CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Macintosh /
iHackintosh AMD-based Only !!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006609421/ihackintosh-amd-based-only

iHackintosh AMD-based Only !!!


ATURAN MAIN

Quote:


Thread ini dibuat untuk melengkapi dan melanjutkan thread Mac [Share & Discuss] OSX86 Hackintosh - TroubleShooting dengan persetujuan momod knight maerz dan dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap Master Aryajuanda

Untuk melihat system dan komponen yang sudah berjalan dgn Hackintosh bisa dilihat di thread Mac [Share] Hackintosh Compatibility List. Diharapkan nantinya kaskuser yang sudah berhasil menjalankan Hackintosh pada system komputernya kembali ke trit ini dan melengkapi daftar kompatibiltasnya.
Kalo mau submit benchmark hackintosh juga bisa buka Share Benchmark Hackintoshmu Disini

Spoiler for Hackintosh:

====================
Panduan Bertanya
====================
Quote:

------------------------------------------------------------
Silahkan gunakan ctrl+f atau comand+f sebelum bertanya, barangkali problem yang anda alami sudah ada di index.

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:
Diubah oleh arvianeutron
Halaman 1 dari 418

Istilah - istilah dalam Hackintosh

Istilah 2 dalam Hackintosh, thanks to agan tubby

Bootloader : program khusus untuk boot Operating system.

Kernel : Inti dari operating system.

Kernel Panic (KP) : System Hang harus direstart dengang reset button

Vanilla Kernel : Kernel Asli dari Apple

Chameleon : bootloader yg populer dalam Hackintosh yang juga bisa mendeteksi Hardware kita sehingga tak perlu kext.

Kext = Kernel Extension = driver

(/S/L/E) singkatan dari folder /System/Library/Extensions

(/E/E) /Extra/Extensions– lokasi folder yang di buat oleh Chameleon, tujuan untuk tidak mengganggu S/L/E

EFI Extensible Firmware Interface – system software yang menggabungkan OS dan firmware platform. Membantu OSX untuk mengenali device pada system hackintosh.

DSDTDifferentiated System Description Table – bagian ACPI dari BIOS computer. OSX tidak mempunyai implementasi ACPI yang lengkap. Dengan memodifikasi DSDT, support untuk hardware akan lebih baik.


Repair Premission
thanks to agan mbedil

c.A.b.p com.Apple.boot.plist = settingan saat boot biasanya ada di /Extra (utk yg pake chameleon) dan di /Library/Preferences/SystemConfiguration

index trouble solving

Links

Installing Retail On AMD

first of all...(Dan perlu diingat, jangan di over clock dulu rig ente...tar ga mau booting snow nya...Serta sangat disarankan HDD ENTE GA ADA OS APA2AN (biar gampang tar MAC OS X nya ngebooting)terkecuali ente pake lebih dari satu hdd kayak gw)

Spoiler for settingan bios:


secondly...

Spoiler for Boot:


post installation...

Spoiler for post installation:


oke, ente dah bisa masuk ke dalam desktopnya, nah sekarang kita laksanakan post installationnya dan dibutuhkan beberapa file2 yang diperlukan...

lanjut dibawah....
setelah kita pertama kali restart, dan mendaftar apple kita di registernya, dan masuk desktop, agan update combo (INGAT, UPDATE COMBO !!! Bukan yang laen) langsung ke 10.6.7 atau 10.6.8 (lebih bagus yang terakhir, 10.6.8 (dan ingat jangan direstart dulu)) lalu, install chameleonnya (saya pake chimera v1.1.0 r753 (ini bebas mau pake chameleon apa aja, tergantung kebutuhan, karena saya pake radeon hd 6870, jadi harus ada graphic enabler dari si chimeranya yang mendukung framebuffer buat VGA saya)), abis selesai install chameleon, taro com.apple.boot.plist kedalam root HD SL yang agan install, cari folder yang namanya EXTRA, taro disitu C.A.B.P (ini buat si legacy kernel nantinya yang akan nge-write C.A.B.P supaya kita bisa force ke 64bit (kalo agan pake AMD)), setelah itu, install Legacy Kernel dari nawcom yang sesuai dengan SLnya (saya pake Legacy Kernel 10.7.0, karena saya pake 10.6.7), abis itu cari fakesmc.kext cemplungin ke kext helper b7, dilanjutkan dengan AppleATIATA.kext, AppleATIPATA.kext yang juga dicemplungin ke kext helper b7, dilanjut pula dengan mencemplungkan kext2 seperti IOUSBFamily.kext, dan driver2 lainnya yang dibutuhkan mobo agan, dan setelah itu, install Ati 1.6.32.12 Drivers dari Multibeast 3.5.2 (jangan lupa install dengan System Utilities yang ada di multibeastnya, buat repair permission kextnya tuh VGA), setelah dari multibeast, agan lanjutkan dengan install ATI Package.pkg dari si bung andy yang barusan agan donlot, selesai deh, restart dan jangan lupa menyilangkan jari agan (optional aja menyilangkan jari agan, hehehehe, biar deg2kan, ane soalnya pake cross my finger, biar asoy, heheheheeheh)

