alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Suzuki APV : Part 2 - revised
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004607595/suzuki-apv--part-2---revised

Suzuki APV : Part 2 - revised



Rules of this thread (must read) :

- NO ONE-LINER JUNK POST(S) & SARA POST(S) OR WHATSOEVER!!!

- DILARANG SPAM ATAU TITIP LAPAK FJB!!! PELANGGARAN POIN INI LANGSUNG DIGANJAR BATA MERAH & LAPOR POSTING KE POS HANSIP FR4 SUPAYA POST DIHAPUS.

- BAHASA KETIKAN HARUS DIPERJELAS DAN MENDETAIL

- Posting foto dengan resolusi besar diwajibkan menggunakan kode spoiler supaya tidak boros bandwith, untuk lebih jelas tentang spoiler silahkan mengacu ke guide kaskus


- Dengan segala hormat, thread forum ini TIDAK MEMBUTUHKAN ALAY ATAU SPESIES ABABIL LAINNYA!

extra :

BIASAKAN MEMBACA dan MEMAHAMI buku petunjuk / manual kendaraan dan buku servis kendaraan terlebih dahulu sebelum membuat pertanyaan yang sudah ada jawabannya di 2 buku tersebut.


==============================

Suzuki APV : Part 2 - revised
*photo courtesy : Indonesia APV Club

Supported By
Suzuki APV : Part 2 - revised




Sejarah APV :

APV akronim dari All Purpose Vehicle (bisa disebut All Purpose Van atau ASEAN Project Van atau Advanced Passenger Van serta akronim tak resmi lainnya) awalnya dimulai dari produk tes Suzuki yaitu Suzuki Every, minivan dengan model semi-bonnet bermesin G13B yang pada tahun 2004-2005 terjual habis sebanyak 538 unit di seluruh Indonesia.

Awalnya diperkirakan Suzuki Every inilah yang jadi modal jualan baru PT. Indomobil Suzuki (sekarang berubah menjadi PT. Suzuki Indonesia Sales / SIS) tapi ternyata hanya model semi-bonnetnya saja yang diambil sebagai dasar dari bentuk suzuki APV yang ada sekarang.

Suzuki APV diproduksi di plant Suzuki Tambun ~ Indonesia, dirilis ke publik pertama kali pada tahun 2005 dan diekspor ke negara ASEAN, Australia, Oman, Dubai, Qatar serta beberapa negara di benua Afrika.

Spek Teknik :

- Model Bodi : Minivan semi-bonnet, chassis-on-frame
- Mesin : G15A, 1495cc (domestik) & G16A, 1597cc (ekspor)
- Opsi Transmisi : transmisi manual 5 tingkat & transmisi otomatis 4 tingkat
- Konfigurasi Penggerak : MR (Mid-engine Rear Wheel Drive)
- Kapasitas Penumpang : 7 & 8 penumpang
- Varian Model Trim : GA, GE, GE-f2f, GL, GX, SGX, SGX+ (Arena Luxury)


==============================


Beda APV type I dan Type II (Arena) selain sisi eksterior dan interior

- Type I masih menggunakan per daun pada gardan belakang, Type II sudah menggunakan per keong (coil spring)

- Type II memiliki karakter akselerasi lebih lamban dibanding Type I dikarenakan perbedaan rasio transmisi (untuk varian transmisi otomatis tidak ada perubahan rasio transmisi)

- Gandar / gardan Type II lebih besar dibanding gardan pada Type I dikarenakan besarnya rasio final gear dan rasio transmisi.

- Type II sangat dianjurkan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan minimal RON92 dikarenakan rasio kompresi mesin yang meningkat, jika tidak, tenaga yang dikeluarkan mesin sangat tidak optimal. Sedangkan Type I masih aman menggunakan bahan bakar dengan oktan RON88 karena rasio kompresi mesin lebih kecil.

- Detail lainnya disini

==============================


Info spare parts resmi berikut kode bisa cek ke : http://eparts.suzuki.co.id

List Bengkel Non-resmi, alternatif :

1. Panji Auto ~ light tune-up, modifikasi mesin & servis berkala
Jl. Pondok Benda Raya no.66 Pamulang II
CP : 08121037058 - Benny
Latitude : 6°20'9.46" S
Longitude : 106°42'34.75" E

2. Dwiguna AC
jl. haji nawi 28c, samping sekolah pangudi luhur
telponnya 021-7253958, 0858 8585 6363 (dengan koh edo)
dari lampu merah duta mas fatmawati, letaknya sebelah kiri jalan, setelah sekolah Panggudi Luhur, sebelum tikungan .... ada plang-nya.

