alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003713517/fatty-liver-pelemakan-lemak-hati-atau-hati-berminyak
Smile 
fatty liver, pelemakan/lemak hati atau hati berminyak
saya hanya ingin berbagi.

hampir 3 bulan ini saya istirahat total. berawal dari kebiasan yang kurang benar, yang saya lakukan selama kurang lebih 5-6 tahun terakhir.
kerja tanpa mengenal waktu, terkadang sehari saya hanya tidur 3-5 jam. jam 4 atau jam 5 pagi tidur bangun jam 8 terus berangkat kerja. belum lagi ditambah kebiasaan makan tidak teratur, makan sebelum tidur dan makan banyak sekali. sehingga membuat saya semakin gemuk. sebagai gambaran saya berusia 32 tahun tinggi badan 160cm berat badan saya waktu itu 96-99kg. dan itu pun belum cukup.

karena banyaknya keluarga dan orang2 disekitar saya yang menderita DIABETES saat usia tua, membuat saya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi gula. dan hal ini membuat saya salah dalam memahaminya. waktu itu, bisa saya pastikan dalam 1 minggu mungkin saya hanya mengkonsumsi air yang mengandung gula tidak lebih dari 4 gelas/ 1 liter (entah itu teh, sirup dsb). hanya air putih tawar yang saya konsumsi, untungnya dalam satu hari saya saya konsumsi air 3 liter atau lebih. saya hanya minum minuman yang mengandung gula bila saya makan di luar (warung, depot dsb). dan ini jarang sekali. saya termasuk kategori orang yang tidak suka njajan diluar. akhir2 ini saya baru tahu kalau gula adalah salah satu sumber makanan liver.......eeeeemmmmmm

berawal dari nyeri disekitar ulu hati yang tidak tertahankan, sampai nyeri di dada kiri dan sampai gangguan mental. betul gangguan mental!!, saya jadi mudah paranoid. inilah membuat saya memberanikan diri pergi ke periksa ke dokter internis di rumah sakit islam SH dekat rumah saya sidoarjo (padahal saya takut sekali kalau ke dokter dan test lab). saat di usg dokter menanyakan apakah saya punya sakit gula atau kolesterol tinggi. saya jawab tidak, karena 2 bulan yang lalu saya cek darah, dan saya lupa membawa hasil labnya.
dan hasilnya:

BSN (PUASA) : 111
2 J P P : 142
CREATIN SERUM : 0.9
URIC ACID : 8,1 ---------ini asam urat aku agak tinggi
SGOT : 27
TRIGLISERIDA : 143
TOTAL CHOLESTEROL : 227 -------- masih ambang normal 100-220 mg/dl
LDL CHOLESTEROL : 153 -------- masih ambang normal <150 mg/dl


saya ingat ucapan dokter saat itu, semua nya menggambarkan kondisi saya sangat menyeramkan. sampai2 jantung saya berdebar dan berkeringat dingin , padahal saat itu saya masih mudah paranoid. selama beberapa hari saya bingung dan saya tidak mau kembali ke dokter itu lagi. untung seorang teman menyarankan saya periksa ke Dr. Pangestu Adi (konsultan gastroenterohepatologi di surabaya). kemudian dokter menyarankan untuk cek semuanya / komplit....... manteb sudah......
mulai dari usg atas dan bawah, foto thorax, foto tulang belakang, foto panoramic gigi, cek darah komplit termasuk Anti HBc, Anti HCV, Anti HBs(Elisa), HBs AG(Elisa). ckckckck......untung saya punya saudara yang bekerja di lab di salah satu RS di surabaya. setidaknya ada sedikit potongan harga. tapi tetap saja cari utangan.

setelah melihat hasil cek darah ke 2 semua tampak normal. hanya ada sedikit peningkatan di:

URIC ACID : 8,0 ------- turun 0.1 dari yang kemarin 8,1
SGPT : 67 --------- normalnya <41 U/L.


