alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005167285/lt----entrepreneur-discussion-regional-jember----gt
Video & Image 
<--- entrepreneur discussion @Regional Jember --->
Buat para pengusaha maupun yang ingin punya usaha:

Let's discuss:

1. Usaha apa yang menurut anda mempunyai prospek bagus?
2. Cara mencari modal, mulai dari yang simple sampai yang ribet.
3. Perlukah dibuat sebuah badan usaha?
4. DLL


dipersilahkan bagi yang mau menambahi topik sharing.. emoticon-thumbsup:emoticon-Shakehand2

click:
Modal Awal Entrepreneur
Tentang syukur & pasrah




=== VIVA JEMBER ENTREPRENEURSHIP===
ane duluan deh..

1. Menurut ane bisnis yang mempunyai prospek bagus adalah bisnis yang menjadi kebutuhan primer manusia dan yang berelasi dengan itu.
2. Bisa dengan uang simpanan, uang pinjaman bank, menggandeng investor, dll.
3. Perlu, karena akan memudahkan pelaku bisnis terutama jika badan usaha tersebut sudah berumur diatas 2 tahun.
4. Menunggu yang lain...
ikut nimbrung ya gan...

ane sih bukan pengusaha, tp emg cita2 dr SMA jd pengusaha emoticon-Hammer soalnya keluarga ane tuh keluarga pedagang semua, jadi jiwa dagang udh mendarah daging sm ane,wkwkwk

1. sama kyk si agan, kebutuhan primer itu usaha paling sip
bpk ibu ane, dagang pracangan (sembako) hasilnya? ow ow, ekonomi keluarga alhamdulillah sangat lancar, krn stiap hr pasti ada yg beli.
soal trik gmn toko bs laris, aku sbnrnya udh dikasih 'ilmu' sm bpk tapi yo kurang 'DONG' alias gak nyambung XD msh perlu belajar lg.
Tapi cita2 ane sih pengen buka usaha kuliner alias warung makan, gak perlu gede, kecil2 dulu yg pntg enak XD (in progress kumpul modal)

2. kalo ane, berhubung usahanya bukan buka resto mahal, jd modalnya gak terlalu gede. ane sih rada mls klo pinjem2 ke bank (mls ribetnya mxd-nya) jd mending minjem ke org tua. tp berhubung skr punya penghasilan sndiri ya pinjam meminjam alhamdulillah blm perlu, ngumpulin sndiri dikit2 (entah kapan byknya emoticon-Hammer )

3. mmmm...ane krg ngerti nih soal badan usaha emoticon-Hammer jd gak bisa komen perlu apa gak emoticon-Malu

4. klo punya ide usaha, langsung jalanin! minimal langsung catet apa2 aja yg dibutuhin. jangan nunda n blg 'ah, bsk aja deh'. Mikir2 dulu boleh, tp klo kebanyakan mikir alhasil gak akan pernah jadi

5. ndak perlu malu/gengsi, ini sebenernya hambatan banyak org (termasuk aku, soalnya aku ini pemalu banget emoticon-Malu) tp kalo ngurusin malu yo gak jalan2.
Kalo saya, cita-cita saya adalah saya ingin menguasai media, karena media bisa mengontrol semuanya. Meskipun susah tapi saya pengen banget bisnis di dunia media baik cetak atau elektronik (maya juga termasuk).
Quote:Original Posted By tikushi
Kalo saya, cita-cita saya adalah saya ingin menguasai media, karena media bisa mengontrol semuanya. Meskipun susah tapi saya pengen banget bisnis di dunia media baik cetak atau elektronik (maya juga termasuk).


bs jelasin lbh rinci gan?
media apa mxdnya
koran? majalah? percetakan/penerbitan?
saya juga interest sm dunia begini krn nulis adl dunia saya
Quote:Original Posted By kiera
bs jelasin lbh rinci gan?
media apa mxdnya
koran? majalah? percetakan/penerbitan?
saya juga interest sm dunia begini krn nulis adl dunia saya


maksudnya :
Kalo bisa ya semua media, mulai dari cetak (koran, majalah,dll) dan elektronik (TV, radio, internet, dll).

