KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Budaya /
Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001035864/menguak-misteri-bali-ilmu-bali-part-ii

Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)

Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)


Salam sejahtera...

Thread ini bertujuan untuk mengenalkan pulau, budaya dan manusia Bali...
Mudah-mudahan dapat bermanfaat menambah pengetahuan setidaknya dapat menjadi referensi agar liburan rekan-rekan di pulau dewata ini dapat semakin menarik....
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 174
pindahan dari thread sebelah
Quote:
silahkan dibeberkan sedikit demi sedikit mas TS
emoticon-shakehand
Quote:

Terimakasih bang...emoticon-shakehand
Mudah-mudahan rekan-rekan Bali juga mau membagi pengetahuannya disini...
Quote:



@ Bli . . . .
akulah pendukungmu !!!





emoticon-Angkat Beer
breng sik....sekalian nambah pengetahuan nih...
Quote:


Quote:

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-shakehandemoticon-Angkat Beer
Tetap semangat Bli. Saya ikutan dukung deh
waktu ke bali, sy dihujani gosip2 mengenai pertarungan2 gaib di bali, status nya masih gosip krn cerita bukan dari pelaku, korban, ataupun saksi,
mengenai tarung rutin di kuta, siapa yg tarung, bentuk pertarungan, korban dan kemungkinan untuk orang awam dapat menontonnya....

sori kalo garing...maklum nubi

Kain Poleng

Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)


Kain bermotif kotak dengan warna hitam-putih (seperti papan catur) mungkin tidak berlebihan kalau diidentikan sebagai "warna khas Bali".
Dengan mudah kain ber motif ini ditemui hampir disetiap per-empatan, pohon besar, gerbang pura bahkan dipakai pula sebagai kain (jarig) penari kecak dan para pengawal/petugas keamanan tradisional (pecalang).
Bagi rekan-rekan penggemar cerita wayang (khususnya wayang jawa), kain poleng juga dapat dilihat pada beberapa tokoh utama seperti Bima dan Hanoman.

Menguak Misteri Bali... (Ilmu Bali part II)

Kain Poleng dalam budaya Bali merupakan pencetusan ekspresi penghayatan konsep Rwa Bhineda, suatu konsep keseimbangan antara baik dan buruk, yang menjadi intisari ajaran tantrik (tantrayana).
Dengan menjaga kesimbangan antara kebaikan dan keburukan dapat menciptakan kesejahteran dalam kehidupan.

Kain Poleng yang diikatan pada pohon-pohon besar atau juga tempat yang dianggap tenget (angker) dimaksudkan untuk memberikan tanda bahwa pada lokasi tersebut tinggal (ditempatkan)/stana energi "roh"para bhuta/penunggu karang (danhyangan).
Kesakralan lokasi ini akan dijaga oleh warga setempat dengan memberikan "sesaji" secara rutin setelah mereka menghaturkan puja di pura.

Kain Poleng yang dipakai oleh para pecalang juga terilhami oleh konsep ini, dimana seorang yang dipercayai oleh warga untuk menjadi "pengaman" hendaknya mampu dengan tegas memilah yang benar dan buruk
Quote:

emoticon-shakehand ditunggu masukannya
Quote:

emoticon-shakehand ditunggu masukannya

Quote:

Wah pertarungan gaib di Kuta....
Dulu yang saya pernah dengar sih di sekitar pantai Sanur sering terjadi "adu ilmu" tersebut.
Sekitar tahun 1998 banyak turist yang juga melihat bola api yang saling berbenturan disekitar pantai Padang Bai...
Ijin menyimak mas TS...... emoticon-shakehand emoticon-Angkat Beer
Quote:


emoticon-shakehand salam kenal dari newbie bli emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
sekitar tahun 1998 kebetulan saya ada di sana/sanur dan salah satu pesertanya dari anggota keluarga saudara angkat saya (lurah sanur di waktu itu), saya hanya melihat arak2an dan para supporter beserta turis yang bergerak menuju kuburan gaib tempat pertarungan, tapi tidak sempat menyaksikan secara lansung emoticon-Embarrassment
Quote:


Mohon izin bli made, kalau berkenan untuk membabarkan ilmu kandapat (kanda empat)<= kayanya ilmu yang dikuasai oleh calon arang dulu ya kalau nggak salah emoticon-Confused: bener nggak ya ?
lanjut dong bli made
filasafat kain polengnya manteb emoticon-Smilie
nunggu puhsese turun gunung ah
Quote:


wow..pertanyaan nya serem.....kaburemoticon-Ngacir ah............
Quote:


nah ini sesepuh bli wiatnata tau nih emoticon-Big Grin , ayo bli jangan pelit, tiang pengen tau lebih jauh nih emoticon-Peace
Lanjoet bli Made sanma....
poleng bang bintulu emoticon-Genit:
Poleng Bang Bintulu emoticon-Genit:
Halaman 1 dari 174


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di