alexa-tracking
Kategori
Kategori
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007128772/all-about-ram

~ All about RAM ~

THREAD INI DIBUAT UNTUK MEMBAHAS SEPUTAR RAM

Definisi RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yg isinya dpt diakses dlm waktu yg tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dlm memori. Ini berlawanan dgn alat memori urut, seperti tape magnetik, disk & drum, di mana gerakan mekanikal dr media penyimpanan memaksa komputer utk mengakses data secara berurutan.
- Istilah2 RAM :
1. Speed
2. Megahertz
3. PC Rating
4. CAS Latency
- MENGENAL BAGIAN KOMPONEN2 RAM
1. PCB (Printed Circuit Board)
2. Contact Point
3. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
4. Chip Packaging
5. DIP (Dual In-Line Package)
6. TSOP (Thin Small Outline Package)
7. CSP (Chip Scale Package)
- Sejarah perkembangan RAM
1. RAM
RAM ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar – besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pd thn 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).
2. DRAM
all about RAM
Pd tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yg dinamakan DRAM. DRAM mempunyai frekuensi kerja yg bervariasi antara 4,77MHz hingga 40MHz.
3. FP RAM
all about RAM
Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Memori jenis ini langsung mendominasi pemasaran memori, dan orang sering kali menyebut memori jenis ini “DRAM” saja, tanpa menyebut nama FPM. Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yg terdapat pada sebuah row address.
4. EDO RAM
all about RAM
Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis (EDO DRAM) yg merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dpt mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.
5. SDRAM PC66
all about RAM
Pada peralihan tahun 1996 – 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor. Itulah sebabnya mengapa Kingston menamakan memori jenis ini sebagai Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.
6. SDRAM PC100
all about RAM
Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Standar baru ini diciptakan oleh Intel untuk mengimbangi sistem chipset i440BX dengan sistem Slot 1 yang juga diciptakan Intel. Chipset ini didesain untuk dapat bekerja pada frekuensi bus sebesar 100MHz. Chipset ini sekaligus dikembangkan oleh Intel untuk dipasangkan dengan prosessor terbaru Intel Pentium II yang bekerja pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz sementara Intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memori SDRAM, maka dikembangkanlah memori SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz. Seperti pendahulunya PC66, memori SDRAM ini kemudian dikenal dengan sebutan PC100.
7. DR DRAM
all about RAM
Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory. Dengan hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB/detiknya! (1GB = 1000MB).
8. RDRAM PC800
all about RAM
Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dgn kemampuan yang sama dengan DRDRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan. Jika DRDRAM membutuhkan tegangan sebesar 2,5 volt, maka RDRAM PC800 bekerja pada tegangan 3,3 volt. Nasib memori RDRAM ini hampir sama dengan DRDRAM, kurang diminati, jika tidak dimanfaatkan oleh Intel.
Intel yang telah berhasil menciptakan sebuah prosessor berkecepatan sangat tinggi membutuhkan sebuah sistem memori yang mampu mengimbanginya & bekerja sama dengan baik. Memori jenis SDRAM sudah tidak sepadan lagi. Intel membutuhkan yang lebih dari itu.
9. SDRAM PC133
all about RAM
Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tdk sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.
10. SDRAM PC150
all about RAM
Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi – jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya.
Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.
11. DDR SDRAM
all about RAM
Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pd SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory.
12. DDR RAM
all about RAM
Pada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133 Mhz kebutuhan Memory (RAM) akan lebih besar. Dan untuk menyelesaikan masalah ini maka dibuatlah DDR RAM(double data rate transfer) yang awalnya dipakai pada kartu grafis, karena sekarang anda bisa menggunakan hanya 32 MB untuk mendapatkan kemampuan 64 MB. AMD adalah perusahaan pertama yang menggunakan DDR RAM pada motherboardnya.
13. DDR2 RAM
all about RAM
Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik, kehadiran memori DDR2 merupakan kemajuan logis dalam teknologi memori mengacu pada penambahan kecepatan serta antisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor, memori, dan antarmuka grafik yg hadir dgn kecepatan komputasi yang berlipat ganda.
Perbedaan pokok antara DDR dan DDR2 adalah pada kecepatan data serta peningkatan latency mencapai dua kali lipat. Perubahan ini memang dimaksudkan untuk menghasilkan kecepatan secara maksimum dalam sebuah lingkungan komputasi yang semakin cepat, baik di sisi prosesor maupun grafik.
Selain itu, kebutuhan voltase DDR2 juga menurun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt.
14. DDR3 RAM
all about RAM
RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsumsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v. Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200- 533 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz). Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin.