Meskipun saat ini saya cuman bisa buat buletin gratis dulu ^^b + buletin online, yang masih ndak punya keuntungan
Quote:Original Posted By ciptaglobalraya
Buat para pengusaha maupun yang belum pengusaha:

Let's discuss:

1. Usaha apa yang menurut anda mempunyai prospek bagus?
2. Cara mencari modal, mulai dari yang simple sampai yang ribet.
3. Perlukah dibuat sebuah badan usaha?
4. DLL


dipersilahkan bagi yang mau menambahi topik sharing.. emoticon-thumbsupemoticon-Shakehand2

=== VIVA JEMBER ENTREPRENEURSHIP===

1. menurut saya semua usaha mempunyai prospek yg bagus bila emang dijalanin serius. kalo usaha apa yg terbaik untuk cepat mendulang keuntungan itu yg masih mencari2 juga saya emoticon-Hammer2
2. berhubung utk usaha pribadi ya saya jual2 barang pribadi saya untuk modal emoticon-Embarrassment
3. kata orang sih, kalo mau nangkep ikan besar ya kudu mancing di tempat yg luas dengan peralatan yg cukup besar juga emoticon-Embarrassment
4. menyimak dulu, masih nubitol...sering ruginya tibang untungnya emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By kiera
ikut nimbrung ya gan...

ane sih bukan pengusaha, tp emg cita2 dr SMA jd pengusaha emoticon-Hammer soalnya keluarga ane tuh keluarga pedagang semua, jadi jiwa dagang udh mendarah daging sm ane,wkwkwk

1. sama kyk si agan, kebutuhan primer itu usaha paling sip
bpk ibu ane, dagang pracangan (sembako) hasilnya? ow ow, ekonomi keluarga alhamdulillah sangat lancar, krn stiap hr pasti ada yg beli.
soal trik gmn toko bs laris, aku sbnrnya udh dikasih 'ilmu' sm bpk tapi yo kurang 'DONG' alias gak nyambung XD msh perlu belajar lg.
Tapi cita2 ane sih pengen buka usaha kuliner alias warung makan, gak perlu gede, kecil2 dulu yg pntg enak XD (in progress kumpul modal)

2. kalo ane, berhubung usahanya bukan buka resto mahal, jd modalnya gak terlalu gede. ane sih rada mls klo pinjem2 ke bank (mls ribetnya mxd-nya) jd mending minjem ke org tua. tp berhubung skr punya penghasilan sndiri ya pinjam meminjam alhamdulillah blm perlu, ngumpulin sndiri dikit2 (entah kapan byknya emoticon-Hammer )

3. mmmm...ane krg ngerti nih soal badan usaha emoticon-Hammer jd gak bisa komen perlu apa gak emoticon-Malu

4. klo punya ide usaha, langsung jalanin! minimal langsung catet apa2 aja yg dibutuhin. jangan nunda n blg 'ah, bsk aja deh'. Mikir2 dulu boleh, tp klo kebanyakan mikir alhasil gak akan pernah jadi

5. ndak perlu malu/gengsi, ini sebenernya hambatan banyak org (termasuk aku, soalnya aku ini pemalu banget emoticon-Malu) tp kalo ngurusin malu yo gak jalan2.


2. sekedar saran nih, kalo emang konsep udah mateng, lokasi udah disurvey, jangan nunggu ngumpulin duit sis.. emoticon-Smilie sama aja,ga akan jalan2.. emoticon-Peace

klo menurut saya sih pinjam bank adalah solusi paling gampang tapi emang rada ribet juga, tapi kalau secara hitungan diatas kertas udah "in", ya hajar aja sis.. daripada rugi waktu,umur dan kesempatan.. emoticon-Big Grin

4. setuju 100%.. usaha apa yang paling buaguss?? usaha yang dijalankan.. emoticon-Peace Kembali ke poin 2 tadi, menurut saia modal adalah urusan nomor sekian.. karena tanpa modalpun bisa tuh warung makan.. emoticon-Angkat Beer

5. Lagi2 setuju.. padahal kalo ane pikir, klo kita berwiraswasta, kita kan jadi bos, minimal bos diri sendiri.. emoticon-Big Grin lain dengan pegawai a.k.a karyawan.. emoticon-Peace jadi kan ga perlu gengsi.

Coba kalau bikin kartu nama usaha, kira2 posisi apa yang dicantumin di bawah nama anda? ...CEO? Direktur? Owner? keren ga tuh.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tikushi
Kalo saya, cita-cita saya adalah saya ingin menguasai media, karena media bisa mengontrol semuanya. Meskipun susah tapi saya pengen banget bisnis di dunia media baik cetak atau elektronik (maya juga termasuk).


emoticon-Angkat Beer ane seneng kalo ketemu orang2 yang cita2nya punya usaha sendiri..

btw,harus lebih dispesifikasi lagi kayanya nih bro.. maksudnya menguasai itu yang gimana? apakah menguasai secara teknis?

coz setau ane, kalo bisnis mah ga usah pinter2 amat (meskipun kalo lebih rekomen kalo pinter).. kecuali untuk karyawan.

Kalau bro bisnis di media, kan nantinya bro bisa hire karyawan yang capable dibidangnya..

contoh : ane mau buka usaha advertising.. ane tinggal cari designer graphis, cari marketing.. minimal itu.

Kalo masih ga mampu gaji karyawan, ya berarti kalo dapet job tinggal di sub-kan lagi.. emoticon-Smilie sistem freelance juga bisa
Quote:Original Posted By ciptaglobalraya
2. sekedar saran nih, kalo emang konsep udah mateng, lokasi udah disurvey, jangan nunggu ngumpulin duit sis.. emoticon-Smilie sama aja,ga akan jalan2.. emoticon-Peace

klo menurut saya sih pinjam bank adalah solusi paling gampang tapi emang rada ribet juga, tapi kalau secara hitungan diatas kertas udah "in", ya hajar aja sis.. daripada rugi waktu,umur dan kesempatan.. emoticon-Big Grin

4. setuju 100%.. usaha apa yang paling buaguss?? usaha yang dijalankan.. emoticon-Peace Kembali ke poin 2 tadi, menurut saia modal adalah urusan nomor sekian.. karena tanpa modalpun bisa tuh warung makan.. emoticon-Angkat Beer

5. Lagi2 setuju.. padahal kalo ane pikir, klo kita berwiraswasta, kita kan jadi bos, minimal bos diri sendiri.. emoticon-Big Grin lain dengan pegawai a.k.a karyawan.. emoticon-Peace jadi kan ga perlu gengsi.

Coba kalau bikin kartu nama usaha, kira2 posisi apa yang dicantumin di bawah nama anda? ...CEO? Direktur? Owner? keren ga tuh.. emoticon-Big Grin


iya sih gan ...
cuma emg ane punya ancang2 buka warung makan di jogja (klo udh ngikut suami) berhubung skr aja blm nikah ya blm terlaksana
jd plg2 skr yg ane lakuin cm belajar masak, bikin resep baru sambil ngumpulin modal XD
dulu sempet sih minta pendapat ortu gmn klo minjem duit di bank, tp gak dibolehin emoticon-Hammer ktnya mending pinjem duit bpk, tp akunya yg gak mau, wkwkwk

klo skr sih, aku usaha kecil2an brg kakak
usaha musiman istilahnya
skr kan mau lebaran, akhirnya aku sm kk jualan baju (ada yg ditaruh toko ibuku, aku yg ngurus online)
sbntar lagi kan hari raya qurban, biasanya byk org nikah, lg2 aku sm kk mau usaha musiman berupa bikin sovenir/cetak undangan

hasilnya ya lumayan lah, wlw blm punya nama perusahaan sndiri tp ada pemasukan yg lumayan,wkwkwk
Quote:Original Posted By 1334333
1. menurut saya semua usaha mempunyai prospek yg bagus bila emang dijalanin serius. kalo usaha apa yg terbaik untuk cepat mendulang keuntungan itu yg masih mencari2 juga saya emoticon-Hammer2
2. berhubung utk usaha pribadi ya saya jual2 barang pribadi saya untuk modal emoticon-Embarrassment
3. kata orang sih, kalo mau nangkep ikan besar ya kudu mancing di tempat yg luas dengan peralatan yg cukup besar juga emoticon-Embarrassment
4. menyimak dulu, masih nubitol...sering ruginya tibang untungnya emoticon-Nohope


1. Ya itu malah basic banget.. kalo ga serius sih usaha apa aja ya ga bakal maksimal, atau malah deadend.. emoticon-Big Grin segmen ke makanan ringan/minuman berkemasan(es) dan target konsumen adalah anak2, SD. Ane udah buktiin tuh gan.. emoticon-Smilie
2. Kenapa ga pinjam aja gan?? emoticon-Big Grin
3. Yup,i got ur point and that's right.. guna badan usaha?
- lebih gampang pinjem modal
- bisa diwariskan ke anak cucu emoticon-Embarrassment
- setelah umur 2 thn keatas, misal ingin dijual harga bisa berkali2 lipat.. emoticon-Angkat Beer

Dulu saya waktu bikin badan usaha masih belum tau mau usaha apa... emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By tikushi
maksudnya :
Kalo bisa ya semua media, mulai dari cetak (koran, majalah,dll) dan elektronik (TV, radio, internet, dll).