IMUNO - Serologi

Anti HBc : NEGATIF (indeks 1,402)
Anti HCV : NEGATIF (indeks 0,45)
HBs Ag(Elisa) : NEGATIF (Abs: 0,012)
Anti HBs(Elisa) : POSITIF LEMAH Titer (Conc): 3,4 mIU/ml


kembali kedokter (setelah dapat utangan) dokter mengatakan dengan tenang dan santai bahwa liver saya berminyak (ini bedahnya dokter spesialis biasa dan konsultan). saya harus banyak istirahat, istirahat yang sehat (tidur malam jam 21-22 bangun jam 5). sebaiknya tidur setelah 3 jam makan. banyak makan sayur dan buah-buahan. makan buah terlebih dahulu sebelum makan utama. makanan mulai diatur, hindari makanan berlemak, kurangi makanan gorengan, mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna. usahakan sering olah raga tapi yang sedang2 aja seperti renang.

saya juga diberikan resep untuk livernya TRIMATE E (kelihatannya vitamin B1 B6 B12 dan E) dan URSOCHOL (baca terjemahan google tapi belum paham fungsi utamanya) diminum sampai SGOT dan SGPT nya turun. saya juga di perbolehkan menkonsumsi minyak ikan salmon. cuman saya lupa tanya apakah saya boleh mengkonsumsi temulawak

disaran untuk menurunkan berat badan ke angka ideal 65KG. yang ini menantang sekali, dari 96KG ke 65KG....... Insya Alloh saya bisa..... tapi harus perlahan dan bertahap.

kebetulan disini belum ada thread yang membahas fatty liver. saya tahu banyak yang mengatakan bahwa fatty liver (non alkohol) itu bukan penyakit dan belum ada obat medic yang baik untuk menghilangkan fenomena fatty liver ini 100%.

barang kali diantara teman2 anda yang pernah mengalami fatty liver dan kemudian mendapatkan kondisi LIVERNYA KEMBALI SEDIA KALAH / NORMAL. mohon untuk berbagi informasinya.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Smile 
Pingin liver normal dan sehat

ARTIKEL BAGUS dari saudara kita littlestranger
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...2&postcount=31

artikel dari:

http://www.ehow.com/about_5215245_mi...r-disease.html

http://www.ehow.com/how_5635516_corr...tty-liver.htmlhttp://www.ehow.com/how_5635516_corr...tty-liver.html[

Quote:
How to Correct Fatty Liver

There are various ways to correct a fatty liver and ward off complications such as inflammation and scarring of the liver. Fatty liver disease can result from poor diet and lack of physical activity. With treatment, you can reverse fatty liver and maintain a healthy liver.

1. Reduce body weight. Lose weight to fix a fatty liver and prevent future complications. Eat low-fat or fat-free foods such as fruits, whole grains and vegetables. Opt for smaller meals to lower your calorie intake and pass on fast foods, fried foods and sugar.

2. Start a workout program. Regular exercise can help you drop extra pounds and improve your well-being. Begin a consistent routine and plan for 30 minutes of activity a day--take a walk, jog or join a gym.

3. Incorporate core exercises. Fatty liver disease is common in persons with larger stomachs, due to excess fat around the liver. Engage in stomach or core exercises such as pilates or crunches to reduce belly fat and get rid of a fatty liver.

4. Limit alcohol. Speed your recovery by avoiding alcoholic beverages. Depending on your drinking habits, alcoholic beverages can result in a fatty liver. Stay away from alcohol and limit your intake to one alcoholic beverage a day once your liver heals.

5. Recognize harmful medications. Certain prescription medications can gradually damage the liver and impede your efforts to reverse fatty liver. If your medications list liver damage as a possible side effect, speak with your doctor and ask for an alternative drug.

6. Consider medications. There isn't a specific drug to treat fatty liver. However, taking a medication to reduce your cholesterol and triglycerides (blood fat) can help correct a fatty liver. Possible options include statins, niacin and natural supplements like omega-3. Discuss options with a doctor.


Quote:
Cara Benar Fatty Liver

Ada berbagai cara untuk memperbaiki fatty liver dan mencegah komplikasi seperti peradangan dan jaringan parut hati. penyakit hati berlemak dapat hasil dari pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Dengan pengobatan, Anda dapat membalikkan hati berlemak dan menjaga hati yang sehat.

1. Mengurangi berat badan. Menurunkan berat badan untuk memperbaiki fatty liver dan mencegah komplikasi di masa mendatang. rendah lemak atau bebas lemak makanan seperti buah-buahan, biji-bijian dan sayuran Makan. Memilih makanan kecil untuk menurunkan asupan kalori Anda dan lulus pada makanan cepat, makanan goreng dan gula.

