keikanAvatar border
TS
keikan
Inilah Robot Perawat Buatan Jepang
Maaf kalau repost... emoticon-Repostemoticon-Repost

Penetrasi robot dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang sudah semakin luas. Kini Jepang sedang mempersiapkan standar keamanan untuk robot perawat yang akan bertugas melayani manusia.

Seperti diketahui selama ini, Jepang merupakan negara maju dengan tingkat kelahiran rendah serta harapan hidup tinggi, sehingga dibutuhkan tenaga untuk membantu para lansia. Oleh karena itu, Jepang memilih menggunakan robot untuk menggantikan peran perawat dalam mengurus kaum lansia.

Para peneliti dari Riken Research Center telah menciptakan sebuah robot yang mampu merawat orang-orang lanjut usia di Jepang tanpa campur tangan manusia.



Riba, kependekan dari Robot for Interactive Body Assistance, juga merupakan robot pertama di dunia yang mampu menggendong manusia sampai dengan 60 kg.

Untuk mengurangi kesan kaku, Riba dirancang mirip seperti beruang. Dan supaya tidak salah menggendong pasien, Riba juga dibekali dengan sistem pengenalan suara dan wajah.

ini videonya gan
http://www.youtube.com/watch?v=U92eB...layer_embedded


Kementerian Ekonomi Jepang Dukung Pengembangan Robot Perawat



Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang akan melaksanakan langkah termasuk pembuatan undang-undang yang akan mengamanatkan dukungan bagi upaya menjamin para robot digunakan untuk membantu memberikan layanan perawatan dan kesejahteraan.

Menurut laporan situs berita Yomiuri Senin (30/3), langkah itu akan mencakup robot yang dirancang untuk mengambil barang-barang bagi orang yang memerlukan perawatan dan robot dengan kursi roda yang dapat membantu orang bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pangsa pasar robot industri Jepang di dunia saat ini sebesar 70 persen yang sebagian besar digunakan di pabrik, sementara di pasar domestik nilainya telah berkembang sebesar 700 miliar yen.

Robot perawat sebagian besar masih dalam proses pengembangan baik di perusahaan maupun di universitas.

Untuk mengantisipasi pasar robot domestik yang tumbuh sebesar 6,2 triliun yen pada 2025, ketika itu robot perawat diharapkan sudah lazim digunakan, Kementerian berencana menggunakan insentif keuangan untuk mendorong perusahaan manufaktur memfokuskan pengembangan teknologinya pada bidang perawatan.



Kalau robot ini benar-benar digunakan secara massal, maka dipastikan tenaga perawat pria akan berkurang secara drastis.

mohon rate nya juragan

dan kalau berkenan di mohon cendol nya gan..
heheheemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


sumber :
http://www.jepang.net/2009/09/robot-...di-jepang.html
[url]http://detikinet..com[/url]
0
44.6K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan