alexa-tracking

[SHARE] Tips & Tricks dalam Olahraga Basket

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004224549/share-tips-amp-tricks-dalam-olahraga-basket
[SHARE] Tips & Tricks dalam Olahraga Basket
Nih gan, lagi iseng iseng aja nih, eh nemuin cara-cara nge shoot yang boleh di bilang bener...

Zaman dulu beberapa pemain dianggap "terlahir" sebagai shooter, tetapi saat ini saya percaya siapa saja bisa menjadi shooter yang handal dengan instruksi yang tepat dikombinasikan dengan latihan keras. Di bawah ini akan dijelaskan petunjuk melakukan shooting yang bisa membantu mengoreksi atau melatih pemain yang bermasalah dengan teknik shooting atau baru saja mulai belajar melakukan shooting. Tetapi, siapa saja, termasuk pelatih, jangan mengubah teknik shooting seorang pemain jika teknik pemain tersebut sudah bekerja dengan baik, meskipun tekniknya tidak sempurna karena pada kenyataannya banyak shooter handal dengan teknik shooting yang tidak sempurna. Jadi, "if it ain't broke, don't fix it!".

#1. Cara berdiri

Quote:Kaki direntangkan selebar bahu. Lutut ditekuk sedikit sampai otot paha mempunyai kekuatan untuk melakukan shooting. Kaki kanan seharusnya sedikit lebih di depan. Bahu dan badan menghadap lurus ke ring basket. Mungkin yang paling penting di sini adalah ketika melakukan lompatan untuk shooting, lompat lurus (atau sedikit lebih ke depan), tetapi tidak ke samping atau ke belakang. Jaga keseimbangan.

#2. Cara memegang bola

Quote:
Spoiler for gambar1:

Spoiler for gambar1:


Gunakan kedua tangan untuk memegang bola, tetapi sebenarnya hanya satu tangan yang akan digunakan mendorong bola. Jangan melakukan shooting dengan dua tangan. Tangan kanan adalah landasan dan seharusnya berada di bawah bola dengan pergelangan tangan mengarah ke belakang. Siku lengan ditekuk kira-kira 900, seperti huruf "L" terbalik, dan berada di bawah bola (bukan di sisi luar bola). Tangan yang lain (tangan pemandu) membantu keseimbangan bola, dan dilepaskan tepat sebelum bola dilepaskan, jadi sekali lagi, lakukan shooting hanya dengan satu tangan. Gunakan ujung jari, bukan telapak tangan, untuk memegang dan melepaskan bola .


Untuk mengetahui apakah landasan shooting telah baik lakukan beberapa hal berikut ini. Julurkan tangan kanan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke atas dan biarkan bola berada di atasnya (jari-jari direntangkan senyamannya). Kemudian dengan satu pergerakan, tekuk siku lengan saat memutar lengan bagian bawah dan pergelangan tangan ke luar dan ke atas, sehingga bola berada di atas telapak tangan dan di atas bahu dengan pergelangan tangan mengarh ke belakang. Bahu adalah sebagai engsel, siku lengan mengarah ke ring basket dan antara lengan bawah dan telapak tangan membentuk huruf "L" jika dilihat dari samping. Siku lengan seharusnya berada di sisi dalam dan mengara ke ring basket.

Posisi dari ibu jari tangan kanan sangat penting. Ibu jari seharusnya mengarah ke atas dengan sudut sekitar 45o ke kiri. Hal ini akan mengakibatkan siku lengan secara alamiah berada di bawah bola. Beberapa pemain muda biasanya ibu jarinya berada terlalu di bawah bola dan mengarah lurus ke kiri, di mana akan mengakibatkan siku lengan berada di sisi luar . Amati posisi ibu jari, sebuah konsep yang sangat sederhana dan dapat dengan mudah diperbaiki.


#3. Set point

Quote:
Spoiler for set point:


Set point adalah posisi bola sebelum dilepaskan untuk melakukan shooting. Jika bahu dan kaki menghadap lurus ke ring basket, tempatkan bola di sebelah kanan wajah, sedikit di depan dari bahu. Jangan menempatkan bola segaris dengan tengah-tengah wajah, karena akan menyebabkan siku lengan berada di sisi luar dan ketika bola dilepaskan pergelangan tangan akan berputar ke samping sehingga spin bola akan ke samping. Tetapi jika lebih nyaman melakukan shooting dengan badan yang yang sedikit diputar ke dalam, maka set point dapat berada di depan wajah . Harus dicari metode set point terbaik untuk seorang pemain. Dan juga, letak bola terbaik adalah setinggi dahi, atau di atasnya (jika cukup kuat atau dekat dengan ring basket), agar dapat menghindari block. Tetapi jangan menempatkan bola di belakang kepala. Hal ini akan menyebabkan shooting menjadi lebih datar.


