alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006321813/10-hewan-dengan-penglihatan-luar-biasa-keren
Thumbs up 
10 Hewan Dengan Penglihatan Luar Biasa Keren !!!
Quote:Thread Ini Memakai Post #1 dan #3 Karena Gak Cukup Tempat Gan Maap yah emoticon-Sorry

Quote:
Spoiler for Jangan Lupa:


Quote:
Spoiler for No Respol:


Quote:1.Tarsier (Tersier)

Spoiler for Pic:




Tersier adalah hewan kecil (sejenis tupai berukuran) primata nokturnal, ditemukan di hutan hujan di Asia Tenggara. Ini adalah satu-satunya primata yang sepenuhnya predator di dunia, makan kadal dan serangga dan bahkan dikenal untuk menangkap burung terbang. Hal yang paling yang luar biasa, ialah matanya yang sangat besar, yang terbesar dari mamalia manapun, relatif terhadap ukuran tubuh. Jika mata Anda secara proporsional sebesar mereka, mereka akan menjadi seukuran anggur. Mata ini sangat besar dibandingankan dengan ukuran kepala mereka, dan tidak dapat menyerahkan rongganya. Untuk mengimbangnya, tersier memiliki leher yang sangat fleksibel, dan dapat memutar kepalanya 180 derajat, seperti burung hantu, untuk memindai mangsa potensial atau predator.

Dengan setiap mata beratnya lebih dari otaknya, tersier memiliki penglihatan yang sangat akut dan visi malam yang luar biasa, bahkan sudah diteliti bahwa mereka mungkin dapat melihat cahaya ultraviolet. Di sisi lain, mereka tampaknya memiliki visi warna yang sangat miskin (sedikit), seperti halnya dengan binatang nokturnal biasa (termasuk kucing rumah dan burung hantu, misalnya).


Quote:2.Chameleon (Bunglon)

Spoiler for Pic:



Bunglon terkenal karena kemampuan mereka untuk mengubah warna, kemampuan yang membantu mereka berkomunikasi dan menyembunyikan mereka, (hanya beberapa spesies menggunakan warna-perubahan sebagai kamuflase). Spesies Sejenis Kadal ini juga memiliki mata yang sangat tidak biasa kelopak mata mereka menyatu, dan menutupi hampir seluruh bola mata mereka, kecuali lubang kecil untuk membiarkan mereka melihat melalui setiap celah untuk mencari makanan, sehingga bunglon dapat memindai untuk mangsa dan potensi ancaman pada saat yang sama. Ini juga berarti bahwa bunglon memiliki lapangan 360 derajat penuh visi.

Ketika bunglon melihat adanya mangsa (biasanya serangga, meskipun spesies terbesar diketahui memakan tikus dan vertebrata kecil lainnya), itu berfokus kedua mata dalam arah yang sama, mendapatkan visi stereoscopic sangat penting jika kita menganggap bahwa bunglon menangkap mangsanya dengan menembak keluar lidahnya dengan kecepatan tinggi, suatu teknik yang membutuhkan jarak yang sangat tepat dan kedalaman persepsi yang tinggi. Bunglon memiliki penglihatan sangat tajam, bisa melihat beberapa meter jauhnya dari tempat nya beridiri dan hanya seperti tersier, mereka dapat melihat cahaya ultraviolet.


Quote:3.Dragon Fly (Capung)

Spoiler for Pic:




Capung, mungkin pemburu udara yang paling tangguh di antara serangga, juga memiliki beberapa mata yang paling menakjubkan di dunia hewan. Mata Mereka begitu besar hampir menutupi bagian kepala mereka, memberikan penampilan seperti memakai helm, dan dapat melihat 360 derajat. Mata ini terdiri dari 30.000 unit visual yang disebut ommatidia, masing-masing berisi lensa dan serangkaian sel sensitif cahaya. Penglihatan mereka yang hebat, mereka dapat mendeteksi warna dan cahaya terpolarisasi, dan sangat sensitif terhadap gerakan, yang memungkinkan mereka untuk dengan cepat menemukan setiap mangsa potensial atau musuh.


Quote:4.Leaf Tailed Gecko (Cicak Berbuntut Daun)

Spoiler for Pic:




Cicak Berbuntut Daun memiliki mata cantik surealis vertikal dan memiliki serangkaian "lubang kecil" yang melebar di malam hari, memungkinkan kadal ini untuk mengambil cahaya sebanyak mungkin. Mata ini juga memiliki banyak sel lebih peka cahaya daripada mata manusia, memberikan hewan kemampuan untuk mendeteksi benda-benda dan bahkan untuk melihat warna pada malam hari.

