alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003290862/diet-sehat--diabetes
Thumbs up 
Diet sehat diabetes
di bawah ini, beberapa tips diet penderita Diabetes

Diet diabetes diawali dengan melakukan makan teratur. Jadwal teratur itu sama dengan kebiasaan makan sehari-hari (3 kali sehari).

pukul 06.00-07.00\t: Makan pagi disarankan dilakukan setelah berolah raga lari, jogging atau jalan kaki.
pukul 10.00\t\t : diharuskan makan buah-buahan.
pukul 12.00 - 13.00\t: makan siang.
pukul 15.00\t\t : makan buah-buahan.
pukul 18.00-19.00\t: Makan malam

Buah harus dijadikan alas perut atau cemilan yang sehat. Penderita diabetes sangat memerlukan buah-buahan. Akibat penyakit ini, kulit bisa lebih cepat rusak.
Penderita dilarang keras membuat buah menjadi jus karena serat buah sangat diperlukan tubuh. Buah dalam lambung akan mengembang tiga jam sesudah kita konsumsi. Hal ini membuat kita hanya akan makan sedikit pada saat makan berikutnya karena merasa sudah kenyang. Serat buah juga berguna untuk menyerap gula dan kolesterol dalam tubuh.

Jenis pantangan

Diet diabates tetap menganjurkan para penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan pokok. Dan harus sangat berhati-hati pada makanan cemilan
Makanan pokok yang bagus untuk dikonsumsi sesuai urutannya adalah nasi, jagung, dan kentang. Yang paling buruk menurut Kunkun adalah jenis tepung-tepungan. Tepung apa saja, bahkan termasuk tepung beras.
Jenis makanan yang terbuat dari tepung yang tidak disarankan ahli gizi ini adalah roti, mi, makaroni, lumpia, martabak, donat, bala-bala, batagor, bakso, cilok, pempek, cireng, soun, combro, bihun, bubur lemu, bakpau, serabi, makanan dari tepung jagung atau maizena, dan sebagainya.
Makanan lain yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti gula, minuman bersoda, kolak, bubur kacang. Beberapa buah-buahan juga harus dihindari seperti nangka, durian, salak, sawo, dan pisang.

Menu makan pagi, siang dan sore semuanya tetap mengandung unsur menu empat sehat. Untuk sarapan misalnya, makan dengan nasi goreng dengan sayur berupa tomat atau ketimun, ditambah tahu atau tempe. Untuk protein bisa ditambahkan telur, sebaiknya telur ceplok agar kuning telur bisa disisihkan alias tidak dimakan.

Diet sehat diabetes

Makan siang dan malam pun harus dengan menu yang komplet. Selalu mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, dan sayur-mayur. Contoh nasi dilengkapi sumber protein hewani (pilih salah satu ayam, ikan, atau daging), protein nabati ( tahu atau tempe) dan perbanyak sayur-sayuran.

Khusus untuk sumber hewani, Kunkun menyarankan untuk jeli dalam memilih. Misalnya daging tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, telur minus kuningnya, ikan tanpa kepala (otaknya). Protein nabati sangat dianjurkan karena mampu menurunkan kadar gula, jenis yang disarankan adalah kacang kedelai, kacang merah, dan buncis.

Diet sehat diabetes

http://www.pikiran-rakyat.com/prprin...etail&id=37909

Terima kasih banyak untuk emoticon-Blue Guy Cendol (L)nya
^ Apakah setiap orang yang rajin olahraga ada potensi kena sakit diabetes karena makanan?
Kalau yang tidak sakit diabetes apa dianjurkan juga makan seperti itu?
set dah...banyak banget pantangan makanannya...dietnya nih berlaku buat penderita diabetes, tapi buat yang mau sehat juga gpp kok, olahraga teratur n jaga makanan...
Quote:Original Posted By ma1ll1st
^ Apakah setiap orang yang rajin olahraga ada potensi kena sakit diabetes karena makanan?
Kalau yang tidak sakit diabetes apa dianjurkan juga makan seperti itu?


Diabetes itu kan juga ada yang diturunkan (familial), untuk yang sudah terkena diabetes, olah raga sangat berguna untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resiko komplikasi yang diakibatkan,,
Kalau yang belum/tidak menderita Diabetes, olah raga sangat berguna untuk menjaga metabolisme tubuh kita agar tetap baik sehingga resiko untuk terkena penyakit jauh lebih rendah daripada orang yang tidak berolah raga.
oh jadi yang salah satu orangtuanya diabetes pasti atau kemungkinan besar juga kena diabetes someday? Kalau kedua orangtuanya diabetes pasti 100%?

cendol abu sent.
Quote:Original Posted By ma1ll1st
oh jadi yang salah satu orangtuanya diabetes pasti atau kemungkinan besar juga kena diabetes someday? Kalau kedua orangtuanya diabetes pasti 100%?

cendol abu sent.