3. Cahaya Ban ~ Wheel Alignment, Wheel Balancing & penyakit kaki-kaki mobil lainnya
jl. Gandaria 1 No. 40, JakSel 12130
Telpon : 021 - 7394 391 / 021 - 725 1359
*urusan kaki-kaki APV, Jimny & Vitara langsung tanya dengan Mas Darto (mekanik)

4. Raser Workshop - Taman Ratu ~ servis berkala, tune-up, modifikasi mesin
Jl. Ratu Kamboja Blok F No. 1A, Kedoya Utara Taman Cosmos Jakarta Barat
nomor kontak : 021-9827 3200
*ketemu sama om edward, bilang aja dari om james SJI

5. Green OTO (AC Mobil)
Spoiler for kontak:


6. AUTO ROTARY BINTARO
Jl.RC Veteran No.1a, Bintaro Raya, tanah kusir.
JAKARTA SELATAN
(021)734 2209
Diubah oleh Moerdjangkoeng
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 361

Kumpulan Tips Teknik

Optimalisasi Mesin G15A
Spoiler for Optimalisasi Mesin G15A:


Bila Thermostat Bermasalah
Spoiler for Bila Thermostat bermasalah:


Panduan Upgrade Roda & Ban
Spoiler for Panduan Upgrade Roda & Ban Suzuki APV:


Bila Kaca Spion Tengah (Interior) Bermasalah
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...5&postcount=16

DIY : Gravel Shield Installation
http://jhariman.multiply.com/photos/...d_Installation

Upgrade Head Unit APV
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=625

Lanjutan....

* DIY : Memperbaiki Grille A/C
Spoiler for ,,,:


* DIY : Memperbaiki Dudukan Foglamp (Lampu Kabut)
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=2004
link lain : http://otodiy.blogspot.com/2010/12/d...r-apv-dan.html

* DIY : ganti bohlam belakang type II (sign / dome / reverse)
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=3801

* Problem solver tapak ban "habis" 1/2 bagian (maybe)
Spoiler for teks:


* Penggunaan lampu HID sebagai lampu mundur (do at your own risk!)
Spoiler for link:

Face-Off & Other Cosmetics

Pelek OEM dari mobil lain yang pas buat APV ~ Updated
Spoiler for pelek:


Hi-Mount Stop Lamp APV versi ekspor
Spoiler for ...:


List Part Item yang udah pasti dipake buat servis kelipatan 60K :


*minus fan belt (beli belakangan):
- kampas rem depan trestor metallic plus = 150rb
- tensioner NTN + timing belt SGP C20 (gak dapet yang C00) = 195rb
- filter oli SGP = 21rb
- oli SGO 5w30 4 liter
- DCS
- busi Autolite APP3924
- fan belt SGP 1050 + SGP 815

item2 yang dikerjakan:
- ganti oli + ganti filter oli
- kuras tangki bensin (turun tangki) + bongkar pompa bensin + bersihkan filter bensin
- ganti timing belt
- engine tune up
- ganti kampas rem depan + cek rem 4 roda
- ganti fanbelt
- ganti busi
- rotasi ban

total biaya parts = 815rb
total biaya jasa = 435rb
APV ane klo lewat jalan gak rata suka ada suara dibawah jok supir sama penumpang depan gan, "dak" kek suara bnturan kasar banget, ane dah coba ganti bos per, tp ttp aja. apanya ya gan?
selamat atas dibukanya thread baru khusus APV ....

ada koreksi tuh ... untuk setelan klep, untuk APV matic gen I, disetel di 15 rata ....
Quote:


gak masalah emoticon-Peace

prinsipnya, serius tapi santai, boleh OOT tetapi jangan nge-junk, nge-spam atau jualan produk yang gak ada hubungannya dengan otomotif -- khususnya untuk APV. lagian jual produk udah ada FJB ...
Quote:


re: pintu
coba dulu aja ... kalo gak salah, ngendorinnya mesti pake obeng getok .... gak bisa pake obeng biasa, tu baut gak bakal bisa kebuka ....

re: bantet matic
berhubung bantet matic tenaganya termasuk buas (apalagi kalo dikasih bensin bergizi, sangking buas-nya malah kadang2 jadi gak bisa dikontrol) .... setiap kali masuk D, gelindingin aja barang 10 - 20 meter, baru injek gas .... itu cukup membantu untuk menghemat BBM (cara yang sama berlaku juga untuk Suzuki XL7, yang FGR-nya 5.125 / 8:41)

selain itu, kalo lagi berhenti / antri lampu merah / macet: pindahkan transmisi ke N (kalo berhenti > 10 detik), atau pindahkan ke P (kalo berhenti > 60 detik) ....

Selamat menempati rumah baru

semoga dapat mengakomodasi berbagai hasrat dan kebutuhan dari pengguna apv ya emoticon-Smilie
Quote:


re : pintu
gak pakai obeng getok om j, saya pakai obeng plus yg guede, udah keputer kok, memang gak bergerak aja waktu itu, udah saya ketok ketok mesra pakai martil kecil juga gak goyang pengait ny, nti deh coba ampe copot baut nya hehe emoticon-Smilie
Quote:


euh kok jadi binun lagi
cmiiw :

- gen 1 (manual) = 0.30
- gen 1 (matic) = 0.15
- gen 2 arena (manual/matic) = 0.15

[Solusi] Grill AC double blower loyo....