- EVOLUSI MODUL
1. SIMM
2. DIMM
3. SODIMM
4. RIMM / SORIMM

Rules emoticon-army: :
1. DILARANG NGEJUNK berlebihan & FLAMMING (junk geje, hit&run = bata dari kami emoticon-shakehand, you've been warned emoticon-armyemoticon-Smilie
2. DILARANG BERJUALAN/NITIP LAPAK
3. DILARANG OOT BERLEBIHAN
4. WAJIB SPOILER & Multi Quote
5. RESPECT OTHER MEMBERS emoticon-Smilie
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 512
wah..ada yang merintis lounge ram
semoga sukses deh om.. ntar gw ikut ngeramein emoticon-Big Grin

btw, TSnya pake ram apa nih?
Quote:


Selamat, anda menjadi pengunjung pertama thread saya emoticon-Selamat

Thanks gan dah mw ngeramein thread gw emoticon-Smilie

gw msh pk DDR2 Kingston PC 6400 3 GB maklum rig jadul masih pk Intel Core 2 Duo E 7500 emoticon-Malu

oia, jangan lupa kasih rating y gan emoticon-Big Grin

ada request dr agan Mulderer katanya minta ditaro di pekiwan emoticon-Malu, lumayan tambahan ilmu lagi emoticon-Big Grin

Quote:


tambahan ilmu lg nh dr morning attack emoticon-Big Grin selamat membaca emoticon-Smilie
Quote:


BAGI PARA2 MASTER OC & RAM JG MOHON UPDATENYA LAGI AGAR KASKUSER YG BELUM TAU BS BACA DAN TAMBAH ILMUNYA TENTANG RAM DAN PEMAKAIANNYA emoticon-Big Grin emoticon-Malu ntar ane taro di pejwan emoticon-Big Grin

oia bagi para newbie yg masih blm tau tentang kerusakan RAM ada penjelasannya kenapa kok ada suara beep beberapa kali pas booting & setelah booting malah gk bs masuk windows, ini ane copas dr agan edho btw dh izin kok emoticon-Big Grin klo mw baca penjelasannya klik link di bawah ini emoticon-Smilie
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=854

ADA TAMBAHAN LG NH BAGI YG BELUM TAU/BLM BACA emoticon-Big Grin
Quote:


ada lg utk ram yg kotor mungkin bs mempengaruhi kinerjanya agan bs cek disini, share dari agan awas cendol emoticon-Big Grin
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7638156

dari sesamology :
-Beberapa Tipe Memory DDR3 G.SKILL on AMD !
-ada lg : Hmmm,... biar nggak monoton bahas topik pilih2 memory

[DDR3 IC List] - submissions
credit to sesamology emoticon-Add Friend (S)

Penjelasan sederhana tentang Memory Single Channel/Dual Channel

Penjelasan sekilas RAM dari trit OCL

Spoiler for gambar letak pin RAM DDR1 s/d DDR3:
Quote:


sip gan udah dirate..