Meskipun saat ini saya cuman bisa buat buletin gratis dulu ^^b + buletin online, yang masih ndak punya keuntungan


nah, menguasainya tuh dlm bntuk apa gan?
mau jd direkturnya penerbitan atau mau bikin stasiun tv gt?
klo agan jd dirut penerbitan kan ane bs nglamar jd penulisnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ciptaglobalraya
emoticon-Angkat Beer ane seneng kalo ketemu orang2 yang cita2nya punya usaha sendiri..

btw,harus lebih dispesifikasi lagi kayanya nih bro.. maksudnya menguasai itu yang gimana? apakah menguasai secara teknis?

coz setau ane, kalo bisnis mah ga usah pinter2 amat (meskipun kalo lebih rekomen kalo pinter).. kecuali untuk karyawan.

Kalau bro bisnis di media, kan nantinya bro bisa hire karyawan yang capable dibidangnya..

contoh : ane mau buka usaha advertising.. ane tinggal cari designer graphis, cari marketing.. minimal itu.

Kalo masih ga mampu gaji karyawan, ya berarti kalo dapet job tinggal di sub-kan lagi.. emoticon-Smilie sistem freelance juga bisa


Maksud saya menguasai itu, berarti punya bisnis media banyak di semua aspek (baik cetak atau elektronik). Jadi cita2 saya itu punya bisnis mulai dari media cetak (koran, majalah,dll) sampai media elektronik (radio, TV,dll).

Saya sih masih belom punya modal, jadi masih belum bisa seperti kk, yang tinggal menghire pegawai....
karna saya masih belom punya modal dan masih ndak punya pengetahuan tentang bisnis itu, jadi saya mencoba sendiri dengan modal sendiri sekalian belajar gimana susahnya sih kalo bergerak dibidang itu.

Iya saya tahu itu... masalahnya untuk terjun di dunia bisnis (wirausaha) saya masih kurang satu modal penting yaitu keberanian. karna misal kalo saya berani :
  • saya pasti langsung pinjam duit ke bank untuk modal
  • saya pasti keliling kesana kemari untuk jadi marketing dulu
  • saya pasti ndak punya ketakutan untuk rugi
  • saya pasti selalu punya pikiran positif untuk maju


dulu sih pernah dikasih tahu sama pengusaha warnet dekat rumah saya, dia bilang
  • kalo tahun pertama rugi ndak papa (wajar)
  • kalo tahun kedua rugi lagi juga ndak masalah (asal ruginya lebih sedikit dan bisa memperbaiki kesalahan yang ada)
  • kalo ditahun ketiga bisa impas sama modalnya, itu baru kemajuan dan tinggal ditingkatkan untuk nyari keuntungan
Quote:Original Posted By kiera
nah, menguasainya tuh dlm bntuk apa gan?
mau jd direkturnya penerbitan atau mau bikin stasiun tv gt?
klo agan jd dirut penerbitan kan ane bs nglamar jd penulisnya emoticon-Big Grin


jadi yang punya percetakan / stasiun TV itu hehehe emoticon-Embarrassment
gampang itu wes entar langsung diterima kalo saya jadi dirut penerbitannya
Quote:Original Posted By tikushi
Maksud saya menguasai itu, berarti punya bisnis media banyak di semua aspek (baik cetak atau elektronik). Jadi cita2 saya itu punya bisnis mulai dari media cetak (koran, majalah,dll) sampai media elektronik (radio, TV,dll).

Saya sih masih belom punya modal, jadi masih belum bisa seperti kk, yang tinggal menghire pegawai....
karna saya masih belom punya modal dan masih ndak punya pengetahuan tentang bisnis itu, jadi saya mencoba sendiri dengan modal sendiri sekalian belajar gimana susahnya sih kalo bergerak dibidang itu.

Iya saya tahu itu... masalahnya untuk terjun di dunia bisnis (wirausaha) saya masih kurang satu modal penting yaitu keberanian. karna misal kalo saya berani :
  • saya pasti langsung pinjam duit ke bank untuk modal
  • saya pasti keliling kesana kemari untuk jadi marketing dulu
  • saya pasti ndak punya ketakutan untuk rugi
  • saya pasti selalu punya pikiran positif untuk maju


dulu sih pernah dikasih tahu sama pengusaha warnet dekat rumah saya, dia bilang
  • kalo tahun pertama rugi ndak papa (wajar)
  • kalo tahun kedua rugi lagi juga ndak masalah (asal ruginya lebih sedikit dan bisa memperbaiki kesalahan yang ada)
  • kalo ditahun ketiga bisa impas sama modalnya, itu baru kemajuan dan tinggal ditingkatkan untuk nyari keuntungan


wah bagus itu bro.. emoticon-thumbsup

ane juga masih belajar kok, modal juga pas2an.. karyawan juga belum punya, karena selama ini ane nyarinya partner. Lebih seneng kalo punya mitra kerjasama daripada karyawan sih, kecuali kalo emang ga ada pilihan lain. Padahal kalo pake karyawan,keuntungan lebih gede daripada dengan mitra kerja.. emoticon-Hammer

btw,keberanian emang susah untuk didiscuss.. coz menurut ane keberanian hampir kaya hidayah datengnya.. emoticon-Angkat Beer

