alexa-tracking

KAUM ETA sisi gelap masyarakat Jepang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005214555/kaum-eta-sisi-gelap-masyarakat-jepang
KAUM ETA sisi gelap masyarakat Jepang
Quote:
JEPANG

Jepang merupakan salah satu negara termaju di dunia dari segi ekonomi, pendidikan dan teknologi. Kerja keras dan semangat pantang menyerah merupakan ciri khas bangsa Jepang, sehingga terkenal dengan tingkat gila kerja yang tinggi. Semua itu sepadan jika melihat bagaimana kondisi negara dan masyarakatnya yang maju dan sejahtera seperti sekarang.

Spoiler for Jepang:


Namun tahukah agan dan sista jika di Jepang ada suatu masalah diskriminasi yang masih tersisa dan mendarah daging dalam masyarakatnya, bahkan hingga saat ini? emoticon-Confused:

Walau sekarang tidak mencolok tapi pembedaan terutama dalam perkimpoian dan pekerjaan masih ada terutama di luar wilayah Kansai.

Silakan langsung lanjut gan n sis emoticon-Ngacir


Quote:
SEJARAH KAUM ETA

Kaum Eta dalam masyarakat feodal Jepang adalah kaum yang menempati strata paling rendah dalam masyarakat. Bahkan mereka dianggap tidak layak menempati salah satu kasta yang ada. Hal ini disebabkan karena dalam keprcayaan masyarakat (di Jepang) dimasa itu pekerjaan mereka termasuk dalam pekerjaan yang menjijikkan. Pekerjaan kaum Eta adalah segala yang berkaitan dengan penyembelihan hewandan urusan kematian. Penyembelih hewan, pengurus pemakaman, algojo, penyamakan kulit adalah pekerjaan umum dari kaum Eta.

Spoiler for eta:


Eta secara harafiah berarti "orang-orang kotor/menjijikkan" (filthy mass, abundance of filth). Ini dikaitkan dengan pekerjaan mereka tadi. Karenanya kaum Eta tidak boleh hidup bersama dengan "orang normal" dan harus tinggal didaerah terbuang.

DISKRIMINASI TERHADAP ETA

  • Tidak boleh hidup berdampingan dengan kasta lain, jadi tinggal di daerah buangan.
  • Pekerjaan hanya seperti yg disebut diatas, urusan kematian, algojo, hewan sembelihan,penyamakan kulit. Positifnya, profesi-profesi ini menjadi monopoli kaum Eta hingga banyak yg jadi berkecukupan dari sini
  • Tidak berhak memiliki sawah. Positifnya, karena pajak berdasar kepemilikan lahan pertanian (beras) maka kaum Eta bebas pajak.
  • Tidak berhak beribadah dikuil yg umum. Hanya dikuil yg disediakan khusus untuk mereka
  • Penamaan dalam agama Buddha acapkali dengan kata binatang, rendah hati, hina, hamba, dan ekspresi menghina lainnya dalam huruf kanji.
  • Bila dihadapan orang berkasta harus sopan dan merendahkan diri. Pada tahun 1869 bahkan dikatakan nilai orang Eta adalah 1/7 orang umum di Jepang.
  • Tidak boleh menikahi orang berkasta.



Quote:
KAUM BUANGAN selain Eta yang mencolok adalah :

HININ (bukan manusia)

Definisi hinin, serta status sosial mereka dan pekerjaan khas bervariasi dari waktu ke waktu, tetapi biasanya termasuk mantan narapidana dan gelandangan yang bekerja sebagai penjaga kota, pembersih jalan atau penghibur

Spoiler for hinin:



KAWARAMONO (kering, orang sungai)

(ga dapat picnya gan emoticon-Frown)

Beberapa orang buangan juga disebut kawaramono (kering, orang sungai) karena mereka tinggal di sepanjang tepi sungai yang tidak bisa diubah menjadi sawah.


Quote:
BURAKUMIN

Burakumin adalah sebutan untuk orang Jepang yang merupakan keturunan kaum terbuang, terutama Eta, Hinin dan Kawaramono.

Spoiler for burakumin:


Secara harafiah Burakumin berarti "Orang-orang pemukiman kecil" dimana hal ini merujuk pada pemukiman kaum Eta yang terpisah dari kasta lain dalam masyarakat feodal.