Untuk memberikan gambaran tentang night vision mengagumkan mari kita hanya mengatakan bahwa, kucing dan hiu dapat melihat enam sampaisepuluh kali lebih baik daripada manusia, sedangkan cicak berbuntut daun dan spesies lainnya tokek nokturnal dapat melihat hingga 350 kali lebih baik dari yang kita bisa lihat dalam cahaya redup.
Cicak berbuntut daun juga memiliki serangkaian aneh, pola mata rumit, yang menyediakan kamuflase. Kadal ini mempunyai kelopak mata yang tipis, mata mereka dilindungi oleh membran transparan, dan tokek sering terlihat membersihkan membran ini dengan lidah mereka.


Quote:5.Colossal Squid (Cumi Raksasa)

Spoiler for Pic:




Sering Kita Bingung Dengan Cumi ini, Mungkin karena cumi ini hidup di bawah permukaan laut yang sangat dalam. Cumi ini lebih besar dari pada Giant Squid (Cumi Raksasa), yang di kenal dengan nama Colossal Squid invertebrata, mereka juga memiliki mata terbesar dalam kerajaan binatang. Masing-masing mata cumi-cumi kolosal itu bisa sampai 30 cm memiliki lensa berukuran seperti jeruk. matanya yang besar memungkinkan Cumi Cumi Ini untuk melihat dalam kondisi cahaya redup, sangat berguna bagi hewan yang menghabiskan sebagian besar waktu berburu pada 2000 meter di bawah permukaan laut.


Quote:
Spoiler for TS Menerima:



Quote:
Spoiler for TS Menolak:


Quote:
emoticon-I Love Kaskus6 - 10 Ada Di Post Ke #3 Gan emoticon-I Love Kaskus
Quote:6. Four eyed fish (Ikan Bermata Empat)

Spoiler for Pic:




Ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah, serta di bagian Utara Amerika Selatan, ini adalah ikan kecil yang berukuran kurang lebih 32 cm dan biasanya ditemukan di dalam air tawar atau payau (meskipun mereka juga telah terlihat di pantai laut). Makanan utama mereka adalah serangga, sehingga mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka berenang di permukaan air. Meskipun nama mereka, ikan bermata empat tetapi sebenarnya mereka hanya memiliki dua mata. Namun, mata ini dibagi oleh beberapa jaringan dan setiap setengah mata memiliki jaringan itu sendiri. Hal ini memungkinkan ikan ini beradaptasi pada lingkungan yang keras dengan mata yang melihat dengan sempurna dan di waktu yang bersamaan ikan ini dapat melihat baik di atas atau di bawah permukaan air dengan sempurna penglihatan yang sangat sempurna dalam memburu mangsa dan serangga.

Bagian atas bola mata disesuaikan dengan visi di udara, sedangkan bagian bawah disesuaikan dengan visi bawah air. Meskipun kedua bagian mata menggunakan lensa yang sama, ketebalan dan kurva lensa berbeda di bagian mata atas dan bawah, sehingga mengoreksi perilaku cahaya yang berbeda di udara dan air. Ini berarti bahwa ketika ikan empat mata benar-benar tenggelam, maka bagian atas mata berada di titik fokus. Untungnya, ikan menghabiskan hampir seluruh hidup di permukaan, dan hanya untuk menyelam sepenuhnya sesekali untuk mencegah bagian atas mata dari dehidrasi.


Quote:7. Stalk eyed fly (Serangga Terbang Bermata tangkai)

Spoiler for Pic:



Makhluk-makhluk ini kecil namun kespektakuleran mereka kebanyakan ditemukan di hutan Asia Tenggara dan Afrika, dengan beberapa spesies juga ditemukan di Eropa dan Amerika Utara. Mereka mendapatkan nama mereka dari proyeksi panjang dari sisi kepala dengan mata dan antena di akhir.
Spesies bermata tangkai ini juga memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbesar eyestalks mereka dengan menelan udara melalui mulut mereka dan pemompaan oksigen melalui saluran di kepala ke eyestalks mereka.


Quote:8.Spooky Fish (Ikan Hantu)



Spookfish adalah satu-satunya vertebrata yang diketahui menggunakan struktur mata cermin untuk melihat, serta lensa biasa. Spookfish ditemukan di seluruh dunia namun jarang untuk bias dilihat, karena mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka pada kedalaman 1000-2000 meter. Mereka memakan krustasea kecil dan plankton, dan ukuran sekitar 18 cm.


Quote:9. Ogre faced spider (Laba Laba Berwajah Ogre)

Spoiler for Pic:





Laba-laba dikenal karena memiliki banyak mata (meskipun ini sangat bervariasi di antara spesies yang berbeda, dengan beberapa memiliki mata dua, empat, enam atau delapan). Laba-laba berwajah seperti Ogre ini sebenarnya memiliki enam mata, namun tampak seolah-olah hanya memiliki dua karena pasangan tengah sangat besar. Ini merupakan adaptasi untuk gaya hidup laba-laba raksasa yang menghadapi Penglihatan malam yang luar biasa bukan hanya karena mata besar mereka, tetapi karena lapisan sensitif sangat ringan meliputi sel mata mereka.