jadi dengan singkatnya :

1. Install
2. Update
3. Jangan di restart setelah update
4. Install chameleon
5. Taro C.A.B.P di folder Extra yang dibuat sama si chameleon
6. Install Legacy Kernel
7. Cemplungin Fakesmc.kext ke Kext Helper B7
8. Cemplungin AppleATIATA.kext ke Kext Helper B7
9. Cemplungin AppleATIPATA.kext ke Kext Helper B7
10. Cemplungin kext2 yang diperluin untuk agan, seperti audio dan usb
11. Install Ati 1.6.32.12 Drivers dari Multibeast 3.5.2 (jangan lupa checklist System Utilitiesnya agar di repair permissionnya sama bang multibeast)
12. Install Ati Package.pkg dari bung Andy
13. cemplungin IOUSBFamily.kext lagi di Kext Helper B7 (buat jaga2 karena biasanya si multibeast ngerusak USBnya, masuk ke desktop tapi mouse ga gerak sama sekali, atau keyboardnya juga mati)
14. (ini optional aja gan, karena ane pake keyboard PS/2) Install Voodo PS2 controller.pkg (di multibeast ada)
15. Restart dan jangan lupa menyilangkan jari agan emoticon-Smilie

good luck gan emoticon-Smilie

ini settingan C.A.B.P ane di AMD ane sebelum diwrite sama legacy kernel dan sesudah diwrite sama legacy kernel berserta Framebuffer buat ati hd 6870 :

Sebelum :
Quote:


Sesudah :
Quote:


ketauan kalau dia cuma menambahkan -force64 arch=i386 saja emoticon-Smilie (credit buat bung mohammed khairy dari forum insanelymac, dengan beberapa perubahan aja yang saya rubah sendiri cara installnya)

Tutorial AMD dari Mohammed Khairy (di postingan nomer 5 ada cara membuat bootcd+masukkin SL 10.6.3 retail ke FD 8gb dalam format MBR dan file2nya yang didonlot untuk MBR cari tulisan yang digaris bawahin, terus klik, register dulu buat donlotnya)

[URL="http://www.media*fire..com/?t1mb58qbo1x1zq2#1"]Fakesmc.kext AppleATIATA.kext AppleATIPATA.kext Com.Apple.Boot.Plist (C.A.B.P dirubah sama seperti saya aja kalau emang mau pake hd 6870, dan rubah busrationya jangan 16 kalau agan semua pake beda prosesor AMD, saya pakai AMD Phenom II X6 1090t yang ber-bus ratio 16)[/URL]

[URL="http://www.media*fire..com/?ytiq258k7cwq8uh#2"]Fakesmc.kext + Kext Helper B7[/URL]

[URL="http://www.media*fire..com/?r52bv1otbovc9ci#1"]ATI Package.pkg dari Bung Andy[/URL]

Download Multibeast dari om Tony yang marah gara2 gw posting AMD gw (buat AMD User jangan pernah posting ke om tony, marah2 tar, ane langsung ditendang dari forumnya, jangan lupa register dulu kalau mau download Multibeast 3.5.2 nya)

Boot CD Nawcom yang sangat bersahabat sekali untuk AMD user (jangan lupa register dulu yah untuk mendownloadnya)