2. Memulai program latihan. Olahraga teratur dapat membantu anda menurunkan berat ekstra dan meningkatkan kesejahteraan Anda. Mulailah rutinitas yang konsisten dan rencana selama 30 menit aktivitas sehari - berjalan-jalan, joging atau bergabung gym.

3. Memasukkan inti latihan. penyakit hati Lemak adalah umum pada orang dengan perut yang lebih besar, karena kelebihan lemak di sekitar hati. Melakukan latihan perut atau inti seperti pilates atau sit-up untuk mengurangi lemak perut dan menyingkirkan hati berlemak.

4. Batasi alkohol. Kecepatan pemulihan Anda dengan menghindari minuman beralkohol. Tergantung pada kebiasaan minum Anda, minuman beralkohol dapat mengakibatkan hati berlemak. Jauhi alkohol dan membatasi asupan Anda ke salah satu minuman beralkohol sehari sekali menyembuhkan hati Anda.

5. Kenali obat-obatan berbahaya. resep obat tertentu secara bertahap dapat merusak hati dan menghambat upaya Anda untuk membalikkan hati berlemak. Jika hati Anda daftar kerusakan obat sebagai efek samping yang mungkin, berbicara dengan dokter dan meminta obat alternatif.

6. Pertimbangkan obat. Tidak ada obat spesifik untuk mengobati fatty liver. Namun, mengambil obat untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida (lemak darah) dapat membantu memperbaiki fatty liver. Pilihan yang memungkinkan, termasuk statin, niacin dan suplemen alami seperti omega-3. Diskusikan pilihan dengan dokter.


no 1 .... masih sering tergoda nasi padang dan bakso malang emoticon-Big Grin semoga segera sadar emoticon-Big Grin
no 3 .... Insya Alloh mulai besok masuk dalam daftar
no 6 .... kayaknya perlu beli omega3 lagi

buat agan yang ingin tahu BMI

silakan ke sini:
http://www.obesitas.web.id/bmi%28i%29.html
http://www.andaka.com/normalkah-body...x-bmi-anda.php

tabel ini saya ambil dari
http://howmuchshouldiweighformyheigh.../BMI-Chart.png

fatty liver, pelemakan/lemak hati atau hati berminyak

tambahan dari teman kita

Quote:Original Posted By yos123
Mau kasi inputan aja buat yang punya masalah Liver. Sebenarnya Liver adalah pabrik kimia/obat untuk tubuh. Kanker liver ada yang termasuk paling sedikit ditemukan karena Liver banyak mengandung Oksigen.

Bila liver terbungkus oleh lemak, maka fungsinya akan melemah. Salah satunya sakit liver yang bisa mengarah ke Sirosis.

Untuk mengatasinya, kita harus bereskan apa yang ada di usus kita, beberapa saran yang saya jalani:
1. Makan Obat cacing secara berkala. Bagi yang ga rutin makan obat cacing, bisa cek info di banyak website lokal. Obat cacing bisa menormalkan usus dari parasit pemakan nutrisi dan penghisap darah.
2. Makan selang seling pepaya dan nenas. Cukup porsi kecil, yang penting rutin setiap hari. Enzim bisa menyehatkan usus dan membantu kerja liver.
3. Rutin minum Garam Laut/Gunung yang alami (bukan garam meja/dapur). Bisa beli di website (Himalayan salt) atau dari petani garam lokal. 1/2 sendok teh per hari. Bila garam Laut digunakan untuk masak, tidak perlu diminum khusus. Garam Laut mengandung mineral minor yang bisa mengaktifkan hormon dan enzim bermanfaat tetapi tertidur.

Yang lainnya selalu Fell Good, olahraga, kurangi makanan ga sehat, dll....

Semoga sehat emoticon-Smilie
oh, gitu ya gan.. tapi jadi kontra donk yah kalo harus minum banyak gula pas kita capek (kerja liver jadi berat), tapi di satu sisi punya garis keturunan diabetes.. kalo protein gmn gan? btw, SGPT nya berapa?fatty liver, pelemakan/lemak hati atau hati berminyak
setuju

fatty liver bukan suatu penyakit

saya kadang suka miris
liat orang2 yg agak2 menipu dengan bilang

ini vitamin, ini herbal, ini suplemen, ini obat buat fatty liver
ada2 aja

Smile 

Quote:Original Posted By arioda
oh, gitu ya gan.. tapi jadi kontra donk yah kalo harus minum banyak gula pas kita capek (kerja liver jadi berat), tapi di satu sisi punya garis keturunan diabetes.. kalo protein gmn gan? btw, SGPT nya berapa?fatty liver, pelemakan/lemak hati atau hati berminyak


kalau dari saya lho.....dikatakan kontra.........eeeeehhhh kurang tepat. memang alm bapak saya punya diabetes. diabetesnya bukan dari keturunan (sekitar umur 45 keatas), atau lebih tepatnya karena pola hidup kurang sehat.

kalau protein saya kurang tahu, barangkali teman2 ada yang lebih tahu.

