Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gerudukAvatar border
TS
geruduk
[share]Mempersiapkan biaya2 untuk pembelian rumah seken melalui KPR
Quote:

Permisi gan pingin sharing,buat agan2 yg punya rencana beli rumah seken lewat KPR,ada beberapa yang perlu dipertimbangkan selain menyiapkan uang muka dari harga jual rumah.Yaitu biaya2 yang muncul untuk notaris & biaya KPR. Berdasarkan pengalaman ane,informasi ini akan sangat membantu coz biaya yg tak terduga ini cukup membuat ane kaget & kelabakan coz tidak mengira jumlahnya sebanyak itu.Berikut rincian biaya/uang yg agan harus siapkan sebelum akad jual beli dengan penjual dan bank.
Quote:

Sebenarnya proses pengajuan untuk rumah seken tidak terlalu susah, dan prosesnya juga cepat, pengalaman saya mengajukan ke BTN syariah,
proses dari pengajuan berkas s/d hasil survey masuk ke pihak bank +- 3 hari
proses persetujuan KPR (dimusyawarah kan oleh tim/komite) sampai keluar persetujuannya max 10 hari.
jadi jika smua berkas2 telah lengkap dalam waktu 2 minggu anda bisa melakukan akad jual beli dengan penjual dihadapan notaris dan pihak bank.

nominal yang di cetak warna merah adalah jumlah uang yang harus anda siapkan. untuk harga yang menggunakan kisaran karena itu berbeda tiap2 bank dan juga tiap2 notaris, jadi untuk aman nya gunakan estimasi tertinggi dari kisaran harga diatas.

Sebenernya rumah baru pun sama kyk gini itungannya, hanya saja biasanya semua biaya tersebut dah dibebankan oleh developer ke kita, jadi kita tahunya cuma bayar uang muka, PPN,BPHTB dll.

semoga pengalaman ini bisa berguna buat agan2 semua untuk mempersiapkan pengajuan KPR, dan juga biar tidak kaget nantinya karena biaya2 notaris dan biaya KPR cukup besar.

jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan, dan dirate [share]Mempersiapkan biaya2 untuk pembelian rumah seken melalui KPR
[share]Mempersiapkan biaya2 untuk pembelian rumah seken melalui KPR
semoga tidak emoticon-Repost karena ini pengalaman ane sendiri waktu pengajuan kredit ke Bank BTN
dan tolong jangan emoticon-Blue Guy Bata (L)

Buat kaskuser yg punya pengalaman yg lain silahkan di share, di halaman 1 ada rangkuman beberapa sharing pengalaman dari kaskuser yg lain

Spoiler for beberapa komeng dan pertanyaan dari agan2:

Quote:

Quote:
0
94.8K
3.1K
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan