alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006509151/tujuh-temuan-besar-antariksa-2010
Thumbs up 
Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010
Quote:Sebelumnya rate dulu emoticon-Rate 5 Star
Quote:Thanks Buat Admin, Co-Admin, Moderator, Officer, dan Kaskuser semua telah menjadikan HT #1 ane emoticon-Shakehand2
Spoiler for HT:

Quote:Mudah-mudahan tidak emoticon-Repost (S)
Spoiler for SS:

Quote:Kaskuser yang baik itu:
1. Komen bermutu emoticon-thumbsup:
2. Suka emoticon-Rate 5 Star
3. Ngasih emoticon-Cendol (S)
4. Tidak mem emoticon-Bata (S)
5. Baca sampai habis emoticon-Request

Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010
Quote:Bidang Astronomi mencatat prestasi mengagumkan. Tahun 2010 dilalui dengan sederet temuan baru yang spektakuler. Banyak hal dijagat raya tersingkap.
Laman space.com mencatat tujuh temuan yang patut diacungi jempol. Temuan ini bukan hanya penting bagi kemajuan ranah antariksa, namun juga berpengaruh besar bagi peradaban umat manusia pada masa mendatang. Berikut temuan bidang antariksa sepanjang 2010

Quote:1. PLANET KEMBARAN BUMI
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Berita yang telah lama dinanti itu hadir pada September. Sebuah planet yang mirip Bumi diduga ada di angkasa. Ia bukan lagi sekadar ilusi atau mimpi. Hampir semuanya identik, bahkan ukurannya seperti Bumi. Sang planet diberi nama Gliese 581g..
Temuan itu diungkap oleh para astronom dari Universitas California Santa Cruz. Steven Vogt, salah satu anggota tim, menyatakan, terdapat kondisi yang menunjang bagi adanya air di sana. Karenanya Vogt yakin manusia bisa hidup dan menetap. Tapi, beberapa astronom lain mengingatkan bahwa temuan ini masih terlalu dini.

Quote:2. SAMPEL DEBU ASTEROID
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Wahana antariksa Jepang, Hayabusha, membawa pulang kado spesial bagi sains dunia. Penjelajahannya sukses membawa sampel debu asteroid yang diambil dari sumbernya langsung.
Debu berasal dari permukaan asteroid Itokawa yang berjarak 2 miliar km dari Bumi. Hayabusah yang berarti elang, menempuh perjalanan selama 7 tahun untuk sampai ke asteroid itu.
Pengambilan sampel dilakukan langsung oleh wahana antariksa itu. Bukan perkara mudah mendarat di Itokawa. Sebab baru pada percobaan kedua misi berhasil dituntaskan.
Hayabusha tiba kembali ke Bumi pada 13 Juni lalu. Ia setidaknya membawa sebanyak 1.500 butiran debu asteroid yang sangat penting bagi bidang sains dan pengetahuan.

Quote:3. HIDUP DENGAN ARSENIK
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Gara-gara Badan Pengembangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) berencana menggelar konferensi ilmiah bertajuk "Diskusi tentang Temuan Astrobiologi untuk Mengungkap Kehidupan di Luar Bumi", spekulasi pun merebak.
Sebagian pemerhati sains dan wartawan menduga peneliti NASA telah melacak makhluk angkasa yang berada di salah satu bulan Saturnus, Titan, yang mampu hidup pada kondisi lingkungan penuh gas beracun.
Pada kenyataannya tidak seheboh yang dikira. Peneliti mengklaim hanya menemukan mikroba di Bumi yang memakan arsenik. Makhluk itu kemudian disebut GFAJ-1.
Ia bisa mentransformasikan racun ke dalam DNA-nya. Perilakunya ini membuktikan bahwa makhluk hidup bisa bertahan dalam kondisi apa pun dari yang sebelumnya dibayangkan.
Lebih jauh, temuan itu membuka peluang bagi upaya pencarian tanda-tanda kehidupan di luar angkasa. Keraguan mengemuka dari peneliti lain terkait kebenaran makhluk yang bisa hidup dari arsenik. Pembuktiannya patut dinanti, seperti pula klaim adanya kehidupan di meteorit Martian ALH 84001.

