alexa-tracking

Kenapa tidak boleh minum obat dengan susu?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006492583/kenapa-tidak-boleh-minum-obat-dengan-susu
Peringatan! 
Kenapa Tidak Boleh Minum Obat Dengan Susu?
Quote:
dimana2 minum obat pake air putih lah emoticon-Hammer
Kenapa tidak boleh minum obat dengan susu?
Quote:


nais info sob emoticon-Angkat Beer
makasih inpo nya gan emoticon-I Love Kaskus (S)
pantesan aja gak dibolehin sama nyokap ane Gan..
Ane makan pakai buah buahan deh jadinya
kalo pake buah bole gak Gan?
jadi gak berkahsiat obatnya ya gan emoticon-Mewek
Wah. Alm. Mbah surip pernah ane lihat minum obat pke kopi... Ternyata air putih memang is the best emoticon-army:
Kenapa tidak boleh minum obat dengan susu?
Sedikit meralat..
sebenarnya obat yang ndak dianjurkan dikonsumsi menggunakan susu itu adalah obat yang struktur kimianya memiliki ikatan beta-laktam, nah kenapa nggak boleh..?

Cincin beta-laktam ini oleh salah satu kandungan susu (Fe) dapat terikat, nah seharusnya cincin betalaktam ini target aksinya salah satu bagian dari bakteri (dinding sel) maka karena adanya ikatan beta-laktam+fe menyebabkan aktivitas dari betalaktam ini sendiri menjadi tidak ada alias tidak berefek..

semoga info ini bisa sedikit memberikan pencerahan. soale masyarakat kita terlalu makan mentah semua apa yang mereka dapat. ndak semua obat kok hanya beberapa saja yang tidak boleh menggunakan susu dalam penggunaannya..

nah obat ini golongan antibiotik beta-laktam (kloramfenikol dan turunannya)
(kalo ada yang kurang ntar ane edit)

Sumber:
Mikrobiologi Kedokteran jawertz, dkk. ed 20
Farmakologi dasar Hand Out 2004, Farmasi Study Club UGM.
Informasi Seputar Obat (ISO)
Quote:
emoticon-Matabelo o gt y gan, maaf ane awam gan emoticon-Malu , thx gan emoticon-2 Jempol
Kenapa tidak boleh minum obat dengan susu?
baru tau ane gan emoticon-Bingung (S)
nice share gan emoticon-Smilie

setau ane klo minum susu + obat, nanti obatnya ga ngaruh, tapi ga tau kenapa, kyaknya ada hubungan ke cincin senyawa deh CMIIW
nice share gan emoticon-Smilie
yg pasti abis minum obat jgn minum susu, nanti ga kerja tu obat emoticon-Smilie

Smile 

Quote:


Ralat juga gan,,,ISO = Informatorium Spesialite Obat...ISO di Indonesia saat ini diterbitkan oleh IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) dulunya ISFI (Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia)...

dan yang perlu diketahui lagi,, yang lebih mengerti dan satu2nya profesi yang berhak memberikan obat,beserta informasi mengenai obat ke pasien adalah APOTEKER bukan profesi lainnya.....

NO PHARMACIST NO MEDICINE SERVICEemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia
sebenernya, minum susu itu juga gakk baik lhoo
ane pernah gan, minum obat pake susu. langsung badan ane bentol2 kayak orang alergi..
oh gitu ya gan, baru tau ane

mantaph bener gan : 2thumbup


nice inpo emoticon-2 Jempol
Quote:

gan,gw orang awam nih...
buat yang dibold bisa kasih tau obat2 apa aja yang ga boleh dikonsumsi berbarengan dengan susu?jgn kasih contoh berdasarkan zat2 yah, kalo bisa contohnya disertai merk obat emoticon-Big Grin
kalo kurang berkenan buat sebutin merk, pm gw dong gan emoticon-Peace
kalo ga salah kalo di minum bareng susu bisa jadi racun ya gan...

dan kalo di minum bareng teh, fungsi obatnya jadi gak jalan alias di netralin sama teh..
dimana2 minum obat emang pake aer puti gan.. emoticon-Angkat Beer
Quote:
?
minum air putih aja gan biar aman emoticon-Big Grin
Kenapa tidak boleh minum obat dengan susu?
×