alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004175034/ikan-berjalan--nah-lohimages--videos
Ikan Berjalan ? Nah Loh...[Images + Videos]
Salam Kaskuser

Bagi yg belum pernah lihat atau dengar ikan ini pasti udah gak sabaranemoticon-Big Grin

Sebelumnya mohon dirate ya jika berkenan,budayakan juga selalu berkomentar yg bertanggung jawab disetiap postingan di lounge kaskus tercinta ini.TS ucapkan terima kasih bagi yg udah bantu
Ikan Berjalan ? Nah Loh...[Images + Videos]
emoticon-Shakehand2

Bukti bukan emoticon-Blue Repost
Spoiler for norepsol:


Ikan Gelodok, belodok, belodog atau blodog (mudskipper)


[QUOTE=]Adalah sekelompok ikan dari beberapa marga yang termasuk ke dalam anak suku Oxudercinae.Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan,terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan bakau ketika air surut.
Nama-nama lainnya adalah tembakul, tempakul, timpakul atau belacak (bahasa Melayu), gabus laut, lunjat dan lain-lain.Dalam bahasa Inggris disebut mudskipper, karena kebiasaannya melompat-lompat di lumpur itu.

Tampang ikan ini sangatlah khas (lucu banget klo nurut ane). Kedua matanya menonjol di atas kepala seperti mata kodok,wajah yang dempak,dan sirip-sirip punggung yang terkembang menawan.Badannya bulat panjang seperti torpedo, sementara sirip ekornya membulat,panjang tubuh bervariasi mulai dari beberapa sentimeter hingga mendekati 30 cm.

Keahlian yang dimiliki ikan yang satu ini,selain dapat bertahan hidup lama di daratan (90% waktunya dihabiskan di darat),ikan gelodok dapat memanjat akar-akar pohon bakau, melompat jauh, dan ‘berjalan’ di atas lumpur.Pangkal sirip dadanya berotot kuat, sehingga sirip ini dapat ditekuk dan berfungsi seperti lengan untuk merayap,merangkak dan melompat.
[/QUOTE]

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


[QUOTE=]Daya bertahan di daratan ini didukung pula oleh kemampuannya bernafas melalui kulit tubuhnya,dan lapisan selaput lendir di mulut dan kerongkongannya,yang hanya bisa terlaksana dalam keadaan lembab.Oleh sebab itu gelodok setiap beberapa saat perlu mencelupkan diri ke air untuk membasahi tubuhnya.

Ikan gelodok Periophthalmus koelreuteri setiap kalinya bisa bertahan sampai 7-8 menit di darat, sebelum masuk lagi ke air.Di samping itu, gelodok juga menyimpan sejumlah air di rongga insangnya yang membesar,yang memungkinkan insang untuk selalu terendam dan berfungsi selagi ikan itu berjalan-jalan di daratan.

Hidup di wilayah pasang surut,gelodok biasa menggali lubang di lumpur yang lunak untuk sarangnya.Lubang ini bisa sangat dalam dan bercabang-cabang,berisi air dan sedikit udara di ruang-ruang tertentu.Ketika air pasang naik, gelodok umumnya bersembunyi di lubang-lubang ini untuk menghindari ikan-ikan pemangsa yang berdatangan.
[/QUOTE]

Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


[QUOTE=]Ikan jantan memiliki semacam alat kopulasi pada kelaminnya.Setelah per-k a w i n -an, telur-telur ikan gelodok disimpan dalam lubangnya itu,dan dijaga oleh induk betinanya. Telur-telur itu lengket dan melekat pada dinding lumpur.Gelodok Periophthalmodon schlosseri dapat bertelur hingga 70.000 butir.

Gelodok memangsa aneka hewan,mulai dari ketam binatu (Uca spp.), udang, ikan, kerang, cumi-cumi, sampai ke semut ngangrang dan lalat.Ikan ini juga diduga memakan sedikit tumbuhan.Ketika menjelajah daratan, gelodok juga sering menyerang dan mengusir gelodok yang lainnya,untuk mempertahankan teritorinya.

Penyebaran dan ragam jenis Gelodok Periophthalmus gracilis (dari Malaysia hingga Australia utara)Ikan gelodok hanya dijumpai di pantai-pantai beriklim tropis,dan subtropis di wilayah Indo-Pasifik sampai ke pantai Atlantik Benua Afrika.
[/QUOTE]

Spoiler for 7:


Spoiler for 8:


Spoiler for 9:


[QUOTE=]Saat ini telah teridentifikasi sebanyak 35 spesies ikan gelodok.Terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu Boleophthalmus, Periophthalmus dan Periophthalmodon.Beberapa spesies contohnya adalah Pseudapocryptes elongatus, Periophthalmus gracilis, Periophthalmus novemradiatus, Periophthalmus barbarus, Periophthalmus argentilineatus dan Periophthalmodon schlosseri.

Belum banyak terkuak nilai dari ikan ini.Namun ikan ini termasuk yang paling tahan terhadap kerusakan lingkungan hidup,dan dapat tetap hidup dalam kondisi yang “memprihatinkan” sekalipun.Namun di Tiongkok dan Jepang, ikan gelodok menjadi santapan,selain juga digunakan sebagai obat tradisional, terutama sebagai peningkat tenaga lelaki.

TS pribadi pernah makan ikan ini dalam bentuk ikan asin,kiriman saudara dari kota Pemangkat di Kal-Bar.rasanya gak jauh berbeda dari ikan asin kebanyakan dengan tulang-tulang yg halus.warna ikan ini bermacam-macam,seingat TS waktu kecil dulu warnanya ada hitam,abu-abu,agak kuning,biru,hijau dll.
[/QUOTE]

Spoiler for 10:


Spoiler for 11:


Spoiler for 12:


video yg ane copas dari mbah youtube :

Spoiler for video1:


Spoiler for keterangan aKses video diatas:


videonya lucu banget gan,nyesel klo gak liat emoticon-Big Grin ,ikannya lagi keluar masuk lobang lumpur hehe

Spoiler for video2:
untuk video lainnya silakan agan search sendiri di youtube dengan keywords "mudskipper fish"


Ikan Berjalan ? Nah Loh...[Images + Videos]
nyang boneng itu gan..
Fotonya ilang TS.
gak ada pictnya gan di sini
fotonya kegedean kali tuh..
bandwitch exceeded.. emoticon-Cape d...
photobucket, gk bisa di buka gan!!
thanks all . . . untuk atensinya emoticon-Big Grin
sekarang udah bisa dibuka hehe

mohon dirate ya gan . . .
Quote:Original Posted By siryu88
nyang boneng itu gan..


ikannya gan yang boneng a.k.a bokir :maho
Ntu Ikan Apa Kadal?emoticon-Bingung
aneh gan...
Ane pejwan
serem kali ya gan kalo gede emoticon-Hammer
iya gan.. ane pernah ko nonton videonya..
serem gan...
klo dipelihara d rumah.. ntar pas kita tidur ngerayap rayap aj..
hiiii......
keren gan... emoticon-I Love Kaskus
wah ane bro.emoticon-I Love Indonesia
nice info gan ! nyeremin gan . hehehe . emoticon-Takut
bentuknya koq mirip katak gitu ya gan
mirip kadal gan
banyak yg bilang kadal ya emoticon-Hammer2 padahal bukan loh gan,ikannya lucu kog.kaya ikan biasa lagi,agak berlendir gitu hehe.cabut dolo gan,besok ane pantau lagi neh trit emoticon-Big Grin

misi ah juragan . . .