Quote:4. MATAHARI 'BANGUN DARI TIDURNYA'
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Para ilmuwan menjuluki fenomena itu sebagai tsunami Matahari. Sekitar Agustus lalu, Matahari mengalami aktivitas luar biasa. Terjadi serangkaian ledakan besar di permukaan bintang yang terdekat dengan Bumi itu.
Energi ledakan melintasi angkasa sepanjang 93 juta mil. Ledakan tersebut menghasilkan aurora di langit. Ini merupakan siklus yang akan berakhir 11 tahun lamanya, ditandai dengan naik turunnya tingkat gelombang elektromagnetik, semburan api, dan cahaya.
Ada kekhawatiran, dampak ledakan bisa merusak satelit komunikasi yang mengorbit Bumi. Tidak diragukan, Matahari berada pada periode teraktif. Ia seolah bangun dari tidurnya.

Quote:5. MATERI GELAP TERIDENTIFIKASI
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Bertahun-tahun materi gelap menjadi misteri. Padahal, unsur itu melingkupi 80% materi jagat raya. Namanya disematkan karena sangat sulit dilihat oleh instrumen luar angkasa.
Akan tetapi, para ahli astro fisika membuat terobosan besar. Mereka berhasil mengidentifikasi tanda-tanda materi gelap ini. Dari situ ada harapan untuk menyingkap segala hal tentangnya. Salah satu temuan menyangkut partikel materi gelap. Partikelnya berciri antipartikel. Ia akan menghancurkan apa pun yang berada di dekatnya.
Para peneliti menduga, tanda dari partikel materi gelap yakni adanya sinar gamma penghancur. Teleskop antariksa Fermi pernah mendeteksi gelombang sinar gamma dari pusat galaksi yang lebih terang dari perkiraan semula.
Ada kemungkinan kejadian berasal dari partikel materi gelap yang sedang bereaksi antipartikel. Berdasar data aktivitas radiasi ini, materi gelap terdiri dari partikel yang disebut WIMP (weakly interacting massive particles). Partikel itu memiliki massa sembilan kali lebih besar dari proton.
Peneliti juga menduga adanya semacam cross section yang menjelaskan kerapatan kaitan artikel. Temuan itu merupakan langkah besar dalam upaya menyingkap selubung misteri materi gelap.

Quote:6. PERTEMUAN DENGAN KOMET HARTLEY
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Tidak ada yang menyangka wahana antariksa Deep Impact sanggup menyambangi dua komet sekaligus. Setelah menempuh jarak ekstra hingga 4,6 juta kilomete, Deep Impact akhirnya mencapai target berikutnya, Komet Hartley 2.
Sebelum itu, tepatnya pada 2005, Deep Impact telah sampai ke Komet Tempel 1. Ia meluncurkan alat peneliti ke permukaan planet untuk mempelajari komposisi komet tersebut.
Namun, para ilmuwan menemukan bahwa Deep Impact masih memiliki tenaga cadangan untuk melakukan penjelajahan lagi. Misi ke Hartley 2 menghasilkan temuan bahwa komet berbentuk kacang itu masih sangat aktif. Ia menyenburkan gas pendorong sianida yang berasal dari karbon dioksida.

Quote:7. KETETAPAN YANG TIDAK TETAP
Quote:
Spoiler for pic:

Quote:Di alam selalu ada ketetapan. Teori itu diyakini selama berpuluh-puluh tahun. Misalnya, kekuatan elektromagnetik yang kerap disebut struktur konstan atau alpha. Unsur tersebut selalu tetap di mana pun. Namun, observasi di galaksi terdekat menunjukkan bahwa alpha bisa berbeda-beda. Perbedaan bergantung pada galaksi mana ia berada. Ini artinya, kecepatan cahaya atau kekuatan elektron memiliki aneka variabel sesuai lokasi masing-masing.
Penelitian dilakukan di dua tempat, yakni melalui Keck di Hawaii dan teleskop besar di Cile. Keduanya melingkupi pengamatan di langit selatan dan utara. Dari situ diketahui, unsur alpha punya perbedaan di angkasa. Di langit utara, struktur tetap ternyata bisa mengecil seiring bertambahnya jarak. Sedangkan, kebalikannya terdapat di langit selatan

Quote:Demikian lah Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010 dari Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010

Quote:Karena ada yang meminta update, ane kasih video nya nih :
Berita tentang kembaran Bumi
youtube-thumbnail

link

Berita tentang kembalinya satelit Hayabusha
youtube-thumbnail

link

Ledakan Matahari
youtube-thumbnail

link

Komet Hartley 2
youtube-thumbnail

link

Quote:Sumber :
space.com
Koran Republika NOMOR1/TAHUN KE-19 4/1/11

Quote:Thread Bermutu Lainnya :
9 Botol Air Mineral Termahal DI Dunia
42 desain cangkir yang modern dan unik
Mengenal Gas Mulia
30 Desain Cangkir Kopi Plastik Yang Unik

Komen kaskuser ada di Post #8 emoticon-Request

gak nyangka dapet 18 cendol + puluhan semen, padahal modal ngetik dari koran doang emoticon-Malu

Sekian dan Terimakasih emoticon-Shakehand2
berbagai spekulasi muncul tentang planet yang mirip dengan bumi. tapi apakah itu layak dihuni ya gan? emoticon-Big Grin walaupun planet tersebut cukup nyaman untuk di huni dan bisa dihuni emoticon-Bingung (S) masalahnya pasti di sana juga ada kehidupan!!
dan pernyataan bahwa kita akan pindah ke planet tersebut karena bumi dianggap udah gak layak huni apakah itu dipikirkan matang2? emoticon-DP


Quote:Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010
emoticon-I Love Indonesia

Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010
nice share gan..ane bantu rate yaa emoticon-Sundul:
emoticon-Matabelo
manusia makin pinter aja
Coool abis gan....emoticon-I Love Indonesia
Dark matter itu sama kek black hole yah bisa menghancurkan apapunemoticon-BingungTujuh Temuan Besar Antariksa 2010
Quote:Tambahan dari Kaskuser :
Quote:Original Posted By Blackr4v3n
Selamat gan, jadi HTemoticon-Selamat

Oh ya. Mau nitip info.
tahun 2014 nanti akan diorbitkan Webb Space Telescope.
Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010
Pencitraannya bakal lebih bagus daripada Hubble karena Webb bekerja pada spektrum inframerah. Kenapa inframerah? Karena cahaya bintang yang sampai ke bumi mengalami redshift, bisa dibilang warnanya berubah dan tidak seperti aslinya. Jadi harus dilihat pake sensor inframerah.

Contoh: Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010
Gambar yang diatas diambil dengan spektrum cahaya tampak (hubble), yang di bawah menggunakan inframerah (dengan koreksi warna). Lebih jelas yang bawah kan?

Dengan ini diharapkan banyak temuan baru lainnya.emoticon-I Love Kaskus

Thanks to agan Blackr4v3n emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By east666
No1 ---> "Impossible is Nothing"

Ane nambahin nih dah ada yg klaim punya tanah di Gliese 581g...

Spoiler for wong edan:


sumber

Thanks to agan east666 emoticon-Shakehand2

Quote:Komen Kaskuser :
Quote:Original Posted By chupineunzig
berbagai spekulasi muncul tentang planet yang mirip dengan bumi. tapi apakah itu layak dihuni ya gan? emoticon-Big Grin walaupun planet tersebut cukup nyaman untuk di huni dan bisa dihuni emoticon-Bingung (S) masalahnya pasti di sana juga ada kehidupan!!
dan pernyataan bahwa kita akan pindah ke planet tersebut karena bumi dianggap udah gak layak huni apakah itu dipikirkan matang2? emoticon-DP

sejauh ini mungkin masih jadi alternatif gan emoticon-Malu
kalau pun bisa, mustahil bisa memindahkan semua penduduk ke sana emoticon-Takut

Quote:Original Posted By dickz09
nice share gan..ane bantu rate yaa emoticon-Sundul:

thanks gan emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By nukky
emoticon-Matabelo
manusia makin pinter aja

iya gan, semoga makin maju deh emoticon-Malu

Quote:Original Posted By celpimora1
emoticon-Blue Repost

dijawab sama yang di bawah ya..
v
v
Quote:Original Posted By maminya.popoy
repost dari mana emoticon-Kagets


Quote:Original Posted By kodoknakalbatam
gini gan..berarti kalau tingkat keelektromagnetik di setiap daerah berbeda , berarti teori dan perumusak elektromagnetik bisa berubah dong gan??
kalau emang bener ,berarti semua guru dan dosen ngajarin fisika ttg elektromagnetik salah dong gan??
kan alpha nya ngak tetap ..
hm,, emoticon-Bingung

mohon pencerahannya gan emoticon-shakehand emoticon-Smilie

karena ilmu pengetahuan harus sama di berbagai belahan dunia, maka yang di ajarkan itu adalah hasil persetujuan dari badan2 penting dunia gan emoticon-Malu

Quote:Original Posted By they_ka
ini tsunami matahari bahaya apa aja ya gan? denger rumor kalo tar semua alat elektronik bakal ga berfungsi ya pas tsunami itu dateng??

jadi serem gan...emoticon-Takut

betul, satelit bisa rusak gan, gak ada komunikasi, gak ada internet, tapi mudah2an aja gak terjadi ya emoticon-Takut

Quote:Original Posted By Exploderz
ckckck kayak film doraemon aja ada kembaran bumi.. emoticon-Big Grin
BTW, penemuan-penemuannya luar biasa gan.. emoticon-Matabelo
jadi nambah nih pengetahuan ane.. emoticon-Cool
ane liat sumbernya ngetik dari koran ya?? emoticon-Ngakak (S)
koran apa bang TS?? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

udah di cantumin di atas, koran Republika emoticon-Malu
Quote:Original Posted By aisone
planet mirip bumi tp jaraknya kyanya jauh banget gan
bisa ribuan tahun mungkin klo mau kesana

dijawab nih gan :
v
v
Quote:Original Posted By abangfarhan
tadi ane liat di wiki jaraknya 20,5 tahun cahaya. jadi kalo kita pergi dgn kecepatan cahaya aja butuh waktu 20,5 tahun gan emoticon-Hammer

kecepatan cahaya = 300.000 km/detik

1 tahun = 31.536.000 detik
1 tahun cahaya = 31536000 x 300.000 = 9.460.800.000.000 km
20,5 tahun cahaya = 193.946.400.000.000 km

jadi misalnya kecepatan roket 1000km/jam aja, butuh waktu 193.946.400.000 jam. atau setara dengan 22.140.000 tahun perjalanan. jadi ya kalo teknologinya masih kaya sekarang kayaknya mustahil

CMIIW

nice thread nih gan
ane bantu rate yah
gila aja tuh postingan uda goceng emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By VanRuud
Dark matter itu sama kek black hole yah bisa menghancurkan apapunemoticon-BingungTujuh Temuan Besar Antariksa 2010

Quote:Original Posted By archimondech
gan,, klo dark matter bisa ngancurin partikel.. brarti ada yang bisa bkin partikel donk??
trus dibalik dark matter ada apa?
trus klo partikel hancur jadi apa? kan partikel itu materi terkecil yang g bisa dibelah lagi??
trus klo lenyap itu lenyap kemana partikelnya??

partikel itu hasil pecahan dari big bang gan..
karena banyak sekali macam2 partikel, jadi tidak bisa disebut satu satu, bahkan mungkin belum terdefinisi seluruhnya..
kalau lenyap itu ane kurang tahu kemana..
mungkin kaya gini nih gan :
Quote:Original Posted By Blackr4v3n
Bukan begitu gan. Dark matter itu sebenarnya adalah materi yang mengisi 23% dari alam semesta (beda dengan dark energy). Namun, karena tidak mengeluarkan gelombang elektromagnetik ataupun bereaksi dengan gelombang elektromagnetik (sebut saja cahaya). Jadi selama ini cuma bisa dikaji secara teori. Istilahnya "Ane tahu dark matter itu ada, tapi koq ga ketemu? Mestinya ada banyak."

Beda dengan blackhole gan. Blackhole itu sebuah titik (ane sebut titik karena emang keci banget) di luar angkasa yang memiliki kepadatan massa yang amat besar, lebih besar dari matahari. Saking besarnya, gaya gravitasinya juga bukan main. Cahaya aja kesedot gan.
Nih ilustrasinya:
Tujuh Temuan Besar Antariksa 2010

thanks infonya emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By irw4nn
nice thread nih gan
ane bantu rate yah
gila aja tuh postingan uda goceng emoticon-Ngakak

thanks kk irw4nn emoticon-Malu
hehe iyah, kemaren ngegeber sampe tidur tadi jam 5 emoticon-Hammer2
mantaaappp nih trit niat banget buatnya gan, niat banget emoticon-Ngakak
emoticon-Rate 5 Star meluncurrrr emoticon-Big Grin
awalnya kirain judulnya ga nyambung
kok judulnya antartika isinya luar angkasa emoticon-Hammer
ternyata ane salah baca emoticon-Malu

asik tuh ada planet yg mirip bumi
klo kondisinya mendukung bisa pindahan kesana yak, jadi kayak di film2
ane demen banget gan baca yg beginian,o ya,jelasin dong tentang materi dan antimateri,katanya awal mula kehidupan (bagi yang ga percaya tuhan ya) semuanya berasal dari materi dan antimateri atau disebut pohon kehidupan emoticon-Smilie

saya percaya tuhan kok gan emoticon-Hammer

cuma suka pnasaran aja

cie pejwan emoticon-I Love Indonesia
Ketimpuk is visited your thread

Quote:My Comment

Nice share gan emoticon-thumbsup


Quote:Thread Bermutu dari Ane

10 Anak Tangga Terunik (Ga liad nyesel gan !)
10 Kiper Terbaik Indonesia Sepanjang Sejarah Manusia !!
[INFO]Pingin Jadi Member Kaskus yg Dikenal Baik? Masuk gan !
Unik ya penemuan barunya
Quote:Original Posted By dzakitirta
mantaaappp nih trit niat banget buatnya gan, niat banget emoticon-Ngakak
emoticon-Rate 5 Star meluncurrrr emoticon-Big Grin

ya niat dong emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By edo072
awalnya kirain judulnya ga nyambung
kok judulnya antartika isinya luar angkasa emoticon-Hammer
ternyata ane salah baca emoticon-Malu

asik tuh ada planet yg mirip bumi
klo kondisinya mendukung bisa pindahan kesana yak, jadi kayak di film2

duitnya gak ada buat kesana gan emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By ghojezz
ane demen banget gan baca yg beginian,o ya,jelasin dong tentang materi dan antimateri,katanya awal mula kehidupan (bagi yang ga percaya tuhan ya) semuanya berasal dari materi dan antimateri atau disebut pohon kehidupan emoticon-Smilie

saya percaya tuhan kok gan emoticon-Hammer

cuma suka pnasaran aja

cie pejwan emoticon-I Love Indonesia

setau ane sih materi dan antimateri kalau digabungin akan saling memusnahkan gan, kompleksnya ane gak tau emoticon-Mewek
planet mirip bumi tp jaraknya kyanya jauh banget gan
bisa ribuan tahun mungkin klo mau kesana
keren infonya.. ane nambah ilmunya nih... thanks gan emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By irw4nn
nice thread nih gan
ane bantu rate yah
gila aja tuh postingan uda goceng emoticon-Ngakak


kak utang sp00ky2
masih -12 lagi yah emoticon-EmbarrassmentTujuh Temuan Besar Antariksa 2010
Quote:Original Posted By Ketimpuk
Ketimpuk is visited your thread




ketimpuk paan gan? emoticon-Big Grin
rate nya yak emoticon-Rate 5 Star

Quote:Original Posted By gideonjack
Unik ya penemuan barunya

hehe iya gan emoticon-Malu
rate dong emoticon-Rate 5 Star