SGPT saya terakhir 67, sesuai dengan yang tertulis diatas.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By music_healing
setuju

fatty liver bukan suatu penyakit

saya kadang suka miris
liat orang2 yg agak2 menipu dengan bilang

ini vitamin, ini herbal, ini suplemen, ini obat buat fatty liver
ada2 aja


benar FATTY LIVER bukan penyakit.
pelemakan pada liver atau istilah lainnya hati berminyak.

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
CMIIW.

50% dari kita semua itu mempunyai fatty liver lo. Entah berapa persen dari hati yang mengalami perlemakan.

Fatty liver sebenarnya tidak bahaya (hanya sebagai lampu kuning), selama beberapa persen dari hati yang sehat masih dapat mengkompensasi (konon, hati masih bisa bekerja dengan normal sekalipun jaringan yang sehat tinggal 10%).

Tentang temulawak atau curcuma, setahu ane curcuma itu tidak boleh untuk penyakit2 hati. Tapi kalo untuk fatty liver, ane nggak tahu.
Gan..fatty liver apa ada kaitannya dengan batu empedu ? soale empedu kan di dalem hati bukan nya yah..dan batu empedu itu juga karena kolesterol ? CMIIW..

Smile 

kalau dengan batu empedu kelihatannya ber beda bro. barang kali ada yang bisa bantu

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
c0ba deh gan berobat ke..Prof.Hembing Wijayakusuma...coba search aja di google...
Fatty liver emang bukan penyakit, namun apabila hal ini di biarkan akan menimbulkan penyakit semacam gagal jantung/angin duduk...

Kenapa bisa menyebabkan angin duduk/gagal jantung??? hal ini di karenakan penyempitan pembuluh darah yang menuju ke jantung....

Family ane pernah kena juga Gan...
Kalo g salah bobotnya pernah mencampai 110 kg

namun perubahan pola hiduplah yang membantunay kembali sehat ke sedia kala.
Yaitu bangun pagi, jalan jalan, dan mengkonsumsi susu kedelai...

bila agan tertarik, pm saja, nanti permasalahan anda saya sampaikan ke family saya
Ah. lupa.

Fatty liver yang berbahaya itu yg lemaknya bikin radang hati,
kalo gak salah namanya jadi NASH (non alcoholic steato hepatitis).

Tapi, kalo nggak radang, ya nggak papa.
Quote:Original Posted By waysamurai
Fatty liver emang bukan penyakit, namun apabila hal ini di biarkan akan menimbulkan penyakit semacam gagal jantung/angin duduk...

Kenapa bisa menyebabkan angin duduk/gagal jantung??? hal ini di karenakan penyempitan pembuluh darah yang menuju ke jantung....

Family ane pernah kena juga Gan...
Kalo g salah bobotnya pernah mencampai 110 kg

namun perubahan pola hiduplah yang membantunay kembali sehat ke sedia kala.
Yaitu bangun pagi, jalan jalan, dan mengkonsumsi susu kedelai...

bila agan tertarik, pm saja, nanti permasalahan anda saya sampaikan ke family saya


kalau yang saya tandai merah, rasanya saya kurang setuju.

soal gangguan jantung saya melihatnya karena bobot berlebih dan tidak sebanding dengan tinggi badan atau obesitas (seperti yang saya tandai warna biru). obesitas memang berpotensi dalam gangguan jantung.

Smile 

Quote:Original Posted By horahora
Ah. lupa.

Fatty liver yang berbahaya itu yg lemaknya bikin radang hati,
kalo gak salah namanya jadi NASH (non alcoholic steato hepatitis).

