Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Beautiful_daysAvatar border
TS
Beautiful_days
---All About Burung Gereja---
---All About Burung Gereja---




Juragan pasti sering berjumpa dengan unggas yang satu ini. Keberaan burung gereja yang bernama latin Passer montanusmemang sudah menjadi hal yang biasa karena populasinya yang cukup banyak di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, burung gereja juga dapat di temukan di Eropa dan sebagian Negara di Asia walaupun peneliti percaya bahwa keberadaannya berasal dari daratan Afrika. Di Inggris, hewan ini lebih dikenal dengan nama eurasian tree sparrow, di jepang dikenal dengan nama burung suzume, serta keceriaannya menginspirasi tarian tradisional jepang dalam perayaan Suzume Odori. Berbeda lagi dengan di Filipina dimana burung ini disebut Maya dan dianggap sebagai hewan simbol Negara Filipina.

Spoiler for Suzume Odori:


Di Indonesia burung ini disebut burung gereja konon karena burung ini suka bernyanyi riang menyerupai paduan suara di gereja. Burung Gereja sebenarnya bernyanyi untuk melakukan komunikasi dengan sesamanya, proses pejantan menarik perhatian betina, atau panggilan untuk berkelahi.
Spoiler for Burung Gereja:


Banyak kepercayaan lama yang mengatakan burung gereja adalah pembawa informasi kepada manusia. Contohnya adalah ketika burung-burung ini banyak berkicau di depan rumah, maka menandakan akan adanya kehadiran tamu dari jauh. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa burung gereja ini memiliki kepekaan terhadap bencana dan seringkali memberitahukan tanda-tanda akan terjadinya bencana tersebut kepada manusia melalui tingkah lakunya yang aneh (tidak seperti biasanya). Mitos yang satu ini lebih dapat diterima akal sehat. Sebagai contoh, burung gereja akan terbang tidak beraturan dan bahkan akan menabrak apa saja yang ada di depannya termasuk dinding-dinding rumah, kaca, pohon dan lainnya ketika akan terjadi gempa bumi. Hal tersebut disebabkan burung-burung tersebut kehilangan daya navigasi akibat gaya magnetik bumi yang kacau saat terjadinya gempa. \t

Saat ini di seluruh dunia terjadi penurunan populasi burung Gereja. Penelitian di Inggris menyebutkan kini populasi burung gereja merosot hingga 95 persen dalam kurun waktu 30 tahun. Dugaan sementara mengarah pada konversi lahan pertanian dan penggunaan herbisida dan insektisida yang membunuh sumber-sumber pangan mereka, seperti biji-bijian dan serangga. \t


Ini adalah salah satu karya anak bangsa yang terinspirasi dari hewan ini.
Spoiler for Mp3 Burung Gereja by Nugie:



Galeri Burung Gereja :
Spoiler for Galeri Burung Gereja:



Terakhir, tidak ada keinginan TS yang terbesar selain melihat para pembaca Thread ini dapat lebih menghargai dan menyayangi lingkungan di sekitar kita ini, serta mensyukuri kebesaran Tuhan Sang Pencipta.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus



Spoiler for THREAD LAINNYA:
4iinchAvatar border
4iinch memberi reputasi
1
13.2K
101
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan