alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001751203/ask-your-dentist-here-merged-thread-drg-edy-and-zusans-imran
Ngakak 
Ask Your Dentist, Here.. Merged Thread Drg. Edy and Zusans Imran
THREAD INI KARENA SUDAH PANJANG DAN BERAT UNTUK SERVER JADI GAK AKAN DIBUKA LAGI UNTUK SEMENTARA; DIBUKA THREAD LANJUTANNYA YG AKAN DISTICKY JUGA - mohon pengertiannya ya


Berhubung thread yg sebelumnya HILANG...

NIH THREAD YANG MAU KONSUL LAGI MASALAH KESEHATAN GIGI DAN MULUT YANG BARU

Ask Your Dentist, Here.. Merged Thread Drg. Edy and Zusans Imran

kalo yg mau Konsul masalah Kesehatan Gigi dan Mulut silahkan reply aja nih thread, silahkan jangan sungkan buat konsul2 sama ane, sekalian ane berbagi ilmu juga informasi sama ente-ente semua. Kebetulan ane lagi ngejalanin Program Profesi di Kedokteran Gigi...yah biar ilmunya manfaat juga buat umat manusia....


mau email ane? silahkan kirim PM aje ke ane

mau hubungi ane via tlp? kirim PM juga ke ane ye....

Ayo perhatikan kesehatan gigi dan mulut, karena banyak juga penyakit yg tidak kita sadari ternyata bisa terdiagnosa dari rongga mulut kita....

tahukah ente-ente semua, kalo sariawan yg tidak kunjung sembuh ternyata gejala awal dari terkena HIV/AIDS?
tahukan ente-ente semua, kalo kita ngga ngejaga kebersihan lidah kita, bisa bikin lidah kita 'berambut' ?

Ayo kita sama2 jaga kebersihan kesehatan gigi dan mulut kita...

Salam Sehat



-----------
nih thread di asuh sama admin kaskus (tentunya), TS (drgedy), temen TS (oncombusuk,kaizer05, haclone85, zusans imran)

yang mau ngasih 'thanks' atao 'cendol ijo' (sebagai wujud tali silaturahmi) silahkan bilamana info2 saya bermanfaat

emoticon-Smilie

Kalo bisa di kasih rate ya tentang thread ini biar tetap eksis.....



Plus dari Zusan's juga



Halo..kamu-kamu yang aware dengan kesehatan gigi dan mulut, tanya dokter gigi di sini. I'll be glad to try solve your problems about this because...dokter gigi Zusans ada di sini untuk kamu ..! kalau yang mau kasih masukan buat teman-teman yang nanya di sini juga boleh, tapi tolong di-quote bagian mana yang sedang ditanggapi dan dikasih judulnya, jadi diskusi di sini bisa berkesinambungan.

Ada kalanya pertanyaan yang sama ditanyakan kembali, padahal Saya sudah memberi uraian lengkap pada posting sebelumnya. jangan kecewa ya kalau saya bilang "sudah Saya posting di atas, lihat dari view all posting by Zusans Imran." ini bukan pilih kasih lho ya, tapi supaya spacenya lebih efektif dan thread kita enggak penuh sesak. terima kasih atas pengertiannya. Saya berusaha sebisa mungkin menjawab dengan bahasa yang mudah dipahami, tapi kalau masih ada yang kurang jelas, tanya saja, jangan ragu. Your Dentist here for all of You..! Salam.


UPDATE
Spoiler for Upadate:
hallo Bang DG(dokter gigi),

graham atas kiri gwa dah ancur sekitar 5taon yg lalu & ampe kini syukur ndak kmbuh2 lg sakitnya.
yg jdi mslah,sekarang gwa nga begitu PD ngobrol jrk deket ama orng krn rada2 bau mulut,
yg jdi pertanyaan gwa apakah sisa/akar gigi bsa menimbulkan bau mulut??.
padahal tiap pagi abis gosok gigi gwa rajin kumur2 pake antiseptic tpi napa adik gwa slalu komplin klo gwa bau mulut.
tks b4 bantuany
klo gosok gigi tuh baeknya brp kali sehari? 2 kali cukupkah?
Nanya donx.. penyebab gusi berdarah itu apa yah? Misalnya pas waktu gosok gigi.. padahal gw gosoknya gak kuat2..
om gusi saya berdarah pas gosok gigi neh neh, ada cara alami supaya gak berdarah gak??