Tapi, kalo nggak radang, ya nggak papa.


ooohhhh.... ternyata fatty juga bisa menyebabkan radang hati ya????? mungkin ini lemaknya bener2 banyak, sampai2 menggangu fungsi sel-sel hati. baru tahu....aku kira cuma virus atau bakteri yang bisa bikin radang...

terima kasih gan infonya
Quote:Original Posted By mee2
ooohhhh.... ternyata fatty juga bisa menyebabkan radang hati ya????? mungkin ini lemaknya bener2 banyak, sampai2 menggangu fungsi sel-sel hati. baru tahu....aku kira cuma virus atau bakteri yang bisa bikin radang...

terima kasih gan infonya


udah dicoba di tlp??
NASH atau ASH bisa ngebuat sampai Liver cirrhosis, cuma masalah waktu.. Gimana nguranginnya well kalau ASH ya berhenti minum alkohol, kalau NASH ya mulai ngurangin berat badan. Tapi tetep aja sih diagnosis terakhir itu benernya lewat patholog dengan biopsie... Kalau cuma buat steatosis hepatis ya cukup sih pakai USG. Tapi kalau udah masalah Cirrhosis atau gak, itu sebaiknya lewat patholog...

Well kenapa dokter lo ngasih ursochol ya g jg gak tau..itu buat Lab yg kaya punya elo..g gak bakal mikir apa-apa..itu pretty much normal

g tiap hari kerja di Liver cirrhosis / Alcohol-Station..lol Lab yg g liat tiap hari biasanya lbh parah dari itu.
wah gan pengetahuan buat ane nih...tahnk for share

kunjungi juga trit ane gan
Quote:Original Posted By Oracle78
NASH atau ASH bisa ngebuat sampai Liver cirrhosis, cuma masalah waktu.. Gimana nguranginnya well kalau ASH ya berhenti minum alkohol, kalau NASH ya mulai ngurangin berat badan. Tapi tetep aja sih diagnosis terakhir itu benernya lewat patholog dengan biopsie... Kalau cuma buat steatosis hepatis ya cukup sih pakai USG. Tapi kalau udah masalah Cirrhosis atau gak, itu sebaiknya lewat patholog...

Well kenapa dokter lo ngasih ursochol ya g jg gak tau..itu buat Lab yg kaya punya elo..g gak bakal mikir apa-apa..itu pretty much normal

g tiap hari kerja di Liver cirrhosis / Alcohol-Station..lol Lab yg g liat tiap hari biasanya lbh parah dari itu.


Wow. Nice. I love you. emoticon-Smilie

Smile 

Quote:Original Posted By Oracle78
NASH atau ASH bisa ngebuat sampai Liver cirrhosis, cuma masalah waktu.. Gimana nguranginnya well kalau ASH ya berhenti minum alkohol, kalau NASH ya mulai ngurangin berat badan. Tapi tetep aja sih diagnosis terakhir itu benernya lewat patholog dengan biopsie... Kalau cuma buat steatosis hepatis ya cukup sih pakai USG. Tapi kalau udah masalah Cirrhosis atau gak, itu sebaiknya lewat patholog...

Well kenapa dokter lo ngasih ursochol ya g jg gak tau..itu buat Lab yg kaya punya elo..g gak bakal mikir apa-apa..itu pretty much normal

g tiap hari kerja di Liver cirrhosis / Alcohol-Station..lol Lab yg g liat tiap hari biasanya lbh parah dari itu.


ALHAMDULILLAH....terima kasih momod......ini bener2 info yang melegakan saya. setidaknya mulai sekarang saya mulai hidup sehat.
dimulai dengan makanan, untuk sementara ini konsumsi nasi sedikit2 saya ganti dengan organik. olahraga sepeda 30'-60' menit paling tidak 2-3X seminggu. tidur mulai saya usahakan max jam 24.00. pingingnya sih jam-jam 22.00 atau 23.00 (sedang dalam proses adaptasi jam otak emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin).

sekali lagi terima kasih momod soal info nya
aku g ngerti pak den.. ada fatty liver.. sedangkan aku abis kena hapatitis... oalah, niatnya olah raga biar sehat malah kata dokter kecapekan gara2 olahraga yang terlalu berat.. niatnya pengen nurunin berat badan, malah gara2 liver disuruh banyak makan daging jadi badan lebih gemuk dari sebelumnya,, jangan ditiru pak den cara saya.. hahahha itu penyakit terberat saya.. emoticon-I Love Indonesia