Buat lebih jelasnya (buat intel sih, tapi ane improvisasi buat bikin C.A.B.P frambuffer yang dah ane kasih di quote khusus AMD) lihat postingan nomer 4 dari injectx

Legacy kernel 10.6.8 dari nawcom

Framebuffer buat ATI HD seri 6000 (jaga2 kalau framebuffer yang ane kasih ga jalan QE/CI nya) (6750,6770,6850,6870) (untuk saat ini Apple belum dukung grafik card seri 6900) :

Quote:


sedikit tips buat pengguna ATI HD 6870, seandainya saat restart terus gambar hitam dan layar agan mati, jangan panik, pindahin port DVInya ke port DVI yang laennya di VGA agan, lalu, liat, hidup tidak ? kalau tidak, restart, pas di chamelleon ketik AtiConfig="framebuffer yang ada di C.A.B.P" tekan enter

contoh:
Quote:


Spoiler for Nih Hasilnya di AMD ane dan punya teman:


Selamat menikmati...
Diubah oleh R4141F

Install osx retail di mbr

Di sini ane mau sharing cara ane install OSX dan Windows7. Hanya sampai instalasi OSX saja, tidak termasuk Bootloader dan kext.
Jika Install OSX retail sudah bisa, tinggal pilih Bootloader dan kext yg sesuai dgn Hardware agan2.

Keadaan komputer sebelum install OSX:
- Windows 7 sudah terinstall dan running, ada partisi untuk OSX (format NTFS)
- Partition skema MBR

Yg dibutuhkan:
1. DVD SL 10.6.3 Retail / Image nya
2. Transmac, bisa dicari di sini
3. BootCD
4. DVD Double layer, CD RW kosong.
5. OSInstall.mpkg dan OSInstall
6. OSX yg sudah berjalan ( Optional)
7. Flash Disk (Optional, jika punya point 6)

Preinstall

Tujuan langkah2 dalam preinstall adalah mempersiapkan Retail OSX DVD supaya bisa diinstal di MBR.
Pemakaian CDRW, untuk menghemat kepingan CD, jika Bootcd tak berfungsi, tinggal hapus dan burn lagi.

I. Pembuatan BootCD
1. Download BootCD
2. Burn BootCD ke dalam CDRW Kosong

II. Persiapan pembuatan Image dari DVD Retail ( Diperlukan OSX yg sudah running ), Kalau sudah punya image Retail OSX (r/w) skip langkah ini.

1. Masukan DVD Retail OSX ke dalam Optical Drive OSX yg sudah berjalan.
2. Buka Disk Utility
3. Pilih Mac OS X Install DVD ( sebelah kiri )
4. Klik New Image ( di atas )
5. Image Format : pilih read/write
6. Klik Save
7. Copy file dmg hasil langkah di atas ke FD atau HDD external.

III. Patch OSX ISO spy bisa install di MBR.

a. Di OSX
1. Buka Image retail DVD yg sudah dibuat.
2. Download file OSInstall.mpkg dan OSInstall
3. Show all file
4. Replace OSInstall.mpkg yg ada di /System/Installation/Packages/OSInstall.mpkg dgn yg baru di download
5. Replace OSInstall yg ada di /System/Library/PrivateFrameworks/Install.framework/Frameworks/OSInstall.framework/Versions/A/OSInstall dgn yg baru di donlod.

b. Di Windows 7
1. Buka transmac.
2. Di menú File, open image. Pilih Image retail OSX.
3. Download file OSInstall,mpkg dan OSInstall
4. Di Transmac, Replace OSInstall.mpkg yg ada di /System/Installation/Packages/OSInstall.mpkg dgn yg baru di download
5. Masih di transmac, Replace OSInstall yg ada di /System/Library/PrivateFrameworks/Install.framework/Frameworks/OSInstall.framework/Versions/A/OSInstall dgn yg baru di donlod.
6. Tutup Transmac.

NB: Bagi yg punya image retail DVD, tapi tidak bisa di replace filenya, berarti agan agan punya image yg tidak dalam format R/W. Berarti agan harus pinjam OSX yg sudah running, bikin dalam format read write seperti langkah II, hanya saja bukan DVD retail yg dibuka tapi Image retail punya agan dan di save dgn format read write.