Tok2.. Kulonuwun.. Weh ud di rmh br nih, 3 hr ga nongol eh ud 'boyongan' rmh br.. Maap Om ga bs bantu angkut2 brg pas pindahan.. Ane lg d malang smp rabu, jd ga tau ud ada rmh baru.. Moga2 d rmh yg baru ini lbh rame, lbh aktif, dan lbh bnyk masukan n pengetahuan br yg bs d dpt.. Shg lbh mempererat jaringan kita semu sbg pengguna dan pecinta si bantet.. Amien.. Go go bantet.. Mari kita memasyarakatkan bantet dan membantetkan masyarakat hue he..
Suzuki APV : Part 2 - revised
Quote:

yup benul Om, gen 1 matik sama ama setingan gen 2 (arena) krn doi punya sensor apa gitu (lupa) jd sama ama arena
* maap pak dosen j n purr pas kuliah kmrn ane stngh tdr jd cuman ketangkep setengah2.. Mdh2an ujian ga keluar ya mslh sensor bantet matik..
Suzuki APV : Part 2 - revised
Quote:


udah dikoreksi tuh.... typo emoticon-Embarrassment

*bekap tret lama dulu....emoticon-Ngacir

[Solusi] Kaca spion jatuh ?

mumpung masih di page one

numpang sharing kejatuhan kaca spion tengah kemarin ini, baru kali ini kejatuhan spion mobil, pdhl mobil2 yg jauh lebih tua dari si bantet spion nya baik baik aja emoticon-Smilie

penyebab : patah nya ring plastik bening karena udah getas atau kena getaran, padahal cuma pada ring tersebut si spion bergantung, entah kenapa suzuki kok pakai bahan plastik

solusi : beli ring plastik baru di beres, atau beli ring per di toko bangunan atau toko mur baut terdekat, DC gak sampai goceng, lebih kuat dan lebih meyakinkan, ukurannya plek pas banget sama rumah ring spion, oh ya ring per nya di ratain dulu ya, boleh getok martik atau pakai 2 buah tang jepit

bonus : sekalian mbikin karet penahan spion ke kaca depan yang sering ilang, saya pakai selang ex tempat penampung air radiator, ukurannya pas, dipotong sekitar 3 cm, jadi spion lebih manteb duduk nya

Spoiler for Bahan:


Spoiler for Posisi terpasang:


Spoiler for Selesai...:
dah tuh... kelar deh (mungkin untuk sementara emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin)

Kopdar Ultah APV Club Jakarta 2010

dari link ini :

http://www.kaskus.co.id/showpost.php...42&postcount=1

lengkapnya.... :

Suzuki APV : Part 2 - revised
Happy…happy birthday APVClub Jakarta

Yuhuuuuu…Organisasi kita udah berumur 5 tahun pada tanggal 10 Juli 2010 nanti nihh…

Yuuukkk ngeramein acaranya, pasti dengan dukungan ATPM SUZUKI dehhh…


Kita membawa misi “TUMBUH DALAM KEBERSAMAAN”, suka-duka seharusnya menjadikan

kita semakin kuat dan bersatu, jangan sampeee…balik lagi ke jaman penjajahan, gampang

dipecah belah…

Siippp…bareng2 yah kita KONVOY lagi di acara sbb :

Hari / tanggal : SABTU, 17 Juli 2010
Waktu : Start jam 08.00 di Wisma Indomobil,MT.Haryono
Lokasi : Alam Wisata Cimahi
Acara : Perayaan HUT APVClub Jakarta ke-5

Kemudian, kita akan lanjut sbb :

Hari / tanggal : Minggu, 18 Juli 2010
Waktu : jam 10.00
Lokasi : Cimahi
Acara : Bakti Sosial


(Yg mau lanjut untuk BAKSOS, akan dicarikan lokasi dan biaya penginapannya…)


Okeeeehhh ??? Ayoo…bersama lagi bergandengan tangan…

Lokasi yang nyamaaannn, asri, acara yang seruuu, doorprize nya ? wuuiiihhh…

Ayooo..tunggu apa lagii ?? daftar segera…kita sama2 lagi konvoy yookkk…

SUBSIDI TOL Rp 50.000 BAGI 100 PENDAFTAR DAN PELUNASAN


Cara Ikutan dan Daftarnya

Spoiler for Mudah kok Daftarnya:


Spoiler for Foto Lokasi:

[Share] ganti HU std

Quote:


om purr cape ga pindahannya emoticon-Big Grin

ane tambahin dikit yaaaa

buat yang kepingin ganti HU standar APV gen 1
tinggal buka panel ac-hu tengah, modal congkel pakai obeng minus tipis dan lapisi dengan lap atau apa aja biar ga baret
*dapet tips dari om j buat posisi klem nya

Spoiler for posisi 4 klem, congkel pakai obeng (-) tipis:


Spoiler for posisi 4 sekrup (+):


Spoiler for tinggal ganti deh, wiring yang rapih, plus tambahin laci krn ganti single din, laci beli di atrium Rp.40rb:
Quote:


coba cek link stabilizer-nya .... harganya 300rb sepasang ....
emoticon-Selamat KTC ikut menyampaikan selamat atas lapak baru APV emoticon-Selamat
emoticon-Shakehand2 emoticon-Toast
Halaman 1 dari 361


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di