Istilah Burakumin ini secara de jure (legal) ada hingga dihapuskannya sistem kasta di tahun 1871 seiring semangat persamaan di Era Restorasi Meiji (mulai 1869), namun secara de facto hingga sekarang diskriminasi terhadap Burakumin masih ada.

DISKRIMINASI TERHADAP BURAKUMIN MASIH BERLAKU HINGGA SEKARANG WALAU TERSAMAR
  • Dalam daftar warga ditulis kyu-eta (mantan eta), lalu diganti shin-heimin (warga baru) dan terakhir pada 1900an tokushu-buraku (pemukiman khusus). Sekarang sudah tidak dipakai lagi.
  • Diskriminasi dalam pekerjaan. Walau saat ini keturunan burakumin bisa bekerja dimana saja, namun posisi jabatan yang tinggi tidak bisa mereka duduki.
  • Diskriminasi dalam pernikahan. Yang paling toleran adalah wilayah Kansai (kecuali Osaka, Kyoto, Hyogo. Dan di Hiroshima).Keluarga kolot tidak memperbolehkan anak mereka menikah dengan keturunan burakumin. Menyewa jasa penyelidikan asal-usul adalah hal biasa di Jepang, walau sekarang adalah hal ilegal. Di Kansai saat ini 60%-80% keturunan burakumin menikah dengan non-burakumin. pda tahun 1960an hanya 10%.
  • Tetapi di Osaka, Kyoto, Hyogo dan Hiroshima, stigma masih ada. Burakumin dianggap biang kemelaratan, pengangguran dan kriminal.
  • Anggota Yakuza, 60% adalah Burakumin menurut pengakuan seorang mantan anggota intelijen jepang Mitsuhiro Sugnuma. Anggota Yamaguchi-gumi (Yakuza terbesar) 70% nya adalah Burakumin, menurut David E. Kaplan dan Alec Dubro dalam bukunya Yakuza: The Explosive Account of Japan's Criminal Underworld (Reading, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Co., 1986.



Quote:
PENYEBAB DISKRIMINASI TERHADAP BURAKUMIN TERPELIHARA


KOSEKI

Adalah registri keluarga Jepang. Hukum Jepang mengharuskan semua rumah tangga Jepang untuk melaporkan kelahiran, pengakuan dari ayah, adopsi, gangguan dari adopsi, kematian, perkimpoian dan perceraian warga Jepang ke otoritas lokal mereka, yang mengkompilasi catatan tersebut mencakup semua warga negara Jepang dalam yurisdiksi mereka. Pernikahan, adopsi dan pengakuan dari ayah menjadi hukum yang efektif hanya bila peristiwa tersebut dicatat di koseki tersebut. Kelahiran dan kematian secara hukum menjadi efektif karena terjadi, tetapi peristiwa tersebut harus diajukan oleh anggota keluarga.

Nah dalam Koseki ini tercantum juga asal usul warga negara hingga ke jaman feodal dulu. Sehingga setiap orang bisa dirunut berasal dari garis keturunan kasta apa sebenarnya. Hukum Jepang sekarang melarang orang selain empunya dan pemerintah untuk mengakses data ini.

Ditahun 1975, sempat beredar daftar dalam buku Tokushu Buraku Chimei Soukan (Daftar Komprehensif Nama Daerah Buraku) dan dijual dengan harga antara 5000 hingga 50000 yen. Pembelinya umunya kelaurga kolot dan perusahaan-perusahaan. kabarnya termasuk perusahaan besar seperti Toy*ta, Nis*an, Hon*a dan Da*hatsu. Sekarang sudah dilarang beredar.

Karena penyelidikan melalui Kouseki dan Buku Tokushu tadi sudah dilarang, sekarang keluarga dan perusahaan yang masih kolot diam-diam menyewa jasa penyelidikan asal-usul (walau ini juga kegiatan ilegal) dengan biaya yang mahal demi menghindari memilih buraku menajdi menantu keluarga atau pejabat perusahaan


sumber


TAMBAHAN DARI AGAN-AGAN
Quote:
Quote:Original Posted By hidex893
Kaum Eta dalam masyarakat feodal Jepang adalah kaum yang menempati strata paling rendah dalam masyarakat. Bahkan mereka dianggap tidak layak menempati salah satu kasta yang ada. Hal ini disebabkan karena dalam agama Buddha dan Shinto (di Jepang) pekerjaan mereka termasuk dalam pekerjaan yang menjijikkan. Pekerjaan kaum Eta adalah segala yang berkaitan dengan penyembelihan hewandan urusan kematian. Penyembelih hewan, pengurus pemakaman, algojo, penyamakan kulit adalah pekerjaan umum dari kaum Eta.

gan hanya ingin menggaris bawah i yang dicetak hitam, biar d mispersepsi, kalo agama buddha sendiri kurang tepat jika mngatakan pekerjaan itu menjijikan. hanya saja pekerjaan seperti menyembelih hewan, algojo sebaiknya harus dihindari, karena akan berkakibat kurang baik bagi diri kita sendiri. kalo untuk pengurus pemakaman sendiri tidak pernah sekalipun agama buddha mengatakan bahwa itu merupakan pekerjaan menjijikan...akan tetapi yang pernah saya denger kalo ngurus pemakaman adalah pekerjaan terendah bagi orang jepang. ada filmnya juga.
terima kasih
semoga berkenan gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By deepdemon
dulu ane pernah pertukaran pelajar ke jepang selama 2 minggu gannns .
disana banyak toko2 besar / mall bertulisan jepang yang diartikan "Komunitas Etha dilarang masuk", tapi waktu itu ane belon paham apa itu eta ane pikir eta itu pemulungs .
thanks for info gans emoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystgemoticon-cystg


UPDATE DI POST #3

Mohon rate ya agan dan sista, kalo berkenan ane menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) dengan senang hari.. buat buka ntar magrib emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

MAKASIH BUAT YANG UDAH KIRIM IJO-IJO
Spoiler for cendol:


HOT THREADemoticon-Matabelo
Spoiler for HT:

THX YA AGAN N SISTA
ane tau soal kaum etha dari buku novel trilogi Klan Otori gan..

emang kayanya kaum Etha dianggap hina banget..

ane pernah denger dari temen ane katanya kalau kaum Etha itu sampe sekarang masih didiskriminasi, ex. kalau kerja susah naik karirnya, ada detektif perkimpoian yang buat nyelidikin dia calon suami/istri masih keterunan kaum etha apa ga..

ternyata Indonesia memang masih lebih bersahabat gan.. emoticon-Ngakak (S)

Nitip ya gan....


Quote:Info yang Berguna & Menghibur

Kain Tenun Geringsing yang Langka, Salah Satu Keunikan Budaya Indonesia

Ini dia ragam ciri khas kain Nusantara!! Malaysia punya ga???

(MUST SEE) Gagasan Besar untuk mengurangi CO2

Tipe - tipe Premenstruasi Sindrom dan cara mengatasinya --Cowok & Cewek wajib tau--

(INFO) macam-macam jenis Bra dan fungsinya (with pict agak BB dikit)

Camilan Tradisional yang mantabb!! (kira-kira masih pada tau ga yah?)

Para Diktator Fashion.. mereka penyebar doktrin kurus=cantik.

Para tentara Amerika berangkat ke Afganistan dengan misi khusus (+PIC)


Quote:Tips-tips oke & manjur

tips perawatan kulit murah meriah #1 : ASPIRIN

tips perawatan kulit murah meriah #2 : Bawang Putih

tips perawatan kulit murah meriah#3 : AIR BERAS

Tips perawatan kulit murah meriah #4 : Sendok & Es



Quote:Sharing Pengalaman Lucu & Menarik

Mengenang Chibie si Kucing Tengil tapi Ngangenin (++Pict)

(SHARE) Saya ga ngerti maksudnya TAU SAMA TAU pak.. -nasib anak bawang-

(Share) Pak Polisi yang gagal dapet uang makan siang gara-gara ga tega ama ane

(SHARE) Nasi Uduk Betawi, kado spesial dari Emak di hari ulang tahun ane




emoticon-I Love Kaskus emoticon-Kiss emoticon-I Love Kaskus
up date !!!!!!!!!!!!