Agan juga bisa pakai GUID yg berarti harus hapus instalasi win7 dan partisi partisi yg ada, baru lanjutkan instalasi OSXnya.

Alternative ( buat yg punya OSX yg sudah running, Bisa Mac atau hackintosh)

1. Colok FD (min 8 Gb) ke Mac
2. Buka disk utility. Pilih FD ( sebelah kiri )
3. Pilih tab Partition ( Sebelah kanan )
4. Dropdown menu pilih 1 partisi
5. Klik Option kemudian pilih GUID
6. Apply.
7. Masukan DVD retail atau buka Imagenya.
8. Di sebelah kiri pilih Mac OS X Install DVD
9. Di sebelah kanan pilih tab restore
10. Drag Mac OSX Install DVD dari sebelah kiri ke source.
11. Drag Partisi FD ke Destination
12. Erase destination jangan dicentang
13. Klik Restore, tunggu sampai selesai.


Install OSX

1. Masukan BootCD.
2. Boot kompie dari CD, tunggu sampai pilihan partisi atau CD muncul
3. Ganti BootCD dengan DVD Retail yg sudah dipersiapkan untuk install di MBR, pencet F5 sampai DVD OSX retail muncul.
4. Pilih DVD Retail, jangan enter
5.a Jika menggunakan procie intel Core2Duo atau Core i7 ( socket 1366), langsung ketik -v dan enter.
5.b Jika menggunakan procie AMD ketik rd(0,0)/Extra/legacy63 busratio=16 -v dan enter
5.c Jika menggunakan Procie Core i dengan socket 1156 ketik rd(0,0)/Extra/legacy63 busratio=x -v (dimana x adalah multiplikator FSB masing2 processor) dan enter
6. Tunggu sampai masuk installer ( Jika lebih dr 5 mnt berarti ada yg salah)
7. Pilih bahasa,
8. Di menú (atas) pilih tools, disk utility.
9. Pilih Partisi yg sudah disiapkan untuk OSX (Format NTFS)
10. Pilih tab erase, ketik nama partisi, format dgn MacOS journaled. Apply.
11. Quit disk utility, lanjutkan proses installasi,
12. Pilih partisi yg sudah diformat dgn MacOS journaled.
13. Lanjutkan instalasi, sat progress bar sudah keluar, klieg di menu, view, installer log , supaya kale bermasalah, ketahuan di mana.
14. Tunggu sampai selesai, jika sudah selesai. tutup windows installer log. Reboot.
15. Masukan BootCD, boot dari CD, pilih partisi OSX yg baru diinstal, dilanjutkan dengan bootflag seperti point 5
16. Isi data2 (nama, alamat, dsb). Sampai masuk OSX.

Spoiler for image:


PostInstall:

Ane install chameleon yang ada di folder Extra pada bootCD setelahnya ane extract dan copy kext yang ada di folder itu juga ke /Extra/Extension.
Terakhir ane extract tools.zip di folder Extra pada BootCD yg isinya Kext Utility
Drag floder Extensions di /Extra ke Kext Utility
Restart.

Dan akhirnya chameleon lihat partisi OSX dan 2 Partisi NTFS ( System reserved Windows dan Windowsnya).
Kalau mau masuk windows tinggal pilih partisi System reserved. Sebaliknya kalau mau masuk OSX tinggal Pilih OSX.

Ane gak mengcover postinstall terlalu jauh karena terlalu banyak Hardware yg berbeda, intinya:
Setelah instalasi selesai, install Bootloader, dan install Kext.


Untuk postinstall ada app yg di dalamnya sudah termasuk Bootloader dan Kext seperti Myhack dan Multibeast

Tapi, kedua program di atas kadang membuat partisi windows menjadi gak active, sehingga gak bisa boot dari windows. So hati2 dalam memakainya.
thread iHackintosh AMD-based Only !!!
Please keep follow da rulez and no OOT
maintain terus thread kedepannya
usahakan indexing troubleshooting dari trit lama copas link ke sini
Keep update
tolong report klo ada yg OOT ato Junk untuk ditindak

Lanjutgan emoticon-shakehand

Post#2 Previous TS
v
v
v
Quote:
Diubah oleh knight maerz
Quote:

Siap Bos... emoticon-shakehand
Quote:

Tinggal pilih "dalemannya" nih... manteb tenan... emoticon-Angkat Beer
liat di Mac [Share] Hackintosh Compatibility List
kalo ada yg lebih boleh dilempar ke tempat ane... emoticon-Stick Out Tongue

HP Compaq Dc7700 Compatible ga yah gan ?