Membran ini sangat sensitif, membran ini juga buta pada waktu fajar tiba dan yang baru diproduksi setiap malam. Laba-laba raksasa ini merupakan laba laba yang sangat special karena mereka memangsa dengan agresif di malah hari meskipun mereka kurang tapetum lucidum, sebuah reflektif membran yang membantu laba-laba lain (dan predator lain seperti kucing) untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah. Sebagai fakta, ilmuwan percaya bahwa laba-laba raksasa memiliki visi malam lebih baik daripada kucing, hiu, atau bahkan burung hantu (yang dapat melihat hingga 100 kali lebih baik daripada manusia di malam hari).



Quote:10. Mantis shrimp (Udang Mantis)

Spoiler for Pic:




Inilah Hewan dengan mata yang paling aneh dan menakjubkan di dunia. Udang mantis sebenarnya bukan udang, tapi jenis Crustacea berbeda dari urutan Stomatopoda. Dikenal untuk agresivitas dan persenjataan yang tangguh (mereka memiliki cakar yang sangat tajam dan kuat dan dapat membagi sebuah jari manusia dalam dua atau bahkan memecahkan akuarium kaca dengan satu serangan tunggal), udang mantis adalah predator rakus kebanyakan ditemukan di perairan tropis.

Mata mereka majemuk, seperti capung, meskipun mereka memiliki jumlah yang jauh lebih kecil dari ommatidia (sekitar 10.000 jaringan sel per mata), namun di setiap baris udang mantis ommatidia memiliki fungsi tertentu. Sebagai contoh, beberapa dari mereka yang digunakan untuk mendeteksi cahaya, yang lain untuk mendeteksi warna, dll

Udang Mantis bisa melihat warna jauh lebih baik dari manusia (mata mereka memiliki 12 jenis reseptor warna, sedangkan manusia hanya memiliki tiga), serta ultraviolet, inframerah dan visi terpolarisasi cahaya, sehingga memiliki penglihatan paling kompleks dari setiap hewan yang diketahui hidup di bumi ini. Mata terletak di ujung batang, dan dapat dipindahkan secara independen dari satu sama lain, berputar hingga 70 derajat. Menariknya, mata mereka mendapatkan informasi visual diproses oleh mata itu sendiri, bukan otak.
Quote:Original Posted By Iowa maggotz
asdasd


Gw Bata Lo !!! Dasar :maho:maho emoticon-Najis
Comment Nya Dunk Gan... emoticon-Frown
lagi males baca gan emoticon-Cape deeehh
Ane baru tau gan kalau cumi juga termasuk hewan dengan mata yang super tajam..

Setau ane cuma kucing yang matanya suka nyala kalau malam hari.

Keep posting gan.. keknya bakal jadi HT nih... ane bantu rate ya gan.

Sekalian ane nitip ya gan siapa tau ada yang berminat:
Honda Tiger Revo Banyak Pictures
Nice Inpohh Gan.. emoticon-Big Grin

Semoga Jadi HT ya Gan... emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By taxigelap
Ane baru tau gan kalau cumi juga termasuk hewan dengan mata yang super tajam..

Setau ane cuma kucing yang matanya suka nyala kalau malam hari.

Keep posting gan.. keknya bakal jadi HT nih... ane bantu rate ya gan.

Sekalian ane nitip ya gan siapa tau ada yang berminat:
Honda Tiger Revo Banyak Pictures


Iya Nih Kayanya Bakalan Jadi HT.. Gan.. emoticon-Big Grin
nice info ganemoticon-thumbsup......tuhan emang nyiptain mahluknya dengan klebihan luar biasa...
wow amazing emoticon-Matabelo

mantap nih threadnya emoticon-Angkat Beer10 Hewan Dengan Penglihatan Luar Biasa Keren !!!
Keren Gan Asli Keren Banget... emoticon-Belo
nice info gan
wah hebat ya pengelihatannya emoticon-Big Grin

ane baru tau nih, nambah pengetahuan emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By ID.1703800
wah hebat ya pengelihatannya emoticon-Big Grin

ane baru tau nih, nambah pengetahuan emoticon-Angkat Beer


Thx Banget Gan Udah Comment Ane JAdi TerHaru Nih Gan.. emoticon-Matabelo
Keren gila emoticon-Belo
Quote:Original Posted By yohaneswahono
nice info gan


Thx Gan... emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Sk8z
Keren gila emoticon-Belo


Keren Ya Gan... emoticon-thumbsup:
ijin nyimak dulu gan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By moose.
ijin nyimak dulu gan emoticon-Ngacir


Iya Gan Silahkan Di Klimaks Gan.. emoticon-Ngakak

Eh Di Simak Gan.. emoticon-Angkat Beer