alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006393383/melihat-proses-budidaya-terumbu-karang
Melihat Proses Budidaya Terumbu Karang
Melihat Proses Budidaya Terumbu Karang

Spoiler for sebelumnya:


Quote:Melihat Proses Budidaya Terumbu Karang

Pasti tau donk daerah Raja Ampat dan Bunaken daerah yang terkenal memiliki terumbu karang terbaik di dunia. Salah satu daerah yang menjadi salah satu tujuan wisata asing yang dilestarikan, tapi ada aja orang2 yang gak bertanggung jawab merusak ekosistem terumbu karang disana, lalu gimana cara nanggulanginnya. Untuk waktu jangka panjang ada yang dinamakan Teknologi Transplantasi terumbu karang, jadi artinya batu karang ditanem atau dicangkok melalui media2 yang digunakan. Transplantasi merupakan suatu cara efektif untuk menumbuhkan terumbu karang, meski butuh waktu yang lama tetapi cara ini merupakan salah satu upaya konservasi yang perlu dilakukan dan disosialisasikan.



Quote:
Media untuk transplantasi terumbu karang biasanya berpipa dan berlubang/kerucut, pemilihan media ini agar ikan-ikan masih dapat berenang bebas disekitar media tersebut, pipa yang dipasang berfungsi untuk mengikat karang kecil

contoh media:
Spoiler for media:

Spoiler for media:

Spoiler for MEDIA:

Spoiler for MEDIA:

Spoiler for MEDIA:

Spoiler for MEDIA:

Spoiler for MEDIA:

Spoiler for media:

Spoiler for media:

Spoiler for media:

Spoiler for media:

Spoiler for media:


Quote:Untuk kali ini metodenya menggunakan media semen atau cor yang dicetak sedemikian rupa. Pertama disiapkan media penanaman terumbu karang yang berupa cor-coran sedimen berbentuk kerucut. Media tersebut dapat dicetak di pantai dan di bagian tengah di pasang pipa PVC atau botol bekas.

Spoiler for media:

Langkah selanjutnya adalah pengikatan terumbu karang anakan di media transplantasi. Misalnya pada gambar di bawah dapat dilihat proses pengikatan salah satu jenis terumbu karang yaitu Acropora sedang diikat di media transplantasi. Pengikatan dilakukan dengan menempelkaan terumbu karang di bagian pipa atau kaleng bekas dengan mengikat menggunakan kabel tip berwarna putih.

Spoiler for prosesnya gan:


Spoiler for proses:


Spoiler for proses:


Spoiler for proses:


Quote:Setelah semua media transplantasi telah diikat dengan terumbu karang yang ingin ditumbuhkan, maka media transplantasi tersebut dibiarkan dalam perairan laut selama lebih kurang 3-6 bulan agar terumbu karang anakan tersebut dapat tumbuh. Setelah beberapa bulan, terumbu karang yang ditransplantasi akan tumbuh dan ikan-ikan serta hewan laut lain dapat menjadikan daerah sekitar media transplantasi sebagai habitatnya yang baru, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Spoiler for udah mulai numbuh gan:


Spoiler for udah ada penghuni barunya gan:


Jika terumbu karang sudah tumbuh dengan baik dan mulai dewasa, ikan-ikan laut yang termasuk kategori ikan hias akan semakin banyak muncul dan terlihat sangat senang bermain di daerah terumbu karang hasil transplantasi tersebut.

Spoiler for udah jadi gan:


Quote:Melihat Proses Budidaya Terumbu Karang
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan transplantasi karang

Jangan salah lho gan batu karang bisa kena stress juga karena dia termasuk hewan. Untuk mengurangi stress, karang yang akan ditransplantasi dilepaskan secara hati-hati dan ditempatkan dalam wadah plastik berlubang serta proses pengangkutan dilakukan di dalamair. Sebaiknya operasi ini hanya menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit setiap tumpukan karang yang akan dipindahkan. Beberapa teknik untukmelekatkan karang yang ditransplantasi adalah semen, lem plastik, penjepit baja, dan kabel listrik plastik.


sumber
Spoiler for Videonya:


Quote:Original Posted By watashibanzai
terumbu karang emang butuh waktu lama Gan buat tumbuh. Kalo saran ane supaya aman di are terumbu karangnya diternakin bulu babi Gan. Biasanya area yg menjadi habitat bulu babi itu terumbu karangnya keren2 emoticon-I Love Indonesia


super sekali infonya emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By donny311081
padahal tuh coral susah banget hidupnya di aquarium...
ane pernah coba pelihara tuh coral, ga bisa hidup... cuma beberapa hari abis itu mati.... sedangkan anemon ane idup ampe gede banget T_T

Quote:Original Posted By heryedan
Ane dah coba di aquarium gan, hasilnya mati semuaaa, wkwkwk. Emang susaah tuh gan, and kl dah mati, wedeeew baunya

Quote:Quote:Original Posted By rijalulvikry
oooo, jadi pas di dalam laut karangnya berwarna, pas di luar laut, karangnya jadi putih. kenapa bisa begitu gan?

emoticon-Request
Quote:Original Posted By bulebatam
soalnya gan, kalau di bawah laut tuh mereka hidup.. begitu kena udara dan carbon dioxida, mereka cepat sekali buat mati..
mineral2 juga faktor yang membuat mereka bersinardan berwarna di bawah laut dibanding diatas darat (garam)


