alexa-tracking

Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004911803/bagaimana-jadinya-hidup-tanpa-lampu-sinyal
Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal
Quote:Lampu sinyal adalah sebuah alat komunikasi yang mengisyaratkan sejumlah kode-kode tertentu dengan menggunakan cahaya. Umumnya kode yang digunakan adalah kode Morse. Penemu lampu sinyal adalah Arthur C. W. Aldis, karena itu alat ini juga sering disebut lampu Aldis. Secara sederhana, lampu sinyal digunakan dengan membuka dan menutup sebuah jendela atau penutup yang dipasang di depan lampu, dengan durasi yang beragam. Proses menutup dan membuka jendela ini bisa dioperasikan secara manual dengan menekan sakelar, atau secara otomatis. Lampu biasanya juga dilengkapi dengan alat optik untuk memperjelas pengelihatan, dan mudah dipindahkan. Cahaya yang dihasilkan paling tidak harus mencapai jarak pandang 8 mil dan mampu memancarkan 12 kata per menit.

Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal



Quote:
Sejarah awal

Lampu sinyal pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Britania Raya pada akhir abad ke-19. Lampu sinyal dianggap sebagai sarana komunikasi yang aman dan mudah digunakan, selama alat-alat komunikasi berbasis radio sedang tidak bisa dipakai, atau tidak boleh digunakan pada saat menghindari musuh. Beberapa jenis lampu sinyal dipasang pada tempat-tempat yang berbeda. Beberapa lampu dipasang pada puncak tiang kapal, yang cahayanya lebih kuat terpasang di tiang kapal, dan ada pula lampu sinyal ukuran kecil yang dapat digenggam. Lampu yang lebih besar dan memiliki cahaya lebih kuat ini, menggunakan lampu busur karbon sebagai sumber cahaya dengan diameter 50 cm. Ini dapat digunakan untuk pengiriman sinyal ke cakrawala, bahkan dalam kondisi cahaya matahari yang sedang cerah-cerahnya. Selain itu, lampu sinyal juga memiliki fungsi sekunder sebagai lampu sorot sederhana.

Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal

Praktik pengiriman sinyal berupa kode-kode tertentu, pertama kali dilakukan oleh Philip Howard Colomb, pada tahun 1867. Kode asli yang diciptakan Colomb, digunakan oleh Angkatan Laut selama tujuh tahun dan tidak identik dengan kode Morse. Tetapi pada akhirnya penggunaan kode Morse diadopsi dengan penambahan beberapa sinyal khusus. Kemudian muncul generasi kedua untuk pengiriman sinyal di Angkatan Laut Britania Raya, yaitu lampu berkedip. Jenis lampu berkedip ini muncul setelah sinyal-sinyal bendera terkenal. Angkatan Laut di negara-negara maju, dan pasukan NATO juga menggunakan lampu sinyal ketika komunikasi berbasis radio sedang tidak bisa dipakai, atau sedang tidak ada aliran listrik. Selain itu, mengingat hampir semua angkatan bersenjata dewasa ini sudah di lengkapi dengan peralatan penglihatan malam, sinyal di malam hari biasanya dilakukan dengan lampu yang beroperasi di spektrum inframerah. Ini membuat mereka cenderung lebih tidak terdeteksi.


Quote:
Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
  • Pengatur lalu lintas udara
    Di dalam menara kontrol lalu lintas udara, lampu sinyal masih digunakan sampai hari ini dan berfungsi sebagai perangkat cadangan jika terjadi kerusakan pada radio di pesawat terbang. Lampu sinyal dapat berwarna merah, hijau, atau putih selain itu juga dapat stabil atau berkedip. Pesan yang disampaikan pun terbatas. Hanya pada beberapa petunjuk dasar seperti “mendarat” atau “putar arah”. Lampu sinyal di sini tidak dimaksudkan untuk mentransmisikan pesan dalam bentuk kode Morse. Pesawat dapat memberi tahu menara pengatur lalu lintas udara bahwa pesawat mendapatkan pesan dari mereka dengan cara menggerakan sayap pesawat atau dengan menyalakan lampu yang menandakan bahwa mereka akan mendarat. Awalnya, pada sekitar tahun 1940-an, lampu sinyal atau lampu Aldis dan juga pistol cerawat menjadi peralatan penting yang wajib dimiliki oleh menara lalu lintas udara. Ini dikarenakan kebanyakan dari pesawat kecil pada saat itu belum dilengkapi dengan radio. Bahkan keberadaan mereka belum bisa dideteksi karena pada saat itu radar masih belum terlalu canggih. Namun, karena berkembangnya teknologi komunikasi, lampu sinyal dan juga pistol cerawat saat ini hanya sebagai cadangan dan digunakan apabila terjadi kerusakan pada teknologi komunikasi yang dipakai.