Sebelumnya ane udah post disini gan.
Berhubung overposted jadi ane Post disini lagi
Gpp kan emoticon-Smilie

Rencana nya mau dibuat Dual Boot
(Bahkan Tripple Boot I. XP II. 7 III. Mac)

Spesifikasi HP Compaq Dc7700 ane =
RAM : 2 GB > klo jadi instal mau ane naikkin jadi 4GB
HDD : 300 GB > 3 Partisi
VGA : NVIDIA GEFORCE 9300 GS
Motherboard nya ane ga sempet liat namanya, tpi masih asli bawaan dari HP-nya

Mohon Bantuan & Bimbingannya agan-agan Master Mac


*Note___________________ ane masih super duber nubie masih blum ngerti MAC emoticon-Hammer2
tpi ane PENGEN tau MAC itu gimana.
dri Cara Instal OS-nya, Install Software, Jalanin Aplikasi di MAC yang pasti belum familiar.


emoticon-I Love Kaskus

emoticon-I Love Kaskus
Quote:


Kalo liat spek di atas VGA gak masalah, cuma saran ane supaya lebih gampang installnya, lebih baik hddnya siap2 dibackup dulu. Akan sangat membantu jika hdd yg akan diinstal hanya berisi 1 partisi.
Setelah OSX terinstall baru install windows...
Yg lebih penting lagi dalemannya tuh komputer (chipsetnya, southbridge, sound, lan,dll) harus tau dulu...Liat pake everest atau pake program ini
Snow leo aja gan... (kalo udah intel core )
Quote:


Berarti ane partisi dulu di Win-7 jadi 1 partisi ya gan.

Nah untuk dalemannya tuh komputer ngaruh nya besar sekali yah gan ke OSX nya?

ntar ane coba cari tau dulu dalemannya gan..
besok ane post lagi

snow leopard ya??
ada DL link nya ga gan emoticon-Big Grin
versi nya yang mane ini gan?
emoticon-Malu kasih semangat buat TS emoticon-kisssing






emoticon-Ngacir
Gudlak bro..
Gw bantu2 pas gw bs yaaaaa
waaah....
selamat buat trit barunya om TS..

ane baru ada rencana nih buat nginstall hackintosh di laptop toshiba..
ntar klo ada trouble ane post dimari deh.. emoticon-Big Grin
sori gan ane lupa kalau gnti ganti ID
spek komputer ane ASUS G50V emoticon-Big Grin
C2D 2Ghz
ram 4Gb
nVidia 9700M GT
================================
nah ane dah bs install iAtkos
tapi masalahnya ya itu.. VGA ane gak kedetect jadi resolusi mentok 1024 768 :maho

ane dah cb semua driver VGA
mulai dari nvenabler
nvdarwin
old enabler
semuanya gak da yang bisa emoticon-Turut Berduka
rata rata layar leptop ane mati emoticon-Cape d...

giliran ane gak install driver VGA bisa sukses installnya emoticon-Bingung
selamat buat trit barunya bro..
smoga bisa membantu banyak nubie yang mau nyoba hackintosh..
good luck.. emoticon-Smilie
sudah dibuka secara resmi nih? emoticon-Big Grin


selamat atas pembukaan threadnya brad,
semoga semakin banyak windows user merasakan manfat mac emoticon-Angkat Beer

ane mau nginstal OSX di i7 + 4GB DDR3 + Geforce GTS260 + 2 buah HDD SATA
apakah memungkinkan?
saat ini running windows 7 x64, bisakah dipakai berdampingan (dual boot)?
ane juga mau install di Acer aspire 4745i, spec i5 2,4GHz, ATI mobility radeon HD 5470, 4GB memory.....

trus, mau donlot OSX nya di mana yah??
Post ini sudah di merge/move
Halaman 1 dari 418


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di