Next Question
saya mao nanya om, kan waktu itu saya ke dokter gigi, terus dokter gigi blang katanya gigi saya banyak bolongna tapi kecil2
ada caranya gak supaya bolongnya itu ilang (tapi yang alami)
Thx om
sori cendolnya lom manis T_T
om doker, saya habis kumur pakai minosep kok lidah saya jadi gak enak jadi spert kebas gitu. terus ngerasin makanan/minuman (jus) jd agak hambar.

thanks

Ngakak 

Quote:Original Posted By j4ck_item
hallo Bang DG(dokter gigi),

graham atas kiri gwa dah ancur sekitar 5taon yg lalu & ampe kini syukur ndak kmbuh2 lg sakitnya.
yg jdi mslah,sekarang gwa nga begitu PD ngobrol jrk deket ama orng krn rada2 bau mulut,
yg jdi pertanyaan gwa apakah sisa/akar gigi bsa menimbulkan bau mulut??.
padahal tiap pagi abis gosok gigi gwa rajin kumur2 pake antiseptic tpi napa adik gwa slalu komplin klo gwa bau mulut.
tks b4 bantuany


wah baru dibuka lagi nih klinik langsung deh banyak pasien ngantri...emoticon-Big Grin

kalo giginya dah hancur, kemungkinan sih masih ada sisa gigi yang tertanam di gusi, biasanya sih sisanya dalam bentuk akar gigi yang tertanam.

Nah kondisi ini, sebenarnya bukan kondisi yang menguntungkan untuk jaringan rongga mulut, karena sisa akar gigi tersebut bisa dikatakan sudah nekrosis (mati jaringannya)...biasanya jaringan yang mati ini pasti ditempati oleh bakteri2 rongga mulut (baik yang komensal/baik ataupun patogen/jahat)....

mengenai bau mulut? bisa juga dikarena kan dari akar gigi yang tertinggal tadi...tapi penjelasan utamanya adalah karena tidak adanya ketidak seimbangan flora rongga mulut yang mungkin dipicu oleh ; 1. penggunaan obat kumur yang berlebih, 2. gigi-gigi yang nekrosis tadi ---> tempat berkumpulnya bakteri....selain itu juga kurangnya menjaga kondisi rongga mulut dari asupan nutrisi dan gaya hidup (alkohol dan rokok)....

saran saya sih, sebaiknya dicabut saja sisa akar giginya, trus juga dikurangi konsumsi obat kumurnya...

jangan sungkan untuk datang ke dokter gigi terdekat ya...

semoga bermanfaat...

emoticon-Angkat Beer

Ngakak 

Quote:Original Posted By opeera
klo gosok gigi tuh baeknya brp kali sehari? 2 kali cukupkah?


sikat gigi sebenarnya tidak ada patokan baiknya berapa kali, yang jadi patokan adalah seberapa baik dan benarnya cara menyikat gigi....

kalo idealnya sih sikat gigi 3x/hari saat pagi, sore, dan malam sebelum tidur....

nah lebih dipentingkan adalah caranya menyikat gigi...

cara menyikat gigi nanti saya akan postingkan lebih detil ya...saya lagi bikin tulisannya biar bisa dimengerti dengan mudah..
emoticon-Smilie

Ngakak 

Quote:Original Posted By melvinadrian
om gusi saya berdarah pas gosok gigi neh neh, ada cara alami supaya gak berdarah gak??