btw, gw inget tuh dulu yg rdram, harganya gilaaa..selangit. mana kudu sepasang2 makenya. untung segera beralih ke SDRAM lagi.. kynya sih gara2 ga laku emoticon-Big Grin
gw pernah baca2 emg si rambus itu (yg ngeluarin rdram) perusahaannya rada2 picik. sekarang dia maennya di hak paten..ngambilin duit dari perusahaan lain tanpa perlu bikin produk.. emoticon-Nohope
mantep juga ada tempat nongkrong buat bicarain RAM.. emoticon-Angkat Beer

saya pengguna setia Visipro 2GB (salah beli emoticon-Nohope )

inget dulu pas taun 2007-an saya beli 512Mb DDR2 harganya masih 300rb mentok,skrang dihargain 50rb aja masih mikir.. emoticon-Ngakak (S) emang kalo RAM cepet banget jatuhnya.. emoticon-Hammer
ane tambahin ilmu lg utk istilah2 RAM bagi kaskuser perlu ketahui yg masih awam soal RAM emoticon-Big Grin

1. Speed
Speed atau kecepatan, makin menjadi faktor penting dalam pemilihan sebuah modul memory. Bertambah cepatnya CPU, ditambah dengan pengembangan digunakannya dual-core, membuat RAM harus memiliki kemampuan yang lebih cepat untuk dapat melayani CPU.
Ada beberapa paramater penting yang akan berpengaruh dengan kecepatan sebuah memory.

2. Megahertz
Penggunaan istilah ini, dimulai pada jaman kejayaan SDRAM. Kecepatan memory, mulai dinyatakan dalam megahertz (MHz). Dan masih tetap digunakan, bahkan sampai pada DDR2.
Perhitungan berdasarkan selang waktu (periode) yang dibutuhkan antara setiap clock cycle. Biasanya dalam orde waktu nanosecond. Seperti contoh pada memory dengan aktual clock speed 133 MHz, akan membutuhkan access time 8ns untuk 1 clock cycle.

Kemudian keberadaan SDRAM tergeser dengan DDR (Double Data Rate). Dengan pengembangan utama pada kemampuan mengirimkan data dua kali lebih banyak. DDR mengirimkan data dua kali dalam satu clock cycle.

Kebanyakan produk mulai menggunakan clock speed efektif, hasil perkalian dua kali data yang dikirim. Ini sebetulnya lebih tepat jika disebut sebagai DDR Rating.

Hal yang sama juga terjadi untuk DDR2. Merupakan hasil pengembangan dari DDR. Dengan kelebihan utama pada rendahnya tegangan catudaya yang mengurangi panas saat beroperasi. Juga kapasitas memory chip DDR2 yang meningkat drastis, memungkinkan sebuah keping DDR2 memiliki kapasitas hingga 2 GB. DDR2 juga mengalami peningkatan kecepatan dibanding DDR.

3. PC Rating
Pada modul DDR, sering ditemukan istilah misalnya PC3200. Untuk modul DDR2, PC2-3200. Dari mana angka ini muncul?

Biasa dikenal dengan PC Rating untuk modul DDR dan DDR2. Sebagai contoh kali ini adalah sebuah modul DDR dengan clock speed 200 MHz. Atau untuk DDR Rating disebut DDR400. Dengan bus width 64-bit, maka data yang mampu ditransfer adalah 25.600 megabit per second (=400 MHz x 64-bit). Dengan 1 byte = 8-bit, maka dibulatkan menjadi 3.200MBps (Mebabyte per second). Angka throughput inilah yang dijadikan nilai dari PC Rating. Tambahan angka “2”, baik pada PC Rating maupu DDR Rating, hanya untuk membedakan antara DDR dan DDR2.

4. CAS Latency
Akronim CAS berasal dari singkatan column addres strobe atau column address select. Arti keduanya sama, yaitu lokasi spesifik dari sebuah data array pada modul DRAM.

CAS Latency, atau juga sering dising- kat dengan CL, adalah jumlah waktu yang dibutuhkan (dalam satuan clock cycle) selama delay waktu antara data request dikirimkan ke memory controller untuk proses read, sampai memory modul berhasil mengeluarkan data output. Semakin rendah spesifikasi CL yang dimiliki sebuah modul RAM, dengan clock speed yang sama, akan menghasilkan akses memory yang lebih cepat.