#4. Dorongan ke atas

Quote:Kebanyakan tenaga untuk melakukan shooting berasal dari dorongan ke atas oleh lompatan (khususnya jump shot), atau dorongan ke atas dari paha (ketika free throw). Jangan menambah kekuatan dengan otot lengan atau pergelangan tangan ketika melakukan shooting dengan jarak yang lebih jauh. Biarkan otot yang berada pada kaki yang bekerja. Lepaskan bola ketika melompat naik, bukan ketika turun dari lompatan.

#5. Mengarahkan bola

Quote:Tentukan titik tujuan, bisa bagian belakan dari ring basket, atau tepat di atas ring basket bagian depan, atau pada papan (jika melakukan bank shoot). Konsentrasi pada titik tersebut, dan jangan melihat bola.

#6. Melepaskan bola

Quote:Gunakan bahu sebagai engsel. Lengan kanan menjulur ke depan mengarah ke ring basket (dengan siku tetap di dalam), siku lengan diluruskan, kemudian bola dilepaskan dengan bantuan gerakan pergelangan tangan dan ujung jari. Hal ini akan mengakibatkan spin bola mengarah ke belakang seperti yang selalu dilakukan shooter handal. Spin ke belakang tersebut mengakibatkan bola mendarat dengan mulus pada ring basket, dan sering menciptakan pantulan yang menguntungkan, dan menghasilkan skor meskipun shooting tidak dilakukan dengan sempurna. Lakukan shooting dengan arah seperti busur lingkaran, bukan datar, shooting dengan arah seperti itu mempunyai kemungkinan masuk yang lebih besar karena ukuran ring basket lebih besar dan lebar untuk sebuah bola yang datang dari atas. Jangan mendorong bola dengan ujung telapak tangan, lepaskan bolanya dari ujung jari. Pastikan siku lengan lurus.

Jika ingin melakukan shooting dengan jarak yang lebih jauh, jangan mengubah cara melepaskan bola, tetapi gunakan tenaga tambahan dari lompatan, atau rendah set point. Jangan menarik bola ke belakang kepala sebelum melepaskannya karena akan mengakibatkan arah bola menjadi lebih datar. Untuk shooting dengan jarak yang lebih pendek, lepaskan bola lebih medekati puncak lompatan dengan set point yang lebih tinggi (lengan dijulurkan ke atas kepala).


#7. Follow through

Quote:
Spoiler for follow through:


Follow through sangat penting untuk memperoleh spin bola yang baik. Jari-jari mengarah ke ring basket, dan pergelangan tangan ditekuk ke depan menyerupai leher angsa . Tahan posisi ini setelah melakukan shooting sampai bola mengenai ring basket. Dengan follow through yang baik, telapak tangan akan menghadap ke bawah ke arah lantai. Jika tidak benar pergelangan tangan tidak digerakkan dengan benar maka telapak tangan akan menghadap ke luar (seperti orang akan berjabat tangan). Pandangan tetap mengarah ke target, bukan bola.


agan agan yg baik boleh ngasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) akan ane terima dg senang hati
jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) karna emoticon-Blue Repost
dan maaf bila pic nya kurang lengkap..

moga bermanfaat emoticon-Angkat Beer

Gan ane pemula dlm hal main basket ni emoticon-Malu
Agan2 pro sekalian ad tips&trik jitu biar bs pande main basket dlm bbrp bulan?..
Share donk agan2 yg pro basketemoticon-shakehand
emoticon-Malu[SHARE] Tips & Tricks dalam Olahraga Basket

agan-agan sekalian ane bwt tread ini buat sharing kita sebagai pemain dan pelatih

mungkin klo agan-agan sekalian bisa sharing
1. program latihan
2. drill-drill latihan basket
3. taktik dan pengalaman selama bermain dilapangan

semua bisa share disini,jadi kita bisa saling bertukar pikiran


siapa tau dengan agan-agan share bisa saling membantu dalam memajukan bola basket

emoticon-I Love Indonesia

iy nih gan,mungkin kurang bagus cara ngerjain treadnya gan...ntar ane share2 tentang drill-drill dan taktik maen basket
info ini berguna sekali buat para pemula.. selalu berlatih dan gunakan teknik yang benar.. bisa karena terbiasa.. keep posting gan.
emoticon-I Love Kaskus

Ngakak 

NICE.. info om ts, keep posting! Very usefull for noob like me..
Nice posting gan
Boleh usul ngga
mendingan judulnya diganti Fundamental Basketball aja Gan emoticon-Smilie
Jadi kan ada:
1. Dribble
2. Passing
3. Dribble
4. Ball Handling

Jadi lebih komprehensif penjelasannya ntar Gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By pandupolo
NICE.. info om ts, keep posting! Very usefull for noob like me..

Oke gan! heheemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By vals.x18
Nice posting gan
Boleh usul ngga
mendingan judulnya diganti Fundamental Basketball aja Gan emoticon-Smilie
Jadi kan ada:
1. Dribble
2. Passing
3. Dribble
4. Ball Handling

Jadi lebih komprehensif penjelasannya ntar Gan emoticon-Smilie

oke oke, ntar ane buat thread laen tentang basket juga, thx gan usulan nya emoticon-thumbsup:emoticon-thumbsup:

Quote:Original Posted By lav_andrykun
info ini berguna sekali buat para pemula.. selalu berlatih dan gunakan teknik yang benar.. bisa karena terbiasa.. keep posting gan.
emoticon-I Love Kaskus

oke oke, thx gan emoticon-Angkat Beer
Ane shooter tapi ga bisa ngeshoot yang bener. Sekarang lagi belajar belajar buat ngeshoot yang bener. Sekalian nambah ilmu dari instruksi ts emoticon-Big Grin
Nice info emoticon-thumbsup:
bagus gan petunjuknya.
gua bantuin up ki ........
nuwbie kok dapet cendol satu ya ?
ane nubi juga masih abu gan .....
lemparin cendol dong !!!!
sipemoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By dyonAP
gua bantuin up ki ........
nuwbie kok dapet cendol satu ya ?
ane nubi juga masih abu gan .....
lemparin cendol dong !!!!

eh yon, gua kan dapet gara" beli brg di kaskus, thx UP ! UP !emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up

Quote:Original Posted By BoneOne
bagus gan petunjuknya.

iya thx, moga maen nya jago deh, hehe

Quote:Original Posted By Oembond
Ane shooter tapi ga bisa ngeshoot yang bener. Sekarang lagi belajar belajar buat ngeshoot yang bener. Sekalian nambah ilmu dari instruksi ts emoticon-Big Grin
Nice info emoticon-thumbsup:

belajar yang rajin gan ! ahaha ane doain jadi shooter yang hebaatemoticon-thumbsup:emoticon-thumbsup:

Quote:Original Posted By BuyerAll
sipemoticon-I Love Indonesia
Latihan na gmn?..
ane g tw cara latihan basket yg bnr ni..
Kci cara latihan yg bnr donk..[SHARE] Tips & Tricks dalam Olahraga Basket
latian dribling dulu
kalo udah lancar,,,
ente latian under basket(under ring)
trus latian 2point shoot aja dulu...

sialhkan d coba emoticon-Shakehand2

Spoiler for bukan jebakan betmen:
ada 5 tips buat pebasket pemula....
1.makan yg bergizi secara teratur
2.cukup istirahat
3.latian
4.latian
5.latian

latian ada 2 macem ya,fisik dan teknik...dua2nya harus jalan....kalo salh satu mah kaga bisa emoticon-Big Grin
dribble aja gan, kanan ato kiri ampe loe muntah2...
basic basket dikuatin dulu. kalo dribble loe uda mantep, cewek2 yg ngliatain jg bisa kelepek2
Klo ane dlu waktu awal maen basket, disuruh dribel bola, awal2nya ditempat aja (kanan kiri), trz jalan..selanjutnya klo udah mahir dribel ditempat ma jalan, baru latian rebound, shoot, nah bwt shoot mulai dari dekat dlu (under basket), baru mundur selangkah demi selankah, yg mesti di atus waktu shoot itu parabol bolanya... trz klo udh mahir, ya ente punya modal deh gan bwt ngikut pertandingan, setidaknya bisa sedikit...
yang penting sering2 latihan...
ada pengalaman tmn ane ya gan, awalnya dia ga bisa sama sekali main basket, trz dari ngeliat kami latihan mpe ngikut latihan , sore mpe malam , akhirnya dia jago (khususnya shooting)....
jadi intinya latihan gan....... (pjng banget penjelasan ane ya... emoticon-Malu
perbanyak waktu latihan bro...
trus coba main three on three...
Seperti yg ud ada diatas, latian pertama dribel, trs lay up, under basket, terakhir tu 2pt shot.. Nah tu awal2 dilatih sambil liat bagaimana cara2ny dari youtube, ato cara orang laen maen, komik jg bs.. Klo gw skrg agak sedikit meningkat gara2 ngeliat cara maen di NBA 2K10.. Hahaha..

Nah klo dah tw smua cara2nya baru dah ditingkatin dengan cara maen dalam game yg sbnrnya.. Klo gw sih maen ma ank2 komplek gw.. Ato ga di lapangan gw suka maen sendirian gt biarpun ga maen tim jg gpp.. Haha..

Tq

Tq d buat agan2 smw..
Kl ad masukan kci lagi y..
Haha..
Skli lagi trma kasih y..[SHARE] Tips & Tricks dalam Olahraga Basket
Pertama latian oper operan mulai dari operan dada ampe overhead[SHARE] Tips & Tricks dalam Olahraga Basket
Latihan terus broo lebih bagus lagi kalau punya bola sendiri......pokoknya "kulia,sekolah,kerja jangan sampai mengganggu basket!!!!" heheheh pasti jago deh...
×