Kalo berdasarkan Hukum Mendel, salah satu orang tua diabetes kemungkinan (g pasti) kena diabetes.
Kalo kedua orang tuanya diabetes, kemungkinan besar anaknya diabetes, tapi ga 100% juga kok.
Semoga membantu,,

Btw, cendolnya kok abu?
waduh, padahal ini thread bagus! tp kok sepi yah? tetep semangat aja gan!
ditunggu sekuel2 dari thread2 berkualitasnya gan!
Quote:Original Posted By chibiboy
waduh, padahal ini thread bagus! tp kok sepi yah? tetep semangat aja gan!
ditunggu sekuel2 dari thread2 berkualitasnya gan!


thx gan,, cekidot thread2 ane yg laennya,,
gan,,,ane denger selaen olah raga ada cara unik untuk menurunkan kadar gula darah yaitu berjemur di pagi hari biar keringatan, katanya tuh ngurangin kadar gula yahh??? setau ane harus olah raga dunk biar bakar kalori... emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By hrclprt
Kalo berdasarkan Hukum Mendel, salah satu orang tua diabetes kemungkinan (g pasti) kena diabetes.
Kalo kedua orang tuanya diabetes, kemungkinan besar anaknya diabetes, tapi ga 100% juga kok.
Semoga membantu,,

Btw, cendolnya kok abu?


soalnya blom ISO. tidak ngejar, buat apa juga... emoticon-Big Grin.

wih berat ya, kalau gitu yang diabetes tidak boleh cari pasangan yang senasib nih...
Apakah pengecekannya cukup dengan gula darah puasa saja? Misal normal < 100, apakah perlu cek gula darah 2 jam?
Quote:Original Posted By ma1ll1st
soalnya blom ISO. tidak ngejar, buat apa juga... emoticon-Big Grin.

wih berat ya, kalau gitu yang diabetes tidak boleh cari pasangan yang senasib nih...
Apakah pengecekannya cukup dengan gula darah puasa saja? Misal normal < 100, apakah perlu cek gula darah 2 jam?


maw coba jawab yachh..
pengecekan harus gula darah puasa, nilai normal70-105 mg/dL, gula darah 2jm setelah makan a.k.a 2jam pp a.k.a 2 jam post prandial nilai normalnya 85-140 mg/dL....
Quote:Original Posted By ma1ll1st
soalnya blom ISO. tidak ngejar, buat apa juga... emoticon-Big Grin.

wih berat ya, kalau gitu yang diabetes tidak boleh cari pasangan yang senasib nih...
Apakah pengecekannya cukup dengan gula darah puasa saja? Misal normal < 100, apakah perlu cek gula darah 2 jam?


Hmm, kalo dilihat dari segi ilmiahnya sih emang gitu gan,, ya tp kl udh ktemu sama orgnya kan ga mungkin kalo ga jadi gara2 diabetes,, ^_^

Setuju sama agan di atas, sebaiknya gula darah puasa dan 2 jam setelah makan,,

Quote:Original Posted By juicestrawberry
gan,,,ane denger selaen olah raga ada cara unik untuk menurunkan kadar gula darah yaitu berjemur di pagi hari biar keringatan, katanya tuh ngurangin kadar gula yahh??? setau ane harus olah raga dunk biar bakar kalori... emoticon-Bingung


Berjemur kan juga membakar kalori gan,, tp memang lebih efektif kalo sekalian berolah raga seperti jalan pagi dan jogging,,
gan gimana kalo dietnya untuk orang diabetes + kolesterol + asam urat + maag? mohon pencerahan gan....thanks
Quote:Original Posted By roniwahyu
gan gimana kalo dietnya untuk orang diabetes + kolesterol + asam urat + maag? mohon pencerahan gan....thanks

pas nih. gw punya alat test 3in1 nya., emoticon-Kiss
ini buat diabet tipe yang mana yah ?? terus klo diabet yang butuh insulin, kapan disuntikin yah biar plg pas ?? terus ahli gizi yang nyaranin sapa yah namanya ??? gw ga bisa buka link sumber loe...

terus kenapa nasi plg bagus yah ?? nasi kan terkenal dengan glycemic index yang tinggi...kok malahan nomor satu yang aman dikonsumsi sih ?? penjelasan donk...

@masandi
alat apaan tuh ?? bisa tolong PM gw ga nama alat, cara kerja, efektivitas, dll..thanks..
lho? bknny org diabetes biasanya dianjurkan untuk menghindari makan nasi ya? lha ini kok ktny malah bgs dikonsumsi?? emoticon-Confused:
Nambahin dikit gan (kata dokter gizi di RS. Puri I*dah):
Boleh makan agar-agar kalau masih lapar, tapi pakai gula yg buat diet diabetes melitus.

Kata orangtua:
makan bawang merah utuh, 1 siung sehari lumayan bantu
mana nih TS nya...gw mau diskusi...
Quote:Original Posted By BoenBoen
mana nih TS nya...gw mau diskusi...


wuihhhh ada nasi goreng...bikin ngiler nih...

kudenger dari dosen kalo orang diabet harus dikasih makanan karbohidrat kompleks yah?

klo bukan nasi,contoh karbohidrat kompleksnya apa dong?

btw,kok makanannya banyak...
Quote:Original Posted By yantyagustina
wuihhhh ada nasi goreng...bikin ngiler nih...

kudenger dari dosen kalo orang diabet harus dikasih makanan karbohidrat kompleks yah?

klo bukan nasi,contoh karbohidrat kompleksnya apa dong?

btw,kok makanannya banyak...


kentang, kacang2an, buah, sayur, makanan gandum dan sejenisnya...
×