Spoiler for INFO TERBARU BAGI YG BELUM TAU RAM DDR 4 ANE COPAS:


info tentang Timing dasar memory ato CAS Latency, credit to sesamology emoticon-Malu
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=2284

dari riza kasela, thanks emoticon-Angkat Beer
Quote:


tambah lg mudah2an msh cukup emoticon-Big Grin

Quote:

oksce

sedikit nambahin aja biar rame emoticon-Big Grin

Spoiler for high profile RAM:


Spoiler for variasi Heatsink RAM:
selamat gan atas trit barunya emoticon-Angkat Beer

ane pakai ram gskill pc16000gbrh 3x2gb buat bawa i7 950 @ 4ghz daily emoticon-Angkat Beer
Quote:

visipro dulu laku banget tuh, mahal pulak.. padahal kualitasnya biasa2 aja. cuma ada embel2 "lifetime warranty" emoticon-Nohope

Quote:


pake ram cooler emg signifikan ya nurunin panas? perasaan ram ga panas2 banget.. apa bergunanya buat oc doang (klo overvoltage ram)?
kira2 yang direkomendasikan untuk penggunaan ram cooler itu sistem yg kyk gimana?
mohon pencerahannya mastah emoticon-Cool

tseac

Quote:


poin saya di ram cooler kan buat bikin rig keren gan emoticon-Cool

yang gini gan

all about RAM

udah tanggung rig penuh logam, sekalian aja RAM nya berlogam tinggi juga emoticon-Genit:
wogh ada lounge ram yak emoticon-Belo
ngikut mejeng ram saia emoticon-Malu

Pict:
Spoiler for :


emoticon-Ngacir

apogee gt blazer deluxe series.. 1600 cl 8

cario

Quote:


wogh apogee emoticon-Genit:
ram mahal gan emoticon-Genit:

itu heatsink nya keren gan...

btw kok judul gambarnya "jualan" sih gan emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Quote:


wih apogee mantep juga ya pe emoticon-Matabelo

ocnya gmn itu? mantap ga? emoticon-Malu
Quote:


kok voltasenya tinggi gan.. 1.8v @XMP.. emoticon-Takut (S)
apa ane salah baca ya? emoticon-Bingung (S)
Quote:


iya hsf nya matabelo dah emoticon-Belo
emg lg ditaro fjb emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu

Quote:


manteb.. disetrumnya jg kuat tinggi2 emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Quote:


gak salah gan emoticon-Big Grin
bs ke 2000mhz 2.1v 9-8-8-24 emoticon-Big Grin emoticon-Ngacir
Quote:


emoticon-Belo setrumnya ga kuku gan..haha

btw, ada yg punya gskill eco ga di sini?
klo ada udah pada narik ampe berapa tuh mentoknya?
wehe...akhirnya muncul thread khusus tentang RAM...

ikutan nimbrung deh, sekarang ane pake Gskill Trident F3-12800CL8D-4GBTD (2Gx2) @ 9-11-11-29

Spoiler for "penampakan RAM nya":
Quote:


ini yg sampe 2000 gan emoticon-Malu
review kentang
Quote:


emoticon-Kagets buat daily bisa di 2.2v, ngeri abis..udah kyk voltase ddr2 itu mah..

tapi masih kalah ama gskill eco bro..
punya ane bisa ditarik ke 2133 cl9-11-9, voltase di bawah 1.7v emoticon-Embarrassment
spek resminya pc12800 cl7-8-7..hehe
wah ada thread khusus RAM emoticon-Belo

ane pake G.Skill Flare F3-14400CL7 2x2Gb
buat nemenin thuban x6 1055t @3.5Ghz daily emoticon-Embarrassment
nanya dong.. klo gskill ngeluarin trident, ripjaws, ama flare itu bedanya apa? keunggulan dan kelemahan masing2 apaan? yg paling bagus yg mana?
masing2 pake ic yg beda? apa cuma beda heatsink doang? emoticon-Big Grin
mohon pencerahannya emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 512
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di