Quote:Original Posted By Elfstein
kalo dulu pernah nonton,,
orang luar ampe nengelemin kapal yang ga kepake
buat budidaya terumbu karang,,

dengan cara ini lebih cepat numbuhnya,,
terumbu karang kalo ga salah butuh ratusan hingga ribuan tahun
untuk tumbuh kayak yang dibunaken,,,


Melihat Proses Budidaya Terumbu Karang

Quote:Budayakan Baca

Quote:
youtube-thumbnail


Quote:emoticon-I Love Kaskus (S)Mampir juga emoticon-I Love Kaskus (S)
Benua sampah terbesar di Dunia
Bumi akan gelap pada tanggal 23-25 Desember 2012? Hoax!!!
6 Hal klarifikasi NASA perihal kiamat



Melihat Proses Budidaya Terumbu Karang
ciaaat <<< sukses PERTAMAX

gue pikir selama ini terumbu karang itu tumbuhnya alami aja gan...
ternyata ada buatan ya.... beda sama rumpon ya...
bagus ini buat pelestarian alam

nice info nih emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
emoticon-Belo
bener bener memukau ngeliat budidayanya emoticon-Embarrassment
harus dilestarikan juga gan dari sekarang emoticon-Smilie

jiah ga dapet pertamax

ternyata terumbu karang indah juga ya gan..


Quote:
Robot Humanoid yg Ramah dan Setia pada Manusia ( ++ video nya lucu gan :D )
Trit paling OK dari Ane:
[QUOTE=]

"Kalau Ada Waktu" buat anak-anak

[story] Hidup Adalah Anugrah bb++

[Kisah Nyata] Gadis China BB 22++

[story++] KURA-KURA[/QUOTE]
Update kaskuser yang udah pernah nyoba


Quote:Original Posted By pebzuya
Salute buat TS udah bikin thread kaya gini, kebetulan ane juga skripsi mengenai transplan karang, metodenya BIOROCK (metode transplan karang menggunakan arus lemah dg prinsip elektrolisis, dapat mempercepat pertumbuhan karang hingga 6x lipat) klo mau liat Biorock udh di aplikasikan di Bali dandi Kep. Seribu Jakarta..

Beberapa foto biorock :

Spoiler for biorock team:


Spoiler for biorock and fish:


Spoiler for biorock pengukuran penambahan panjang:

Spoiler for biorock3:


Spoiler for bubbles artinya biorock berfungsi:

Spoiler for my biorock park:



Quote:Original Posted By Than-Uki
nice thread gan emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up

cara merehabilitasi terumbu karang yang mengalami kerusakan, diantaranya dengan teknik transplantasi ini atau dengan biorock seperti yang dilakukan agan pebzuya.

tapi perlu diingat bahwa terumbu karang merupakan ekosistem yang kompleks dimana hewan karang tersebut memiliki faktor pembatas (nutrien, suhu, salinitas, dll.). IMHO kalo memang kondisi perairan di suatu wilayah tidak cocok bagi hewan karang untuk hidup maka akan percuma di rehabilitasi, yang ada malah akan menghambur2kan uang untuk membuat modul (beton) ataupun rangka besi biorock transplantasi tersebut.
jika di analogikan seperti orang desa yang biasa menghirup udara segar bila di pindahkan ke kota yang penuh dengan polusi maka akan sakit2an.
saran ane sih lebih baik kita menjaga kondisi perairan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat terutama di got karena sampah tersebut akan menuju laut pada akhirnya.

cinta laut....
wah mang terumbu karang harus dilestarikan gan ane setuju nih ane do'a in jadi ht
nice share gan..

ane bantu rate
Quote:Original Posted By Adamsyammaszaki
wah mang terumbu karang harus dilestarikan gan ane setuju nih ane do'a in jadi ht


makasih gan sekalian bantu rate yaemoticon-Malu
wuih cantik2 ya gan pemandangan bawah laut di warnai terumbu karang...untung masih ada orang yang merawatnya...
keren bgt gan emoticon-Matabelo
keren banget gan........
emoticon-2 Jempol
keren gan terumbu karang nya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By anazkit
wuih cantik2 ya gan pemandangan bawah laut di warnai terumbu karang...untung masih ada orang yang merawatnya...


kalo bukan kita siapa lagi, kita yang merusak kita juga yang bertanggung jawabemoticon-Malu
bagus bagnet gan, calon HT neh gan emoticon-Big Grin
semoga di indonesia ga ada yang njarah..emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Ternyata butuh waktu lama untuk tumbuh yaemoticon-Big GrinMelihat Proses Budidaya Terumbu Karang
wow.. kk wow..
wah dapat tambahan ilmu gan emoticon-thumbsup:

mantabh banget gan, ane bantu rate :matahari:
wah manteb banget, atas gw pasti pada ga baca..setau gw karang tumbuh hanya 1 cm dalam jangka waktu setahun, jadi ga kebayang kalo cuma gara2 keinjek manusia mereka butuh waktu lama untuk tumbuh kembali. dan pernah gw baca di thread sebelah kalo karang warnanya berubah jadi putih gara2 global warming, soo kita yang harus menjaga dan melestarikan. termasuk lewat metode iniemoticon-thumbsup threadnya keren, moga jadi HT ganemoticon-I Love Indonesia