanya dengan . Mengapa?Karena pada saat hari H nanti kita jujur dan mandir, tidak usah pedulikan kanan kiri anda akan bertemu dengan orang yang sama sekali tidak dikenal. Meskipun toh pada saat hari H nanti Anda masih bisa contekan dan lulus SNM PTN tidak ada rasa bangga yang memuaskan karena bukan hasil keringat sendiri.
Dalam setiap TO, tidak usah khawatir dengan nilai jelek itu hal yang lumrah/wajar asalkan dikerjakan dengan jerih payah sendiri. TO bukanlah hasil akhir dan mutlak. Tingkatkan terus nilai TO setinggi-tingginya sampai menyentuh 70%++. Itu akan membuat anda semakin PD dan yakin . Kuncinya = kita harus yakin bahwa
kita akan lulus dan diterima. Amieen.


Ini ane copas Dari EBook Strategi Lulus SNM PTN 2009 for Dummies, Silahkan Download Ebooknya di bawah sini gan.... DIJAMIN GRATIS KAGA BAYAR!!!!
[URL="http://www.zid*du.com/download/5074845/Strategi_Lulus_Snmptn_For_Dummies.zip.html"][IMG]http://www.itwizkidz.com/wp-content/uploads/2009/04/download-icon-small.jpg[/IMG][/URL]

Note : Tanda (*) tinggal hapus dulu di adressbar browser agan emoticon-Toast

emoticon-I Love Indonesia

Kalo Boleh Minta Cendolnya Gan Biar Semangat Updatenya emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Pertamax
pengalaman ane belajar dari jauh jauh hari dan bertahap ,

pada saat H-3 refresing lah , cukup membaca sedikit untuk mengingatkan

secara sikologis sangat membantu emoticon-shakehandPERSIAPAN Mengikuti SNMPTN
belajar yang rajin...
pengalaman ane persiapan harus jauh-jauh hari, kalo mepet dan ntar-ntar, ntar malah gak konsen
Quote:Original Posted By goatspeed
jangan lupa persiapan mencontek emoticon-Ngakak

Spoiler for lapak ane gan:


Ini nih..... Strategi paling ampuh!!!!
emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:
Nais inpo gan ane mau ntar ikuut snamptn doain y masuk ijin bokmak ya?
Quote:Original Posted By Deyndri
Nais inpo gan ane mau ntar ikuut snamptn doain y masuk ijin bokmak ya?


Oke sip gan.... EBooknya udah ane uplaod silahkan download
emoticon-Sundul: emoticon-Sundul:
ok gan patut dipelajari. emoticon-Smilie
sebentar lagi ane ujian
PERSIAPAN Mengikuti SNMPTN
wah semoga yang pada ketrima emoticon-Cool
Quote:
DOWNLOAD SOAL-SOAL LATIHAN SNMPTN DISINI
SNMPTN itu yang dulunya eSTePeDeeN ya gan emoticon-Bingung
yang banyak penyiksaan oleh kaka seniornya?
ogah ahh ane masuk kuliah kaya gitu
bisa bisa balik tinggal mayat lagi
Quote:Original Posted By sagitariuzz
SNMPTN itu yang dulunya eSTePeDeeN ya gan emoticon-Bingung
yang banyak penyiksaan oleh kaka seniornya?
ogah ahh ane masuk kuliah kaya gitu
bisa bisa balik tinggal mayat lagi


bukan gan... SNMPTN itu sama kaya masuk SMP Negri Paporit gan hehehehehehe

AYO SEMANGAT YANG HARI INI UDAH MULAI UAN emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
wah semoga sukses gan emoticon-Cool
Quote:
DOWNLOAD SOAL-SOAL LATIHAN SNMPTN DISINI
Doa nya yg khusyuk...

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
agak repost sih gan emoticon-Big Grin keep post ajaPERSIAPAN Mengikuti SNMPTN
ane udah gak ukup umur gan buat ikutan SNMPTN emoticon-Malu (S)PERSIAPAN Mengikuti SNMPTN
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol waduh no comment deh gan hahaha
persiapan memang suatu yang sangat penting juragan