Quote:
kasta di jepang feodal

ada empat kasta di jepang yaitu:

kesatria

Spoiler for samurai:


yang merupakan kasta untuk kaum samurai sebagai pengausa feodal. Namun selama era edo dibawah toyotomi hideyoshi semua tanah dikuasai oleh daimyo (lord). Para samurai menjadi pelayan dan tetap tinggal ditanah mereka, atau menajadi pegawai di istana daimyo. Dari semua kasta, hanya kaum samurai yang diperbolehkan memiliki nama keluarga. Jaln hidup samurai disebut bushido.


petani

Spoiler for petani:


petani menduduki peringkat kedua dalam kasta karena merupakan ahli budidaya kebutuhan primer, pangan. Selain itu pajak yang ditarik ditentukan dari beras yang dihasilkan, sehingga tentu saja petani yg menghasilkan beras adalah pmbayar pajak terbesar.


seniman

Spoiler for seniman:

seniman berada dibawah petani karena mereka mengolah barang yang sudah ada menjadi barang baru. Biasanya hidup dikota yang relatif besar dan mendapat distrik mereka sendiri. Jalan hidup seniman disebut chonindo


pedagang

Spoiler for pedagang:


pedagang menempati kelas terbawah karena dianggap tidak menghasilkan sesuatu, hanya mengambil untung dari menjual barang tanpa merubah benda. Ironisnya, pedagang umumnya adalah kaum yang paling sejahtera sehingga dengan kekuatan ekonominya memiliki pengaruh lebih dari kelas-kelas diatasnya.

keluarga kekaisaran tidak termasuk kasta manapun, dan berada diatas semua kasta yang ada.

out of caste
disinilah kaum eta dan burakumin termasuk. Tidak dianggap kasta karena pekerjaan mereka dianggap kotor dalam agama buddha dan shinto di jepang.


UPDATE TAMBAHAN DARI AGAN-AGAN
Quote:
Quote:Original Posted By SouvenirOrigami
Pengalaman kerja di perusahaan jepang, menurut ane para pekerja Indonesia pun dianggap sebagai kaum eta oleh ekstrimis2 eksekutif jepang..

Ketika jam makanpun dipisah antara jepang dan lokal. makanannya pun dibedakan. Ini kejadian salah satu perusahaan jepang terbesar di Indonesia loooh..

[QUOTE=yamaya;274269180]Oh, jadi ngerti gan... Ternyata ini yang jadi latar belakang filem Departures (Okuribito) yang dapet Oscar 2009 bidang Best Foreign Language Film of the Year.

Pantesan aja di filem itu diceritain banyak orang yang nganggap hina pekerjaan mengurus mayat, padahal ternyata pekerjaan itu bener-bener terhormat dan punya idealisme tersendiri.

Makasih infonya gan.

Quote:Original Posted By rantarou
nice post gan (^.^)b

jd inget masa2 kuliah dulu ketika membahas strata sosial di Jepang (Shi-No-Ko-Sho).

klo dari literatur yg pernah ane baca, kebanyakan golongan Eta ini ada yang menjadi shinobi/ninja, krn sifat mereka yang tertutup dengan golongan lain.

Quote:Original Posted By chndr77
informatif gan..emoticon-I Love Kaskus
tapi ada satu hal yg ane krg sreg..sepertinya disebutkan klo spt :
...karena dalam agama Buddha dan Shinto (di Jepang) pekerjaan mereka termasuk dalam pekerjaan yang menjijikkan..."
"..Penamaan dalam agama Buddha acapkali dengan kata binatang, rendah hati, hina, hamba, dan ekspresi menghina lainnya dalam huruf kanji..."

setahu saya dalam agama buddha tidak ada dijelaskan/dibagi kalau pekerjaan2 yg menjijikkan itu seperti apa saja, yang ada dikatakan pekerjaan yang tidak baik spt membunuh, mencuri, menyiksa atau memperjualbelikan makhluk hidup, dsb....soal pengkastaan sendiri, agama buddha menolak pembedaan kasta di India..
smoga TS berkenan atas komeng ane..