Spoiler for i like this :thumbup::thumbup::
Quote:Original Posted By ciptaglobalraya
wah bagus itu bro.. emoticon-thumbsup

ane juga masih belajar kok, modal juga pas2an.. karyawan juga belum punya, karena selama ini ane nyarinya partner. Lebih seneng kalo punya mitra kerjasama daripada karyawan sih, kecuali kalo emang ga ada pilihan lain. Padahal kalo pake karyawan,keuntungan lebih gede daripada dengan mitra kerja.. emoticon-Hammer

btw,keberanian emang susah untuk didiscuss.. coz menurut ane keberanian hampir kaya hidayah datengnya.. emoticon-Angkat Beer

Spoiler for i like this :thumbup::thumbup::


saya belum tahu enaknya punya mitra usaha atau karyawan, tapi yang jelas kalo kita punya dasar ilmu psikologi biar enak berhubungan dengan orang2 itu.

kalo bagi saya sendiri, keberanian itu merupakan modal yang paling sulit untuk memulai sebuah usaha. kenapa kok bukan modal duit yang susah? karena menurut saya kalo sudah berani kita bisa ngambil resiko apa saja termasuk ngutang kanan kiri atau jual barang demi usaha itu
Quote:Original Posted By ciptaglobalraya
1. Ya itu malah basic banget.. kalo ga serius sih usaha apa aja ya ga bakal maksimal, atau malah deadend.. emoticon-Big Grin segmen ke makanan ringan/minuman berkemasan(es) dan target konsumen adalah anak2, SD. Ane udah buktiin tuh gan.. emoticon-Smilie
2. Kenapa ga pinjam aja gan?? emoticon-Big Grin
3. Yup,i got ur point and that's right.. guna badan usaha?
- lebih gampang pinjem modal
- bisa diwariskan ke anak cucu emoticon-Embarrassment
- setelah umur 2 thn keatas, misal ingin dijual harga bisa berkali2 lipat.. emoticon-Angkat Beer

Dulu saya waktu bikin badan usaha masih belum tau mau usaha apa... emoticon-Hammer

1. disini ada choy23 yg punya usaha es doger depan DPR. smoga aja dia bisa share.. (kalo aku yg online2 aja deh krn speedy ada dan tagihan jalan terus. jd kudu dimanfaatin semaksimal mungkin)
2. pernah sih pinjem ke bapak. tp mesti bilangnya gak usah dibalikin. jadi kurang gregetnya.. yo wes yg ada aja dulu.
3. alhamdulillah disini (bapak punya) ada 1 pt n 1 cv. semua tanpa utang tp pake uang pensiuanan bapak dan jaminan hasil kerja. tp sing garai males iku taxes emoticon-EEK!:
semua bergerak dibidang perkebunan. yg CV bisa sih utk umum sesuai akte pendiriannya..
Quote:Original Posted By tikushi
jadi yang punya percetakan / stasiun TV itu hehehe emoticon-Embarrassment
gampang itu wes entar langsung diterima kalo saya jadi dirut penerbitannya


yo wes ndang gawe ae bos... emoticon-Big Grin
di jember blm ada penerbitan besar macam gramed XD
klo indie sih kyknya byk
Quote:Original Posted By tikushi
saya belum tahu enaknya punya mitra usaha atau karyawan, tapi yang jelas kalo kita punya dasar ilmu psikologi biar enak berhubungan dengan orang2 itu.

kalo bagi saya sendiri, keberanian itu merupakan modal yang paling sulit untuk memulai sebuah usaha. kenapa kok bukan modal duit yang susah? karena menurut saya kalo sudah berani kita bisa ngambil resiko apa saja termasuk ngutang kanan kiri atau jual barang demi usaha itu


sekali lagi anda benar.. modal duit adalah yg nomor sekian, yang penting mental atau mindset kita.. emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By ciptaglobalraya
sekali lagi anda benar.. modal duit adalah yg nomor sekian, yang penting mental atau mindset kita.. emoticon-thumbsup:

duit berapa pun bisa abis..modal bisa di cari..tapi mental yg sulit...


Quote:The greatest barrier to success is the fear of failure
×