  • Lampu lalu lintas
    Pada dasarnya cara kerja lampu lalu lintas hampir sama dengan lampu sinyal pada menara pengatur lalu lintas udara. Lampu-lampu ini diletakan di daerah-daerah persimpangan. Lampu-lampu ini digunakan untuk mengatur lalu lintas di persimpangan jalan dan mengatur kapan mobil bisa jalan, kapan mobil harus berhenti, atau kapan pejalan kaki bisa menyebrang jalan. Lampu-lampu ini menggunakan warna-warna yang diakui secara universal seperti hijau untuk jalan, kuning untuk hati-hati, dan merah untuk menandakan berhenti. Sama seperti lampu sinyal yang ada di menara pengatur lalu lintas udara, lampu sinyal di sini tidak digunakan untuk mentrasmisikan pesan dalam bentuk kode morse, tapi lebih berbentuk tanda-tanda yang diakui secara universal.

  • Lampu sinyal kereta api
    Persinyalan kereta api adalah seperangkat fasilitas yang berfungsi untuk memberikan isyarat berupa bentuk, warna atau cahaya yang ditempatkan pada suatu tempat tertentu dan memberikan isyarat dengan arti tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta api. Lampu-lampu ini juga menggunakan warna-warna yang sama seperti lampu lalu lintas pada umumnya. Untuk menghindari bola lampu putus, biasanya digunakan dua pasang lampu atau setiap aspek dipasangi 2 lampu sedangkan perkembangan terakhir yang sudah mulai digunakan di Indonesia adalah penggunaan lampu LED.

  • Aplikasi pada produk iPhone
    Sebuah fitur lampu sinyal juga dimiliki oleh produk iPhone. Aplikasi tambahan ini memudahkan pengguna untuk mentransmisikan kode Morse dalam bentuk sinyal cahaya. Tombol kode Morse akan otomatis mematikan lampu ketika ditekan, dan memungkinkan pengguna untuk mulai mentransmisikan sinyal.





Quote:

Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal ...abis bikin thread...


Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal ...biar seger lagi...


klo gak pijetin aja gan dengan... Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal



maafkanlah TS bila ternyata eh ternyata TS melakukan emoticon-Repost (S) karena sesungguhnya TS tidak bermaksud demikian & TS hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan...


<================================================>

nitip lapak yah gan emoticon-Peace
Quote:Mobilnya cuma 5 juta, Radionya 25 juta !!
Mother Love...
Sinyal kencang berkat kaleng
God of Gambler termuda di Dunia (aje gile..!!)
Bagaimana jadinya hidup tanpa Lampu Sinyal..!!
Kiss Philosopy (BB++)
akhir dari legenda² dongeng...
Lima pelajaran penting
Tahukah Anda ??...
Gelang Baterai Thanko
Bosan dengan macet ??...
Desa 700 Tahun
Kisah si Tikus
Mari Kita Berbenah Selamatkan Bumi Kita
Thread lainnya.....

pertamax emoticon-Wink
Waaahh gk bs dibayangkan tanpa itu,bisa terjadi yg gk di inginkan nntinya..

koneksi yg diatas cepet bgt... emoticon-Big Grin
Yang pasti dampak utamanya adalah akan terjadi kekacuan komunikasi. emoticon-2 Jempol
klo g ad lampu sinyal psti komunikasi kacau gan emoticon-I Love Kaskus
nais share gan...

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
pasti ada media laen slain lampu
kirain itu cuma ada pada teknologi lawa, ternyata ada juga pada teknologi baru macam iPhone emoticon-EEK!:
nice info gan emoticon-thumbsup

= = = = = = =

ane nitip thread dong gan
makasih yaa emoticon-Request
Quote:KOMIK yang sinting, NAYAMUL TEWUR, semoga lucu dan bisa menghibur anda

andaikan SUPERHERO mengupdate status

KOMIK STRIP: kelakuan random sewaktu ada tamu
emoticon-Sundul:
bahaya jga ya gan kalau ga ada...
sinyal kereta api gan emoticon-thumbsup:
yang pasti hidup kurang lengkap gan
wah jaman skrg hidup gak bs kalo gk pake snyal gannn emoticon-Big Grin

Ngakak 

bisa kacau balau gan ^^ emoticon-I Love Kaskus
kalo dulu gag ada lampu sinyal pesawat pada gag bsa mendarat kali ya gan emoticon-Matabelo
bica kacau bro kalo ga ada haha
wew...
berarti penting bgt ya sinyal itu







nitip thread temen ane gan

jadi pusing donk
Bakalan terjadi banyak kecelakaan kalau sampai gak ada lampu sinyal.
waduh yang pastinya susah gan