Next Question
saya mao nanya om, kan waktu itu saya ke dokter gigi, terus dokter gigi blang katanya gigi saya banyak bolongna tapi kecil2
ada caranya gak supaya bolongnya itu ilang (tapi yang alami)
Thx om
sori cendolnya lom manis T_T


Quote:Original Posted By ferrari4000
Nanya donx.. penyebab gusi berdarah itu apa yah? Misalnya pas waktu gosok gigi.. padahal gw gosoknya gak kuat2..


penyebab gusi berdarah menandakan sudah adanya peradangan pada gusi...

nah apa yg menyebabkan peradangan?
yang menyebabkan peradangan adalah hal-hal yang menggangu oral hygene mulut (kebersihan mulut).....misalnya adalah adanya akumulasi karang gigi, plak yang masuk ke dalam sela-sela gusi, dan gangguan sistemik dalam tubuh yang bermanifestasi dalam mulut....

gigi banyak berlubang walaupun kecil2...tentunya ini harus segera ditanggulangi agar tidak semakin membesar...

kalo harus ditanggulangi dengan cara alami? tentunya tidak akan membalikkan kondisi gigi menjadi utuh lagi sendirinya....paling yang hanya bisa dilakukan adalah menjaga kondisi kesehatan gigi dari segi mineralisasi gigi dalam menghadapi hal-hal yang menyebabkan gigi berlubang...salah satunya adalah menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride....

tapi bila sudah terjadi karies (berlubangnya gigi) sebaiknya sih ditambal saja agar gigi bisa lebih tahan dan tidak semakin rusak...

semoga bermanfaat....
emoticon-Smilie

Ngakak 

Quote:Original Posted By 4D3
om doker, saya habis kumur pakai minosep kok lidah saya jadi gak enak jadi spert kebas gitu. terus ngerasin makanan/minuman (jus) jd agak hambar.

thanks


kalo boleh tahu kenapa kumur2 dengan minosep? ada keluhan apa?

penggunaan minosep berlebihan juga tidak disarankan karena ini akan merubah keseimbangan flora rongga mulut...

juga bisa menyebabkan hilangnya sensasi perasa karena adanya proses keratinisasi yang dipaksakan oleh zat2 minosep terhadap papila2 lidah....
emoticon-Smilie
pakai minosep krn obat kumur abis (aloclair), sdh cari tapi gak ada yg jual. emoticon-Hammeremoticon-Hammer
saya pakainya sesuai takaran 10ml dan hanya satu kali digunakan.
terus apa yg harus saya lakukan, om dokter?. mudah2an gak lama ya hilang rasanya emoticon-Frownemoticon-Frown
masih rada gak enak nih.

makasih om.
Quote:Original Posted By drgedy
penyebab gusi berdarah menandakan sudah adanya peradangan pada gusi...

nah apa yg menyebabkan peradangan?
yang menyebabkan peradangan adalah hal-hal yang menggangu oral hygene mulut (kebersihan mulut).....misalnya adalah adanya akumulasi karang gigi, plak yang masuk ke dalam sela-sela gusi, dan gangguan sistemik dalam tubuh yang bermanifestasi dalam mulut...


Gw dulu jg dibilang ama dokter gigi kalo itu karena karang gigi sih. Trus, awal januari ini gw udah bersihin karang gigi. Tapi ternyata berdarah lagi di bulan februari.. Gak sering sih. Mgkn sebulan 2 ato 3 kali. Cara sembuhinnya gimana ya?

Ngakak 

Quote:Original Posted By 4D3
pakai minosep krn obat kumur abis (aloclair), sdh cari tapi gak ada yg jual. emoticon-Hammeremoticon-Hammer
saya pakainya sesuai takaran 10ml dan hanya satu kali digunakan.
terus apa yg harus saya lakukan, om dokter?. mudah2an gak lama ya hilang rasanya emoticon-Frownemoticon-Frown
masih rada gak enak nih.

makasih om.


saran saya sih untuk sementara waktu jangan digunakan dulu, trus coba konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi misalnya daging (protein hewani), dan kacang2an (protein nabati)...agar mempercepat regenerasi sel2 tubuh termasuk sel-sel pada mukosa mulut dan lidah....

