CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / B-Log Personal /
◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006741520/9668-9733--97339733-9733-1769-bagas-godang-1769-9733-9733-9733-9733-9658

◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►

Selamat Datang Di

◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►
◄ ★ ★★ ★ Bagas Godang ★ ★ ★ ★ ►
◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►


Sedikit tentang Bagas Godang :

Bagas Godang (Rumah Raja) senantiasa dibangun berpasangan dengan sebuah balai sidang adat yang terletak di hadapan atau di samping Rumah Raja. Balai sidang adat tersebut dinamakan Sopo Sio Rancang Magodang atau Sopo Godang. Bangunannya mempergunakan tiang-tiang besar yang berjumlah ganjil sebagaimana jumlah anak tangganya. Untuk melambangkan bahwa pemerintahan dalam Huta adalah pemerintahan yang demokratis, maka Sopo Godang dibangun tanpa didinding. Dengan cara ini, semua sidang adat dan pemerintahan dapat dengan langsung dan bebas disaksikan dan didengar oleh masyarakat Huta. Sopo Godang tersebut dipergunakan oleh Raja dan tokoh-tokoh Na Mora Na Toras sebagai wakil rakyat untuk "tempat mengambil keputusan-keputusan penting dan tempat menerima tamu-tamu terhormat". Sesuai dengan itu, maka bangunan adat tersebut diagungkan dengan nama Sopo Sio Rancang Magodang inganan ni partahian paradatan parosu-rosuan ni hula dohot dongan (Balai Sidang Agung tempat bermusyawarah/mufakat, melakukan sidang adat dan tempat menjalin keakraban para tokoh terhormat dan para kerabat). Biasanya di dalam bangunan ini ditempatkan Gordang Sambilan iaitu alat muzik tradisional Mandailing yang dahulu dianggap sakral (sacred).

Setiap Bagas Godang yang senantiasa didampingi oleh sebuah Sopo Godang harus mempunyai sebidang halaman yang cukup luas. Oleh kerana itulah maka kedua bangunan tersebut ditempatkan pada satu lokasi yang cukup luas dan datar dalam Huta. Halaman Bagas Godang dinamakan Alaman Bolak Silangse Utang (Halaman Luas Pelunas Hutang). Sesiapa yang mencari perlindungan dari ancaman yang membahayakan dirinya boleh mendapat keselamatan dalam halaman ini (sanctuary). Menurut adat Mandailing, pada saat orang yang sedang dalam bahaya memasuki halaman nin, ia dilindungi Raja, dan tidak boleh diganggu-gugat.

Sesuai dengan fungsi Bagas Godang dan Sopo Godang, kedua bangunan adat tersebut melambangkan keagungan masyarakat Huta sebagai suatu masyarakat yang diakui sah kemandirannya dalam menjalankan pemerintahan dan adat dalam masyarkat Mandailing. Kerana itu, kedua bangunan tersebut dimuliakan dalam kehidupan masyarkat.
Adat-resam (tradisi) Mandailing menjadikan kedua bangunan adat tersebut sebagai milik masyarkat Huta tanpa mengurangi kemulian Raja dan keluarganya yang berhak penuh menempati Bagas Godang. Oleh kerana itu, pada masa lampau Bagas Godang dan Sopo Godang maupun Alaman Bolak Silangse Utang dengan sengaja tidak berpagar atau bertembok memisahkannya dari rumah-rumah penduduk Huta.

jadi intinya adalah :

Selamat Datang Di
◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►
◄ ★ ★★ ★ Bagas Godang Panakko Clan ★ ★ ★ ★ ►

◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►
profile-picture
someshitness memberi reputasi
Halaman 1 dari 276
Bagas Godang adalah Rumah ku emoticon-Peluk


Spoiler for Bagas Godang, bwk:


Spoiler for bagas godang:


Spoiler for kampungku:
Spoiler for welcome:


Spoiler for List avatar:
Quote:
emoticon-Angkat BeerWith RPM'ers emoticon-Angkat Beer


Spoiler for RPM'ers:


Spoiler for with bay chan on bdg:
emoticon-Angkat BeerWith BJO'ers emoticon-Angkat Beer


◄ ★ ★★ ★ ۩ Bagas Godang ۩ ★ ★ ★ ★ ►

Spoiler for BJO'ers:


Spoiler for .:


Spoiler for .:


emoticon-Angkat BeerGath Akbar Bandung emoticon-Angkat Beer

Spoiler for .:
panakko clan junior haderrrrrrrr emoticon-Request
silahkan lae emoticon-Angkat Beer
akhirnya ada juga blog ku sendiri emoticon-Peluk
Quote:


sipp lah klo gitu emoticon-Angkat Beer











emoticon-Bingung
paten lae ku emoticon-Angkat Beer
jadi tempat nge junk kita lah disini ya emoticon-Ngakak
Quote:



bingung gw mo bikin rules nya disini kek mana nih emoticon-Bingung

klo mo cari aku disinilah nnti emoticon-Ngakak
Quote:


sukak2 kita aja, gak penting lah itu rules emoticon-Ngakak

buat apa pula aku cari ko :maho
met go blog bang ndri emoticon-Kiss
Quote:


itu dahkubuat rules yg tak seberapa emoticon-Hammer

emoticon-Ngakak
Quote:


pagi2 dah kumat pulak ko ini emoticon-Amazed



emoticon-Ngakak
udah shubuh aja rupanya emoticon-Amazed
Quote:


bobo lah kita dulu ____________emoticon-Ngacir
habis kan pekiwan dulu emoticon-Genit:
Quote:


habis yah emoticon-Paw













emoticon-Peace
Quote:


ko atur aja lah lae emoticon-Big Grin
yang penting jangan ko larang cewe masuk sini emoticon-Genit:
kalo maho usir aja lah emoticon-Busa:

emoticon-Ngakak







*abis pekione emoticon-Nohope
Halaman 1 dari 276


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di