Quote:Original Posted By felix glamrock
Buddha tidak penah mengajarkan kasta/perbedaan derajat,bahkan Buddha
yg pertama kali menentang kasta di india dulu
agama Buddha juga tidak menjudge 1 perkerjaan/perbuatan itu baik/buruk,mau pembunuh/pencuri kita tidak menjudge kalo itu buruk/baik..hanya skillfull/unskillfull
jadi mohon diubah sedikit keterangan di page one
Buddha hanya menganjurkan membunuh,mencuri/dll lebih baik dihindari karena akan merugikan diri sendiri/org lain yg akan berakibat jelek

Iya gan,ane juga nggak bermaskud menyerang agama Buddha dan Shinto. Makanya dibelakang frase "Buddha dan Shinto" selalu ane tambahkan "(di Jepang)" karena ane yakin itu kondisi lokal saja gan...

Quote:Original Posted By lpheewl
wah bacaan serius nih, ane daritadi baca bolak balik terus bolak balik, jadi pusing emoticon-Ngakak

gak ada pertanyaan dari ane gan, coz udah cukup bahasnnya emoticon-Big Grin
nice thread deh gan emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By e-kobe
wew..jadi inget kemaren nonton pelem di Metro TV judulnya "Departures" yang maennya Ryoko Hirosue emoticon-Genit:
Nonton pertamanya siy pengen liat Ryoko Hirosue'nya emoticon-Genit:
pas diikutin ceritanya ternyata menarik juga,ceritain tentang seorang pemain cello yang beralih profesi sebagai pengurus jenazah. Yang ternyata penghasilannya lebih dari 500.000 yen per bulan. Tapi pekerjaan ini juga ternyata sangat dijauhi orang Jepang sendiri,dipandang hina. Sampe istrinya (Ryoko Hirosue) berani ninggalin dia dari rumah karena pekerjaannya ini.

Ane bingung apakah ini emang dah tradisi di Jepang atau gimana...eh ternyata si agan dah ng'jawab pertanyaan ane lewat threadnya..thanks gan! emoticon-2 Jempol

btw ini pelem recommended lah, tentang orang yang berusaha menaikan derajat suatu pekerjaan...banyak pesan moral yang bagus.. *maap OOT jadinya.. emoticon-Big Grin

Spoiler for "Departures":


Source:
http://www.imdb.com/title/tt1069238/

Quote:Original Posted By lexkam
daritadi ane liat kommenya PARAH KEJAM N BLA BLA BLA

bagus deh jadi ini menunjukan indonesia benci diskriminasi

TAPI jangan cuma di mulut to di forum doang,jangan cuma liat diskriminasi di negara lain,kita bilang kejam parah dll tetapi ternyata kita di negara sendiri juga melakukan diskriminasi...

di luaran sana masih terjadi tuh yang namanya diskriminasi di indonesia terhadao MINORITAS yang padahal di kommen2 agan2 sekalian banyak menyebutkan "untung tinggal di indonesia,indonesia ga gitu",dll...

marilah jangan ada perbedaan kalo kita bersatu dijamin kita bisa lebih maju dari jepang
emoticon-I Love Indonesia

taro page ONE plisss

Quote:Original Posted By Run_Knight
Jadi inget kuliah semester lalu :P
Iya, di Jepang mereka2 ini memang masuk ke dalam kelompok minoritas Jepang. Masyarakat di luar Jepang seringkali melihat masyarakat Jepang sebagai masyarakat homogen, tapi sebenernya ada kaum2 minoritas yang didiskriminasi di sana. Kalau memang ingin membahas kaum minoritas di masyarakat Jepang, kita juga sepatutnya membahas imigran di Jepang, karena mereka dihitungnya sebagai masyarakat Jepang.
Oh iya, di masyarakat Jepang juga (sesuai kuliah gw ya), orang2 Korea didiskriminasi lo, ini ada hubungannya dengan sejarah mereka sih.
Yah, intinya walaupun Jepang memang terkenal sebagai negara maju, tapi sebenernya ada permasalahan2 di masyarakat mereka, salah satunya masalah kelompok minoritas ini (walaupun menurut gw masalah masyarakat mereka yang gawat saat ini adalah masalah shinjinrui)