semoga membantu

emoticon-Smilie

Ngakak 

Quote:Original Posted By ferrari4000
Gw dulu jg dibilang ama dokter gigi kalo itu karena karang gigi sih. Trus, awal januari ini gw udah bersihin karang gigi. Tapi ternyata berdarah lagi di bulan februari.. Gak sering sih. Mgkn sebulan 2 ato 3 kali. Cara sembuhinnya gimana ya?


coba perbaiki cara menyikat giginya, sikat gigi yang terlalu keras bisa menyebabkan trauma pada gusi ---> perdarahan...

selain itu juga coba konsumsi makanan yang mengandung serat dan protein tunggu agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bagus untuk memperkuat asupan nutrisi pada pembuluh darah di gusi...jadi pembuluh darah di gusi pun jadi tidak rentan untuk trauma...

emoticon-Smilie
Bang DG...mau nanya nih..
2 hari ini gigi geraham bawah kiri saya terasa ngiluuuuu banget dan terasa terus mnerus (biasanya kan hilang timbul) terutama kalau abis makan-makanan dingin atau bahkan makan nasi biasa,...untuk diketahui, gigi itu sudah pernah ditambal, apa tambalannya lepas ya? (ditambal hampir setahun yg lalu)...help..kalo udah kumat bikin ga bisa ngapa-ngapain nih...kalo ada yang nyenggol dikit pasti rasanya kaya mau gila aja...

Ngakak 

Quote:Original Posted By khalisha
Bang DG...mau nanya nih..
2 hari ini gigi geraham bawah kiri saya terasa ngiluuuuu banget dan terasa terus mnerus (biasanya kan hilang timbul) terutama kalau abis makan-makanan dingin atau bahkan makan nasi biasa,...untuk diketahui, gigi itu sudah pernah ditambal, apa tambalannya lepas ya? (ditambal hampir setahun yg lalu)...help..kalo udah kumat bikin ga bisa ngapa-ngapain nih...kalo ada yang nyenggol dikit pasti rasanya kaya mau gila aja...


maaf ya baru bales....

maklum ga tiap jam bisa OL terus...

dari apa yang dah diceritain sih, kayanya gejala yang ente alamin karena adanya peradangan di gigi yang sudah hampir mengenai kamar pulpa, kondisi ini disebut dengn pulpitis reversibel . penyebab utamanya karena adanya tambalan yang mungkin kurang sempurna (ataupun karena lepas) sehingga timbullah celah yang bisa langsung terekspose oleh sisa makanan dan saliva --> timbullah bakteri --> perdangan pada gigi...

saran saya sih, segera ke dokter gigi terdekat, trus paling nanti dilakukan peraawatan PC (Pulp Capping) yaitu perawatan untuk mencegah dan memelihara kondisi kamar pulpa pada gigi agar terlindung dari perlanjutan peradangan....tambalan akan dibongkar, trus dibersihkan giginya, diberi obat---> tambal sementara, nah pertemuan selanjutnya akan di cek sejauh mana efek obatnya untuk menghilangkan peradangan, bila tidak ada keluhan---> tambal tetap....

mungkin ini saja dulu penjelasan dari saya

semoga bermanfaat....

cepet sembuh ya

emoticon-Wowcantik
Om Dokter Gigi..
Boleh minta YM nya..
biar lebh enak nanya2nya hehehe..
thxx
om dokter..
numpang tanya nih
gw baru cuci karang gigi kira2 3 bln yg lalu, trus sekarang gusi gw kembali merah.
Ada tips ga gmn biar gusi ga merah?
apa penyebab gusi merak dok?
apakah krn kekurangan vit c?

thanks berat
ditunggu reply nya emoticon-Smilie

Ngakak 

Quote:Original Posted By B391NS'FREE
Om Dokter Gigi..
Boleh minta YM nya..
biar lebh enak nanya2nya hehehe..
thxx


YM = edy_dhiyauddin
om mau tanya neh cara mutiin gigi yang alami gmn neh emoticon-Frown?
×