Quote:MAMPIR GAN

Beef Steak dan Variannya
12 NOVEL Favorit Ane
SRI : More Rice Less Water
Event Jazz di Jogja
Maestro Lukis Indonesia Yang Terlupakan
Variasi lain sushi
Tanda Pria Sedang Berbohong
LIDAH ANE, ada yg bisa juga? (Video)
Trik memaksimalkan pulsa SMART untuk internet
Mengenal Jenis BUAH JAMBU
KAUM ETA sisi gelap masyarakat Jepang (HOT THREAD)
(WAYANG)Pandawa dan Senjata
KUCING Pendatang Baru Di Rumah Ane
Ane Gak Setuju Kalo Perang vs Malaysia!!!!!
Tentang Kematian, Menurut Saya
Begitulah yang Kami Percaya]
(Yang Puasa Masuk Sini) Sajian Berbuka Puasa
SPBU Pertamax!!!!
(share aja) Pentingnya Merantau IMHO!!!
Puisi Ane: Keluhan Ane
(YANG MERASA WNI MASUK!!!) Aluminium dan Potensi Indonesia
Jangan Berhenti Indonesia (Selamat Ulang Tahun)
KAUM ETA sisi gelap masyarakat Jepang
nice share gan !! emoticon-2 Jempol
apa jaman sekarang masih berlaku juga disana emoticon-Bingung
nice share gan,, jaman jadul smua itu ya
wah berarti ada yang gelap nya juga ya
baru tau neh nyang beginian..nice share ya gannn
emang sekarang masih ada ya gaN??
Quote:Original Posted By aanx182
emang sekarang masih ada ya gaN??


katanya masih gan.. walaupun ga seekstrim n seeksplisit jaman dulu..
Quote:Original Posted By bakadesu27
apa jaman sekarang masih berlaku juga disana emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By BG666ST
nice share gan,, jaman jadul smua itu ya


Quote:Original Posted By aanx182
emang sekarang masih ada ya gaN??



Maap gan, coba dibaca lagi point kedua dibagian "DISKRIMINASI TERHADAP BURAKUMIN"

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Masih ada to kasta2an? emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By MasBatosai
Masih ada to kasta2an? emoticon-Cape d...


Bukan kastanya gan, itu ane tulis mulai jaman feodal karena itu muasalnya... nah keturunan Eta, Hinin dan Kawaramono sekarang disebut Burakumin dan masih mendapat perlakuan tidak adil secara terselubung.. Sampai sekarang masih banyak keluarga Jepang yang menyelidiki asal-usul calon mantu dan perusahaan menyelidiki calon karyawan... Kalu Burakuminsebagian kelaurga ga mau ngangkat mantu, dan sebagian perusahaan ga mau kasi jabatan tinggi walau mau mepekerjakan.
wew baru tau ane gan.. ternyata di jepang terdapat bermacam2 suku ya??? keren2 emoticon-2 Jempol
yang ane tau ETA tuh bahasa sunda gan emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By insignficant
wew baru tau ane gan.. ternyata di jepang terdapat bermacam2 suku ya??? keren2 emoticon-2 Jempol


Hmm lebih kaya strata sosial sih gan..


Quote:Original Posted By Inspirationshop
yang ane tau ETA tuh bahasa sunda gan emoticon-Hammer2


emoticon-Ngakak bener banget gan emoticon-Ngakak
wah ternyata jepang.......
Quote:Original Posted By kitten_junkies
ane tau soal kaum etha dari buku novel trilogi Klan Otori gan..

emang kayanya kaum Etha dianggap hina banget..

ane pernah denger dari temen ane katanya kalau kaum Etha itu sampe sekarang masih didiskriminasi, ex. kalau kerja susah naik karirnya, ada detektif perkimpoian yang buat nyelidikin dia calon suami/istri masih keterunan kaum etha apa ga..

ternyata Indonesia memang masih lebih bersahabat gan.. emoticon-Ngakak (S)

Nitip ya gan....




Iya gan, kalau di Buku Kisah Klan Otori disebut sebagai kaum HIDDEN atau HINDEN gituu.. ane lupa emoticon-Confused:





emoticon-I Love Kaskus emoticon-Kiss emoticon-I Love Kaskus